31 Desember 2009

* Kejadian 31 Desember 2009

1. Kecelakaan Kerja

Waktu kejadian : Tanggal 31 Desember 2009, pukul 00.45 Wib.
TKP : Jl. Dr. Wahidin Jakarta Pusat.
Korban : Endang, 20th, al. Kp. Tipar Kolot Rt. 02/01 Pangkalan Karawang Jawa Barat.
Saksi : Edi Junaedi, 31th.
Kronologis kejadian : Korban yang sedang mengerjakan pengelasan pagar Dep. Keu, kemudian korban memegang tiang lampu taman Dep. Keu yang tidak ada lampunya namun kabelnya terbuka sehigga mengenai tangan kiri korban, korban langsung terjatuh dan kemudian dibawa ke Rs. Gatot Subroto dan meninggal saat diperjalanan menuju Rs. Diduga korban terjatuh akibat tersetrum listrik.
Kasus ditangani : Sektro Sawah Besar.

2. Kebakaran

Waktu kejadian : Tanggal 30 Desember 2009, pukul 04.20 Wib.
TKP : Blok M Plaza lt. baseman Kel. Kramat Pela Kec. Keb. Baru jakarta Selatan.
Saksi : Syarif Hidayat, 36th, al. Jl. Lettu Nafla No. 8 rt. 03/04 Kel. Sudirman TMR.
Kronologis kejadian : Menurut keterangan saksi api berasal dari ledakan trafo gansed dan membesar, kemudian membakar ruang gansed dan kabel listrik gansed. Api berhasil dipadamkan pukul 06.45 dengan bantuan 8 unit Dinas Pemadam Kebakaran. Korban jiwa dalam peristiwa ini nihil, kerugian belum dapat ditafsir.
Kasus ditangani : Sektro Kebayoran Baru.

3. Pencurian Dengan Kekerasan

Waktu Kejadian : 30 Desember 2009, pukul 03.30 Wib.
TKP : Jl. Kali Licin No. 47 Rt. 01/03 Kp. Pitara Rangkapan jaya Pancoran Mas Depok.
Korban : Yobi Abinanda, 19th, al. TKP.
Pelaku : Dalam lidik.
Saksi : Abidin Duatma, Amanada Abidin, Paijem dan Andri.
Kronologis kejadian : Pelaku masuk ke dalam tkp setelah memotong gembok pagar rumah, kemudian pelaku dipergoki oleh saksi Amanada Abidin dan Paijem. Kemudian pelaku mengikat saksi dengan lakban dan mengancam agar tidak melawan. Pelaku masuk ke dalam kamar korban kemudian mengambil brankas milik korban. Pelaku juga mengikat saksi Andri yang berada di dalam kamar belakang. pelaku kemudian berhasil melarikan diri.
Kerugian : 1 buah brankas berikut isinya dan 7 buah pintu akses rumah.
Kasus ditangani : Restro Depok.

30 Desember 2009

* Rumah Petinggi MA Dirampok

30-12-2009 12:34 WIB
PUSKOMINFO - Rumah Kepala Biro Umum Mahkamah Agung (MA) Abidin, 50 th, di Kampung Pitara Rt. 01/06 No. 42 Kel. Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok, Rabu (30/12/2009) dinihari disatroni perampok. Perampok yang diperkirakan lebih dari 5 orang sempat menyekap anak Abidin dan pembantunya.

"Perampok diduga masuk ke rumah korban dengan cara merusak gembok pagar. Mereka membawa senjata tajam dan mengikat pembatu dan anak korban dengan lakban. Mulut mereka kemudian diplester," kata Kapolsek Metro Pancoran Mas AKP Ni Gusti Ayu Supiyati.

Ni Gusti Ayu menyatakan, para perampok datang menggunakan mobil warna putih. Dua orang masuk ke dalam rumah dengan merusak pintu rumah. Setelah mengikat pembantu dan anaknya, para perampok masuk ke kamar Abidin dan mengambil brankas yang berisi surat-surat dan barang berharga.

"Jumlah kerugian belum dapat ditafsir, brankas berisi surat-surat penting seperti akta tanah, BPKB dan tas kerja berisi uang," katanya.

Saat melakukan olah TKP polisi menemukan celurit, tali rafia dan juga lakban di rumah tersebut.

Saat ini, Petugas masih memintai keterangan Abidin. pembantu dan anak Abidin di Polres Metro Depok.

* Polres Metro Bekasi Bekuk Pengedar Uang Palsu

30-12-2009 11:51 WIB
PUSKOMINFO - Polres Metro Bekasi membekuk seorang pengedar uang palsu di Perum Kemang Pratama, Rawa Lumbu, Kota Bekasi, Selasa (29/12/2009). Dari tersangka, Polisi menyita Uang palsu pecahan Rp. 100 ribu senilai Rp. 80 juta.

Penangkapan tersangka berawal dari adanya laporan korban penipuan yang dilakukan tersangka. Korban bernama Rahadhian Moch. Haris Sayidi melaporkan ke Polres Metro Bekasi bahwa dirinya menjadi korban penipuan tersangka, Agus Wasono, yang menjanjikan pekerjaan kepada korban untuk mengedarkan uang palsu.

Uang palsu sebanyak 9 lak senilai Rp. 80 juta harus ditukar dengan uang asli sebesar Rp. 25 juta. Korban menyanggupi permintaan tersebut dengan menyerahkan uang sebesar Rp. 25 juta kepada tersangka. Namun beberapa saat kemudian tersangka mengembalikan uang Rp. 25 juta tersebut kepada korban. Ketika korban memeriksa uang tersebut ternyata uang itu telah diganti dengan uang palsu.

Kejadian tersebut selanjutnya dilaporkan ke Polres Metro Bekasi dan pada pukul 20.30 Wib tadi malam, pelaku, Agus wasono, berhasil dibekuk dengan barang bukti uang palsu pecahan Rp. 100 ribu sebanyak 9 lak senilai Rp. 80 Juta.

* Beberapa Skenario Polisi Untuk Atasi Macet Pada Malam Pergantian Tahun

30-12-2009 11:30 WIB
PUSKOMINFO – Malam pergantian tahun memasuki tahun 2010, jalan-jalan menuju tempat-tempat wisata seperti Ancol, Monumen Nasional, dan Taman Mini Indonesia Indah diperkirakan macet. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan berbagai skenario untuk menangani kemungkinan terjadinya kemacetan arus lalu lintas pada malam tahun baru.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Condro Kirono mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai scenario, di antaranya penyiapan Posko-posko dan pengalihan arus lalu lintas serta penerapan sistem buka tutup di ruas-ruas jalan, agar tidak terjadi macet terutama dilakukan di sepanjang jalan menuju ke tempat wisata seperti Ancol, Monumen Nasional, dan Taman Mini Indonesia Indah.

Menurut Condro, Kawasan tersebut menjadi pusat perhatian petugas karena di sanalah mayoritas warga akan berkumpul untuk merayakan malam pergantian tahun.

"Arah menuju tiga titik ini rawan kemacetan. Kami sudah siapkan posko-posko di sepanjang jalan menuju ke sana agar petugas bisa langsung mengurai kemacetan," kata Condro, Rabu 30 Desember 2009.

Selain itu, kata Condro, sistem buka - tutup juga akan diberlakukan di beberapa ruas jalan seperti arus lalu lintas dari arah Senayan menuju Bundaran HI bisa dialihkan ke Jalan Bendungan Hilir, Pejompongan, menuju Tanah Abang, apabila sewaktu-waktu terjadi penumpukan kendaraan.

Kemudian dari arah Senayan menuju Bundaran Hotel Indonesia, bisa juga dialihkan melalui Dukuh atas menuju Tanah Abang.

Dari arah sebaliknya, Bundaran Hotel Indonesia menuju Senayan, dapat dialihkan menuju Sarinah atau Jalan Wahid Hasyim menuju Tanah Abang

Sedangkan dari arah Harmoni yang melintas ke arah depan Istana dan Monas, akan dialihkan ke Jalan Cideng, Tanah Abang atau Jalan Juanda

Dari arah Salemba menuju Bundaran Hotel Indonesia akan dialihkan melalui Jalan Diponegoro menuju Kebon Sirih.

Untuk mendukung upaya ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan mengerahkan sebanyak 4.514 petugas polisi lalu lintas ke jalan.

Selanjutnya Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya menghimbau warga masyarakat yang merayakan malam tahun baru dengan tertib, tentunya menaati peraturan lalu lintas yang berlaku, seperti menggunakan helm, tidak naik di atas atap mobil, serta tidak kebut-kebutan," katanya.

* Pria Ditemukan Tewas Tergantung di Pohon Di Pinggir Jalan Ragunan

30-12-2009 10:42 WIB
PUSKOMINFO – Seorang pria ditemukan tewas gantung diri di pohon di Jalan Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan, Rabu (30/12/2009) pagi. Pria tanpa identitas tersebut diduga bunuh diri karena stress, sebab warga sekitar melihat sudah beberapa hari ini, korban mondar-mandir di sekitar lokasi tersebut seperti orang bingung.

Korban laki-laki berusia sekitar 40 th, ditemukan oleh seorang warga yang melintas di kawasan Ragunan. Melihat ada orang tergantung di pohon langsung melaporkan ke Polsek Metro Pasar Minggu.

Petugas yang datang langsung mengevakuasi jenazah korban dan meminta keterangan warga sekitar .

KEJADIAN 30 DESEMBER 2009

1. PENCURIAN DENGAN KEKERASAN
Tanggal : 29 Desember 2009 Jam : 02.00 Wib.
TKP : Jl. Raya Cacing Komp. Dewaruci Cilincing Jakut.
Korban : ( CV. Nurcahya Abadi) Agus Ismanto, 31 th, Al. Blok X Gg. III No. 11 Semper Barat Cilincing Jakut.
Pelaku : 6 Orang dalam lidik.
Saksi : Nasub dan Ahmad Hasan.
Kronologis : Pelaku menyekap saksi yang sedang tertidur menggunakan lakban , kemudian pelaku menganiaya karyawan lainnya. pelaku membawa kabur brangkas yang berisi uang tunai dan surat-surat berharga.
Kerugian : Uang tunai Rp. 200.000.000,- BPKB KR R4 Nisan X-Trail No. Pol. B-1206-Qz, BPKB KR R2 Yamaha Mio NO. Pol. B-6629-UHE.
Ditangani : Restro Jakut.

2. PENEMUAN MAYAT
Tanggal : 29 Desember 2009 Jam : 09.30 Wib
TKP : Kp. Utan Jati Rt. 02/11 Pengadungan Kalidres Jakbar.
Korban : Jakaria Tarigan, 37th, Al. TKP.
Saksi : Agus Sugianto, 21th.
Kronologis : Korban ditemukan dalam keadaan MD diatas tempat tidur dengan posisi miring. terdapat luka pada leher depan kiri, dada, dan perut korban hingga usus terburai keluar, lengan kiri serta punggung luka memar. Diduga korban adalah korban pembunuhan selanjutnya korban dibawa ke RSCM untuk di visum.
BB : Gelas bekas minum dan pisau dapur.
Ditangani : Sektro Kalideres.

3. PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (TERTANGKAP)
Tanggal : 29 Desember 2009 Jam : 13.00 Wib.
TKP : Mall Ramayana SGC Cikarang Utara.
Korban : PT. Ramayana Lestari Sentosa.
Pelaku : AG dan HD.
Saksi : Rahman, 30th, Satpam, Al. Jl. Veteran Dalam II Rt. 02/02 Marga Jaya Bekasi Selatan.
Kronologis : Saksi mendengar costumer berteriak maling sambil menujuk ke arah pelaku yang sedang berlari, kemudian saksi mengejar pelaku dan berhasil ditangkap dan kemudian beserta barang bukti dibawa ke kantor security.
Barang bukti : 3 buah celana panjang merk aerosmith, 1 rey kids dan 1 buah korset warna hitam, total Rp. 894.400,-.
Ditangani : Sektro Cikarang.

29 Desember 2009

* Bujangan Ditemukan Tewas Mengenaskan di Kalideres

29-12-2009 17:37 WIB
PUSKOMINFO – Seorang laki-laki ditemukan tewas di rumah kontrakan di Kampung Utan Jati RT 02/011, Kel. Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (29/12/2009) pagi.

Zakaria Tarigan, 37 tahun ditemukan tewas oleh rekannya dengan luka terbuka di leher depan, tangan kiri, lutut kiri, dada, perut luka terbuka hingga usus keluar.
Adalah Agus, yang kali pertama menemukan korban tewas. Ketika itu, Agus sekitar pukul 09.00 WIB, kaget melihat di rumah kontrakan korban yang masih bujangan itu penuh darah.

Agus lebih kaget lagi ketika melihat Zakaria yang bekerja di perusahaan ekspedisi itu sudah tewas dengan kondisi mengenaskan. Agus pun memberitahukan para tetangga korban yang selanjutnya diteruskan ke Polsek Metro kalideres.

Petugas yang melakukan olah tempat kejadian perkara, mendapati kunci pintu tidak mengalami kerusakan dan sepeda motor MIO serta HP milik korban hilang.

Petugas menduga pelaku pembunuhan tersebut adalah orang yang sudah dikenal korban. Pelaku sengaja datang ke rumah korban dengan mengetuk pintu karena pintu rumah masih dalam keadaan utuh, tidak ada kerusakan.

Petugas Polsek Metro Kalideres juga menyita barang bukti sebilah pisau dapur yang diduga digunakan untuk membunuh korban. “Dari TKP kita dapatkan pisau dapur meski terlihat sudah dicuci namun masih terlihat sedikit bercak darah” kata salah satu anggota Polsek Metro Kalideres kepada PUSKOMINFO, selasa (29/12/2009).

Kini, Polisi masih mengusutnya. Tamu terakhir yang datang ke rumah itu tengah diburu.

* Media Relations (Hubungan dengan Media)

Para pejabat penegak hukum mungkin kelompok kedua setelah politikus yang mengalami kesulitan dalam menghadapi media massa. Buruknya komunikasi polisi-media kerap berujung pada kesalahpahaman, sering kali karena satu pihak tidak sepenuhnya menghargai tugas pihak lainnya. Tidak adanya saling pengertian itu menumbuhkan ketakutan dan kecurigaan. Umumnya pejabat penegak hukum cenderung menganggap wartawan sebagai pengintai yang memata-matai segala sesuatu yang tidak menyangkut urusan mereka.

Sampai ada sindiran bahwa wartawan “tidak pernah membiarkan fakta menjadi cerita yang baik.” Terlebih lagi banyak pejabat penegak hukum percaya bahwa wartawan sangat liberal, permisif, dan gigih mengorek berita atau membuat investigasi polisi terganggu. Biasanya media dengan penuh semangat memberitakan korupsi di tubuh kepolisian, yang hampir selalu menjadi berita utama dan pusat perhatian televisi. Pemberitaan seperti itu acap kali membuat badan penegak hukum bersikap curiga pada wartawan, karena liputan tersebut memperlihatkan borok badan penegak hukum tersebut.

Sebagian masalahnya adalah karena wartawan kerap punya keyakinan bahwa polisi selalu menyembunyikan informasi, atau lebih buruk lagi secara teratur menyiarkan informasi yang tidak akurat. Adakalanya hal ini menyebabkan wartawan ingin “menggali berita” untuk mendapatkan cerita “sebenarnya,” meski pada kenyataannya tidak ada fakta yang perlu dicari lagi.

Ini cenderung memisahkan polisi dan media. Tambahan juga, eksekutif kepolisian yang khawatir ucapannya dikutip secara keliru, cenderung menanggapi dengan sikap hati-hati. Karena itulah eksekutif kepolisian sering dianggap tidak kooperatif. Karena tidak dibangun atas dasar saling percaya, banyak interaksi polisi-media berubah jadi tidak saling bicara, yang memperburuk kesalahpahaman di antara mereka. Ketika hal itu terjadi, wartawan yang memburu berita mungkin tetap terus bekerja dan menulis apa yang dilihatnya. Hal ini memperkuat persepsi penegak hukum bahwa tanpa memandang apa yang ditulis, kisah itu pasti mencerminkan keyakinan personal si wartawan. Maka siklus kecurigaan itu terus berputar.

Undang-undang kebebasan informasi telah diberlakukan di banyak negara bagian. Ketentuan tersebut semula diberlakukan untuk mengawasi penyalahgunaan kekuasaan oleh pemerintah. Tetapi seperti kebanyakan perubahan undang-undang lainnya, hal ini segera diketahui. Seri informasi yang tergolong rahasia dan bermanfaat bagi pemerintah asing dan kejahatan terorganisasi dapat diketahui oleh siapa pun yang membutuhkannya, termasuk media.

Keretakan antara polisi dan media meluas karena deklasifikasi tersebut. Kini wartawan dapat menguji keterangan pejabat penegak hukum dengan bukti terdokumentasi dari investigasi yang baru direncanakan atau sedang berlangsung dan mendapatkan konfirmasinya. Pejabat penegak hukum kemudian membantah pemberitaan investigasi tersebut, sehingga menumbuhkan bibit perpecahan baru di antara polisi dan wartawan. Ketika kerahasiaan dipertaruhkan, peraturan kerap kali diabaikan.

* Tips Mengatasi Kejahatan Hipnotis

Penipuan melalui Hipnotis atau di kalangan masyarakat umum dikenal dengan istilah “gendam”, dipercaya sebagai teknik Hipnotis dengan menggunakan kekuatan magic & mistik.

Secara teknis, fenomena “gendam” dapat merupakan salah satu atau gabungan dari : Conventional Hypnosis dengan metode Shock Induction, Ericksonian Hypnosis, teknik Esoteric Energy, atau Mind Control (Telepathic, Magnetism).

Berikut ini petunjuk untuk menghindari dan mengatasi kejahatan Hipnotis atau “gendam”.

1. Jangan membiarkan pikiran kosong ketika berada di daerah umum. Pikiran kosong dapat mengakibatkan gerbang telepathic terbuka, sehingga pihak lain dapat dengan mudah menyampaikan pesan secara telepathic.

2. Waspadalah jika tiba-tiba timbul rasa kantuk yang tidak wajar, ada kemungkinan bahwa seseorang yang bermaksud negatif sedang melakukan “telepathic forcing”.

3. Bagi mereka yang memiliki kebiasaan “latah”, sebaiknya jangan bepergian ke tempat umum tanpa teman. Mereka yang mempunyai kebiasaan “latah” cenderung memiliki gerbang bawah sadar yang mudah dibuka paksa dengan bantuan kejutan (Shock Induction). Hal yang sama juga berlaku bagi mereka yang mudah terkejut.

4. Jangan mudah panik jika tiba-tiba ada beberapa orang yang tidak dikenal mengerumuni anda untuk suatu alasan yang tidak jelas. Sekali lagi, jangan mudah panik ! Karena rasa panik akan mempermudah terbukanya gerbang bawah sadar anda !

5. Jangan mudah panik jika tiba-tiba ada seseorang yang menepuk bahu anda ! Usahakan agar pikiran dan panca indera anda tetap aktif ke seluruh lingkungan ! Jangan terfokus pada ucapan-ucapan orang yang menepuk anda ! Segera berpindahlah ke daerah yang lebih ramai !

6. Jika secara tiba-tiba, tanpa alasan yang jelas, dada anda terasa sesak, dan diikuti dengan perut agak mual, dan kepala sedikit pusing, waspadalah karena mungkin ada seseorang tengah mengerahkan energi gendam ! Segera lakukan “grounding”, yaitu meniatkan membuang seluruh energi negatif ke bumi (cukup visualisasi).

7. Jika terjadi hal-hal yang mencurigakan, segera sibukkan pikiran anda, agar tetap berada di frekwensi yang mengakibatkan efek Hipnotis tidak dapat bekerja ! Antara lain dengan : berdoa dalam hati, menyanyi dalam hati, atau memikirkan hal-hal yang berat !

8. Jika ternyata anda mulai merasa memasuki suatu “kesadaran berbeda” dari biasanya, mungkin anda sudah mulai terpengaruh oleh Hipnotis. Jika anda merasakan hal ini, maka segera niatkan dalam hati : “Dalam 3 hitungan, saya akan kembali sadar dan normal sepenuhnya ….”, kemudian segera hitung dalam hati : “Satu …, dua, … tiga”.

9. Akhirnya, tanamkan terus menerus di dalam diri anda, bahwa Hipnotis tidak akan bekerja bagi mereka yang menolaknya ! Hal ini juga berlaku untuk ilmu gendam !

Sumber : netverum.blogspot.com
PUSKOMINFO - Ingin mengurus SIM dan STNK dengan mudah? Lihat jadwal SIM dan STNK Keliling, Selasa, 29 Desember 2009 berdasarkan informasi Traffic Managemen Centrel (TMC) Ditlantas Polda Metro Jaya berikut ini :

WILAYAH LOKASI
JAKARTA SELATAN SIM & STNK : Kebun Binatang Ragunan
JAKARTA TIMUR SIM : Honda Dewi Sartika STNK : Masjid Attin TMII
JAKARTA UTARA SIM : Mega Mall Pluit STNK : Graha Kelapa Gading
JAKARTA BARAT SIM : Jl. Raya Joglo STNK : LTC Glodok
JAKARTA PUSAT SIM : LTC Glodok STNK : Kantor Pos Pasar Baru

Pelayanan SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan Sim C. Jika masa masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa diperpanjang di layanan SIM Keliling. Pengendara harus ke Satpas SIM di Jalan Daan Mogot KM 11 Cengkareng.

Pelayanan STNK Keliling juga hanya untuk memperpanjang STNK setiap tahun. Bukan pengesahan atau habis masa pengesahan STNK 5 tahun atau perubahan kendaraan yang

KEJADIAN 29 DESEMBER 2009

1. PENEMUAN MAYAT BAYI
Tanggal : 28 desember 2009 Jam : 07.30 Wib
TKP : Rawa Pasung Pabrik tahu Rt. 05/04 Kalibaru Medan Satria Bekasi.
Korban : Bayi laki-laki 7 bulan.
Saksi : Juki, 47th.
Kronologis : Korban ditemukan di TKP dalam keadaan teanjang dan terapung dikali dengan tubuh penuh dengan kotoran sampah. Diketahui korban sudah beberapa hari didalam kali . Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Bekasi untuk Ver.
Ditangani : Sektro Medan Satria.

2. PENCURIAN DENGAN KEKERASAN
Tanggal : 28 Desember 2009 Jam : 13.00 Wib.
Tkp : Lokasi Alam Sari Kota Delita Masa Ds. Hegarmukti Cikarang Pusat Bekasi Kabupaten.
Korban : Suryah.
Pelaku : 2 orang dalam lidik.
Kronologis : Ketika korban sedang jalan-jalan di sekitar TKP kemudian melintas 2 orang pelaku dan kembali lagi ke TKp dan lansung memegang tangan korban sebelah kiri sambil menodongkan pisau ke arah leher korban selanjutnya pelaku menyuruh korban turun dari KR R2 milik korban selanjutnya pelaku membawa kabur KR R2 tersebut.
Kerugian : 1 unit KR R2 Honda Supra Fit X No. Pol. B-6626-SPR.
Ditangani : Sektro Cikarang.

28 Desember 2009

* Hati-hati Lubang di Jalan Gatot Subroto

28-12-2009 09:15 WIB
PUSKOMINFO – Bagi pengendara kendaraan, terutama sepeda motor, diimbau berhati-hati jika melewati Jalan Gatot Subroto arah timur, tepatnya dekat Graha BIP. Sebab, di ruas jalan ini terdapat lubang besar berukuran sekitar 30 x 25 sentimeter, yang dapat membahayakan bagi pengendara sepeda motor.

Menurut Brigadir Satu Widia, petugas radio Traffic Management Center Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, lubang ini telah memakan banyak korban.

Korban umumnya terjungkal ketika melewati lubang itu. Sebab, letak lubang ini berada pada lajur kanan dekat separator busway.

Pagi ini Senin 28 Desember 2009, petugas polisi dibantu oleh warga telah berupaya untuk menutup lubang itu agar tidak memakan korban kembali.

* Tabrakan Beruntun di Tol Jagorawi, 1 Tewas

28-12-2009 09:07 WIB
PUSKOMINFO — Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Tol Jagorawi di kawasan Jakarta Timur, Senin (28/12/2009). Kejadian tepatnya di Km 19.400 Ruas Tol Jakarta-Bogor, sekitar pukul 06.20 WIB.

Petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Mabes Polri Bripka Agus melaporkan, seorang pengemudi mobil Xenia tewas di TKP, dan arus lalu lintas di jalan bebas hambatan tersebut sempat macet selama 20 menit.

"Kecelakaan berawal ketika sebuah sedan Xenia bernomor polisi B 1956 NU ditabrak sebuah truk dari arah kiri. Mobil Xenia itu oleng kemudian terbalik," jelas Agus.

Melihat hal tersebut, sopir truk kabur. Tanpa dapat terhindarkan lagi, dua kendaraan di belakangnya jenis Toyota Kijang bernopol B 8151 XG dan Daihatsu Espass bernopol B 2434 DJ mobil pun saling berbenturan.

Kejadian tersebut ditangani Petugas PJR Mabes Polri dan Jasa Marga.

* 6 Tips Di Jalan Raya

1. Di lampu lalu lintas

Sering kita lihat, pengendara motor atau mobil melihat lampu lalu lintas yang diarah lain. Misalkan saat di perempatan, pengendara lihat lampu lalu lintas yang ditujukan pada arah sebelah kanan kita sudah berwarna kuning, maka pengendara langsung bersiap menggeber gas.

Hal ini sangat berbahaya karena dari arah tersebut bisa saja masih ada kendaraan yang menerobos lampu kuning. Jadi saat kita dihadapkan pada lampu lalu lintas, perhatikan saja lampu yang ada dihadapan kita. Saat sudah menyala hijau baru kita berjalan, tentu saja dengan tetap memperhatikan kondisi lalu lintas di sekitarnya.

2. Di dekat mobil

Hati hati jika kita akan melintas di dekat mobil, karena bisa saja penumpang mobil tsb berhenti tiba-tiba dan membuka pintu atau berbelok tiba-tiba. Usahakan saat kita melintas didekat mobil, kita berada pada jangkauan penglihatan kaca spion mobil tsb sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita.


3. Melintas dekat mobil yang berhenti

Saat melintas dekat mobil yang berhenti, kita tidak tahu apa yang ada didepan mobil. Bisa saja ada orang yang akan menyeberang sehingga mobil tsb berhenti. Jadi coba untuk memperlambat kendaraan dan memastikan jalan dalam kondisi aman.

4. Saat berkendara disamping mobil di sisi dalam tikungan

Ketika mobil berbelok ditikungan, sisi belakang mobil cenderung semakin rapat kesisi dalam karena perbedaan radius putar antara ban depan dan belakang, sehingga tidak aman bagi motor untuk berada disi dalam tikungan saat mobil menikung.

5. Mendahului mobil yang tidak aman

Mendahului mobil pada posisi yang tidak memungkinkan kita melihat kondisi lalu lintas didepan sangat berbahaya, contohnya:
• Saat berada ditikungan
• Saat di puncak tanjakan
• Dalam terowongan tanpa pembatas jalur
• Dekat persimpangan jalan
• Dalam kompleks perumahan atau dekat sekolah dimana anak-anak banyak bermain

6. Melintas diantara mobil dalam antrean.

Saat melintasi diantara mobil dalam antrean, bunyikan klakson bila siang hari dan nyalakan lampu jauh bila malam hari sesering mungkin untuk memberikan perhatian dan jangkauan penglihatan kaca spion bagi kedua jalur mobil yang kita lintasi sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita.(Kaskus)

* Kejadian 27 Desember 2009

1. PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR

Waktu kejadian : Tanggal 27 Desember 2009, Pukul 07.30 Wib.
TKP : Pintu masuk utara Monas Jl. Merdeka Utara.
Korban : Widya Handayani, 21th.
Pelaku : Dalam lidik.
Kronologis : Pelaku mengambil motor milik korban saat sedang diparkir di tkp dalam keadaan terkunci stang, diduga pelaku menggunakan kunci palsu.
Kerugian : 1 unit motor Yamaha Jupiter R No. Pol. : B-6025-FLV.
Ditangani : Sektro Gambir.

2. KEBAKARAN

Waktu kejadian : Tanggal 27 Desember 2009, Pukul 10.30 Wib.
TKP : Subter Kirana 3 blok D 1 No. 3 Rt. 06/10 Sunter Jaya Tg. Priok Jakarta Utara.
Saksi : Haryanto, 53th, al. tkp.
Kronologis : Api diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik, api berhasil dipadamkan oleh 8 unit DPK. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini hanya kerugian materil.
Ditangani : Sektro Tg. Priok.

27 Desember 2009

* Waspadai Jalan Berlubang di Jl. Gatot Subroto

Memasuki musim hujan, hampir setiap hari Ibukota Jakarta diguyur hujan, sehingga menyebabkan beberapa ruas jalan berlubang.Bagi pengendara kendaraan sepeda motor, diharapkan untuk lebih berhati-hati jika sedang melewati Jalan Gatot Subroto arah timur tepatnya dekat Graha BIP.

Dikarenakan di jalan tersebut terdapat lubang besar berukuran 30 x 25 cm. telah memakan cukup banyak korban akibat terjungkal ketika melewati lubang tersebut, letak lubang tersebut berada pada lajur kanan dekat separator busway.

Saat ini petugas dibantu oleh warga telah berupaya untuk menutup lubang tersebut, agar tidak memakan korban kembali. (TMC)

* Lima Unit Kendaraan Tabrakan Beruntun, Jalan Menuju Semanggi Macet

Sepanjang jalan menuju Semanggi macet, hal ini disebabkan kecelakaan yang terjadi di depan pintu lima utara Senayan, Jl. Jend. Sudirman Jakarta Pusat, Minggu (27/12) pukul 18.15 Wib yang melibatkan lima unit kendaraan sekaligus.

Untuk mengurangi kemacetan yang terjadi, petugas lalulintas segera melakukan pengaturan lalulintas dan langsung memanggil mobil Derek untuk mengevakuasi kendaraan, pasalnya di tempat kejadian mengalami kemacetan yang cukup panjang di sepanjang ruas jalan menuju Semanggi.

Menurut informasi yang didapat, kecelakaan ini masih dalam penanganan petugas lalulintas,Sehingga nomor kendaraan dan identitas korbanpun belum dapat diketahui secara pasti. (sumber; TMC)

*Pria Usia 25th Ditemukan Meninggal Dunia Di Tambun

PUSKOMINFO - Samin (59), menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia. Korban yang diperkirakan berusia 25th ini di temukan di Kp. Baru Rt. 01/18 Ds. Setiamekar Tambun Selatan Bekasi Kabupaten, Sabtu (26) pukul 06.00 WIB.

Korban ditemukan saksi dalam keadaan meninggal dunia. Pada pinggang dan mata kiri korban terdapat luka-luka serta telinga korban menggeluarkan darah. adapun ciri-ciri korban adalah kulit sawo matang, rambut hitam pendek, memakai baju lengan panjang warna hitam, kaos dalam putih dan celana jeans biru.

saat ini korban dibawa ke Rs. Kramat Jati untuk di visum serta untuk diketahui penyebab meninggalnya korban.

* Komandan Satpam Curi Solar, Aksinya Direkam Bawahannya

27-12-2009 08:34 WIB
PUSKOMINFO - Fahriza Hidayat, komandan Satpam di Mitra 10 Jl. Raya Boulevard Gading Serpong Blok Mitra 10 Kelapa Dua Tangerang, ditangkap bawahannya ketika ketahuan mencuri solar senilai Rp. 24 juta di perusahaan tersebut, Sabtu (26/12/2009) dinihari.

Fahriza tidak dapat mengelak karena aksinya diamati dan direkam oleh bawahannya, Handy, 32 th dan Rubel, 35 th.

Saat itu, Handy dan Rubel, Satpam yang mendapat giliran tugas jaga melihat pelaku dan beberapa orang lainnya sedang menaikan drum-drum berisi solar ke atas sebuah mobil. Salah satu pelaku diketahui adalah atasannya bernama Fahriza Hidayat. Namun, karena situasinya tengah malam, Handy dan Rubel pun curiga. Apalagi sebelumnya ia tidak mendapat pemberitahuan kalau akan ada pengangkutan solar keluar dari perusahaan.

Aksi tersebut selanjutnya direkam oleh Handy dan Rubel.

Pada Sabtu siang, pihak Perusahaan melaporkan bahwa solar yang ada digudang telah hilang. Dengan bukti hasil rekaman akhirnya pelaku berhasil ditangkap dan digelandang ke Mapolsek Metro Kelapa Dua, Tangerang.

* Libur Panjang Digunakan Remaja Untuk Balap Liar

27-12-2009 08:26 WIB
PUSKOMINFO – Liburan Panjang Sekolah dan menjelang Natal serta Tahun Baru 2010 banyak digunakan remaja untuk menggelar aksi balap liar. Aksi mereka sangat meresahkan masyarakat sehingga tidak sedikit masyarakat yang melaporkan aksi balap liar tersebut ke TMC maupun kekantor polisi terdekat.

Informasi dari masyarakat yang melaporkan langsung ke TMC (Traffic Management Centre) Direktorat lalu lintas Polda Metro Jaya, beberapa lokasi yang biasa di gunakan untuk menggelar aksi balap liar :

Wilayah Jakarta Pusat
1. Jl. Landasan pacu
2. Tanah Abang
3. Karet
4. Jl. Asia Afrika
5. Jl. Pramuka
6. Jl. Proklamasi

Wilayah Jakarta Selatan
1. Cipete
2. D Best Fatmawati
3. Depan Univ. Pancasila
4. Tanjung Barat
5. PGA Lebak Bulus
6. Jl. Buncit Raya
7. Permata Hijau

Wilayah Jakarta Timur
1. Depan Masjid At-tien TMII
2. Terowongan kelapa dua wetan
3. Jl. Raya Cibubur depan PT.CIBA-CIBI
4. Jl. I Gusti Ngurah Rai
5. Jl. Basuki Rahmat
6. Jatiwarna

Wilayah Jakarta Barat
1. Jl. Panjang
2. Jl. Daan Mogot
3. Depan RS Graha Medika, Kebon Jeruk

TMC menghimbau kepada masyarakat yang mengetahui Lokasi balap liar untuk segera menghubungi TMC ke nomor telp 021-5276001 atau melalui SMS ke 1717 atau ke kantor Polisi terdekat agar segera dapat dilakukan antisipasi pencegahan dan penindakan.

* Coba Rampok Sopir Omprengan, Pelaku Babak Belur Dihajar Massa

27-12-2009 07:26 WIB
PUSKOMINFO - Dua pelaku perampokan sopir omprengan babak belur dihajar massa, tertangkap ketika berusaha merampas mobil di Kampung Petukangan Jl. KRT. Radjiman WD, Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (26/12/2009) malam pukul 21.00 WIB.

Iyes Manuhutu dan Agus Darmaji tertangkap massa ketika sopir mobil omprengan (korban) melakukan perlawanan dan berteriak minta tolong.Kedua pelaku berhasil ditangkap dan dihakimi massa hingga babak belur.

Informasi dari Polres Metro Jakarta Timur, Korban bernama Budiono, 37 th, sopir mobil omprengan (berplat hitam) mencari penumpang dari Stasiun Gambir. Kemudian ada seorang penumpang bernama Iyes Manuhutu yang minta diantar ke Polu Jahe. Sesampai di Arion, ada seorang penumpang lagi yang terakhir diketahui teman pelaku bernama Agus Darmaji.

Di dalam mobil Kijang Inova B-1536-IW tersebut, tiba-tiba kedua pelaku menjerat leher korban dengan kawat baja. Sekuat tenaga korban melakukan perlawanan hingga berhasil keluar dari mobil dan berteriak minta tolong. Situasi yang masih agak ramai membuat warga sekitar berusaha mengejar pelaku dan menangkapnya. Pelaku pun babak belur dihajar massa.

Beruntung, saat itu ada mobil patroli dari Polres Metro Jakarta Timur dan mengamankan pelaku dari amukan massa. Kedua pelaku kini ditahan di Mapolres Metro Jakarta Timur untuk pengusutan lebih lanjut.

26 Desember 2009

* Polisi Dikeroyok Ketika Hendak Menangkap Pelaku Narkoba

26-12-2009 21:32 WIB
PUSKOMINFO - Anggota Satuan Narkoba Polsek Metro Pulogadung dikeroyok empat pelaku narkoba di Jl. Sunan Derajat Kel. Jati, Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (26/12/2009) pukul 16.45 WIB.

Briptu Suyatin mengalami luka bengkak pada pundak kiri, kepala dan punggung akibat diukul oleh para pelaku dari arah belakang.

Awal kejadiannya, petugas Polsek Metro Pulogadung mendapat informasi dari masyarakat bahwa di TKP akan terjadi transaksi narkoba. Kemudian informasi tersebut ditindaklanjuti, dua anggota yaitu Briptu Suyatin dan Briptu Dedi Irawan melakukan observasi di TKP.

Namun saat kedua anggota tersebut melakukan penyamaran sedang mengintai para pelaku, tiba-tiba para pelaku dari arah belakang langsung memukul Briptu Suyatin. Korban yang saat itu sedang duduk jongkok tersungkur, sadar jiwanya terancam, Briptu Suryatin mengeluarkan senjata api. Para pelaku pun langsung kabur.

Selanjutnya dilakukan pengejaran hingga satu dari empat pelaku berhasil ditangkap. Pelaku bernama Asnadi kini masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek Metro Pulogadung.

Jika terbukti memiliki narkoba, pelaku akan dijerat pasal berlapis yaitu UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkoba dan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan.

* Berpura-pura Mengantar Surat, Ternyata Perampok

26-12-2009 17:40 WIB
PUSKOMINFO – Perampokan dengan modus berpura-pura mengantar surat, terjadi di Kompleks Bank Indonesia, Jalan S Parman, Blok B 6 RT 014/01, Kemanggisan Pal Merah, Jakarta Barat, Sabtu (26/12/2009) siang sekitar pukul 14.30 WIB.

Sarti, 46 th,pembantu rumah tangga di rumah tersebut, diikat perampok kaki dan tangannya menggunakan tali sepatu. Pelaku lalu mengacak-acak kamar milik majikannya. Belum diketahui apa saja barang yang hilang dari rumah milik Hanbani tersebut lantaran yang bersangkutan sedang bepergian ke Yogyakarta.

Awal kejadiannya, sekira pukul 14.30 WIB, lelaki dengan mengendarai sepeda motor mendatangi rumah di RT 014/01, Kemanggisan tersebut. Pengendara sepeda motor tersebut berlagak kurir pengantar surat. Usai memberi surat kepada Sarti, tak lama kemudian pengendara sepeda motor tersebut datang lagi dengan alasan ada surat yang salah alamat.

Kepada pembantu itu, pelaku minta agar surat-surat yang diterima sebelumnya agar diambil. Dengan polosnya wanita setengah baya itu menuruti permintaan lelaki tersebut.

Namun, ketika mau mengambil surat tadi, pelaku mengikutinya dan langsung menodongnya. Korban yang tak berdaya kaki dan tangannya diikat pakai tali sepatu.
Pelaku kemudian mengacak-acak kamar majikan korban. Barang berharga dibawa kabur.

Sarti baru berhasil membebaskan diri beberapa saat kemudian. Kasus ini masih ditangani Polres Metro Jakarta Barat. Kerugian belum diketahui karena pemilik rumah tidak ada.

* Polsek Metro Jagakarsa Bekuk Pembuat uang Palsu

26-12-2009 16:13 WIB
PUSKOMINFO – Aparat Polsek Metro Jagakarsa berhasil membekuk pembuat sekaligus pengedar uang palsu (upal) di wilayah Tanjung Barat, Jagakarsa Jakarta Selatan, Sabtu (26/12). Petugas berhasil mengamankan barang bukti uang palsu siap edar sebesar Rp.5 juta beserta peralatan cetaknya.

Tersangka, Suhendra, warga Jl. Nangka, Tanjung Barat, Jagakarsa sudah sekitar satu tahun ini membuat dan mengedarkan uang palsu bikinannya sendiri. Dengan menggunakan mesin scan dan printer computer, tersangka dapat mencetak uang jutaan rupiah per hari.

Awal mula terungkapnya kasus ini berkat adanya laporan sopir taksi bahwa sering mendapatkan uang palsu dari penumpangnya.

"Pelaku mengedarkan uang palsu kepada para sopir taksi," tegas Kapolsek Metro Jagakarsa, Kompol Udik Tanang.

Setiap naik taksi, katanya, pelaku membayarkannya dengan uang palsu. Namun, jika argo taksi sudah mencapai Rp.20 ribu, pelaku minta berhenti dan membayar dengan uang palsu pecahan Rp.50 ribu.

"Dia memang agak cerdik setiap bayar taksi pakai uang palsu dan dapat uang asli Rp.30 ribu, dalam sehari setidaknya 50 sopir taksi menjadi korban aksi pemalsuan pelaku”, ungkap Udik.

Kini pelaku berikut barang bukti berbagai peralatan mesin cetak uang palsu, tinta dan kertas diamankan ke Polsek Metro Jagakarsa.

* Kijang Out Off Control di Tanjakan Tomang

26-12-2009 12:14 WIB
PUSKOMINFO - Sebuah mobil jenis kijang, mengalami out off control akibat pecah ban depan, tepatnya sebelum tanjakan Tomang arah Tangerang Sabtu (26/11) pukul 11.25 Wib.

Berdasarkan informasi dari petugas operator TMC Polda Metro Jaya, Briptu Erwin, kendaraan kijang bernopol D 1211 BR yang mengalami kecelakaan tersebut mengangkut tujuh penumpang.

”Akibat peristiwa ini, salah satu penumpang wanita mengalami patah tulang” ujar Erwin.

Saat ini petugas telah mengevakuasi kendaraan tersebut menggunakan kendaraan Derek dan membawa salah satu penumpang yang mengalami patah tulang ke RS. Harapan Kita guna mendapatkan pertolongan medis. Arus lalu lintas pun kembali normal.

* Operasi Lilin Jaya 2009 Guna Cipta Kondisi Jelang Malam Tahun Baru, Polsek Metro Jatinegara Amankan 6.000 Botol Miras

26-12-2009 11:36 WIB
PUSKOMINFO – Polsek Metro Jatinegara mengamankan 6.000 botol minuman keras (miras) berbagai merk dari warung seorang penjual miras di Rt 15/11,Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur, Sabtu (26/12) dinihari.

Pemilik warung, Seni, 50 th, kini diperiksa di Mapolsek Metro Jatinegara.

Penggerebekan ini dilakukan berkat informasi dari masyarakat yang menginformasikan adanya warung yang menjual miras di perkampungan yang meresahkan masyarakat sekitar.

Petugas yang melakukan penggerebekan, mendapati minuman beralkohol itu disimpan pelaku di gudang dan bunker di rumahnya.

Saat ini pihak kepolisian sedang gencar melakukan operasi Lilin Jaya - 2009 dalam rangka menciptakan kondisi yang kondusif menjelang perayaan Natal dan malam pergantian tahun, yang rawan terjadinya tawuran antar warga yang umumnya dipicu oleh minuman keras.

* Kenaikan Pajak Mobil Tua Dinilai Tak Efektif

26-12-2009 09:31 WIB
PUSKOMINFO - Rencana pemerintah menaikkan pajak bagi mobil tua dinilai tidak efektif. Pemerintah Indonesia sebaiknya mencontoh negara tetangga, Singapura, yang mengurangi masa pakai kendaraan bermotor.

"Pemerintah perlu melihat lagi, apa tujuan menaikkan pajak," kata salah seorang penggemar mobil klasik, Tom, di sela pameran 3rd Int'l Classic Car Show 2009 di Balai Kartini, Jakarta.

Menurut Tom, kenaikan pajak mobil tua yang dilakukan pemerintah tiap tahun tidak banyak memberi perubahan bagi kemacetan lalu lintas.

Pasalnya, kenaikan pajak tidak menjadi masalah besar bagi pemilik mobil tua. "Jika mobilnya seharga Rp 20 juta, lalu dikenai pajak Rp 1 juta. Ya, tidak masalah," jelasnya.

Tom menilai, pembatasan masa pakai bisa menjadi langkah efektif mengurangi kemacetan. Hal itu juga diterapkan Singapura untuk mengurangi pemakaian kendaraan berusia lebih dari 10 tahun.

Dia menjelaskan, pemerintah bisa memberi izin penggunaan mobil tua hanya pada hari libur, seperti Sabtu dan Minggu. Lalu lintas pada hari tersebut dinilai lebih sepi dibanding hari kerja.

Lebih jauh, dia menambahkan, pajak kendaraan baru atau kendaraan massa seharusnya lebih ringan dibanding pajak mobil tua. Pengurangan pajak mobil baru bisa menarik minat masyarakat untuk memiliki mobil berusia muda dibanding mobil tua.

Sumber : VIVAnews.com

* Sabtu, Arus Lalu Lintas di Ibukota Jakarta Lengang

26-12-2009 09:16 WIB
PUSKOMINFO - Sabtu pagi ini arus lalu lintas di Ibukota Jakarta lengang. Hal ini terjadi karena sebagian besar warga Jakarta libur akhir pekan bersamaan dengan libur panjang Natal.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, kelengangan lalu lintas, antara lain terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman ke arah Bundaran Senayan, menuju Semanggi hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Arus sebaliknya dari arah Jalan Thamrin hingga kawasan Blok M juga demikian. Lengang.

Sedangkan di Jalan MT Haryono arah Pancoran menuju Cawang, arus lalu lintas juga lancar. Demikian juga arus sebaliknya.

Begitu juga situasi arus lalu lintas di jalan tol dalam kota, Semanggi menuju arah Cawang, sangat lancar. Kelengangan juga terjadi di jalur sebaliknya.

Sementara itu, bagi anda yang ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Pusat Layanan SIM & STNK Tetap Buka.

Pada Sabtu 26 Desember 2009 ini, lokasi-lokasi pelayanan SIM dan STNK keliling dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang dapat dikunjungi yaitu:

- Jakarta Selatan, anda dapat mengunjungi sentra pelayanan SIM dan STNK keliling di kawasan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

- Jakarta Timur, anda dapat mengunjungi pelayanan SIM keliling di Honda Dewi Sartika. Sedangkan layanan STNK keliling anda dapat menjumpainya di Masjid At-Tien TMII.

- Jakarta Utara, pos layanan SIM keliling dilakukan di Mega Mall Pluit. Sedangkan untuk STNK dilayani di Pos Pol BPL Jembatan 3.

- Jakarta Barat, pelayanan SIM keliling berada di SPBU Joglo Raya. Sedangkan pelayanan STNK keliling berlokasi di Carrefour Puri Indah Kembangan.

- Jakarta Pusat, anda dapat mengunjungi layanan SIM keliling di LTC Glodok. Sementara kalau untuk layanan STNK keliling berada di Gedung PELNI Jalan Gajah Mada.

* Gardu Listrik Depan Mal Artha Gading Meledak

26-12-2009 08:59 WIB
PUSKOMINFO - Gardu listrik yang berada di depan Mal Artha Gading di Jl. Yos Sudarso, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (25/12/2009) meledak sekitar pukul 18.00 WIB. Gardu listrik bertegangan tinggi itu terbakar dan kemudian terdengar suara ledakan sebanyak tiga kali.

Akibat meledaknya gardu listrik tersebut, sekitar 1.000 rumah warga sekitar yang tinggal di Kampung Pulo Kandang, Kelapa Gading Barat yang meliputi 3 RT yakni RT 07, 08 dan 09 yang berada di RW 013, mengalami mati lampu.

Dugaan sementara, penyebabnya adalah karena kelebihan kapasitas, terkait dengan banyaknya pencurian listrik.

Hingga kini petugas PLN masih melakukan perbaikan.

* Pencurian Modus Ban Kempes

26-12-2009 08:07 WIB
PUSKOMINFO - Pencurian dengan modus ban kempes kembali terjadi. Kali ini dialami Muhammad B. Zein, 49 th, di lampu merah Polonia Jl. Otista Jakarta Timur, Jum'at (24/12/2009) siang sekira pukul 12.00 WIB.

Korban, warga Jl. Permata Rt. 02/05 Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, yang sedang melintas di TKP, diberitahu orang bahwa ban mobilnya goyang karena kempes. Korban pun turun dari mobil memeriksa ban. Saat korban memeriksa ban, pelaku beraksi mengambil tas yang berada di jok belakang.

Korban mengalami kerugian tas yang berisi uang tunai Rp. 18 juta dan buku tabungan bank Niaga serta BPKB mobil.Korban selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Metro Jatinegara.

* Pengeroyokan, Korban Luka Parah

26-12-2009 08:04 WIB
PUSKOMINFO - Loli, warga Bekasi dikeroyok sejumlah lelaki di depan SPBU atau pom bensin Seal di Cipinang, Jakarta Timur, Jumat malam.Akibatnya, korban menderita luka tusuk di leher dan pinggang.

Hingga Sabtu pagi ini, korban masih dirawat di RS Persahabatan karena lukanya cukup serius.Belum diketahui motif pengeroyokan tersebut. Polsek Metro Jatinegara yang menangani kasus ini masih mengusutnya.

Kejadiannya, korban yang sedang melintas di TKP tiba-tiba dihadang sejumlah pemuda dan terjadi perkelahian hingga korban ambruk bersimbah darah dengan luka tusuk senjata tajam di bagian leher dan pinggang. Setelah itu pelaku melarikan diri.

24 Desember 2009

Liburan sebentar lagi,..

Liburan sekolah sudah didepan mata, bagi yang berencana liburan ke daerah atau kemana saja, perlu diperhatikan beberapa tips dibawah ini:

1. Kenali tempat tujuan wisata anda dengan mencari informasi tentang daerah itu, kondisi geografis, obyek wisata yang ingin dikunjugi, temperatur, dll

2. Rencanakan liburan anda, bikin daftar hal-hal atau objek yang akan dikunjungi/dilakukan dan disiplin dengan daftar program yang telah anda buat dan sepakati, menghindari waktu terbuang percuma karena setelah sampai didaerah tujuan bingung menentukan daerah mana yang akan dikunjungi dst,

3. Bawalah obat-obatan yang biasa kita konsumsi apabila ada, atau perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan, macam obat antiseptik, alkohol, kapas, balsem penghangat, dll.

4. Apabila daerah tujuan cukup panas, lengkapi diri dengan kacamata hitam untuk melindungi mata dan cairan penahan tabir surya (sun-block) untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari.

5. Banyaklah minum air, supaya tidak terkena dehidrasi (kondisi kekurangan cairan tubuh). Pastikan air yang kita minum sudah steril, atau minimal mendidih. Apabila ragu, pilihlah air dalam kemasan, macam air mineral atau teh.

6. Bersihkan badan, minimal sehari sekali, terutama apabila kita sering berkeringat, berenang di air yang tidak terjamin kebersihannya atau memakai kamar mandi bersama.

7. Daerah tropis selalu dihuni nyamuk. Jadi bawalah selalu obat anti nyamuk yang dapat dioleskan ke kulit.

8. Pilihlah tempat makanan yang sudah terjamin kebersihan makanannya. Usahakan makanan tersebut baru dimasak pada saat kita pesan, bukan makanan kemarin yang dihangatkan kembali.

9. Bawah lah cukup ‘dana Segar’ baik uang plastik, cash, ….etc (ini yang paling penting boz).(Dirangkum dariberbagai sumber)

Kalau anda berencana berlibur ke Bali dan ingin merencanakan liburan anda, tentang pemilihan obyek atau atraksi wisata dan informasinya, dapat menghubungi saya, Ardana (tour organiser) di e-mail : balibuddy@gmail.com /hp atw sms :081338667808, saya akan senang sekali membatu mewujudkan liburan yang lebih menarik, efektif serta hemat! Selamat liburan........

* Layanan SIM-STNK Keliling Hari Ini

PUSKOMINFO - Ingin mengurus SIM dan STNK dengan mudah? Lihat jadwal SIM dan STNK Keliling, Kamis, 24 Desember 2009 berdasarkan informasi Traffic Managemen Centrel (TMC) Ditlantas Polda Metro Jaya berikut ini :

WILAYAH LOKASI
JAKARTA SELATAN SIM Keliling di Pos Pol TMP Kalibata dan SAMSAT Keliling Tidak Beroperasi
JAKARTA TIMUR SIM Keliling di Dealer Honda Jl. Dewi Sartika dan SAMSAT Keliling Tidak Beroperasi
JAKARTA UTARA SIM Keliling di Mega Mall Pluit dan SAMSAT Keliling Tidak Beroperasi
JAKARTA BARAT SIM Keliling di SPBU JL. Raya Joglo dan SAMSAT Keliling Tidak Beroperasi
JAKARTA PUSAT SIM Keliling di LTC Glodok Jl. Hayam Wuruk dan SAMSAT Keliling Tidak Beroperas

Pelayanan SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan Sim C. Jika masa masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa diperpanjang di layanan SIM Keliling. Pengendara harus ke Satpas SIM di Jalan Daan Mogot KM 11 Cengkareng.

Pelayanan STNK Keliling juga hanya untuk memperpanjang STNK setiap tahun. Bukan pengesahan atau habis masa pengesahan STNK 5 tahun atau perubahan kendaraan yang

* KEJADIAN 24 DESEMBER 2009

PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN

Waktu Kejadian : Tanggal 23 Desember 2009 jam 10.15 WIB.
TKP : Depan DEPHAN Jl. Medan Merdeka Barat Jak-Pus.
Korban : Sulaiman, 23 Th, ojeg, Alamat : Karet Belakang Rt 012/01 Kel. Karet Kuningan Kec. setia Budi Jak-Sel.
Pelaku : Lidik.
Modus Operandi : Saat korban menunggu penumpang, pelaku datang dan minta diantar ke Gajah Mada, lalu diajak berputar-putar, setelah sampai di TKP pelaku meminjam KR2 R2 milik korban dengan alasan masuk ke komplek Dephan, namun setelah ditunggu pelaku tidak juga datang dengan membawa kabur KR2 R2 milik korban.
Kerugian : 1 Unit Yamaha Mio, Nopol : B-6531-STE Tahun 2009, warna merah, nomor kerangka : MH328D00B9J77379, nomor mesin : 28D774649.
Ditangani : Sektro Gambir.

KEBAKARAN

Waktu Kejadian : Tanggal 23 Desember 2009 jam 21.00 WIB.
TKP : Jl. AMD Rt 03/06 Cengkareng Timur Jak-Bar.
Korban : Soleh, 35 Th.
Saksi : Sadino, 45 Th.
Barang Bukti : Kayu bekas yang terbakar.
Modus Operandi : Saksi melihat api yang menjalar dan membakar dinding dan asbes rumah. Api membakar 6 pintu dengan ukuran 3x1 M yang dipergunakan untuk menggoreng tahu, dan kontrakan. Api dapat dipadamkan pukul 22.30 WIB oleh 8 unit Dinas Pemadam Kebakaran.
Ditangani : Sektro Cengkareng

23 Desember 2009

* Proyek Pusat Grosir Metro Tanah Abang (PGMTA) Runtuh, 3 Tewas dan 12 Luka-luka

23-12-2009 18:00 wib
PUSKOMINFO - Tiga orang meninggal dunia dan 12 orang lainnya luka-luka akibat tertimpa reruntuhan proyek jembatan Pusat Grosir Metro Tanah Abang (PGMTA) Jl. Kebon Kacang I Tanah Abang Jakarta Pusat, Rabu 23 Desember 2009.

Menurut keterangan saksi, Gopa, peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 10.15 WIB. Proyek pembuatan jembatan PGMTA di lantai IV ukuran 2,5 x 7 meter tersebut runtuh hingga menimpa pekerja dan warga masyarakat yang berada di bawahnya.

Korban meninggal dunia yaitu Abdul Hafid, 18 th, Iwan dan seorang laki-laki tanpa identitas berusia sekitar 20 th.

Sedangkan korban yang luka-luka kini dirawat di 5 rumah sakit yaitu RSCM, RSAL, RS. Jakarta, RS. Tarakan dan RSPAD Gatot Subroto.

Yang di rawat di RSCM bernama Moh. Kasdi.

Dirawat di RSAL, Agus Suprianto, 30 th, Imam Hanafi, 23 th, Darso, 41 th, dan Abidin alias Black, 27 th.

Di RS. Jakarta, Dwi dan Hariri. Sedangkan di RS. Tarakan M. Heri, 20 th, Santo, 30 th dan Agung 24 th.

Di RS. St. Carolus dirawat satu orang yaitu Agus, security.

Dan di RSPAD Gatot Subroto dirawat 1 orang bernama Junaedi.

Kini petugas Polsek metro Tanah Abang masih melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan saksi-saksi yang mengetahui peristiwa tersebut.

* Polisi Tewas Dalam Pengamanan Pertandingan Sepak Bola

23-12-2009 08:05 WIB
PUSKOMINFO - Ajun Komisaris Polisi Saptomo, 45 th, anggota Polres Metro Tangerang tewas ketika sedang melaksanakan pengamanan pertandingan Sepak Bola, Selasa (22/12/2009).

AKP Saptomo meninggal dunia sekira pukul 19.45 WIB di depan Permata Biliar Jl. Moh. Toha Karawaci Tangerang, saat pengamanan pertandingan sepak bola antara Persikota dengan Produta.

Korban yang sehari-hari bertugas sebagai Komandan Kompi (Danki) Dalmas ini memang sudah cukup lama mengidap sakit darah tinggi dan diabetes. Diduga akibat terlalu lelah, korban terjatuh lemas. Upaya pertolongan teman-teman tak berhasil sehingga nyawa korban tidak dapat terselamatkan.

Kini jenazah korban disemayamkan di rumah duka di Jl. Ciputat Raya Gg. Sari Rt. 03/04 Kebayoran Lama Jakarta Selatan dan dikebumikan pada hari ini, 23 Desember 2009 sekira pukul 12.30 WIB.

* The Security System (Sistem Keamanan)

Sebelumnya, "keamanan" sering dilihat dari sudut pandang "tunggal," yaitu penjaga atau alarm pencurian atau beberapa unsur keamanan lainnya. Namun, apabila dicermati sebagai bagian aktif dari korporasi atau bisnis, keamanan seharusnya dilihat dari sudut pandang pendekatan sistem, sebagai suatu komponen yang dapat diterjemahkan kedalam hasil investasi (return on investment - ROI). Sekarang ini, kepala keamanan/kepala bagian pencegahan kehilangan dalam korporasi modern, terutama harus cakap dan berpendidikan dan kemudian harus menjadi "ahli keamanan."

Tugas pertama kepala keamanan adalah melakukan analisis yang tajam pada risiko untuk menunjuk dengan tepat daerah/fungsi/bahaya yang mungkin menimbulkan dampak merugikan bagi ROI, dan kemudian merancang suatu pendekatan sistem pengamanan yang dinamis untuk melawan potensi dampak yang merugikan. Untuk melaksanakan tugasnya ia harus meningkatkan elemen utama keamanan (penghalang, pencahayaan, alarm, sistem penguncian, sistem kontrol identifikasi/pergerakan dan satuan keamanan) sehingga menghasilkan satu rancangan sistem pengamanan yang berfungsi dengan baik untuk meningkatkan pengelolaan ROI.

Sekarang ini arena keamanan atau pencegahan pencurian meliputi tanggung jawab terhadap keselamatan, pemadaman kebakaran, pengamanan dokumen, pengamanan personel (perizinan), penilaian, layanan kesehatan, program penyalah-gunaan bahan kimia, penerapan peraturan pemerintah, operasi darurat terhadap adanya suatu bencana, proses pengawasan, perlindungan dari mata-mata di bidang industri, penyalahgunaan "perdagangan dengan orang dalam," serta perlindungan pada merk dagang-yang dinamakan sebagai tanggung jawab utama.

Kepala keamanan dari organisasi multinasional ditugaskan untuk melakukan suatu analisis terhadap strategi risiko secara global yang luas dan sangat canggih, sehingga pengelola korporasi dapat meletakkan keputusan bisnisnya (misalnya di suatu negara di Timur Tengah) di mana mereka harus menempatkan fasilitas pengembangan. Dilihat dari sudut pandang tersebut, "keamanan" dimiliki oleh dewan pengurus korporasi sebagai bagian integral dan penting dari bisnis di Amerik

* Buah Apel Solusi Pelupa

Sering lupa belakangan ini? Banyak-banyaklah makan apel. Menurut riset dari University of Massachussets, buah apel dapat mencegah kerusakan sel-sel yang menyebabkan hilangnya ingatan. Dengan memakan apel minimal dua buah sehari, Anda akan merasakan manfaatnya. Diduga, khasiat ini berasal dari antioksidan tinggi yang secara alamiah terdapat di dalam apel.

Selain itu, apel juga punya banyak manfaat lain. Selain mengandung senyawa antibakteri dan anti viral, kandungan vitamin A, C, boron, dan zat-zat lainnya sangat efektif menurunkan kadar kolesterol dan risiko kanker. Sebuah studi membuktikan, membaui aroma apel hijau dapat mengurangi nafsu makan. Pengobatan alternatif tertentu bahkan menggunakan apel untuk penurunan berat badan.

Anti-infammatory estrogenic activity yang terkandung dalam apel yang tinggi serat, membantu mencegah konstipasi dan menekan nafsu makan. Namun hati-hati, jus apel dapat menyebabkan diare pada anak.

sumber : http://kompas.co.id/read/xml/2008/08/07/10442674/pelupa.apel.solusinya.
PUSKOMINFO - Ingin mengurus SIM dan STNK dengan mudah? Lihat jadwal SIM dan STNK Keliling, Rabu, 23 Desember 2009 berdasarkan informasi Traffic Managemen Centrel (TMC) Ditlantas Polda Metro Jaya berikut ini :

WILAYAH LOKASI
JAKARTA SELATAN SIM & STNK Keliling di TMP Kalibata
JAKARTA TIMUR SIM Keliling Didepan Honda Dewi Sartika dan STNK Masjid At-tien TMII
JAKARTA UTARA SIM : Mega Mall Pluit , STNK : Pos Pol BPL Jembatan 3
JAKARTA BARAT SIM ; JL. Raya Joglo , STNK : Carefour Puri Kembangan
JAKARTA PUSAT SIM : LTC Glodok , STNK : PT PELNI JL. Gajah Mada

Pelayanan SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan Sim C. Jika masa masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa diperpanjang di layanan SIM Keliling. Pengendara harus ke Satpas SIM di Jalan Daan Mogot KM 11 Cengkareng.

Pelayanan STNK Keliling juga hanya untuk memperpanjang STNK setiap tahun. Bukan pengesahan atau habis masa pengesahan STNK 5 tahun atau perubahan kendaraan yang lainnya.

* KEJADIAN 23 DESEMBER 2009

1. PERAMPASAN KR R2
Tanggal : 22 desember 2009 Jam : 07.00 Wib.
TKP : Pintu Tol TMII Jaktim.
Korban : Yuliana, 33th, Al. Metro Permata I M-1/59 Rt. 03/07 Pondok Pucung Karang Tengah Tangerang.
Pelaku : BD DKK.
Kronologis : Saat korban tiket tol di TKP arah Cibubur - Kebon Jeruk, tiba-tiba tangan pelaku masuk kedalam mobil dan langsung mengambil kunci kR R4 milik korban, selanjutnya para pelaku mengajak korban untuk menjenguk teman pelaku di RS, namun korban mengajak para pelaku berbicara agar kunci KR R4 milik korban dikembalikan namun kunci tersebut tidak dikembalikan oleh pelaku. Selanjutnya pelaku dan korban berhenti di RM. Padang dekar RS. Siloam dan KR R4 milik korban dibawa kabur oleh pelaku.
Kerugian : 1 unit KR R4 Daihatsu Xenia No. Pol. B-1685-CVC.
Ditangani : Dit Reskrim Um PMJ.

2. LAKA KERJA
Tanggal : 22 Desember 2009 Jam : 10.30 Wib.
TKP : Kali Baru Rt. 12/06 Kp. Melayu Jatinegara Jaktim.
Korban : 1) Agung Supriyadi, 25th, Buruh, Al. Plumpang Sawah rt. 15/04 Cibesut Jatinegara jaktim, 2) Andi, 22th, Buruh, 3)Ridwan, 20th, 4) Alim, 17th.
Saksi : Ruswandi, 32th, Buruh, Ds. Manis rt. 05/01 Kalimanggis Kuningan Jawa Barat.
Kronologis : Menurut keterangan para saksi saat para korban sedang bekerja dan masuk kedalam gorong-gorong di TKP tiba-tiba arus air mengalir kencang. Sehingga para korban terjebak didalamnya dan hanyut terbawa arus air. selanjutnya para korban berhasil dievakuasi Jam : 13.10 Wib dengan bantuan Tim SAR DPK kemudian para korban dibawa ke RSCM untuk Ver.
BB : 3 unit pelampung.
Ditangani : Sektro Jatinegara.

22 Desember 2009

* Hujan Timbulkan Genangan Air di Jakarta

22-12-2009 13:01 WIB
PUSKOMINFO -- Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak pagi hingga siang ini menyebabkan munculnya genangan air di berbagai wiayah Jakarta. Genangan-genangan air ini membuat arus lalu lintas menjadi semakin macet.

Menurut data TMC Polda Metro Jaya, Selasa (22/12/2009), pukul 12.15 WIB, genangan air untuk wilayah Jakarta Utara terdapat di depan Hotel Alexis di Jl RE Martadinata dengan ketinggian 20 cm. Kemudian juga di Rel KA Mangga Dua di Jl Gunung Sahari dengan tinggi yang sama.

Untuk wilayah Jakarta Barat genangan air terjadi di Jl. S. Parman setinggi 12 cm. Di Jl Karang Tengah setinggi 5 cm, Jalan Biak 12 cm dan lampu merah Puri Kembangan 10 cm.

Sedangkan untuk Jakarta Selatan terjadi di Jl Sudirman di depan Gedung Summitmas setinggi 10 cm.

* Polda Metro Jaya Siapkan 8 Personel Jibom di Tiap Polres Untuk Amankan Natal dan Tahun Baru 2010

22-12-2009 12:41 WIB
PUSKOMINFO - Untuk mengantispasi hal-hal yang tidak diingikan dalan perayaan Natal dan Tahun Baru 2010, Polda Metro Jaya menyiapkan pasukan anti penjinak bom (Jibom) yang akan ditempatkan di 11 Polres yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Kita akan taruh 8 pasukan setiap Mapolres, 4 dari Densus dan 4 dari Gegana Brimob," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Wahyono disela-sela acara Bakti Sosial Sunatan Massal di Mapolda, Selasa (22/12/2009).

Disiapkan pasukan Jibom tersebut, Kata Wahyono, bukan berarti situasi Jakarta dalam keadaan terancam, namun hanya untuk mengantisipasi. "Ya kan, kita harus siap kapan saja untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan," ujar Kapolda.

Pasukan tersebut, katanya, akan delengkapi dengan peralatan diteksi bom seperti metal detector dan alat foto ditektor."Untuk alat foto ditektor ini akan kita siapkan dua unit pasukan yang secara mobile mendatangi mapolres-mapolres," jelasnya.

* Polda Metro Jaya dan RCTI Gelar Khitanan Massal

22-12-2009 12:16 WIB
PUSKOMINFO - Polda Metro Jaya berkerjasama dengan RCTI Peduli menyelenggarakan kegiatan sosial Khitanan Massal, Selasa (22/12/2009). Sunatan Massal ini diikuti sekitar 200 anak kurang mampu dari Wilayah Polres dan Polsek Jajaran Polda Metro Jaya.

Acara yang digelar di gedung Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya, Jl Jend Sudirman , Jakarta ini merupakan kepedulian Polda dan RCTI terhadap masyarakat yang kurang mampu di sekitaran Polda .

Selain dikhitan, anak-anak tersebut juga mendapat bantuan satu paket perlengkapan shalat dan sekolah seperti busana muslim berupa kain sarung, buku, pena dan pensil .

Acara juga dimeriahkan dengan artis-artis cilik yang didatangkan dari RCTI, diantaranya Debo Idola Cillik ,Magician cilik Joya serta Sisi dan Brinet Indonesian Idol.

* Polsek Metro Sawangan Amankan 90 Kg Ganja Kering

22-12-2009 08:28 WIB
PUSKOMINFO - Sebanyak 4 karung plastik berisi 90 Kg Ganja Kering ditemukan warga di kampung Sawangan Utara Rt. 03/04 Sawangan Depok. Ganja tersebut ditemukan oleh Jaenal Arifin, warga sekitar, yang melihat 4 karung plastik yang berada di areal tanah kosong Perumahan Telaga golf Sawangan Utara.

Setelah diperiksa, ternyata karung-karung tersebut berisi ganja kering.

Penemuan ganja tersebut selanjutnya dilaporkan ke Polsek Metro Sawangan. Petugas bersama saksi dan warga sekitar memeriksa karung plastik warna putih tersebut mendapati ganja kering seberat 90 kg.

Kini, Petugas Polsek Metro Sawangan masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa pemilik karung yang berisi ganja tersebut.

