27 April 2009

* Cara Bertelepon Yang Ringkas dan Tips Menghemat Pulsa Ponsel

Apakah anda menghabiskan banyak waktu di telepon?

Saat ini boleh dibilang waktu kita banyak digunakan untuk urusan telepon dan ber-SMS. Di samping bisa berhemat biaya, juga menghemat waktu. Konsultan manajemen waktu, Stephanie Winston, penulis tips-tips organisasi terbaik
menawarkan nasihatnya :
1. Jangan bertanya: ada kabar apa? Kesannya anda punya banyak waktu mengobrol. Setelah 'hallo' langsung saja ke inti permasalahan dan kemukakan dengan singkat namun jelas.
2. Pandai-pandailah mengatur waktu bertelepon. Jika anda menelepon pada saat sebelum makan siang/malam atau pada akhir jam kerja, biasanya orang-orang berbicara secukupnya/kurang bicara.
3. Aturlah batas waktu. Mulai dengan 'hai, saya hanya sebentar saja, cuma mau bilang kepadamu....dst. Atau "Duh saya senang sekali mengobrol, tapi saya cuma punya waktu terbatas, karena mau kerja lagi."
4. Manfaatkan waktu jeda. Walaupun orang yang bertelepon cerewet, pasti ada saat-saat jeda. Langsung saja katakan: "Senang bicara enganmu" Lalu akhiri penbicaraan.
5. Jangan 'berbaik hati'. Beberapa orang tidak mempergunakan cara ini. Sela lawan bicara anda dan katakan, "Saya masih ingin berbicara tapi waktu saya mepet/terburu-buru. Daah..." Lalu tutup telepon. Tidak perlu permisi mengakhiri pembicaraan.
6. Temukan 'teman kompakan'. Jika tidak ada cara-cara yang jitu, minta orang dirumah membantu anda.Misalnya, seorang wanita memberi kode suaminya yang berteriak, "Jane, masakannya gosong."
7. Hindari, jangan angkat telepon. gunakan mesin penjawab telepon untuk menyaring telepon yang masuk jika anda punya pesan penting, tinggalkan pesan ketika dia tidak bisa kontak dengan anda.

Tips diatas pas jika orang lain yang menelepon anda. Nah, sekarang apa tipsnya agar dompet anda tidak jebol saat menggunakan ponsel untuk melakukan kontak dan SMS dengan teman, saudara dan kolega mengingat beli pulsa saat ini menjadi pengeluaran rutin? Simak infonya :
1. Pelajari Ketentuan Tarif.
2. Gunakan Pasca-bayar Jika Banyak gunakan Ponsel.
3. Kurangi Menelepon Pada Jam Sibuk.
4. Gunakan SMS dan Layanan SMS Gratis.
5. Gunakan Pengingat waktu.
6. Cek Biaya Pemakaian.
7. Perhatikan Lokasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar