30 Juni 2009

* Penculikan Terhadap Agus Ramdan, Karyawan Travel, Terungkap

30-06-2009
Oknum Brimob Diduga Terlibat

PUSKOMINFO – Kasus penculikan terhadap Agus Ramdan, seorang karyawan perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel di Kuningan, Jakarta Selatan, yang diculik sekawanan debtcollector pada Minggu 28 Juni 2009 lalu berhasil diungkap Satuan Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Dari empat pelaku yang dibekuk, satu diantaranya diduga oknum anggota Brimob.

Oknum anggota Brimob yang masih dirahasiakan namanya itu ditangkap di sebuah restoran di Ratu Plaza, Senayan, Jakarta bersama tiga pelaku lainnya saat ingin menyerahkan uang tebusan. Sedangkan tiga orang sipil yakni Jon, BAK dan An.

Kasat Kejahatan dengan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Nico Afinta membenarkan penangkapan itu. Menurut dia, kasus ini masih dikembangkan.

"Masih kami kembangkan," katanya di Polda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (30/6/2009).

Kronologi kejadian bermula pada Minggu 28 Juni malam pukul 12.00 WIB. Korban, Agus diambil dari rumahnya di Depok, oleh para pelaku. Korban kemudian di bawa berputar-putar dan selanjutnya para pelaku meminta uang tebusan Rp 20 juta ke adik istri Agus. Keluarga pun lalu mentransfer uang itu.

Namun rupanya para pelaku tidak puas, dan kemudian minta lagi Rp 50 juta uang tebusan kepada istri korban.

Kemudian sang istri melapor ke Polda Metro Jaya. Polda pun memancing pelaku dengan cara mengintai sang istri menyerahkan uang tebusan Rp 50 juta di Ratu Plaza, Senayan.

Saat dilakukan penggerebekan tersebutlah ada seorang oknum Brimob dan tiga pelaku lainnya yaitu Jon, BAK dan An.

* Info Arus Lalu Lintas Diseputaran Salemba, Sore Menjelang Malam

30-06-2009

PUSKOMINFO – Hasil pantauan TMC Dit lantas Polda Metro Jaya pukul 18.00 Wib, Selasa (30/06), Situasi Lalu Lintas dari arah Matraman mengarah ke Kampung melayu terpantau ramai cenderung padat.Kemudian untuk arah sebaliknya ramai lancar.

Kemudian dari arah Kampung melayu menuju ke arah CIlilitan terpantau padat, antrian terjadi di lampu merah Kompor, setelah itu ramai lancar cenderung padat, demikian juga untuk arah sebaliknya.

Situasi Lalu Lintas di sekitar lampu merah Matraman, arus lalu lintas yang dari arah Pramuka baik yang menuju ke Jatinegara, Manggarai dan arah Senen terlihat padat.

Kemudian yang dari arah Manggarai menuju ke lampu merah Matraman di laporkan ramai cenderung padat, antrian menjelang lampu merah matraman. Arus lalu lintas yang dari arah Jatinegara, ramai lancar tersendat menjelang lampu merah matraman.

Situasi Lalu Lintas di sekitar lampu merah St. Carolus, dari Senen mengarah ke Matraman ramai padat, antrian terjadi di lampu merah depan UI Salemba.

Kemudian yang dari arah Matraman terpantau Ramai lancar Cenderung padat, antrian menjelang lampu merah. Arus lalu lintas yang dari arah Jl. Diponegoro juga terlihat padat, antrian terjadi di lampu merah salemba.

* Tabrakan Taxi Lawan BMW di KM 3 Tol Jatibening Arah Cawang

30-06-2009

PUSKOMINFO - Kecelakaan kembali terjadi di KM 3 Tol Jatibening arah ke Cawang , Selasa (30/06). Kecelakaan yang melibatkan Taxi Pusaka Biru No.Pol B 1327 QC dengan BMW B 2728 BB terjadi sekitar pukul 13.30 Wib.

Akibat kecelakaan tersebut dilaporkan beberapa orang mengalami luka-luka.

"Belum diketahui dari kendaraan mana korban yang mengalami luka tersebut. Saat ini petugas masih masih melakukan penanganan" ujar petugas PJR Dit Lantas Polri, Aipda MT. Ridha.

Akibat kecelakaan tersebut situasi arus lalu lintas dilaporkan sempat tersendat, dan saat ini berangsur normal setelah kendaraan dipinggirkan ke bahu jalan.

* Waspada, Pasangan Capres dan Cawapres Mega – Pro Gelar Kampanye Akbar, Arus lalu Lintas Sekitar Gelora Bung Karno Diperkirakan Akan Macet

30-06-2009

PUSKOMINFO - Pasangan capres dan cawapres dengan nomor urut 1: Hj Megawati Soekarnoputri dan H Prabowo Subianto, hari ini, Selasa (30/6), menggelar kampanye akbar di Gelora Bung Karno, dengan melibatkan massa dalam jumlah besar.

Kehadiran massa yang diperkirakan mencapai ratusan ribu orang tersebut dipastikan akan mengganggu kenyamanan warga yang kebetulan melintas di seputaran Gelora Bung Karno. Terlebih, rencananya akan ada arak-arakan mengiringi perjalanan Mega dan Prabowo dari Teuku Umar ke Gelora.

Rencananya, pasangan nomor urut satu ini akan berangkat dari kediaman Mega jalan Teuku Umar sekitar pukul 13.00 wib menuju ke Gelora, dengan rute melalui Bundaran HI, Dukuh Atas, Semanggi, Hotel Sultan kemudian memasuki kawasan Gelora.

Saat memasuki Gelora Bung Karno, Mega dan Prabowo akan diarak mengelilingi stadion untuk kemudian mengikuti rangkaian acara kampanye.

Karena itu, kepada masyarakat pengguna jalan diminta untuk menghindari jalan sekitar Gelora Bung Karno untuk menghindari kemungkinan terjadinya kemacetan.

* Info Arus Lalu Lintas di Sekitaran Cawang, Siang Hari

30-06-2009

PUSKOMINFO – Berikut informasi arus lalu lintas di sekitaran Cawang Jakarta Timur, hasil pantauan TMC Dit Lantas Polda Metro Jaya pada pukul 12.45 Wib, Selasa (30/6).

Situasi arus lalu lintas di Jl. DI Panjaitan dari Prumpung mengarah ke Cawang dilaporkan ramai lancar, untuk arah sebaliknya ramai lancar cenderung padat.

Kemudian arus lalu lintas dari TL. Cililitan mengarah ke Cawang terpantau ramai lancar, untuk arah sebaliknya ramai lancar.

Arus lalu lintas dari Cawang mengarah ke Pancoran dilaporkan ramai cenderung padat, untuk arah sebaliknya ramai lancar.

Kemudian arus lalu lintas dari TL Halim Lama mengarah ke Pangkalan jati arus lalu lintas ramai lancar, sedangkan untuk arah sebaliknya ramai lancar cenderung padat.

Arus lalu lintas di Jl. Dewi Sartika mengarah ke Jl. Otista ramai lancar cenderung padat, untuk arah sebaliknya ramai lancar.

Arus lalu lintas di Jl. Raya Bogor dari Cililitan mengarah Hek ramai lancar cenderung padat, untuk arah sebaliknya ramai lancar.

* Menyambut Hari Bhayangkara, Kapolri Ziarah ke TMP Kalibata

30-06-2009

PUSKOMINFO – Memperingati Hari Bhayangkara ke-63 yang jatuh pada 1 Juli 2009, tadi pagi, Selasa (30/06) Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri (BHD) melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

"Pagi ini kita ziarah dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-63 untuk mengenang pendahulu kita karena ini akan ada flashback ke depan kita sebagai generasi penerus harus melanjutkan apa yang tidak selesai oleh pendahulu kita," ujar BHD usai melakukan ziarah di TMP Kalibata, Jl Kalibata, Jakarta Selatan.

Saat ziarah, BHD menaburkan bunga ke makam mantan petinggi Polri yang sudah almarhum seperti mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Muhammad Hasan, mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Anton Sudjarwo, dan mantan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol (Purn) Daan Subada.

Ratusan anggota Polri dan purnawirawan Polri juga ikut menghadiri acara yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB ini.

* Polsek Metro Tanjung Duren Sita 20 Kg Ganja dari Dua Tersangka

30-06-2009

PUSKOMINFO - Kepolisian Sektor Metro Tanjung Duren kemarin menangkap dua pengedar ganja berikut barang bukti 20 kilogram ganja kering siap edar.

Pelaku adalah Niken, 28 tahun dan Sugiyatno, 35 tahun. Mereka merupakan target polisi sejak lima bulan lalu.
Kapolsek Tanjung Duren, Komisari Polisi Jhoni Iskandar mengatakan, penangkapan terhadap tersangka dilakukan petugas di Jelambar, Kecamatan Grogol, Jakarta Barat. Salah satu tersangka bernama Niken terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas petugas karena berusaha melarikan diri.

Petugas semula mendapat informasi dari masyarakat tentang pengiriman ganja menggunakan taksi biru di lokasi tersebut. Pada Senin dinihari sekitar pukul 03.30 WIB petugas kemudian melakukan penangkapan. Dari taksi yang digunakan pelaku, petugas mendapati barang bukti ganja kering sebanyak 19 bungkus dalam ukuran besar dengan berat 20 Kilogram dan satu buah timbangan merk Nagako warna merah.

"Kalau dijual, ganja tersebut bernilai 80 juta rupiah" Ujar Jhoni Iskandar .

Kini kedua tersangka mendekam di sel tahanan Polsek Metro Tanjung Duren, keduanya dijerat dengan pasal 82, ayat 2 Undang-Undang No. 2 Tahun 1997 tentang Psikotropika, dengan ancaman hukuman mati.

* Truk Muatan Padi Terguling di Tol Slipi

30-06-2009

PUSKOMINFO - Sebuah truk bermuatan padi terguling di jalan tol dalam kota Slipi arah ke semanggi tepatnya seberang Out Ramp DPR / MPR RI, peristiwa kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 07.55 Wib, Selasa (30/6).

Truk tersebut terguling kekiri sehingga sebagian muatan berupa padi tumpah ke Jl. Gatot Subroto dan menutup jalur Busway dan lajur kanan jalan arteri. Kejadian tersebut sempat membuat macet arus lalu lintas dari arah Slipi menuju ke Semanggi.

Informasi dari TMC Dit Lantas Polda Metro Jaya, peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan hanya menyebabkan kerugian materi.

Situasi kembali normal setelah truk dan muatannya dievakuasi pukul 08.30 Wib.

* Truk Terbakar, 7 Sapi Lepas dan 1 Mati Tertabrak

30-06-2009

PUSKOMINFO - Sebuah truk pengangkut sapi terbakar di KM 47 tol Cikampek arah Jakarta. Sapi-sapi yang diangkut truk itu lepas dan berkeliaran di jalan tol.

Menurut TMC Polda Metro Jaya, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 06.15 WIB. Saat itu truk yang bernomor polisi B 9230 ZP tiba-tiba saja terbakar. Sebagian badan truk terbakar habis, api dapat dipadamkan 15 menit kemudian.

Kebakaran membuat sapi-sapi yang diangkut truk itu panik. Akibatnya 7 sapi lepas di tol dan 1 ekor mati tertabrak mobil yang melintas.

Sebagian badan truk terbakar habis, api dapat dipadamkan 15 menit kemudian.

Saat ini ketujuh sapi sudah berhasil ditangkap kembali sedangkan truknya dievakuasi petugas jalan tol.

* Hari Bhayangkara Ke-63, 1 Juli 2009, Sebanyak 1.976 Personel Polda Metro Jaya Naik Pangkat

PUSKOMINFO - Pada hari Bhayangkara ke-63 tanggal 1 Juli 2009, sebanyak 1.976 personel Polda Metro Jaya mendapat kenaikan pangkat. Kenaikan pangkat diberikan kepada 31 Perwira Menengah, 88 Perwira Pertama dan 1.857 Bintara.

Perwira Menengah Polda Metro Jaya yang naik pangkat dari pangkat AKBP menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) sebanyak dua orang, yakni Kepala SPN Lido AKBP Drs. Agus Riansyah dan AKBP DR. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si, Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Sedangkan kenaikan pangkat dari Komisaris Polisi menjadi AKBP sebanyak 29 orang, dari AKP menjadi Kompol sebanyak 52 orang, dari Iptu menjadi AKP 35 orang, dan dari Ipda ke Iptu 1 orang.

Sedangkan Bintara yang naik pangkat pada 1 Juli 2009 besok sebanyak 1.857 orang. Jumlah keseluruhan personel yang naik pangkat sebanyak 1.976 orang.

* Bandar Judi Togel Via SMS Dibekuk

30-06-2009

PUSKOMINFO - Seorang bandar judi togel via SMS yang beroperasi di perumahan mewah dibekuk Satuan Reskrim Polres Metro Kabupaten Tangerang. Pelaku berinisial WLJD ditangkap di Perumahan Royal Serpong Village Jalan Andalusia No. 32 Pondok jagung Serpong Kabupaten Tangerang, Senin (29/06).

Penangkapan tersangka ini atas informasi dari masyarakat bahwa di lokasi terdapat kegiatan judi togel melalui Short Massage Service (SMS) yang dibandari oleh seorang warga keturunan Tionghoa.

Informasi tersebut ditindak-lanjuti dengan penyelidikan, ternyata benar, selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap bandarnya berinisial WLJD. Dari rumah tersangka, petugas menyita barang bukti 21 buku tabungan BCA, ATM/Paspor BCA, 27 lembar kertas rekapan, kalkulator, Handphone dan uang tunai Rp. 420 ribu.

Selanjutnya pelaku dan barang bukti dibawa ke Polres Metro Tangerang Kabupaten untuk penyidikan lebih lanjut.

* KEJADIAN 30 JUNI 2009

1. PENCULIKAN DAN PEMERASAN
Waktu kejadian : Tanggal 29 Juni 2009 Pukul 00.15 Wib.
TKP : Jl. Nangka Beji Depok.
Korban : Agus Ramdan.
Pelaku : JN dan BA.
Saksi : Dodi.
Kronologis : Pelaku mengajak pergi korban dan saksi namun keesokan harinya hanya saksi yang pulang sementara korban ditahan oleh pelaku dan pelaku meminta uang tebusan pertama 20 juta kemudian tebusan kedua 50 juta, namun uang tebusan yang kedua belum dibayarkan sehingga korban hingga saat ini tidak diketahui kabarnya.
Kerugian : Uang tunai Rp. 20 Juta.
Ditangani : Dit. Reskrimum Polda Metro Jaya.

2. PENGANIAYAAN
Waktu kejadian : Tanggal 28 Juni 2009 Pukul 19.00 Wib.
TKP : Restaurant Sushite Pondok Indah Mall 2 jaksel.
Korban : Dody harjito, Al. Jl. Bukit Hijau VI/9 Rt. 10/13 Pondok Pinang Jaksel.
Pelaku : Yulita Indiani.
Kronologis : Korban diminta pelaku untuk menandatangani perjanjian jual beli rumah milik kakak korban, namun korban menolak kemudian pelaku tidak senang dan tiba-tiba menampar pipi korban sehingga mengakibatkan luka memar.
Ditangani : Dit Reskrimum PMJ.

3. TINDAK PIDANA DIBIDANG KESEHATAN
Waktu kejadian : Tanggal 29 Juni 2009 Pukul 11.30 Wib.
TKP : Pabrik Tahu Pondok dua Sekawan II Jl. Imam Bonjol No. 21 Rt. 01/03 karawaci Tangerang.
Pelaku : LS.
Saksi : Suriyanto, Yogi H, Heri, dwidindra.
Kronologis : Pelaku kedapatan memproduksi dan mengedarkan makanan berupa tahu yang mengandung formalin dan dapat membahayakan bagi konsumen.
Ditangani : Dit Narkoba PMJ.

4. TINDAK PIDANA BIDANG EKONOMI DAN KEPABEANAN
Waktu kejadian : Bulan Juni 2009 .
TKP : Pergudangan Ex. Sanyo B1-B2 Jl. Yos Sudarso Jakut.
Pelaku : Lidik.
Saksi : R. Huzein nasition.
Kronologis : Pelaku diduga tidak memiliki tanda daftar gudang dan mengimpor, menyimpan, memiliki, menjual, menukar serta memperoleh barang-barang impor tanpa mengindahkan ketentuan UU.
Barang bukti : Alat-alat olah raga tanpa ijin.
Ditangani : Dit Reskrim sus PMJ.

5. PENYALAHGUNAAN PSIKOTROPIKA
Waktu kejadian : Tanggal 28 Juni 2009 Pukul 16.00 Wib.
TKP : Simpang Lima Jl. Kramat Bunder Senen Jakpus.
Pelaku : NK, 24th, Al. Gg. Moh. Ali IV Rt. 09/11 No. 16 Tanah Tinggi Johar Baru jakpus.
Saksi : Rahmad Apriyadi dan Irmansyas.
Kronologis : Pelaku kedapatan membawa, memiliki, menyimpan dan membawa psikotropika jenis Lexotan yang disimpan oleh pelaku di saku celana bagian kiri.
Barang Bukti : 20 butir tablet lexotan warna biru berlogo Roche.
Ditangani : Sektro Senen.

6. PENEMUAN MAYAT AKIBAT KDRT
Waktu kejadian : Tanggal 27 Juni 2009 Pukul 11.30 Wib.
TKP : Jl. Jaya 24 Rt. 05/10 Cengkareng barat Jakbar.
Korban : Retmiyanti, 26th, Al. TKP.
Pelaku : MC, 31th,.
Saksi : Zainudin, 48th, Orang tua korban.
Kronologis : Saksi menemukan korban telah MD di TKP, diduga korban MD akibat dianiaya oleh suaminya sendiri. Korban MD dengan luka memar di mata sebelah kanan dan leher akibat hantaman benda tumpul. Mayat korban dibawa ke RSUD Cengkareng Untuk dilakukan Visum.
Ditangani : Sektro Cengkareng.

7. PENCURIAN DENGAN KEKERASAN
Waktu kejadian : Tanggal 29 Juni 2009 Pukul 23.00 Wib.
TKP : Jl. Kali Besar Timur Pinangsia taman sari Jakbar.
Korban : Yanti, 20th, Al. Jl. Lele Blok D.44 12/6 Rt. 06/13 Penjagalan Penjaringan Jakut.
Pelaku : AD, 24th, Al. Kp. Cibitung rt. 02/01 Sukabumi Jawa Barat.
Kronologis : Sewaktu korban sedang berada di Mikrolet. Pelaku meminta dompet dan HP milik korban secara paksa dan pelaku mengancam korban dengan menggunakan golok hingga melukai tangan korban. Kemudian korban turun dari Mikrolet dan berteriak minta tolong, pelaku berhasil diamankan dengan bantuan warga.
Ditangani : Sektro Taman Sari.

8. PENGANIAYAAN BERAT
Waktu kejadian : Tanggal 30 Juni 2009 Pukul 02.00 Wib.
TKP : Perum Villa dago Benda baru Pamulang Tangerang.
Korban : Sarta, 47th, Al. Kp. Ciledug Rw. 04 bambu Apis Pamulang tangerang.
Saksi : natih, 42th.
Pelaku : Lidik.
Kronologis : Petugas mendapat informasi dari masyarakat bahwa di TKP telah ditemukan sesosok mayat laki-laki di pinggir parit jalan, kemudian pada tubuh korban ditemukan luka sobek pada kepala yang diduga akibat benda tajam, diduga korban adalah korban penganiayaan. Selanjutnya korban dikirim kerumah sakit.
Ditangani : Sektro Pamulang.

9. PERCOBAAN PENCURIAN
Waktu kejadian : Tanggal 29 Juni 2009 Pukul 21.30 Wib.
TKP : Depan rumah Gg. Permai Rt. 03/13 No. 77 Cibubur Ciracas Jaktim.
Korban : Sony Ikhwan, 18th, Al. Jl. Tanah Merdeka Rt. 09/04 Kp. Rambutan Jaktim.
Pelaku : JC dan YN.
Saksi : Ipda Setya Basuki, Bripka Sudiyanto, dan Briptu Hendri Purbiyanto (Anggt Sektro Ciracas)
Kronologis : Sewaktu pelaku melakukan aksi pencurian di TKP, saksi ingin menangkap pelaku namun salah satu pelaku menyerang menggunakan badik kemudian diberika tembakan peringatan namun tidak dihiraukan sehingga ditembak mengenai pelaku , pelaku MD di TKP. Kedua jenazah pelaku dibawa ke RS Polri Kramat Jati untuk di otopsi.
Barang bukti : 3 buah kunci leter T, sebilah badik, 1 unit SPM Yamaha Jupiter BE-5038-GA dan 1 unit Yamaha Mio B-6350-TVJ.
Ditangani : Sektro Ciracas.

10. PERCOBAAN PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN
Waktu kejadian : Tanggal 29 Juni 2009 Pukul 04.30 Wib.
TKP : Kp. Dumpit Rt. 03/05 Ganda Sari Jati Uwung Kota Tangerang.
Korban : Mohamad, 52th, Al. Jl Demak No1 Rt. 01/20 Kelapa Dua Tangerang.
Pelaku : Mr.X (tidak dikenal)
Saksi : Asmedi dan Saedi.
Kronologis : Terjadi percobaan pencurian dengan pemberatan yang dilakukan oleh pelaku di TKP namun aksi pelaku diketahui oleh saksi. Karena panic pelaku melarikan diri kemudian dikejar oleh masa dan dihakimi hingga pelaku MD.
Ditangani : Sektro Jati Uwung.

29 Juni 2009

* KEJADIAN 29 JUNI 2009

1. Kedapatan Narkotika

Waktu kejadian : tanggal 28 Juni 2009 pkl.09.00 wib.
Tkp : Jl. Warakas Gg. 23 Rt. 01/08 Kel. Papanggo Jakarta Utara.
Saksi : Aiptu Wage Abnen (Ka. SPK Sektro Tj. Priok)
Pelaku : AM.
Kronologis kejadian : Pelaku kedapatan membawa, memiliki, dan menyimpan 11 bungkus kertas Koran daun ganja yang disimpan dalam tas tangan.
Barang bukti : 11 bungkus kertas Koran daun ganja
Kasus ditangani : Sektro Tj. Priok Jakarta Utara.

2. Penemuan mayat bayi

Waktu kejadian : tanggal 28 Juni 2009 pkl. 16.00 wib.
Tkp : Kali Cakung Drean Jl. Cakung Drean Kel. Cilincing Jakarta Utara.
Korban : Mayat bayi laki-laki.
Pelaku : dalam lidik.
Kronologis kejadian : Korban ditemukan meninggal dunia di tkp oleh saksi yang sedang mengambil air di kali dalam keadaan sudah membusuk dalam posisi tertelungkup dengan kaki kanan sudah tidak ada dan tangan hamper putus.
Kasus ditangani : Sektro Cilincing Jakarta Utara.

3. Kebakaran

Waktu kejadian : tanggal 28 Juni 2009 pkl. 12.00 wib.
Tkp : Toko kaca Elka Jl. Ir. H. Juanda No. 42 Rt. 01/01 Rempoa Kec. Ciputat Timur Tangerang.
Korban : Meni Siahaan (pemilik toko).
Saksi : Elka Rafdi (42)
Kronologis kejadian : Saksi melihat api berasal dari lt. 2 penyimpanan barang-barang elektronik, kemudian api membesar dan membakar toko. Sumber api diperkirakan karena konsleting listrik. Api dapat dipadamkan Pkl. 13.00 Wib dengan bantuan 8 unit DPK. Korban jiwa nihil.
Kerugian : 1 unit ruko, 1 unit kulkas dan televisi.
Kasus ditangani : Sektro Ciputat Jakarta Selatan.

28 Juni 2009

* Kebakaran di Asrama Mako Brimob Kelapa Dua Cimanggis

28-06-2009
Asal api dari lilin yang jatuh ke kasur saat aliran lisrik PLN padam.



PUSKOMINFO - Kebakaran yang terjadi di Asrama Perwira Mako Brimob Kelapa Dua Cimanggis Depok, kini sudah dapat dikuasai petugas. Dengan bantuan 10 unit pemadam kebakaran akhirnya pada pukul 22.30 Wib api berhasil dipadamkan.

Akibat kebakaran tersebut, sebanyak 12 asrama ludes dilalap api.

Informasi yang diperoleh dari Operator Biro Operasi Polda Metro Jaya, asal api diduga dari salah satu penghuni asrama yang menyalakan lilin saat aliran listrik PLN padam. Lilin terjatuh ke kasur hingga api membesar dan membakar 12 unit asrama.

Dalam peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa. Kini, petugas masih berjaga-jaga di lokasi kejadian untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya api kembali.

* Tips Menghindari Kebakaran

28-06-2009

PUSKOMINFO - Bahaya kebakaran terus mengancam. Tidak hanya korban materi, tetapi akibat kebakaran sudah tak terhitung jiwa yang melayang sia-sia. Seperti kata pepatah, ketika kecil adalah teman namun ketika sudah besar jadi musuh.

Oleh karena itu untuk menghindari kebakaran, seperti yang dikutip dari situs resmi Reskrim-um Polda Metro Jaya ada tipsnya yaitu :

1. Lupakan sinetron.

Jangan pernah meninggalkan aktivitas memasak, kendati sinetron favorit anda sedang diputar di televisi.

2. Cek dan ricek.

Bersihkan kompor atau oven dari sisa-sisa minyak goreng setelah memasak. Jauhkan kompor dari bahan yang mudah terbakar. Periksa kebocoran gas secara teratur minimal tiga hari sekali.

3. Oven sesuai fungsi.

Jangan menyimpan makanan di dalam oven saat tidak digunakan. Biasakan memeriksa isi oven sebelum dihidupkan.

4. Jauhkan korek api dari anak-anak.

Di tangan anak-anak korek api bisa sangat berbahaya. Simpan di tempat yang tinggi agar mereka tidak bisa menjangkaunya.

5. Matikan puntung rokok.

Lalai mematikan puntung rokok, alamat mengundang bahaya kebakaran terutama ketika merokok di dalam kamar tidur

6. Bau asap, bau bahaya

Bila mencium bau asap dari peralatan listrik, matikan segera arus listrik dengan mencabut plug/steker dan perbaiki bila ada kerusakan. Segeralah melakukan pergantian apabila menemukan kabel yang rusak.

7. Gunakan Listrik Secara Aman.

Jangan lakukan ini :
Membuat cabang aliran lebih dari tiga.
Membuat kabel di bawah karpet.
Mengganti sekring / fuse melebihi kapasitas kabel.
Gantilah kabel listrik di rumah bila usianya melebihi 15 tahun.

Barak Perwira di Mako Brimob Kelapa Dua Cimanggis, Terbakar

28-06-2009

PUSKOMINFO - Kebakaran kembali terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua Cimanggis Depok, Minggu (28/6) pukul 21.35 Wib. Kali ini si jagomerah mengamuk di barak perwira yang dikenal dengan Barak Margo.

Hingga saat ini sudah 3 asrama habis terbakar dan api masih terus berkobar di barak perwira Brimob tersebut.

"Baru ada dua unit mobil pemadam kebakaran dari Suku Dinas Kebakaran Kota Depok yang ada di lokasi berusaha memadamkan api," kata petugas Polsek Metro Cimanggis, Depok.

Asal api belum diketahui, petugas bersama warga masih terus berupaya memadamkan api.

* Akibat Dihantam Ombak, Kapal Surya Kencana Terbalik

28-06-2009

PUSKOMINFO - Kapal Motor Surya Kencana yang membawa 6 orang penumpang dan 4 anak buah kapal (ABK), terbalik di sekitar perairan Pulau Untung Jawa, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Sabtu (27/6) sekitar pukul 15.30 Wib. Kapal terbalik ketika ombak besar menghantamnya.

Awal kejadian, Kapal yang diawaki Kapten Zaenal dan 3 ABK ini hendak mengantar 6 orang penumpang warga Kapuk yang hendak pergi memancing di sekitar perairan Pulau Pari. Selesai memancing, siangnya mereka berniat untuk kembali ke darat. Di luar dugaan, ketika berlayar menuju Kapuk, Jakarta Utara, tiba-tiba mereka diserang ombak besar di sebelah timur Perairan Pulau Untung Jawa. Kapal terseret ke daerah yang dangkal.

Angin yang betiup kencang membuat kapal terombang-ambing ombak dan terseret ke daerah yang dangkal. Tidak lama kemudian kapal terbalik sehingga seluruh penumpang terdiri dari 1 Kapten kapal, 3 anak buah kapal (ABK) dan 6 penumpangnya langsung bergelimpangan.

Peristiwa tersebut sempat disaksikan warga Pulau Untung Jawa dan Lurahnya, Eko Suroyo. Kejadian tersebut selanjutnya dilaporkan pula ke Pos Pol Untung Jawa. Petugas Pospol bersama-sama warga bergerak memberi pertolongan.

Penumpang yang berceceran di tengah laut dijemput satu persatu oleh nelayan. Selanjutnya penumpang dan ABK yang terdiri dari Zaenal, Aan Mantik, Edo, Robi, Subi, Tatamaji. Hendri, Fung Wan, dan Thsia Sau Hiang ditampung sementara di Kantor Kelurahan Pulau Untung Jawa. Mereka nampak sangat trauma dengan peristiwa tersebut.

Sedangkan Kapal Surya Kencana selanjutnya ditarik ke Pos Pol Untung Jawa.

“Saya tidak mampu mengendalikan kapal. Ombak sangat besar,” kata Zaenal, Kapten Kapal Surya Kencana, usai diselamatkan warga.

Sementara itu Lurah Pulau Untung Jawa, Eko Suroyo, mengingatkan kepada warga agar tidak memaksakan diri berlayar di saat ombak besar. Sebab jika terjadi kecelakaan mereka juga yang susah.

“Untung mereka menggunakan pelampung. Kalau tidak, mungkin kami tidak bisa menyelamatkannya,” kata Eko menambahkan.

* Liburan, Bonbin Ragunan Ramai Pengunjung

28-06-2009

PUSKOMINFO - Memasuki hari liburan sekolah, sejumlah tempat rekreasi menjadi sasaran untuk menghabiskan waktu dan bersenang-senang. Salah satunya Kebon Binatang (bonbin) Ragunan yang sejak pagi tadi dibanjiri pengunjung.

Hasil pantauan PUSKOMINFO di lokasi, akibat membludaknya pengunjung Kebon Binatang Ragunan, arus lalu lintas di sekitar Bonbin Ragunan sejak pagi hingga pukul 17.00 Wib sangat padat. Bahkan petugas Polisi Lalu Lintas memberlakukan jalan satu arah bagi pengendara atau pengunjung kebon binatang.

Kemacetan diperparah dengan banyaknya pedagang kaki lima yang berjualan di sepanjang badan jalan menuju Bonbin Ragunan.

Informasi yang diperoleh PUSKOMINFO Bid Humas Polda Metro Jaya, Minggu (28/6/2009), hingga pukul 17.00 Wib jumlah pengunjung Bonbin Ragunan mencapai 55.000 orang, Sepeda Motor sebanyak 7.500 unit, Mobil 1.200 unit dan kendaraan kecil lainnya sebanyak 200 unit.

Hingga berita ini diturunkan, arus lalu lintas di sekitar Bonbin Ragunan masih sangat padat. Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Hasan Untoro yang dihubungi melalui telepon mengimbau "Bagi warga yang tinggal di sekitar Bonbin Ragunan diarahkan untuk melintas pintu ke luar Ragunan, atau melalui Jalan Kebagusan maupun Cilandak."

* Sebanyak 12 Copet PRJ Ditangkap

28-06-2009

PUSKOMINFO - Sebanyak 12 copet yang beraksi di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) ditangkap petugas Resmob, Direktorat Reserse Kriminal Umum, Polda Metro Jaya. Dua pelaku diantaranya adalah wanita. Dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti berupa puluhan dompet dan telepon seluler.

Penangkapan para tersangka itu berawal dari laporan masyarakat yang menyebutkan di kawasan PRJ sering terjadi aksi pencopetan. Mendapat laporan tersebut petugas langsung menindaklanjutinya dengan mendatangi ke lokasi dan melakukan pengintaian.

Hasil observasi, ternyata benar, ada puluhan pemuda diantaranya dua wanita sedang mencari mangsa. Tanpa banyak ngomong lagi petugas langsung menangkapnya satu persatu. "Mereka pura-pura ikut berdesakan dengan warga yang akan naik kereta gandeng," tutur Kasat Resmob Dit Reskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Ahmad Rivai kepada Wartawan, Minggu (28/6) .

Dari 12 pelaku yang dibekuk, dua diantaranya wanita yang ikut ditangkap bernama Sulistiowati dan Eny," ungkap Rivai.

Oleh petugas, 12 orang kawanan copet ini langsung digelandang ke Polda Metro Jaya berikut puluhan dopet, telepon genggam dan barang-barang berharga lainnya.

* Pada Hari Bhayangkara 1 Juli 2009, Tiga Jalan di Jakarta Selatan Ditutup 6 Jam

28-06-2009

PUSKOMINFO – Pada Hari Bhayangkara ke-63 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2009, tiga ruas jalan di sekitar Mabes Polri akan ditutup selama 6 jam. Penutupan sementara dilakukan karena Jalan sekitar depan Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, akan digunakan untuk upacara bendera. Rencananya acara tersebut akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla.

Ketiga ruas jalan yang ditutup yakni Jalan Patimura sisi timur yang mengarah ke selatan, Jalan Sanjaya serta Jalan Trunojoyo mulai dari Traffick Light (TL) Mabes Polri hingga TL Adityawarman.

"Adanya penutupan jalan untuk sementara, sehingga kami imbau masyarakat untuk menghindari ruas jalan tersebut," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Condro Kirono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (28/6/2009).

Selanjutnya Condro Kirono menjelaskan, Selain melakukan penutupan arus, selama 6 jam, arus di sekitar Mabes Polri akan dialihkan.

Pengalihan arus diantaranya di pertigaan kantor Menteri Pertahanan, Semua kendaraan, kecuali undangan yang datang dari arah utara Jl Sudirman maupun dari arah Jl Senopati yang akan menuju Blok M dialihkan melalui Jl Patimura dibelokkan ke kiri Jl Senopati-TL Santa Wolter Monginsidi-TL Tirtayasa menuju Jl. Iskandarsyah-Blok M dan seterusnya.

Sedangkan dari arah Senopati yang menuju Blok M melalui Jl Patimura sampai depan putaran PU memutar arah belok ke kiri Jl Daksa-Jl Sisingamangaraja ke kiri arah CSW dan seterusnya.

Begitu pula di Jl Sanjaya I, bagi kendaraan yang datang dari Jl Gunawarman melalui Jl. Sanjaya hingga pertigaan Jl Sanjaya dialihkan ke kanan-Jl Munawarman-Jl Sanjaya 4.

Sebanyak 586 personil anggota Ditlantas dari seluruh jajaran Polda Metro Jaya akan dilibatkan dalam pengaturan lalu lintas. "Satuan petugas secara mobile akan diturunkan untuk menginformasikan pengalihan tersebut," lanjutnya.

* Dua Ruko Terbakar, Pegawai SPBU Berhamburan

28-06-2009

PUSKOMINFO - Kebakaran hebat melanda dua rumah dan toko (ruko) di Jalan IR H Juanda No. 42 Rt. 01/01 Rempoa Ciputat, Jakarta Selatan, Minggu, 28 Juni 2009 pukul 13.00 WIB. Ruko yang terbakar itu berada di dekat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Ruko yang terbakar adalah toko kaca dan sebelahnya toko sepeda serta tempat kursus bahasa Inggris.
Akibat kebakaran itu, para karyawan SPBU berhamburan karena takut api tersebut merembet ke tempat penyimpanan bahan bakar itu.

Karena takut, warga yang berada di lokasi kebakaran hanya menonton saja. Tidak ada upaya untuk memadamkan api dengan air atau benda lainnya.

Enam Unit mobil pemadam kebakaran berupaya untuk memadamkan api. Hingga pukul 13.30 Wib, api sudah berhasil dikuasai, yang tampak saat ini hanya kepulan asap dari sisa puing-puing yang terbakar. Namun petugas pemadam kebakaran masih berjaga-jaga di lokasi kejadian untuk mengantisipasi munculnya api susulan.

“Saat ini, api sudah berhasil dipadamkan dengan 6 unit DPK, Belum diketahui apakah ada korban jiwa atau tidak”, kata petugas Polsek Metro Ciputat ketika dihubungi PUSKOMINFO.

* PERANGKAP PENYIMPANGAN DAN KEJAHATAN, Teori Baru dalam Kriminologi, Karya Prof. Dr. Tb. Ronny Rahman Nitibaskara

28-06-2009
Resensi Buku

PUSKOMINFO – Pada tanggal 26 Juni 2009, bertempat di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Prof. Dr. Tb. Ronny Rahman Nitibaskara, meluncurkan sebuah buku yang diberi judul “Perangkap Penyimpangan dan Kejahatan, Teori Baru Dalam Kriminologi”.

Buku tersebut, penulis bermaksud untuk turut memberikan sumbangan pemahaman terhadap realitas masyarakat yang terus bertambah galau karena semakin kuatnya fenomena perangkap penyimpangan dan kejahatan. Buku tersebut menghadirkan teori baru guna memahami dan menganalisa serta memberikan solusi terhadap belitan persoalan-persoalan kejahatan.

Dalam bukunya, Prof. Dr. Tb. Ronny Rahman Nitibaskara merumuskan tiga pendekatan yang menjadi isi (content) dari Teori Kekuatan Kejahatan (Theory of Crime Power). Pendekatan-pendekatan tersebut adalah (a) Budaya dalan Transisi, (b) Kejahatan Berdaulat dan (c) Perangkap Penyimpangan dan Kejahatan. Masalah korupsi telah pula diberikan perhatian yang besar dalam buku tersebut. Dalam Bab Pertama (dari empat bab), enam sub-sub diberi judul dan membahas tentang korupsi.

Menanggapi buku Prof. Dr. Tb. Ronny Rahman Nitibaskara tersebut, Mardjono Reksodiputro, berpendapat buku tersebut tidak atau belum begitu jelas dari teori mana yang menjadi pijakan dalam pemikiran penulisan.

Sebab, dalam “dunia kriminalogi” terdapat dua kubu yang saling bertentangan, yaitu kubu pertama yang berpendapat bahwa “crime is a function of numerous factors”, yang juga dinamakan kubu dengan teori-teori (dikembangkan oleh Sheldon Glucok). Kubu kedua adalah yang mengatakan bahwa mungkin saja dirumuskan suatu teori umum yang menjadi factor penentu dalam menjelaskan sebab kejahatan (Theory development oleh Cohen, dengan dasar teori Sutherland).

Menurut Mardjono Reksodiputro , ia hanya dapat menyimpulkan bahwa Prof. Dr. Tb. Ronny Rahman Nitibaskara melalui bukunya telah mencoba untuk mempolakan dan mengintegrasikan sejumlah fakta yang diobservasinya dalam masyarakat Indonesia. Observasi ini bila ingin menjadi teori yang bermanfaat masih perlu dirumuskan, menjadi suatu “general statement”. Teori itu selanjutnya harus dapat dipergunakan dalam kegiatan (action) penelitian ataupun pencegahan kejahatan. Tesis dan disertasi dengan memanfaatkan teori ini akan membantu pengembangan teori ini selanjutnya.

Mardjono Reksodiputro menambahkan, ia kurang sependapat dengan ungkapan yang terdapat dalam buku tersebut “Siapa meninggalkan keburukan, ia pasti berada dalam kebaikan, namun tidak setiap pelaku kebaikan berada di dalamnya “. Ungkapan itu senada dengan ungkapan “evil causes – evil fallacy”, yaitu pemikiran yang menyesatkan bahwa “segala sesuatu yang buruk adalah selalu akibat faktor-faktor yang buruk pula”. Sebab nilai-nilai yang baik belum tentu menghasilkan sesuatu yang baik, begitu pula sebaliknya hal yang buruk belum tentu menghasilkan sesuatu yang buruk pula.

Sebagai contoh hal-hal baik seperti moderniasai, globalisasi, kemajuan teknologi informasi, akan menghasilkan budaya yang buruk seperti budaya asing yang bertentangan dengan budaya kita. Begitu pula hal yang buruk seperti krisis ekonomi, akan menghasilkan sesuatu yang baik misalnya nasionalisme.

Namun dari itu semua, teori yang disampaikan di dalam buku Prof. Dr. Tb. Ronny Rahman Nitibaskara sangat membantu dalam pengendalian kejahatan dan pengembangan teori-teori selanjutnya.

Buku setebal 280 halaman tersebut dicetak dengan kertas Lux dan disajikan dalam tata bahasa yang mudah dimengerti pembacanya.

* Penipuan dengan Modus Menawarkan Pekerjaan di Amerika

28-06-2009

PUSKOMINFO – Dua wanita, RMM dan IJS, dilaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polda Metro Jaya, Sabtu, 26 Juni 2009, karena diduga telah menipu puluhan orang dengan menjanjikan akan mempekerjakan korban ke Amerika Serikat sebagai pendamping lansia.

Adalah Charles Djaya Wijaya, 38 th, ia telah menjadi korban penipuan dengan dijanjikan akan dipekerjakan sebagai pendamping para lanjut usia (lansia) di Amerika Serikat.

Awal kejadian bermula pada tanggal 8 Agustus 2008 lalu, Charles ditawarkan oleh RMM dan IJS, untuk dipekerjakan di Amerika Serikat, dengan syarat korban harus menyerahkan uang berkisar Rp. 40 juta hingga Rp. 50 juta. Uang tersebut akan digunakan pelaku untuk mengurus visa kerja dan biaya perjalanan lainnya. Korban dijanjikan untuk menjadi pendamping Lansia dengan gaji yang menggiurkan.

Karena tertarik, selanjutnya korban menerima tawaran tersebut. Korban pun mendatangi kantor pelaku di Jl. Agung Utara Blok A 17 C Nomor 14 Sunter Agung Podomoro Jakarta Utara dan menyerahkan uang kepada Pelaku sekitar Rp. 40 juta seperti yang diminta pelaku.

Namun, setelah menyerahkan uang, hingga kini korban tidak diberangkatkan ke Amerika Serikat dan uang korban tidak dikembalikan. Menurut Charles, bukan ia saja yang menjadi korban, tetapi masih banyak orang yang menjadi korban penipuan kedua wanita tersebut. Pelaku juga diduga telah meraup uang dari para korbannya hingga ratusan juta rupiah.