* 10 Tips Kesehatan

Disini saya coba ngumpulin artikel-artikel kesehatan yg gw temui, dan sangat simple yang bisa anda lakukan sendiri di rumah..
mungkin ada yg bermanfaat bagi icomers.. so silahkan di baca baik-baik dan selamat mencoba

1. Jaga Kesehatan Mata dengan Biji Pepaya
Bagaimana menjaga kesehatan mata? Menurut dr. Rini Mahendra SpM cara yang mudah dilakukan, salah satunya ialah dengan mengonsumsi biji pepaya. Mengapa biji pepaya? Konon biji pepaya mengandung senyawa likopen yang penting bagi kesehatan mata. Bila Anda tidak tahan akan rasa getirnya, maka Anda dapat mengonsumsinya dengan ditambah madu, atau sebagai campuran minum teh. Selain itu bisa juga biji tersebut dijemur atau disangrai untuk kemudian dimakan sebagai snack. Konsumsilah secara teratur, kira-kira tiga kali sehari sebanyak sepuluh butir.

2. Biji Tomat Cegah Penyakit Jantung
Anda suka minum jus tomat tapi kerapkali membuang bijinya? Mungkin setelah membaca artikel ini kebiasaan itu harus diubah. Berdasarkan riset yang dilakukan Rowett Research Institute di Scotlandia, ditemukan bahwa cairan licin atau jelly berwarna kuning yang terdapat disekitar biji tomat mengandung senyawa atau bahan campuran yang manjur untuk melawan stroke dan penyakit jantung. Bila Anda meminum jus tomat tanpa membuang bijinya, maka Anda telah mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah sekitar 72 persen, hingga dapat Anda dapat terhindar dari penyakit jantung.

3. Jangan Lama Mencelup Teh
Teh diakui berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Teh juga telah menjadi konsumsi khalayak luas sebagai minuman sehari-hari. Teh dikemas dalam bentuk teh celup juga teh bubuk. Namun ada yang perlu diperhatikan pada teh celup, yaitu pemakaiannya. Teh celup sebaiknya tidak dicelupkan terlalu lama. Ini berlaku untuk semua teh, berwarna maupun teh hijau.

Ini disebabkan adanya kandungan zat klorin dalam kantong kertas teh celup. Zat ini fungsinya untuk disinfektan kertas sehingga kertas akan terbebas dari bakteri pembusuk dan tahan lama. Kertas dengan klorin tampak lebih bersih. Namun disinfektan dalam jumlah besar tidak berbeda jauh dengan racun serangga.

Sehingga dianjurkan jangan mencelupkan teh celup dalam waktu lama. Jika mencelup kantong teh lebih dari 3-5 menit, klorin akan ikut larut dalam teh. Agar terhindar dari kemungkinan-kemungkinan penyakit, sebaiknya jangan mencelup kantong teh lebih dari 3 menit.

4. Kumur-kumur Saat Asma
Asma merupakan salah satu penyakit kronik terbanyak pasiennya di dunia. Menurut dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, diperkirakan pada tahun 2005 ada tambahan sekitar 100 juta pasien asma di dunia.
Pengobatan asma ada yang bersifat pelega (reliever), ada pula yang bersifat pengontrol (controller). Obat asma yang paling aman dan efektif adalah yang diberikan dalam bentuk disemprot atau dihisap (inhaler) karena akan langsung masuk ke saluran nafas, efeknya cepat, efek samping minimal, dan dosisnya kecil.

5. Luka Sayat
Si kecil mengalami luka akibat bermain pisau hingga kulitnya tersayat?
Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:
• Jika lukanya kecil, cukup ditekan saja beberapa detik dengan kapas atau perban steril untuk mengeringkan dan menghentikan perdarahan.
• Jangan mengoles luka dengan kapas karena dapat merusak pinggiran luka hingga perdarahan baru bertambah. Berikan larutan antiseptik untuk mencegah infeksi.
• Kalau darah sudah mengering/berhenti baru ditutup dengan plester

6. Pertolongan Pertama Demam
Yang penting dilakukan ialah menurunkan suhu tubuh penderita, bisa dengan mengompres menggunakan air dingin, memberikan obat penurun panas, juga disertai pengipasan agar panas tubuh segera menguap. Kompreskan air dingin di dada sebelah kiri atau ubun-ubun kepala yang bermanfaat menurunkan panas lebih cepat. Lebih aman menggunakan obat penurun panas jenis parasetamol, yang banyak dijual bebas, terutama bagi anak usia dibawah 5 tahun.

7. Perawatan Untuk Lingkaran Hitam di Sekitar Mata
Parutan kentang bisa mengurangi warna hitam di lingkaran mata. Kentang mengandung enzim yang bernama catecholase, yang sering digunakan sebagai bahan kosmetik dengan tujuan mencerahkan kulit. Blender sebutir kentang dan bungkus kentang yang diblender dengan kain bersih. Tempelkan langsung pada daerah di bawah mata, dan diamkan selama 15-20 menit. Jangan biarkan kentang masuk ke dalam mata. Bersihkan.

8. Mengurangi Kerutan di Wajah
Untuk mengurangi kerutan di wajah, bisa digunakan cara mudah dan murah yaitu dengan memanfaatkan anggur berwarna hijau. Anggur jenis ini sering digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik krim anti kerut.
Tapi Anda bisa membuat sendiri ramuan anti kerut, caranya belah anggur jadi dua kemudian gosokan ke wajah dan leher. Pastikan Anda menggosokannya di area di sekitar mulut. Diamkan selama 20 menit dan basuh dengan air hangat-hangat kuku.

Lakukan setiap hari, dan Anda akan melihat perubahan pada wajah Anda. Jangan lupa minum air putih minimal delapan gelas sehari. Dan makan makanan yang kaya mengandung vitamin A seperti wortel, seledri dan bayam. Usakan tidur delapan jam sehari.

9. Masker Apel untuk Kulit Berminyak
Masker ini sangat cocok untuk kulit berminyak, pembuatan dan pemakaiannya pun sangat mudah. Bahan-bahan:
• Satu buah apel ukuran sedang, diparut
• Lima sendok makan madu

Campur parutan apel dan madu dengan baik. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit. Basuh dengan air dingin.

10. Sauna Kulit Wajah
Perawatan kulit yang baik salah satunya dengan sauna wajah. Yang Anda butuhkan adalah mangkuk yang diisi dengan air panas yang ditambahkan dengan beberapa minyak essential yang disesuaikan dengan jenis kulit:

Normal: Mandarin dan Lavender
Berminyak: Lemon dan Minyak Kayu Putih
(wayan site)

Sopir Taksi Celebrity Jadi Korban Perampasan

22-12-2009 08:00 WIB
PUSKOMINFO - Gideon, 41 th, Sopir Taksi Celebrity, jadi korban perampasan. Taksi, uang tunai dan HP miliknya dibawa kabur pelaku.

Kejadiannya pada Selasa (22/12/2009) dinihari pukul 01.00 WIB di Jl. Komodor Halim Baru Kebon Pala makasar Jakarta Timur. Korban yang mendapat 2 orang penumpang minta diantarkan ke UKI Cawang. Saat perjalanan ke UKI, sesampainya di putaran BKKBN, Pelaku yang duduk di jok depan langsung menekan leher dan membekap mulut serta hidung korban. Sedangkan pelaku yang duduk di belakang, menusuk korban dengan menggunakan obeng.

Aksi tersebut sempat diketahui tukang ojek yang sedang melintas di TKP. Karena dicurigai, pelaku yang berada di belakang keluar dan berpindah ke jok depan. Kesempatan itu dimanfaatkan korban untuk meloloskan diri dengan berlari keluar dari taksi sambil berteriak minta tolong. Pelaku pun kabur dengan membawa taksi korban B-2998-UX serta HP dan uang tunai Rp. 350 ribu.

Korban yang mengalami luka tusuk di bagian leher selanjutnya melapor ke Polsek Metro makasar.

* Psychological Services Units (Unit Jasa Psikologi)

Unit jasa psikologi (PSUs) adalah sebuah perkembangan terkini dalam pemolisian. Perwakilan polisi dewasa ini telah mengetahui spektrum yang luas dan harga yang potensial dari jasa dan aktivitas yang dapat diberikan oleh unit semacam itu. Sementara itu jasa psikologi untuk para pelanggar telah lama ada dalam norma pengadilan kriminal, jasa yang sama untuk petugas kepolisian tidak dikenal sampai akhir tahun 1960-an. Kebanyakan dari departemen yang terbesar sekarang ini mempunyai unit semacam itu. Asosiasi nasional dari psikologi kepolisian dibentuk pada tahun 1984.

Sepanjang awal tahun 1970-an, literatur kepolisian sering meliputi referensi kebutuhan akan jasa psikologi untuk petugas kepolisian:

Tidak ada yang harus ditakuti untuk menemukan bahwa seorang petugas penegak hukum memiliki berbagai emosi, perasaan, prasangka, dan semacamnya. Satu-satunya yang harus ditakuti adalah tidak mengetahui bahwa dia bukanlah manusia super. Dia harus mengetahui siapa dirinya agar dapat bertahan. Dalam memahami dirinya, dia akan mampu untuk mengatasi tugas yang ada di tangan dan memberikan masyarakat semacam penegak hukum yang kita semua bicarakan tetapi sangat sulit untuk diimplementasikan. (Kreins, 1974)

Beberapa penulis lain mencatat banyak faktor lain yang ditekankan dalam kerja polisi (Blanch, 1977; Cruse dan Rubin, 1972; Hilgren dan Bond, 1975; Reiser, 1972, 1973, 1975, Straton, 1984), mereka mengakui bahwa nilai jasa psikologi dalam komunikasi antarpersonal, kesehatan mental, jasa penyerahan, dan ketergantungan pada bahan kimia. Tambahan lagi, pasangan juga membutuhkan jasa psikologi:

Untuk memperdalam moral dan efisiensi—dan benar-benar untuk alasan kemanusiaan—departemen kepolisian harus mengembangkan program dan mengetahui kebijakan dari pasangan para pekerja mereka. Pada masa yang akan datang, keuntungan pinggiran (fringe benefits) mungkin bahkan meliputi dukungan untuk jasa psikologi, seperti konsultasi perkawinan. (Rafky, 1974)

Kebutuhan akan jasa psikologi dalam berbagai wilayah seleksi petugas kepolisian dan pelatihan juga telah ditekankan:

Seleksi petugas kepolisian mungkin merupakan bagian kritis dari kegagahan penegak hukum. Prosedur penyeleksian yang buruk mungkin memiliki implikasi sampai beberapa tahun yang akan datang. Seleksi merupakan keputusan yang terlalu penting untuk dibuat dengan sembrono. (McCreedy, 1974)

Psikologi harus menjadi bagian integral dari setiap kursus pelatihan kepolisian, tidak hanya untuk berurusan dengan yang lain dalam situasi krisis, tetapi juga untuk membantu para polisi berurusan dengan masalah pribadi mereka (Blanch, 1977).

Police Psychological Services Units telah menjadi jawaban populer yang semakin meningkat di berbagai masalah ini. Berbagai efek dari operasi kepolisian telah dihasilkan. Dengan segera PSUs meluaskan tanggungjawabnya di luar konsultasi polisi. Di Houston, sebagai contohnya, insiden negosiasi sandera secara berturut-turut diatasi tanpa ada yang terluka dengan bantuan PSU—dibedakan dengan kekerasan yang sering terjadi sebelumnya. Di Tucson, ahli jiwa dapat meminta transfer para polisi dengan tanpa pertanyaan. Dalam kebanyakan yurisdiksi dengan unit jasa psikologi, semua polisi yang menggunakan kekuatan mematikan sekarang harus melihat ahli jiwa untuk menilai dan atau berkonsultasi.