Karena kejadian tersebut, selanjutnya korban melaporkan pelaku ke Polda Metro Jaya.

* Delapan Maling Rumsong, Dibekuk

28-06-2009

PUSKOMINFO - Delapan pelaku pencurian spesialis rumah kosong (rumsong) diciduk petugas Polres Metro Jakarta Selatan, Jumat 26 Juni 2009. Dalam menjalankan aksinya, kawanan pencuri ini selalu berpura-pura menjadi petugas renovasi rumah.

Para pelaku adalah Mamat, Noce, Andhika, Eriko, Edy Yusuf, Herman, Ersan, dan Joko Pramono. Para pelaku dibekuk di kawasan Ciputat, Tangerang, tanpa perlawanan berarti.

Ketika pemilik tidak berada di rumah, kawanan maling ini selalu memperdaya pembantu rumah tangga dengan berpura-pura bertamu atau mengaku diperintah majikan untuk memperbaiki rumah. Saat pembantu lengah, kawanan ini akan menggasak barang-barang berharga, sepeti laptop, telepon genggam bahkan kendaraan bermotor.

"Target mereka adalah rumah kosong yang ditinggal pemiliknya," ujar Kepala Satuan Reskrim Polres Jakarta Selatan, Kompol Subandi, kepada wartawan.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa empat unit motor, dua obeng, serta dua pasang sepatu warna coklat.

Dari keterangan para pelaku, kata Subandi, kawanan ini biasa beraksi sebanyak dua kali dalam sebulan. "Daerah operasinya Jakarta dan daerah sekitarnya," tambahnya.

* Kunjungan Abang-None dan Koko-Cici Jakarta 2009 ke Polda Metro Jaya

28-06-2009

PUSKOMINFO - Dalam rangka menjalin kerjasama antara Polda Metro Jaya dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, pagi ini (28/6), Abang None Jakarta dan Koko Cici Jakarta 2009 berkunjung ke Polda Metro Jaya untuk mengenal lebih dekat tentang tugas kepolisian.

Dengan kunjungan ini Abang None dan Koko Cici Jakarta, sebagai duta wisata dan budaya Jakarta diharapkan dapat memberi citra yang positif tentang kota Jakarta kepada masyarakat umum.

Informasi dari AKP.Mujiana, kegiatan yang dumulai pukul 09.00 Wib ini, akan dimeriahkan oleh 240 Abang None Jakarta dan koko cici Jakarta 2009, dengan melakukan kegiatan antara lain Kegiatan Mural pada Tiang Jalan Tol di Lampu merah Pancoran, Melukis pesan keselamatan lalu lintas pada tiang Fly Over dan Menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran (Kamseltibcar) Berlalu Lintas.

Kegiatan dilanjutkan dengan menyaksikan “Safety Riding” antara lain Keselamatan Pengendara Kendaraan Roda Dua, Keselamatan Berlalu Lintas dan Menciptakan Kamseltibcar.

Kegiatan berakhir di Kantor Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Abang None dan Koko Cici Jakarta akan melakukan kunjungan ke Ruang Traffic Management Centre, kegiatan Sim Komunitas dan ditutup dengan ramah tamah.

* Motor Tabrak Pohon, Satu Tewas

28-06-2009

PUSKOMINFO - Sebuah pengendara sepeda motor mengalami Out Of Control dan menabrak sebuah pohon yang ada di Jl.Gatot Subroto tepatnya depan Kantor Palang Merah Indonesia (PMI), Jakarta Selatan , Minggu 28 Juni 2009.

Kejadiannya sekitar pukul 08.00 Wib, akibat kecelakaan tersebut seorang penumpang mengalami luka parah dan satu tewas di tempat kejadian.

Sementara kedua korban saat ini yang meninggal di bawa ke RSCM dan yang mengalami luka parah di RS Medistra Kuningan Jakarta Selatan.

Sampai saat ini masih dalam proses penyelidikan. Petugas Unit kecelakaan Polda Metro Jaya masih menghimpun data.

* Kejadian 28 Juni 2009

1. Pencurian Dngan Kekerasan

Tgl. Kejadian : 26 Juni 2009 Pukul 00.00 Wib, Dilaporkan 27 Juni 2009 Pukul 11.45 Wib.
TKP : Jl. Arjuna Raya, Samping Taman Anggrek Jakarta Barat
Korban : Tan Hendra, 24 th, warga Jl. Patra Jaya Rt. 07/02 Jakarta Barat.
Pelaku : Dua orang dalam penyelidikan.
Modus : Ketika korban sedang mengenarai sepeda motor hendak pulang ke rumah, tiba-tiba di TKP dipepet pelaku dan meminta korban untuk berhenti. Korban turun dari sepeda motor, tiba-tiba pelaku menghunuskan pisau ke arah perut dan meminta korban untuk menyerahkan sepeda motornya. Pelaku membawa kabur sepeda motor korban, Yamaha Vega B-6639-BOS.
Ditangani : Sektro Tanjung Duren.

2. Kecelakaan Lalu Lintas, Korban Meninggal Dunia

Tgl. Kejadian : 27 Juni 2009 Pukul 08.00 Wib.
TKP : Jl. RE. Martadinata Depan Pos 3 Pelabuhan Jakarta tara.
Korban : Lana, 62 th, Pengendara Sepeda Motor B-4667-NE, warga Jl. Warakas Rt. 14/08 Tanjung Priok Jakarta Utara.
Pelaku : Andriansyah, 36 th, Pengemudi Trailer B-9674-XA, warga Jl. F Gg. G Rt. 08/14 Rawa Badak Koja Jakarta Utara.
Modus : Ketika kendaraan Trailer berjalan dari arah Barat ke Timur, Sesampai di TKP, tiba-tiba dari sebelah kiri belakang datang korban yang mengendarai sepeda motor. Kemudian korban terlindas roda belakang trailer hingga meninggal dunia di TKP.
Ditangani : Sat lantas Polres Metro jakarta Utara.

3. Kedapatan Narkotika

Tgl. Kejadian : 26 Juni 2009 pukul 02.00 Wib, Dilaporkan 27 Juni 2009 pukul 14.00 Wib.
TKP : Cilangkap Rt. 02/18 Cimanggis Depok.
Pelaku : MS
Saksi : Budi Marsono, Anggota Restro Depok.
Modus : Pelaku kedapatan memiliki, menyimpan dan atau menggunakan narkotika jenis ganja yang terdapat di dalam rumah pelaku. Ganja tersebut dimasukkan ke dalam kantong plastik warna putih.
Barang Bukti : 5 bungkus kertas koran dan 20 ampel kertas koran berisi ganja kering.
Ditangani : Sektro Bojong Gede.

4. Penemuan Mortir yang Diduga Masih Aktif

Tgl. Kejadian : 27 Juni 2009 pukul 10.30 Wib.
TKP : Kade 108 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta utara.
Saksi : latu, 41 th, penyelam, warga Jl. Ende No. 1 Rt. 08/15 Jakarta Utara.
Modus: Ketika saksi sedang menyelam menemukan sepotong besi dan setelah diangkat ke permukaan, ternyata besi tersebut adalah mortir. Selanjutnya barang tersebut diamankan di Polres Metro KPPP Tanjung Priok.
Ditangani : Restro KPPP Tanjung Priok.

27 Juni 2009

* 5 KENDARAAN TABRAKAN BERUNTUN , 1 KABUR

PUSKOMINFO - Telah terjadi lima kendaraan tabrakan beruntun di jalan tol dalam kota tepatnya dilayang Kuningan arah Cawang sekitar pukul 07.40 WIB (27/06/2009).

Dalam peristiwa kecelakaan tersebut satu kendaraan dilaporkan kabur, sementara keempat kendaraan masih didata petugas unit LAKA Dit Lantas Polda Metro jaya.

Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut hanya menyebabkan kerugian materi dan menyebabkan arus lalu lintas tersendat, informasi terakhir antrian kendaraan saat ini sudah sampai sekitaran Semanggi.

* KONSUMSI SOFTDRINK BERLEBIHAN BISA PACU OSTEOPOROSIS

PUSKOMINFO - Sebuah hasil penelitian di bidang kesehatan mengungkapkan data menarik bahwa kebiasaan minum soft drink secara berlebihan dapat mempercepat seseorang mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis, selain faktor kurangnya aktivitas fisik serta minimnya masukan zat kalsium.

“Hindari kebiasaan merokok, alkohol, kafein serta soft drink,” kata dokter Tanya TM Rotikan dari Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di Jakarta, Senin dalam lokakarya yang membahas “Terobosan Baru Dalam Ilmu Kesehatan Tulang.” Tanya mengungkapkan bahwa soft drink menjadi salah satu faktor yang mendorong pengeroposan tulang karena minuman ringan yang dikonsumsi secara berlebihan ini mengandung karbon yang menghambat penyerapan zat kalsium.

Ia mengatakan pula bahwa kafein yang terdapat dalam kopi–apalagi jika diminum secara berlebihan– akan mengeluarkan kalsium secara berlebihan.

Sementara itu alkohol merusak tulang dan menyebabkan pola makan yang tidak teratur sehingga timbul gangguan kecukupan zat gizi dalam makanan.

Pada acara yang diselenggarakan PT Fonterra Brands Indonesia yang menghasilkan susu Anlene tersebut, dokter Tanya menyebutkan sekalipun di Indonesia belum diketahui secara tepat jumlah penderita osteoporosis, sebagai perbandingan di Amerika Serikat terdapat 28 juta penderita yang sedikitnya mengakibatkan terjadinya 1,5 juta kasus patah tulang setiap tahunnya.

Untuk mengatasi kasus pengeroposan tulang ini, ia menyarankan agar masyarakat untuk lebih memperhatikan gaya hidup mereka serta menata kembali pola makannya.
“Osteoporosis dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih aktif bergerak, cukupnya paparan sinar matahari dan cukupnya masukan kalsium yang disesuaikan dengan usia, masing-masing (orang, red),” katanya.

Ia menjelaskan, pada umumnya penderita osteoporosis tidak menyadari gangguan kesehatan yang mereka alami. Kondisi itu baru disadari bila mereka menderita patah tulang sehingga baru kemudian menghubungi dokter.

Selain patah tulang, gejala osteoporosis juga bisa ditemukan bila tubuh makin pendek atau makin membungkuk, timbulnya nyeri tulang, serta secara kebetulan ditemukannya gambaran radiologik yang khas.

Di tempat yang sama, Manajer Pemasaran Fonterra Brands Indonesia Baskorohadi Sukatmo menyebutkan susu berkalsium tinggi dapat mencegah terjadinya gangguan tulang ini.

“Osteoporosis disebabkan oleh menurunnya kalsium dalam tulang, yang membuat tulang menjadi tipis, keropos dan mudah patah,” kata Baskorohadi Sukatmo.

* KEJADIAN 27 JUNI

1. KEBAKARAN
Waktu kejadian : Tanggal 26 Juni 2009 Pukul 18.30 Wib.
TKP : Jl Swadaya Rt10/11 N0.54 Cijantung Pasar Rebo JAKTIM .
Korban : Ahmad, 50 th.
Saksi : Hatmi, 52th.
Kronologis : Menurut keterangan saksi pada saat itu lampu PLN sedang padam. Kemudian korban menyalakan lilin untuk penerangan. pada saat korban menuangkan bensin dari jerigen ke botol dekat lilin, tanpa sengaja korban menendang lilin sehingga api menyambar bensin dan rumah. Korban mengalami luka bakar pada seluruh tubuhnya api dapat dipadamkan dengan bantuan 3 (tiga) unit Dinas Pemadam Kebakaran.
Ditangani : Sektro Pasar Rebo.

2. PENCURIAN DENGAN KEKERASAN
Waktu kejadian : Tanggal 26 Juni 2009 Pukul 12.15 Wib.
TKP : Jl. Tebet Barat Dalam Raya..
Korban : Vonny Veliana Aprilia, 23th. Alamat, Komplek POLRI Pondok Karya Blok D 13 Mampang JAKSEL.
Pelaku : Lidik.
Kronologis : Korban sedang berdiri sendirian di TKP tba-tiba pelaku menjambret tas milik korban dan pelaku langsung melarikan diri.
Kerugian : 2 (dua) lembar cek bank BCA senilai Rp. 165.000.000,- dan surat-surat berharga.
Ditangani : Sektro Tebet.

3. LAKA LANTAS
Waktu kejadian : Tanggal 26 Juni 2009 Pukul 00.15 Wib.
TKP : Jl. Plumpang Semper depan PLN Koja JAKUT.
Korban : M. Safei, 50th. Alamat, Jl. Malaka Indah D/39 Rt15/6 Rorotan JAKUT.
Kronologis : Pengendara Kendaraan roda 2 No.Pol B-6999-UKQ merubah arah membelok namun tidak memperhatikan KR R-2 yang berada disampingnya sehingga mengakibatkan kendaraan roda 2 B-6999-UKQ serempetan dengan kendaraan roda 2 Mega Pro B-6741-UBD dan mengalami luka pada bagian kepala dan mulut mengeluarkan darah serta tidak sadarkan diri. Selanjutnya korban dibawa ke RSPAD.
Ditangani : LAKA LANTAS RESTRO JAKUT.

4. PENEMUAN MAYAT
Waktu kejadian : Tanggal 26 Juni 2009 pukul 17.00 Wib.
TKP : Hotel Red Top LT. 14 No. 1439 Jl. Pecemungan No. 72 JAKPUS.
Korban : Kok Choong Tuck, 72th
Saksi : Mr. Lim Won Siung, 67th.
Kronologis : Korban ditemukan oleh saksi sudah dalam keadaan meninggal dunia diduga karena sakit. Tanda penganiayaan nihil. Selanjutnya korban dibawa ke RSCM.
Ditangani : Sektro Gambir.

* SIM DAN STNK KELILING

WILAYAH LOKASI
JAKARTA TIMUR SIM & STNK : Depan Swalayan Makro Pasar Rebo
JAKARTA SELATAN SIM & STNK : Taman Makam Pahlawan Kalibata
JAKARTA UTARA SIM & STNK : Mega Mall Pluit
JAKARTA BARAT SIM Keliling di Depan LTC Glodok dan STNK Keliling di Depan Carefour Puri Kembangan
JAKARTA PUSAT SIM : Depan Kantor Pos Pasar Baru, Lapangan banteng STNK : Depan Gedung PELNI

Informasi dari TMC Dit. Lantas Polda Metro Jaya untuk hari Sabtu (27/6) ini SIM dan SAMSAT keliling beroperasi dari Pkl. 08.00 – 12.00 WIB.

26 Juni 2009

* Hari Anti Narkoba Internasional, Lalu Lintas di Sekitar Gelora Bung Karno Padat

26-06-2009

PUSKOMINFO - Ribuan massa bergerak menuju Gelora Bung Karno untuk menyaksikan konser musik akbar yang diberi nama “Indonesia Bersinar” ( Bersih Narkoba ), rencananya acara tersebut akan dimeriahkan oleh Artis Ibukota. Jumat(26/06).

Konser itu akan dibuka Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pukul 14.00 Wib. Ratusan selebriti tampil dalam acara tersebut, termasuk pelawak dan pesulap. Dengan konser musik memperingati HANI ini diharapkan masyarakat terutama para pemuda mengerti bahaya narkoba.

Akibat adanya acara tersebut arus lalu lintas di sekitar GBK mengalami kepadatan.
Berdasarkan pantauan CCTV di TMC Dit Lantas Polda Metro Jaya, hingga pukul 16.00 WIB. Arus lalu lintas di sejumlah ruas disekitar senayan seperti Jl. Sudirman, Jl. Pemuda, Jl. Asia Afrika terpantau padat, terjadi antrian panjang.

Kepada pengguna jalan yang akan melintasi kawasan senayan dihimbau menghindari ruas jalan sekitar senayan dan mencari jalan alternatif agar tidak terjebak kemacetan.

* Berkas Perkara Jaksa Esther Tanak dan Dara Veranita Lengkap, Tersangka dan Barang Bukti akan diserahkan ke Kejati DKI Jakarta Senin Mendatang

26-06-2009

PUSKOMINFO - Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah menyatakan lengkap (P21) berkas perkara penggelapan barang bukti ecstasy dengan tersangka jaksa Esther Tanak dan Dara Veranita. Setelah sempat terkatung-katung, akhirnya berkas perkara kedua jaksa itu dinyatakan lengkap sejak hari Kamis 25 Juni 2009, kemarin.

Berkas perkara tersebut sempat dikembalikan kepada penyidik pada 15 Juni 2009 lalu. Selanjutnya penyidik Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya melimpahkan kembali berkas perkara kedua jaksa itu pada Rabu pekan lalu.

Setelah mempelajari dan meneliti berkas kedua jaksa tersebut, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta menyatakan berkasnya telah P21. Setelah memenuhi bukti formil dan data-data yang lain.

Sementara, Kepala Unit Psikotropika Dit Narkoba Polda Metro Jaya, Komisaris Christian Siagian, yang dihubungi PUSKOMINFO, Jum’at (26/6) siang, membenarkan hal tersebut.

“Namun penyerahan tersangka berikut barang bukti ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta baru akan dilaksanakan pada Senin 29 Juni 2009 mendatang” kata Kompol Polisi Christian Siagian.

Kasus penjualan barang bukti itu mencuat setelah pegawai Polsek Metro Pademangan, Zaenanto, tertangkap. Petugas menemukan 100 butir ecstasy di rumah Zaenanto, Jalan Budi Mulya, Pademangan, Jakarta Utara.

Pengembangan kasus, selanjutnya petugas menangkap anggota Polsek Metro Pademangan, Aiptu Irfan. Dari Irfan didapati barang bukti 200 butir ecstasy di kantornya. Irfan mengaku mendapatkan obat terlarang itu dari Jaksa Esther.

Ratusan butir ecstasy itu diduga didapat Jaksa Esther dari barang bukti kasus narkoba yang tengah ditangani di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

* Warga Singapura Tewas di Kamar Hotel

26-06-2009

PUSKOMINFO - Seorang pria warga negara Singapura ditemukan tewas di kamar Hotel Redtop, Jalan Pecenongan 72, Jakarta Pusat. Belum diketahui secara pasti penyabab kematiannya. Petugas Polsek Metro Gambir sudah melakukan identifikasi terhadap mayat korban.

Korban yang diketahui bernama Kok Choong Tuck, 72 th, pertama kali ditemukan tewas oleh teman sekamarnya bernama Lim Wong Siung, 60 th, Warga Negara Taiwan, sekitar pukul 07.00 WIB, Jumat 26 Juni 2009, di kamar 1439 lantai 14 Hotel Redtop. Selanjutnya Lim melaporkan ke pihak Hotel yang diteruskan ke Polsek Metro Gambir.

Petugas Polsek Metro Gambir, Jakarta Pusat, sudah melakukan identifikasi terhadap mayat korban. Dari pemeriksaan awal tidak ditemukan tanda-tanda bekas luka penganiayaan yang menyebabkan kematian.

“Karena korban adalah Warga Negara Asing, selanjutnya kasus ini dilimpahkan ke Polres Metro Jakarta Pusat”, kata Kanit Reskrim Polsek Metro Gambir, Inspektur Satu Suhendar.

Saat ini, Polisi telah meminta keterangan dari Lim Wong Siung, teman sekamar korban, yang diduga mengetahui persis tentang korban. Sedangkan korban dikirim ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk menjalani otopsi.

* Mayat Perempuan dengan Luka Jerat di Leher

26-06-2009

PUSKOMINFO - Sesosok mayat perempuan ditemukan warga di bawah jembatan layang Kranji Rt. 01/01 Kranji Bekasi Barat, Kamis (25/6) kemarin. Pada tubuh korban terdapat luka memar di buah dada dan luka bekas jeratan di bagian leher.

Korban pertama kali ditemukan oleh Supardi, 56 th, warga sekitar pada pukul 08.30 Wib. Saat ditemukan, korban sudah meninggal dunia dengan posisi miring di atas meja. Selanjutnya penemuan ini dilaporkan ke Polsek Metro Bekasi Barat.

Petugas kepolisian dari Polsek Metro Bekasi Barat yang datang ke lokasi kejadian melakukan identifikasi terhadap korban. Dari kondisi serta pakaian yang dikenakan korban, Petugas menduga korban adalah tuna wisma dan tuna karya.

Polisi masih menyelidiki penyebab kematian korban apakah karena bunuh diri atau korban pembunuhan karena di leher korban terdapat luka bekas jeratan dan buah dada memar. Di lokasi kejadian, petugas menemukan seutas tali dari baju.

Selanjutnya mayat korban dibawa ke RS. Cipto Mangunkusumo untuk otopsi, sedangkan kasusnya ditangani Polsek Metro Bekasi Barat.

* KEJADIAN 26 JUNI 2009

1. PENEMUAN SENPI
Waktu kejadian : Tanggal 25 Juni 2009 Pukul 10.00 Wib.
TKP : Sungai Kalibata Pulo Pejatan Barat Jaksel.
Saksi : 1) Roni, 2) Rahmat.
Kronologis : seorang pemulung menemukan senpi tersebut saat sedang mencari sampah di sekitar TKP dan ketika senpi tersebut dipegang tiba-tiba senpi tersebut sempat meledak satu kali kemudian pemulung tersebut kaget dan langsung melarikan diri hal tersebut diketahui oleh saksi 1 dan memberi tahu saksi 2 yang selanjutnya dibawa oleh saksi 2 ke Restro Jaksel.
Barang bukti : 1 buah senpi rakitan dan 1 buah peluru caliber 38 mm.
Ditangani : Restro Jaksel.

2. PENYALAHGUNAAN PSIKOTROPIKA
Waktu kejadian : Tanggal 25 Juni 2009 Pukul 00.30 Wib.
TKP : Perum Kota Wisata Cibubur Blok J 32 Ciangsana Gunung Putri Bogor.
Pelaku : IB.
Kronologis : Pelaku kedapatan membawa, menggunakan dan menyimpan psikotropika jenis pil extasy didalam plastic toples putih diatas meja belajar.
Barang bukti : psikotropika jenis pil extasy sebanyak 450 butir.
Ditangani : Restro Bekasi.

3. PENCURIAN DENGAN KEKERASAN R4
Waktu kejadian : Tanggal 25 Juni 2009 Pukul 20.30 Wib.
TKP : Dusun III Desa Sari Mukti Cibitung Bekasi Kab.
Korban : Dede Kurniawan, 17th.
Pelaku : AM Cs.
Saksi : Adi, 40th.
Kronologis : Korban sedang engendarai mobil yang disewa oleh pelaku dari Jakarta menuju Bekasi, ditengah perjalanan pelaku meminta mengantikan korban untuk mengendarai mobil tersebut korban duduk dikursi belakang dan tertidur tiba-tiba pelaku menjerat leher korban dengan menggunakan tali plastic selanjutnya korban dibuang dipinggir jalan sedangkan pelaku membawa kabur mobil tersebut.
Kerugian : 1 unit KR R4 Suzuki APV No. Pol. B-8530-RV.
Barang bukti : Seutas tali plastik sepanjang 1 meter.
Ditangani : Sektro Cibitung.

25 Juni 2009

* Dialog Interaktif Tentang Integrated System Pelayanan Lalu Lintas

25-06-2009

PUSKOMINFO – Menjelang diberlakukannya integrated system registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor di jajaran Polda Metro Jaya, yang akan diresmikan bersamaan dengan peringatan Hari Bhayangkara ke -63 pada tanggal 1 Juli 2009 mendatang di Halaman Babinkam Mabes Polri, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengadakan dialog interaktif bertemakan “Integrated System Pelayanan Lalu Lintas”.

Acara tersebut diselenggrakan pada hari Kamis tanggal 25 Juni 2009, bertempat di Rafflesia Ball Room Balai Kartini Jakarta , bertepatan dengan kegiatan International Public service Expo 2009.

Dalam dialog interaktif yang dipandu oleh moderator Fifi Aleyda Yahya tersebut, membahas antara lain bagaimanakah implementasi integrated system registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor di jajaran Polda Metro Jaya serta apa manfaat integrated system registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor bagi masyarakat.

Sebagai pembicara dalam dialog interaktif yakni Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Drs. Condro Kirono, MM, Sekjen Gaikindo Freddy Sutrisno, Ketua APJP /AISI Gunawan Sindhuwinata , Ketua APPI Wiwik Kurnia, dan Group Head I Divisi KP BRI Jakarta M. Hafid.

* Pembobol Brankas ATM BNI di Meruyung Berhasil Dibekuk, 8 Pelaku Diduga Oknum TNI

25-06-2009

PUSKOMINFO – Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Polres Depok mengulung 11 orang pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Dari sebelas pelaku, delapan orang diantaranya diduga oknum TNI . Pengakuan para tersangka, terakhir mereka membobol ATM BNI dekat Masjid Kubah Emas di Jalan Raya Meruyung, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Depok pada 18 Mei 2009 lalu.

Sedangkan ketiga pelaku dari sipil yang ditangkap itu antara lain Roni, Yono dan Ali. Mereka diringkus di rumahnya masing-masing di kawasan Citereup, Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/6) malam. Dari tangan salah seorang tersangka Roni, polisi menyita dua pucuk senjata api jenis revolver.

Dari pengakuan ketiga tersangka, polisi kemudian menangkap delapan oknum TNI yang berinisial AZ, DD, UD, SM, AT, AR, FS dan RA. Kedelapan oknum ditangkap pada hari yang sama di kawasan Cilodong, Bogor, Jawa Barat.

Kasat Reskrim Polres Metro Depok, Kompol Surya Malendra, saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya menangkap kawanan pembobol ATM tersebut. " Mereka sedang kami proses. Dan oknum TNI belum kami serahkan ke Kesatuannya, " ujar Surya saat dihubungi PUSKOMINFO via telepon, Kamis (25/6).

Kawanan pembobol ATM ini diketahui telah melakukan aksinya puluhan kali di kawasan Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi.Terakhir, kawanan ini membobol ATM BNI dekat Masjid Kubah Emas di Jalan Raya Meruyung RT. 01 RW. 01, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Depok, pada 18 Mei 2009 lalu. Dalam aksinya itu para pelaku menggondol uang mencapai sekitar Rp111 juta.

Setiap kali beraksi kawanan ini biasanya berjumlah delapan orang. Empat masuk ke mesin ATM, dua menunggu di mobil dan dua lainnya berjaga- jaga di luar mengawasi situasi sekitar. "Setiap beraksi mereka mendapatkan Rp15 juta untuk masing-masing orang khususnya yang sipil," kata Kasat Reskrim.

Hingga saat ini Polda Metro Jaya dan Polres Depok masih memburu lima orang anggota kawanan ini yang masih buron.

* Penandatanganan Kerjasama Penanganan Korban Kecelakaan Lalu Lintas

25-06-2009

PUSKOMINFO - Dalam rangka mewujudkan misi program Quick Win di bidang lalu lintas yang sedang digalakkan Polda Metro Jaya guna peningkatan pelayanan prima kepada masyaraat, salah satu upaya yang dilaksanakan yaitu penanganan korban kecelakaan lalu lintas.

Untuk memberikan pelayanan penanganan kecelakaan lalu lintas yang cepat ( quick response ), termasuk dalam memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas dengan cepat, mudah, transparan dan humanis, pagi ini, Kamis 25 Juni 2009, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya menanda-tangani Nota Kesepahaman kerjasama dengan PT Jasa Raharja, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit dalam penanganan kecelakaan lalu lintas.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama ini dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB bertempat di Raflesia Ball Room Balai Kartini Jakarta, yang dihadiri oleh Direktur lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Drs Condro Kirono, MM, Kepala Dinas kesehatan Propinsi DKI Jakarta dr. Dien Emawati,MKes, Kepala PT Jasa Raharja Cabang DKI Usman Siahaan, SH, MM.

Dalam Nota Kesepahaman / Kerjasama ini antara lain berisi penyederhanaan prosedur dalam penanganan korban kecelakaan lalu lintas, termasuk dalam kepengurusan asuransi kecelakaan yang cepat, mudah dan transparan.

Kecelakaan lalu lintas menunjukkan angka yang cukup tinggi yaitu 6.963 korban kecelakaan per tahun , terdiri dari korban meninggal dunia sebanyak 1.169 jiwa dan lainnya luka-luka. Tingkat fatalitas yang tinggi dari kecelakaan total yang terjadi memerlukan penanganan yang komprehensif dan terpadu dari seluruh stakeholder yang terkait dengan kecelakaan lalu lintas.

Diharapkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman ini tercipta sinergitas antar lembaga-lembaga tersebut dalam penanganan korban kecelakaan lalu lintas sehingga lebih profesional.

* Truk Terbalik, Tol Grogol menuju Bandara Macet

25-06-2009

PUSKOMINFO - Sebuah truk terbalik di ruas tol Grogol menuju Bandara tepatnya di KM 16 atau di sekitar Empang Bahagia, Kamis(25/06) pukul 07.00 WIB.

Informasi dari Brigadir Kasyanto,truk naas tersebut bernopol BE. 4813 BA, akibat kecelakaan tersebut jalan tol menuju bandara hanya dapat dilalui satu lajur saja, sehingga mengakibatkan antrean panjang kebelakang.

Hingga berita ini diturunkan, petugas masih berusaha mengevakuasi truk dan mengatur lalu lintas di lokasi kejadian.(TMC)

* Penumpang Pesawat "grepe" Pramugari

25-06-2009

PUSKOMINFO - Pramugari kaget dan marah ketika seorang penumpang pesawat berbuat tak senonoh di dalam sebuah penerbangan di atas pesawat Etihad tujuan Abudabi - Jakarta, Rabu (24/6) kemarin. Tiba di Bandara, Pelaku yang berkewarganegaraan Arab saudi tersebut selanjutnya dilaporkan ke Polres Bandara Soekarno-Hatta.

Korban bernama Dennie Vieve Villareal Dayoc, 25 th, Pramugari Etihad Airlines melaporkan penumpang berinisial ARM, warga negara Arab saudi, karena dalam perjalanan penerbangan melakukan pelecehan.

Kejadiannya Rabu 24 Juni 2009 sekira pukul 07.00 Wib, Dalam penerbangan Pesawat Etihad Airlines Nomor penerbangan EY 472 dari Abudabi menuju Jakarta, Korban yang bekerja sebagai pramugari sedang melayani penumpang yang duduk di bangku Nomor 24F. Tiba-tiba, pelaku yang duduk di bangku nomor 24G memasukkan jari kanannya ke dalam rok korban dan hampir menyentuh alat vital korban.

Korban pun kaget dan marah, sedangkan pelaku seperti tak bersalah, acuh saja.

Tiba di Bandara Soekarno- Hatta Rabu (24/6) sekitar pukul 15.00 Wib, Korban melaporkan Pelaku ke Polres Bandara Soekarno-Hatta.

* KEJADIAN 25 JUNI 2009

1. KEBAKARAN
Waktu kejadian : Tanggal 24 Juni 2009 Pukul 09.15 Wib.
TKP : Villa Kapuk Mas I No. 1 Rt.04/05 Jakpus.
Korban : PT. Sibalingga Arta Abadi, Al. TKP.
Saksi : M. Napitulu, 49th, Karyawan, Al. Kapuk Muara Rt. 01/05 Kapuk Muara.
Kronologis : Api berasal dari mesin alkon penghisap minyak yang membakar gudang oli bekas dan tinner selanjutnya api membakar 4 gudang dan 5 rukan yang lainnya. Api berhasil dipadamkan jam 11.25 Wib dengan menggunakan 15 unit DPK.
Kerugian : belum dapat ditaksir.
Korban Lka : Agus (luka bakar ringan)
Ditangani : Restro Jakut.

2. PEMBUATAN PIL EXTACY
Waktu kejadian : Tanggal 24 Juni 2009 Pukul 21.00 Wib.
TKP : Gg. Mawar Rt. 02/03 Neglasari Tangerang.
Pelaku : 1) JM , 51th, Jl. Pulo Indah Rt. 07/10 Cengkareng Jakbar, 2) NG, 45th, Jl. Kenanga IX D.5/13 Rt. 01/07 Uwung Jaya Cibodas Tangerang.
Saksi : Aipda Tedy, Briptu Agus Mustar, Briptu Haris.
Kronologis : berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa di TKP telah dijadikan tempat pembuatan extacy selanjutnya saksi mendatangi TKP dan melakukan penggeledahan dan ditemukan barang bukti di TKP.
Barang bukti : 28 paket plastic yang tiap paket berisi 35 butir pil extasy warna hijau berjumlah 980 butir pil berlogo “T”, 4 paket plastic, tiap paket 25 butir pil berwarna hijau berlogo “T” jumlah 100 butir, Alat cetak berlogo “T”, 1 set alat pres besi, 1 set pengering 25 Watt, 1 set campuran obat-obatan, Alat penghisap shabu.
Ditangani : Sektro Neglasari.

* TIPS MERAWAT FLASH DISK

Udah pada tahu flash disk kan? Itu tuh salah satu alat penyimpanan data yang semakin hari semakin populer dan bisa dibilang menggeser peranan floppy disk atau yang biasa kita sebut dengan Disket. Sebenarnya flash disk dan disket memiliki fungsi yang sama, hanya saja flash disk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibanding disket. Jika sebuah disket hanya mampu menyimpan data sebesar 1,44 Mega Bytes maka sebuah flash disk mampu menyimpan data mulai 32 Mega Bytes - 2 Giga Bytes, tergantung dengan berapa kapasitasnya.

Selain kualitas, mahal tidaknya flash disk juga tergantung dengan besarnya kapasitas yang tersedia, semakin besar kapasitasnya semakin mahal pula harganya. Memang sih, harga flash disk cenderung menurun dibanding dulu ketika pertama kali di luncurkan, tapi harga sebuah flash disk tidak bisa dikatakan murah lho. Nah biar flash disk kita awet, benda yang biasanya berukuran kecil dan berwarna lucu ini juga harus di rawat lho. Bukan cuma karena harganya yang relatif mahal tapi juga biar data-data penting yang tersimpan didalamnya lebih aman. Well, berikut ini ada tips bagaimana merawat dan menggunakan flash disk dengan benar, antara lain :


1. Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat
Barang-barang elektronik seperti tv dan handphone sangat tidak baik untuk flash disk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar. Terkadang kita sering lupa jika meletakkan flash disk dan hand phone di tempat sama dalam tas. Nah mulai saat ini, kalau pingin flash disk kamu berumur panjang, jangan lagi menyimpannya di tempat sama ya?!

2. Jangan Terkena Air
Meski ada beberapa merk yang mengklaim waterproof, menjauhkan flash disk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman. Daripada data kamu hilang, mendingan tidak ambil resiko kan?

3. Virus Scan
Saat Pengambilan data atau pemindahan dari dari pc ke flash disk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Apalagi kalau kita mengambil dan menyimpan data dari internet. Waduh flash disk kamu bisa dipenuhi virus-virus pengganggu. Makanya, jangan lupa untuk melakukan ritual scan virus secara berkala dengan software anti virus yang tersedia.

4. Proses Eject atau Stop
Selalu melakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flash disk dari port usb. Selain bisa menjadikan flash disk rusak, tidak melakukan proses eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang kamu simpan di dalamnya lho.

5. Jauhkan Dari Tempat Panas
Semua barang elektronik tak terkecuali flash disk sangat rentan dengan yang namanya panas. Apalagi terkena sinar matahari langsung. Jadi usahakan tidak menyimpannya ditempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Misalnya seperti meninggalkan flash disk di mobil.

6. Hindari Benturan Keras
Coba rasain kalau kamu jatuh dari lantai 12, kamu bisa jadi harus masuk rumah sakit atau bahkan masuk ke rumah masa depan. Begitu juga dengan flash disk. Jadi jagalah flash disk kamu baik-baik dari benturan keras ya.

7. Tutuplah selalu
Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika socket flash disk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Makanya selalu tutup biar nggak kotor, jangan malah diilangin tutupnya!

8. Minimalisir proses hapus-tulis
Sama seperti kita, flash disk juga memiliki usia lho. Artinya suatu saat flash disk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flash disk berbeda-beda, tergantung kualitas dan merk dari flash disk itu sendiri. Biasanya usia flash disk antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga jangan mengedit langsung dari flash disk.

24 Juni 2009

* Polsek Metro Cilandak Bekuk Rampok Spesialis Warnet

24-06-2009

PUSKOMINFO - Polsek Metro Cilandak membekuk sekawanan rampok spesialis warung internet (warnet) dini hari. Pelaku yang berjumlah enam orang ini merupakan residivis dan telah puluhan kali melakukan aksinya.

Enam pelaku yakni Yoris, 40 th, Marojohan 37 th, Sukirno, 39 th, Karsono, 78 th, Yahya ,79 th dan Fadil, 34 th dibekuk saat hendak merampok warnet di Jalan Fatmawati.

Ketika keenam pelaku tersebut sedang memundurkan mobil APV No Pol B 1278 FB, yang ternyata Nopol palsu, saat itulah, patroli Polsek Metro Cilandak curiga karena posisi kendaraan memarkir arah mundur. “ Padahal tanpa memarkir mundur pun bisa sehingga posisi tersebut cukup aneh”, kata Kapolsek Metro Cilandak, Kompol Donny Adityawarman kepada wartawan di markasnya, Rabu (24/6).

“Berdasar informasi beberapa kali kejadian, pelaku rampok selalu memarkir mundur guna meloloskan aksinya," tambahnya.

Selanjutnya mobil patroli berusaha menutup akses jalan keluar warnet. Pelakupun panic dan langsung menabrakkan kendaraannya ke mobil patroli. Tembakan peringatan sempat dikeluarkan Polisi hingga pelaku berhamburan keluar dari kendaraannya berusaha kabur. Tanpa perlawanan akhirnya keenam pelaku berhasil dibekuk.

Pengakuan tersangka, mereka bermaksud akan merampok warnet. Dipilih warnet karena CPU dan komputer mudah menjualnya. Namun, pelaku yang sudah sering masuk penjara ini mengaku bukan kelompok mereka yang merampok di warnet The Pitch, Pasar Minggu, pada minggu kemarin.

* Ban Copot, Panther Tabrak Trotoar

24-06-2009

PUSKOMINFO - Sebuah kecelakaan terjadi di depan Gedung KPK Jalan HR. Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (26/6). Sopir dan penumpang mengalami luka ringan.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 14.30 Wib, Mobil Isuzu Panther warna hijau bernopol B 8916 G yang sedang melaju kencang ke arah Menteng dari arah Kuningan tiba-tiba ban roda bagian depan sebelah kiri lepas. Akibatnya, mobil oleng dan menabrak trotoar. Kondisi mobil melintang di jalur cepat dan lambat.

Kondisi mobil mengalami kerusakan cukup parah. Bemper bagian depan penyok. Dua pengendara mobil naas tersebut cuma menderita luka-luka ringan.

Akibat insiden ini, Jl HR Rasuna Said menuju arah Menteng tersendat.

Sebelumnya, Kecelakaan juga terjadi di Jalan Tol Jakarta arah Tangerang KM 23. Sebuah mobil Suzuki Carry B 9519 OB bermuatan kaca terguling sekitar pukul 14.25 Wib. Akibat peristiwa kecelakaan tersebut situasi arus lalu lintas di jalan Tol dari arah Jakarta menuju ke Tangerang sempat tersendat.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut, sementara kasus kecelakaan tersebut masih dalam proses penanganan petugas PJR Mabes Polri.

* Polsek Metro Cilandak Sita 17 Sepeda Motor Hasil Kejahatan

24-06-2009
Masyarakat yang pernah kehilangan sepeda motor dapat datang ke Polsek Metro Cilandak untuk mengecek dan mengambilnya

PUSKOMINFO - Kapolsek Metro Cilandak Kompol Donny Adityawarman menghimbau kepada masyarakat yang pernah kehilangan sepeda motor untuk mengecek kendaraannya yang kini diamankan di Polsek Metro Cilandak.

"Kami telah melakukan pengecekan identitas pemilik kendaraan melalui nomor rangka dan nomor mesin kendaraan di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, sebagian telah diketahui pemiliknya dan sebagian lagi belum." kata Donny Adityawarman ketika dihubungi PUSKOMINFO, Rabu (24/6) siang.

Donny Adityawarman menambahkan, "Pihaknya telah mengundang para pemilik kendaraan bagi kendaraan yang telah jelas kepemilikannya, Sedangkan kendaraan yang belum diketahui kepemilikannya, ia menghimbau kepada masyarakat dapat datang ke Polsek untuk mencek dan mengambil kendaraannya", katanya.

* Polsek Metro Cilandak Sita 17 Sepeda Motor Hasil Kejahatan

24-06-2009

PUSKOMINFO - Sat Reskrim Polsek Metro Cilandak berhasil menyita 17 sepeda motor berbagai merk hasil kejahatan, Rabu (24/6). Polisi juga menyita sepucuk sejata api rakitan berikut empat butir peluru, gerinda dan puluhan anak kunci letter T yang digunakan untuk kejahatan Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor).

Barang bukti tersebut disita dari seorang tersangka berinisial Don, 21 th, warga Lampung Timur. Don ditangkap Sat Reskrim Polsek Metro Cilandak di sebuah warung pecel lele di kawasan Cileungsi Bogor pada 4 Mei 2009 lalu.

Pengungkapan kasus ini bermula dari Laporan seorang korban pencurian bernama Herman Punomo, warga Jalan Bango III Rt. 08/03 No. 18 B Pondok Labu Cilandak, pada tanggal 2 Mei 2009 melaporkan sepeda motornya Honda Tiger B-6649-SJA telah hilang ketika diparkir di halaman rumahnya.

Sehari kemudian, adik korban bernama Angga, melihat sepeda motor tersebut berada di tempat penjualan Helm di Jalan M. Kahfi I, tepatnya di samping perumahan Taman Botani Jagakarsa Jakarta Selatan.

Polisi mendatangi lokasi tersebut, mengamankan sepeda motor dan menangkap pemilik tempat penjualan helm bernama Siswanto. Dari pengakuan Siswanto, Polisi mendapat informasi bahwa sepeda motor tersebut dibeli dari seseorang bernama Don.

Polisi selanjutnya melakukan pengembangan dengan melakukan penyelidikan hingga berhasil membekuk Don di sebuah warung pecel lele di kawasan Cileungsi Bogor. Saat itu, disita sebuah sepeda motor Yupiter MX B 6837 PKF.

Don pun diminta untuk menunjukkan rumah kontrakannya di Cileungsi. Ketika digeledah, dari rumah kontrakan tersangka, Polisi menyita barang bukti sepucuk Senjata Api rakitan jenis revolver berikut empat butir peluru, dua kikir, dua gerinda, tiga kunci master T, sepuluh anak kunci letter T dan sebuah selongsong peluru.

Selanjutnya, Polisi juga melakukan penyitaan 17 sepeda motor berbagai merk hasil kejahatan yang disimpan kawanan pelaku di suatu rumah yang tak jauh dari rumah kontrakan pelaku.

Pengakuan sementara, tersangka melakukan kejahatan bersama dua orang temannya, berinisial Fir dan Iw, yang kini masih buron. Dalam melakukan aksinya, mereka berkeliling untuk mencari sasaran. Dengan menggunakan kunci palsu, mereka membongkar kunci kontak dan kunci stang. Apabila sepeda motor yang hendak dicuri menggunakan kunci tambahan seperti cakram depan yang digembok, mereka membongkar gembok dengan alat kikir atau gerinda.

Kini, tersangka berikut barang bukti ditahan di Polsek Metro Cilandak. Sedangkan Polisi masih memburu penadah dan dua pelaku lainnya yang masih buron.

* Hari ini Lima Demonstrasi Akan Warnai Jakarta

24-06-2009

PUSKOMINFO - Ada lima demonstrasi bakal digelar di berbagai wilayah di Jakarta, Rabu (24/6) pagi hingga siang nanti. Kegiatan tersebut diperkirakan akan menimbulkan kemacetan di sekitar lokasi unjuk rasa.

Berdasarkan informasi Traffic Management Center (TMC) Dit Lantas Polda Metro Jaya, demonstrasi pertama akan digelar pukul 09.00 WIB di depan Kantor Departemen Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, dan Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi di Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan. Selanjutnya, unjuk rasa juga akan berlangsung pada jam yang sama di Kantor Pertamina Pusat, Jalan Perwira, Jakarta Pusat.

Pada pukul 10.00 WIB, demonstrasi juga akan berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, dan Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jalan Prapatan, Jakarta Pusat.

Dari Kantor Dinas Tenaga Kerja, pengunjuk rasa kemudian bergerak menuju Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Adapun unjuk rasa terakhir akan digelar di Balai Kota, sekitar pukul 12.30 WIB.

Polisi mengimbau kepada para pengguna jalan untuk menggunakan jalur alternatif supaya terhindar dari kemacetan di sekitar lokasi unjuk rasa.

* Anggota Polisi Out Of Control di JL. Gatot Subroto

24-06-2009

PUSKOMINFO – Aiptu Muklis , anggota Sat Lantas Polres Metro Jakarta Timur , Rabu (24/6) pagi mengalami kecelakaan di Jl. Gatot Subroto, tepatnya depan Pos Polisi Jl.Gatot Subroto arah Barat.

Sekitar pukul 05.50 Wib, Aiptu Muklis mengalami out of control , sepeda motor yang dikendarainya tergelincir dan jatuh hingga mengakibatkan luka-luka di tangan kanan dan kiri serta dada sesak.

Selanjutnya, korban dilarikan ke Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Metro Jaya , namun karena lukanya cukup parah, selanjutnya korban dirujuk ke RS. Polri Kramat Jati.

* Kebakaran di Jl. Nusa, Kramat Jati

24-06-2009

PUSKOMINFO - Si Jago Merah mengamuk di salah satu rumah penduduk di Jl. Nusa I Rt. 04 Rw. 04 Kramat Jati Jakarta Timur Rabu (24/6) sekitar pukul 08.05 Wib.

Lokasi kebakaran tepatnya dekat dengan Pasar Induk Kramat Jati, hingga menimbulkan kemacetan di Jalan Raya Bogor dari arah Pasar Rebo menuju Cililitan.

Sekitar pukul 08.30 Wib, api sudah berhasil dipadamkan dengan bantuan 9 unit mobil Pemadam Kebakaran dari Suku Dinas Kebakaran Jakarta Timur.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Dugaan sementara, kebakaran diakibatkan oleh hubungan arus pendek listrik. Petugas Polsek Metro Kramat Jati masih menyelidiki kejadian tersebut.

* KEJADIAN 24 JUNI 2009

1. PENCURIAN
Waktu kejadian : Tanggal 23 Juni 2009.
TKP : ATM BCA KCP. Supomo.
Korban : Joko Prayitno, 27 th. Alamat. Komp. DPR I No.50 B Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Pelaku : Lidik.
Kronologis : Korban memiliki buku tabungan No. Rek 3991460843, korban tidak melakukan transaksi apapun namun tiba-tiba uang korban berkurang.
Ditangani : Dit Reskrimum PMJ.

2. Menyebabkan Orang Meninggal Dunia
Waktu kejadian : Tanggal 23 Juni 2009 Pukul 12.00 Wib.
TKP : Jl. Gunung Sahari II Kemayoran,Jakarta Pusat.
Korban : Ujang M, 36th.Alamat, Linkaran Taratak Rt02/02 Pasir Sialang.
Saksi : Christhoper S, 26th.
Kronologis : Saksi melihat korban dalam keadaan pingsan kemudian saksi memberhentikan bajaj dan mengantarkan korban ke Depsos namun diperjalanan korban meninggal dunia. Korban meninggal dunia dalam posisi duduk, tidak memakai baju memakai celana warna biru. Tanda aniaya nihil korban diduga meninggal dunia karena sakit. Korban dibawa ke RSCM untuk dilakukan visum.
Ditangani : Sektro Kemayoran.

3.PENCURIAN DENGAN KEKERASAN
Waktu kejadian : Tanggal 22 Juni 2009 Pukul 11.0 Wib.
TKP : Utan Panjang III Rt10/05 Kemayoran, Jakarta Pusat.
Korban : Then Djung Shong, 60th.
Pelaku : Lidik.
Kronologis : Pelaku bertamu kerumah korban dan mencari suami korban namun pelaku memaksa masuk dan mendorong korban hingga terjatuh kemudian pelaku mengikat kaki dan tangan korban serat mulut di lakban, pelaku mengambil perhiasan dan melarikan diri
Kerugian : Perhiasaan senilai Rp 4.000.000,-
Ditangani : Polsek Metro Kemayoran.

4. PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA
Waktu kejadian : Tanggal 22 Mei 2009 Pukul 14.00 Wib.
TKP : kp. Duri Semanan Rt06/01 Kalideres, Jakarta Barat.
Pelaku : SUK.
Saksi : Anggota Sat Narkoba Res JakBar.
Kronologis : Pelaku tertangkap tangan karena memiliki narkotika jenis ganja yang disebunyikan di balik batu bata .
Barang Bukti : Ganja seberat 11,54Gr.
Ditangani : Restro Jakarta Barat.

4. PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA
Waktu kejadian : Tanggal 22 Juni 2009 Pukul 23.30 Wib.
TKP : Jl. Tubagus Angke Kp. Gusti Rt02/05 Wijaya Kusuma Grogol Petamburan, Jakarta Barat.
Pelaku : JAL.
Saksi : Anggota Sektro Kebun jeruk.
Kronologis : Pelaku tertangkap tangan memiliki narkotika jenis ganja yang dibungkus koran di dalam tas coklat.
Barang Bukti : Tas coklat berisi 30 (tiga puluh) bungkus ganja, kertas nasi, HP dan uang tunai Rp100.000,-.
Ditangani : Sektro Kebun Jeruk.

3.PENCURIAN DENGAN KEKERASAN
Waktu kejadian : Tanggal 21 Juni 2009 Pukul 02.00 Wib.
TKP : CV. Titipan Kilat TIKI, Jl. Raya Kartini No.11 Margahayu Bekasi Timur.
Korban : Firman.
Pelaku : Eko Prayitno.
Kronologis : Pelaku masuk ke TKP kemudian membekap dan memukl korban hingga mengakibatkan luka. Kemudian pelaku mengikat, melakban dan memasukkan korban ke dalam karung. Pelaku mengacak-acak ruangan lalu mengambil uang tunai Rp 7.250.000,-.
Ditangani : Sektro Bekasi Timur.

* TIPS MEMBUAT PASSWORD YANG BAIK

(whandi.net) Password merupakan salah satu cara untuk mengamankan suatu sistem komputer. Sistem komputer ini bisa berupa aplikasi, database ataupun sistem operasi.

Oleh karena itu menentukan password sebaiknya jangan sembarangan dan harus memperhatikan beberapa hal tertentu. Password harus dibuat dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

* Setidaknya panjang karakter password adalah 7 (tujuh) karakter. Anda juga bisa membuat password yang lebih panjang lagi demi keamanan.
* Menggunakan sedikitnya 1 (satu) karakter simbol pada deretan karakter password Anda.
* Jika sistem Anda menerapkan password history, maka pastikan password baru Anda selalu berbeda jauh dengan password sebelumnya.
* Password Anda jangan sampai mengandung nama atau username.
* Jangan gunakan kata-kata yang umum digunakan pada karaktar password. Ini termasuk kata-kata yang digunakan dalam kamus.

Beberapa contoh password yang kuat misalnya sebagai berikut.

* a4$Jhi&]
* 3k>i%uA
* O@u#5nQ

Password sebenarnya merupakan sistem proteksi yang paling lemah dalam sistem komputer. Maka dari itu memilih password yang kuat merupakan suatu keharusan. Mengapa demikian? Tool password cracking semakin canggih dalam usahanya membongkar password, plus juga komputer yang digunakan dalam password cracking semakin baik performanya. Password yang sebelumnya butuh waktu seminggu untuk di-crack, maka saat ini bisa di-crack hanya dalam beberapa jam saja.

Software untuk meng-crack password biasa menggunakan tiga macam pendekatan yaitu: menebak secara pintar (intelligent guessing), serangan kamus (dictionary attack) dan juga otomatisasi yang berusaha mencoba untuk menggunakan kombinasi karakter. Jika diberi waktu yang cukup, maka metode otomatisasi tersebut bisa meng-crack password apa saja. Tetapi jika password yang digunakan sangat kuat, maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memecahkannya.
Demikian tips singkat mengenai membuat password yang baik dan kuat. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

* SIM DAN SAMSAT KELILING

WILAYAH LOKASI
JAKARTA SELATAN Depan Pos Pol Taman Makam Pahlawan Kalibata
JAKARTA TIMUR Depan Swlayan Makro Pasar Rebo
JAKARTA UTARA Mega Mall Pluit
JAKARTA PUSAT SIM keliling Didepan LTC Glodok, dan SAMSAT Keliling Didepan Gedung Kantor PELNI Jl. Gajah Mada
JAKARTA BARAT SIM Keliling Didepan SPBU Joglo dan STNK Keliling di Carefour Puri Indah Kembangan

Informasi dari TMC Dit. Lantas Polda Metro Jaya untuk hari Sabtu (27/6) ini SIM dan SAMSAT keliling beroperasi dari Pkl. 08.00 – 12.00 WIB.

23 Juni 2009

* Copet Blok M Simpan Barang Jarahan di Celana Dalam

23-06-2009

PUSKOMINFO - Dua pencopet yang biasa beraksi di kawasan Terminal Blok M, Jakarta Selatan, Selasa 23 Juni 2009, ditangkap petugas Polsek Metro Kebayoran Baru. Petugas menemukan barang hasil jarahan pelaku di celana dalam salah satu tersangka.

RC dan AK ditangkap petugas Polsek Metro Kebayoran baru di pintu keluar Terminal Blok M setelah melakukan aksinya.

Penangkapan terhadap tersangka dilakukan usai menggasak telepon genggam milik seorang pelajar bernama Noval Khairil. Kedua pelaku memepet korban, lalu mengancam sambil merampas telepon genggam korban. Begitu berhasil, pelaku langsung kabur.

Korban selanjutnya melaporkan kejadian itu ke polisi. Petugas yang berada di pintu keluar terminal segera memburu tersangka dan menangkapnya.

Saat di geledah, petugas tak menemukan barang bukti yang dimaksud. Setelah diperiksa ulang petugas menemukan barang hasil jarahan pelaku di celana dalam salah satu tersangka.

Kedua pelaku berikut barang bukti selanjutnya dibawa ke kantor Polsek Metro Kebayoran Baru untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Kedua korban masih menjalani pemeriksaan untuk diselidiki siapa para penadah yang menerima barang hasil kejahatan pelaku,” kata Kanit Reskrim Polsek Metro Kebayoran Baru, Iptu Dian Indra.

Dian Indra menambahkan, “Pengakuan sementara pelaku melakukan kejahatan itu lantaran belum dapat uang hingga siang hari.”

* Biker Lawan Kijang, Biker Luka - Luka

23-06-2009
Informasi Lalu Lintas

PUSKOMINFO – Menjelang sore, kecelakaan lalu lintas antara sepeda motor dengan Toyota Kijang terjadi di Bundaran Senayan arah Selatan. Selasa(23/6) Pukul 14.50 WIB.

Informasi TMC Dit Lantas Polda Metro Jaya, kecelakaan ini melibatkan Sepeda motor bernopol B 6913 SOR dengan Toyota Kijang bernopol B 7955 IF.

Akibat kecelakaan ini pengendara sepeda motor hanya mengalami luka-luka.

* Tabrakan Beruntun di Off Ramp Kebun Nanas

23-06-2009
Informasi Lalu Lintas

PUSKOMINFO – Tabrakan beruntun melibatkan empat kendaran kembali terjadi di Off Ramp Kebon Nanas arah Selatan, Jakarta Timur sekitar pukul 10.30 Wib, Selasa (23/6).

Berdasarkan informasi yang diberikan Bripka Kasyanto, Operator TMC Dit Lantas Pola Metro Jaya, kecelakaan ini terjadi akibat para pengemudi kurang menjaga jarak aman berkendara.

Kendaraan yang terlibat yaitu Toyota Kijang bernopol B 1336 PPV, Pickup Grand Max bernopol B 9714 I, Suzuki Escudo bernopol B 8416 JT, Kendaraan Dinas Hankam bernomor dinas 5981 - 12.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya mengakibatkan kerugian materiil saja”, kata Bripka Kasyanto.

Akibat peristiwa ini arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian sempat terganggu, saat ini petugas sudah berada di lokasi, untuk melakukan pengaturan agar arus lalu lintas kembali lancar

* Perbaikan Jembatan Samber Nyawa, Kawasan UI Macet 3 Km

Info Lalu Lintas

23-06-2009

PUSKOMINFO - Akibat proyek perbaikan jembatan Samber Nyawa yang berada di kawasan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, membuat lalu lintas menuju Lenteng Agung macet hingga 3 kilometer.

Perbaikan jembatan tersebut dalam proses pengecoran, antrian kendaraan terlihat sangat panjang akibat jalan hanya dapat dilalui satu lajur. Kendaraan harus mengantri untuk melalui jalan tersebut.

Informasi dari Traffic Management Center (TMC) Dit Lantas Polda Metro Jaya, Selasa 23 Juni 2009. Antrian kendaran terjadi hingga kawasan Jalan Margonda, Depok.

Petugas dari satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok terus melakukan pengaturan untuk mengurangi kepadatan kendaraan.

Untuk menghindari jalur UI yang saat ini dalam keadaan macet total, kepada pengguna jalan dihimbau untuk menggunakan rute alternatif antara lain melalui Jalan Margonda Raya-Putaran UI-Akses UI-Pertigaan RTM/Gunadarma belok kiri-Jalan Nusantara-Jalan R.A. Fadilah (kopassus) Cijantung-lampu merah Pasar Rebo-Jalan TB Simatupang.

Sementara warga Depok, bisa melewati kawasan Margonda Raya-Jalan Ir Juanda (jalan baru)-lampu merah gas alam belok kiri-Jalan Raya Bogor-lampu merah Pasar Rebo-Jalan TB Simatupang.

Alternatif lain bagi pengguna jalan di kawasan Depok juga bisa mencoba Jalan Margonda Raya-Jalan Ir Juanda (jalan baru)-lampu merah gas alam lurus-Jalan Gas Alam-taman bunga Cibubur-masuk tol Cibubur-arah Cawang.

* Rumah Mewah di Pondok Indah Terbakar

23-06-2009

PUSKOMINFO - Sebuah rumah mewah di kawasan Pondok Indah terbakar. Tepatnya di Jl. Sekolah Kencana I Nomor 25 Rt. 05 Rw. 15 Kelurahan Pondok Pinang Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Sebuah rumah berikut isinya serta sebuah mobil BMW ludes dilalap si jagomerah.

Informasi dari petugas SPK Polsek Metro Kebayoran Lama, kejadian sekitar pukul 07.00 Wib, Selasa (23/6), api bersumber dari mobil milik korban yang sedang dipanaskan, tiba-tiba timbul percikan api dan selanjutnya membesar.

Saat itu, Kautaman Suharto, 43 th, sedang memanaskan mobil BMW Nopol B 8119 BD, diduga karena ada yang korsleting, tiba-tiba mobil mengeluarkan asap dan api yang selanjutnya membesar hingga membakar rumahnya.

Sebanyak 15 Unit mobil Pemadan Kebakaran dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan dikerahkan untuk memadamkan api. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 09.00 Wib. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kini kasusnya dalam penyelidikan Polsek Metro Kebayoran Lama.

* Menambah Kecepatan Mozilla

(whandi.net) Setelah di acak-acak ternyata mozilla firefox yang katanya browser tercepat dapat kita tingkatkan lagi kinerjanya, yaitu adalah dengan mengikuti jurus berikut ini :

Di address Anda klik about:config disitu akan di tampilkan semua tentang konfigurasi firefox, lalu Anda cari

network.http.pipelining
network.http.proxy.pipelining
network.http.pipelining.maxrequests

Dari sini sebenarnya fungsi normalnya browser hanya akan melakukan sekali request ke server untuk itu kita ubah confignya yang false menjadi true seperti berikut ini

Set "network.http.pipelining" to "true"
Set "network.http.proxy.pipelining" to "true"

Lalu ubah nilai
Set "network.http.pipelining.maxrequests" requestnya menjadi 50. ini artinya akan melalukan 50 request. (tergantung Anda mau ubah jadi berapa..heheheh.)

Terakhir kalian buat "nglayout.initialpaint.delay" buat valuenya "0"
Ini fungsinya untuk waktu browser menunggu dalam menerima file jadi dengan gini dia akan lebih cepat dengan tidak menunggu waktu yang lama, kalau tidak ada ya tambah. sendiri dong . klik kanan new > integer
ok deh selamat mencoba....

* SIM DAN SAMSAT KELILING

WILAYAH LOKASI
JAKARTA SELATAN Depan Pos Pol Taman Makam Pahlawan Kalibata
JAKARTA TIMUR Depan Swlayan Makro Pasar Rebo
JAKARTA UTARA Mega Mall Pluit
JAKARTA PUSAT SIM keliling Didepan LTC Glodok, dan SAMSAT Keliling Didepan Gedung Kantor PELNI Jl. Gajah Mada
JAKARTA BARAT SIM Keliling Didepan SPBU Joglo dan STNK Keliling di Carefour Puri Indah Kembangan

Informasi dari TMC Dit. Lantas Polda Metro Jaya untuk hari Sabtu (27/6) ini SIM dan SAMSAT keliling beroperasi dari Pkl. 08.00 – 12.00 WIB.

* Waspada, Modus Pencuri Sebagai Pembantu Rumah Tangga

23-06-2009

PUSKOMINFO – Modus pencurian dengan berpura-pura sebagai pembantu rumah tangga kini mulai marak kembali. Kali ini terjadi di rumah milik Yuli Lestari, 32 th, di kawasan Cipinang Muara IV Rt. 01 Rw 11 Kelurahan Cipinang Muara Jatinegara Jakarta Timur. Uang sebesar Rp. 10 juta miliknya raib dibawa kabur pembantu rumah tangga, Senin (22/6) kemarin siang.

Awalnya, Korban (Yuli Lestari), beberapa hari lalu kedatangan seorang wanita paruh baya yang melamar pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga di rumahnya. Tanpa curiga, ia menerima wanita itu karena memang sedang membutuhkan seorang pembantu untuk mengurus rumahnya selama ia pergi bekerja.

Namun, saat korban tidak ada di rumah, pelaku mengambil uang miliknya yang berada di lemari. Uang sebesar Rp. 10 juta yang ditaruh di lemari raib dibawa kabur pelaku.

* KEJADIAN 23 JUNI 2009

1. PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN
Waktu kejadian : Tanggal 22 Juni 2009 Pukul 04.30 Wib.
TKP : Jl. Pesangrahan Raya No. 3C Meruya Utara Kembangan Jakbar.
Korban : Kwa Siok Bwee (Direktur Bank Windu Kencana).
Pelaku : Lidik.
Saksi : Iskandar, 30th.
Kronologis : Saksi tiba di TKP dan langsung menelepon korban bahwa gembok pintu kantor sudah dalam keadaan terbuka kemudian korban datang ke TKP dan mengecek ke dalam ternyata benar barang-barang milik kantor telah hilang dan uang tunai yang berada di laci korban juga sudah hilang.
Kerugian : 4 unit CPU merk Intel dan uang tunai senilai Rp. 400.000,-
Ditangani : Sektro Kembangan Jakbar.

2. PENCURIAN DENGAN KEKERASAN
Waktu kejadian : Tanggal 22 Mei 2009 Pukul 04.00 Wib.
TKP : Warnet Jl. Raya Pejaten No. 10B Rt. 04/06 Pejaten Barat Pasar Minggu Jaksel.
Korban : M. Mujiono.
Pelaku : 5 orang dalam Lidik.
Saksi : 1) Rian Febianto (penjaga warnet) 2) Ronald (pengunjung)
Kronologis : Pelaku masuk kedalam TKP saat masih dalam keadaan buka, tiba-tiba pelaku masuk dan menodongkan senpi dan sajam kepada saksi, kemudian pelaku menyuruh saksi untuk masuk kedalam kamar mandi dengan keadaan kaki dan tangan terikat lakban dan kabel tis. Lalu pelaku naik kelantai 3 dan mangambil barang-barang berharga didalamnya. Selanjutnya pelaku kabur dengan menggunakan KR R4.
Kerugian : 24 unit LCD merk Samsung dan LG, 22 CPU merk Casing, uang tunai Rp. 1.500.000,-, Kartu game, 4 unit HP merk Nokia.
Ditangani : Sektro Pasar Minggu.

3. PERCOBAAN PENCURIAN DENGAN KEKERASAN
Waktu kejadian : Tanggal 22 Mei 2009 Pukul 00.15 Wib.
TKP : Desa teluk Naga Rt. 04/02 tangerang Kab.
Korban : Yenny Angraini, 23th.
Pelaku : SDR, 24th.
Saksi : Meilani, 18th.
Kronologis : Pelaku masuk kedalam kamar korban dan bermaksud untuk mengambil barang-barang milik korban, kemudian korban terbangun dank arena panik pelaku membekap mulut dan hidung korban kemudian korban di tusuk dibagian leher sebanyak 3 kal dan punggung korban menggunakan sajam sehingga korban mengalami luka robek pada bagian leher dan punggung.
Barang bukti : 1 buah pisau cuter.
Ditangani : Sektro Teluk Naga.

4. PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN
Waktu kejadian : Tanggal 22 Mei 2009 Pukul 08.00 Wib.
TKP : Gudang Yamaha Jl. Urip Sumoharjo Tanjung Sari Cikarang Asih Bekasi Kab.
Korban : PT. Dwi Jaya Bersama.
Pelaku : dalam Lidik.
Saksi : Ari, 35th.
Kronologis : Saat saksi membuka gudang dan melihat ruang adminitrasi di TKP sudah dalam keadaan berantakan dan barang-barang di dalam TKP sudah hilang.
Kerugian : 3 unit Laptop merk Accio dan 2 unit CPU merk IBM.
Ditangani : Restro Bekasi Kab.

22 Juni 2009

* Karyawan Makro Ditemukan Tewas di Kamarnya

22-06-2009

PUSKOMINFO – Seorang karyawan makro ditemukan tewas di rumahnya di kawasan Jalan Kenangan Rt. 02 Rw. 09 Nomor 19 Rempoa Ciputat Timur Tangerang, Senin (22/6) sekitar pukul 10.00 Wib.

Andriat S, 36 th, ditemukan teman sekerjanya, Antoni, 34 th, sudah terbujur kaku di atas tempat tidurnya.

Awal mulanya, Antoni hendak berkunjung ke rumah Andriat, teman sekerjanya karena sudah beberapa hari Andriat tidak masuk kerja tanpa kabar. Setiba di rumah Andriat, Antoni mengetuk pintu dan memanggil temannya itu namun tidak ada jawaban. Sedangkan pintu rumah tampak terkunci dari dalam.

Karena curiga, Antoni selanjutnya mengintip dari atas kusen pintu kamar dan melihat Andriat sudah tak bernyawa dengan posisi terlentang dia atas tempat tidur. Antoni pun selanjutnya melapor ke Polsek Metro Ciputat.

Petugas Polsek Metro Ciputat yang datang ke lokasi, bersama-sama warga sekitar membongkar pintu rumah, mendapati korban sudah meninggal dunia dengan posisi terlentang di atas tempat tidur.

Petugas yang melakukan identifikasi terhadap korban tidak menemukan bekas tanda-tanda penganiayaan. “Diperkirakan korban meninggal dunia sudah tiga hari yang lalu karena sakit. Seluruh tubuh korban sudah menghitam dan menimbulkan bau yang menyengat” kata Aiptu Sulijati, petugas SPK Polsek Metro Ciputat kepada PUSKOMINFO, Senin (22/06) siang.

* Seorang Wanita Ditemukan Tewas di Kamar Kos

22-06-2009

PUSKOMINFO - Seorang wanita diperkirakan berusia 25 tahun ditemukan tewas di dalam kamar kosnya, di kawasan Jalan Mangga Besar Raya RT 01 RW 03, Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (22/6) pagi.

Mayat perempuan yang diketahui bernama Santi pertama kali ditemukan oleh Jaim, seorang penjaga kos-kosan di tempat itu. Jaim merasa curiga karena sudah beberapa hari Santi tidak tampak keluar kamar. Kecurigaan bertambah karena Jaim mencium bau tak sedap dari arah kamar yang ditempati Santi. Lantas, Jaim pun menghubungi Polsek Metro Sawah Besar.

Petugas dari Polsek Metro Sawah Besar yang datang ke lokasi menemukan korban sudah terbujur kaku di kamarnya. Hasil olah tempat kejadian perkara, Petugas tidak menemukan tanda-tanda bekas penganiayaaan. Dugaan sementara, korban meninggal dunia diperkirakan karena sakit, sebab di sekitar mayat korban, petugas menemukan obat-obatan warung seperti obat mag dan obat lainnya.

"Korban ditemukan Pak Jaim. Dari hidungnya keluar darah. Diduga pembuluh darahnya pecah," kata Kanit Reskrim Polsek Sawah Besar Iptu Supriadi.

Mayat Santi selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk menjalani visum. Sedangkan kasusnya kini ditangani Polsek Metro Sawah Besar.

* Akibat Crane Terbalik, Lalu Lintas Menuju Cengkareng Macet Parah

22-06-2009

PUSKOMINFO - Kemacetan parah terjadi di Jl Kamal Raya, Jakarta Barat, yang mengarah ke Cengkareng. Kemacetan yang mengular hingga 2-3 km itu disebabkan ada crane terbalik di lokasi yang berada di samping pembangunan JORR II Cengkareng.

Crane yang digunakan untuk proyek pembangunan JORR II terjungkal menutupi seluruh lajur jalan Kamal Raya yang mengarah ke Cengkareng . Kejadiannya sekitar pukul 10.00 WIB.

Informasi dari Petugas Polsek Metro Cengkareng, “Jatuhnya Crane diperkirakan karena crane-nya terlalu tinggi. Saat mengangkat besi-besi, crane miring dan oleng lalu jatuh ke jalan”.

Karena crane menutupi seluruh lajur jalan Kamal Raya, arus lalu lintas yang mengarah Cengkareng sejak pukul 10.00 Wib mengalami macet parah, kemacetan terlihat mengular hingga sekurangnya 2-3 kilo meter, namun arah sebaliknya lancar.

Motor dan kendaraan kecil harus mengantre satu per satu untuk bisa memanfaatkan trotoar pejalan kaki untuk melintasi lokasi jatuhnya crane.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, kini, petugas proyek masih berupaya mengevakuasi crane yang melintang di jalan yang panjangnya sekitar 10-12 meter tersebut. Sedangkan petugas dari Polsek Metro Cengkareng berupaya mengatur arus lalu lintas mengatasi kemacetan yang terjadi.