Sebagaimana digambarkan dalam Tabel 1, unit jasa psikologi memberikan spektrum jasa yang luas. Beberapa dari unit yang masih ada memberikan kebanyakan atau semua macam aktivitas ini, sedangkan yang lain lebih membatasi dari dalam bidang jasa.
Berbagai pokok yang harus diperhatikan:

• Permintaan untuk psikolog kepolisian sangat luas dan membentang melintasi wilayah fungsional. Tanpa kecuali, waktu kerja setiap psikolog PSUs disumbangkan secara berlebihan.
• Tidak semua PSUs kepolisian memiliki sumber daya untuk melakukan semua fungsi potensial yang berbeda.
• Banyak departemen yang lebih besar dengan PSUs secara rutin didekati oleh yurisdiksi tetangga untuk membantu dalam menghadapi masalah tingkah laku yang kritis.
• Psikolog kepolisian tidak dapat dikategorikan dalam tipologi sederhana; dia adalah seorang konselor, pelatih, investigator, konsultan, staf humas, dan administrator.

Police Psichological Services Units merupakan inovasi terkini, dan seperti banyak program inovatif lainnya, variasi yang luas telah dikembangkan dalam berbagai fungsi dan manajemen. Ini sangat penting diperhatikan, unit tersebut didirikan untuk satu tujuan; a.l. konsultasi polisi dan keluarga mereka, dengan cepat telah mempengaruhi semua aspek operasi kepolisian.
Larry T. Hoover

* Penjual Berlian Diberi Cokelat, Pingsan, Berlian Raib

22-12-2009 07:46 WIB
PUSKOMINFO - Kukuh Pringgo Jaya, 30 th, menjadi korban pencurian saat transaksi jual beli berlian di La Fontaine Grand Hyatt Jakarta Pusat, Senin (21/12/2009) pukul 19.00 WIB. Berlian senilai Rp. 2,250 miliar miliknya raib dibawa kabur pelaku.

Awal mulanya, korban dan pelaku mengadakan pertemuan untuk bertransaski berlian. Sebelum transaski dimulai, korban diberi cokelat oleh pelaku. Usai makan cokelat, korban pusing-pusing dan tak sadarkan diri.

Saat korban tersadar, pelaku dan berlian miliknya telah hilang.

Kejadian tersebut selanjutnya dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

* Kejadian 22 Desember 2009

22-12-2009 07:36 WIB
PUSKOMINFO - Kebakaran terjadi di Istana Martabak Jl. Raya Pondok Gede Rt. 005/012 No. 24 Lubang Buaya Jakarta Timur, Senin (21/12/2009) sekira pukul 20.30 WIB.

Menurut keterangan saksi-saksi, Alih Bin Sumah, 23 th, dan Wahyu, 21 th, kebakaran tersebut diduga dari tabung gas yang bocor dan menyambar kompor gas sehingga api membesar menghanguskan kios martabak tersebut.

Api berhasil dipadamkan dengan bantuan 15 unit mobil Pemadam Kebakaran sekira pukul 21.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kini kasus dalam penyelidikan Polsek Metro Cipayung Polres Metro Jakarta Timur.

21 Desember 2009

* Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Utara Sita 90 Kg Ganja Asal Aceh

21-12-2009 14:02 WIB
PUSKOMINFO – Ganja seberat 90 kg asal Aceh disita Aparat Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Utara, Minggu (20/12/2009). Seorang tersangka, Ra bin Daud, 30 th, ditangkap di rumah kosnya di Jl. Lontar II Tugu Utara Koja Jakarta Utara.

Saat dilakukan penggerebekan, petugas menemukan ganja kering senilai ratusan juta rupiah yang dikemas dalam lakban coklat disimpan di lemari pakaian tersangka.

‘Kami menemukan 90 kg ganja senilai Rp225 juta,’ ujar Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol. Rudi Sufahriadi yang didampingi Kasat Narkoba Kompol Suparmo.

Kepada petugas, tersangka mengaku sudah enam bulan menjadi Bandar ganja . Ganja-ganja itu diperoleh dari Aceh yang dikirim setiap minggu sekali. ‘Saya beli satu kilonya Rp. 2,5 juta, dan keuntungan yang saya dapat cukup lumayan”, aku tersangka.

* KEJADIAN 21 DESEMBER 2009

1. PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN R4
Tanggal : 20 Desember 2009 jam 08.00 WIB.
TKP : JL. Berlian Raya RT017/002 NO. 184 Sumur Batu Kemayoran Jakpus.
Korban : Fernando Hasudungan, 22 tahun, AL: Komp. Bea dan Cukai No. 13 Lubuk Baja Kota Batam.
Pelaku : Lidik.
Saksi : Agusta Ginka, 21 tahun.
Kronologis : Pelaku mengambil KR R4 milik korban yang diparkir di TKP dalam keadaan terkunci dan alarm, diduga pelaku menggunakan kunci palsu.
Kerugian : 1 unit KR R4 Toyota Avanza, tahun 2009, warna silver metalik, Nopol: B 1304 PFN, AN. Sempat Mbr Tarigan.
Ditangani : Sektro Kemayoran.

2. PENEMUAN MAYAT
Tanggal : 20 Desember 2009 jam 04.30 WIB.
TKP : Taman Sentra Primer RT05/08 Pulogebang Cakung Jaktim.
Korban : Mrs X, 25 tahun.
Saksi : Tusiyah, 43 tahun, AL. JL. Sentra Primer No. 61 RT07/08 Pulogebang Cakung.
Kronologis : Korban ditemukan MD di TKP dalam keadaan memakai baju lengan pendek, celana panjang hitam ketat dan sandal jepit. Di tubuh korban ditemukan luka tusukan pada perut sebelah kiri dan tusukan dipinggang kanan dengan pisau tanpa gagang masih tertancap dan tangan kanan korban lecet. Korban MD diduga karena dianiaya oleh pelaku tidak kenal. Selanjutnya korban dibawa ke RSCM untuk verifikasi.
Ditangani : Sektro Cakung.
Saksi :

20 Desember 2009

* Police Budgeting (Penganggaran Kepolisian)

Dalam arti yang paling umum, penganggaran kepolisian hanyalah bentuk perwakilan khusus dari penganggaran administrasi publik, dan perkembangannya sesuai dengan perkembangan anggaran di segenap sektor publik. Satu-satunya cara penganggaran kepolisian dapat dibedakan dengan jelas dari penganggaran publik lainnya adalah dalam materi programatik yang dibutuhkan untuk mendukung tuntutan anggaran dalam bentuk penganggaran yang paling baru—Planning Program Budgeting Systems (PPBS) dan Zero-Based Budgeting (ZBB).

Sejarah asal-mula penganggaran modern adalah proses pelaksanaan kumulatif hasil dari kemunculan berturutan atau “penemuan” masalah manajemen fiskal dan solusi terhadap masalah itu. Ketika setiap masalah teridentifikasi dengan jelas dan dipecahkan dengan pendekatan baru pada manajemen dana publik, teknik lama pada umunya diserap dan dilanjutkan dalam teknik dan format baru. Deskripsi kejadian dan konsep berikut terletak pada pandangan terhadap sistem penganggaran publik yang kumulatif dan diperoleh secara evolusioner.

Major Periods of Budgetary Development (Periode Utama Perkembangan Anggaran)
Allen Schnik telah mengidentifikasi tiga periode reformasi penganggaran, yang disebut sesuai dengan tujuan utama reformasi atau masalah yang mengarah pada reformasi (Schick, 1982).

The Pre-Reform Spoils Era (Era Memanjakan sebelum Reformasi)
Kendatipun pemerintah daerah, negara bagian, dan pemerintah federal telah menarik pajak dan memperluas sumber pajak sejak masa revolusi, penganggaran seperti yang kita pahami sekarang tidak dipraktikkan hingga awal abad ke-20. Sebelum itu, penarikan dan pengunaan dana publik hampir seperti praktik ad hoc, dengan hanya sedikit perhatian diberikan bagi akuntansi dana, baik pada saat pengumpulan maupun pembelanjaan.

Kurangnya kontrol memungkinkan kelalaian dan lebih dari sekadar ketidakjujuran dalam penanganan dana publik di semua jajaran pemerintahan. Penyalahgunaan fiskal (dan nepotisme) selama pemerintahan Presiden Grant menaikkan upaya reformasi besar dalam era Rekonstruksi, tetapi baru pada tahun 1906 reformasi anggaran menjadi kekuatan serius dalam administrasi publik.

Reform for Control (Reformasi untuk Kontrol)
New York City merupakan kota pertama yang menetapkan anggaran consolidated line-item budget, menyusul dibentuknya New York Bureau of Municipal Research pada tahun 1906. Presiden Taft menunjuk Commission on Economy and Efficiency pada tahun 1909 untuk mendorong Kongres mensahkan Budget and Accounting Act pada tahun 1921. Anggaran federal pertama yang terkonsolidasi direalisasikan segera setelah itu. Line-item budget awalnya dirancang untuk membangun pengawasan terhadap dana publik—untuk meminta akuntabilitas dana publik dari penarikan hingga pembelanjaan.

Meskipun pengawasan difokuskan pada masalah integritas, ada juga usaha peningkatan untuk memastikan bahwa dana itu digunakan oleh pegawai yang tepat untuk tujuan yang diharapkan. Kategori pembelanjaan dari personalia, peralatan, suplai, pelayanan kontrak, dan pembelanjaan modal dirancang pada waktu ini untuk tujuan pengawasan.

Periode awal reformasi anggaran ini berkembang dari sekitar tahun 1910 hingga pertengahan tahun ‘30-an. Line-item budget berasal dari periode ini, dan keterampilan akuntan sangat dibutuhkan untuk mendukung sistem yang baru.

Reform for Management (Reformasi bagi Manajemen)
Selama tiga dekade sejak tahun 1930, administrasi publik berkembang dengan penemuan, perkembangan, dan pemurnian teknik manajemen. Penekanannya dilakukan terhadap efisiensi, dan format anggaran utama yang muncul, atas perimntah Hoover Commission pada tahun 1949, adalah performance budget. Penekanan kontrol dari era sebelumnya dilanjutkan dan diserap ke dalam modus baru penganggaran, yang mengharuskan administrator untuk menyampaikan dokumentasi anggaran yang menunjukkan unsur pragmatik yang efisien, sebagai tambahan dari kontrol line-item dari era sebelumnya.

Reform for Planning (Reformasi Perencanaan)
Teori sistem disumbangkan untuk perkembangan konsep administratif dalam sektor bisnis dan publik setelah Perang Dunia II. Pada tahun 1954, Rand Corporation mempresentasikan penganggaran program untuk Departemen Pertahanan AS dan Comptroller Dephan Charles Hitch menetapkan Planning, Programming, Budgeting System (PPBS) pada tahun 1961.

Meskipun sistem baru ini meliputi persyaratan pengawasan dan manajemen, sistem ini menekankan pernyataan yang jelas mengenai tujuan dan harapan institusi terhadap hasilnya, semua dapat diukur sebagai input dan output. Di samping itu, juga diperlukan analisis cost-benefit dari pendekatan alternatif untuk pencapaian tujuan institusi.

Presiden Lyndon Johnson menyamaratakan PPBS pada sebagian besar departemen pemerintah federal, dan sistem baru tersebut segera menyebar ke beberapa negara bagian dan pemerintah daerah yang progresif.

Zero-Based Budgeting (ZBB) berasal dari Texas Instruments oleh Peter Phyrr dan diperkenalkan pada pemerintah negara bagian Georgia dan kemudian pemerintah federal oleh Jimmy Carter. ZBB berasal dari PPBS, tetapi telah dikembangkan dan menekankan latar tujuan, perencanaan terinci, dan pada dasarnya menempatkan semua unsur program badan berkompetisi satu sama lain untuk pendanaan dengan dasar kontribusi komparatif mereka terhadap tujuan institusi itu.

PPBS dan ZBB dikatakan meningkatkan visibilitas operasi institusi, dan level debat politik atas alokasi sumber daya fiskal.

State-of-the-Art Budgeting and Current Police Practices (Penganggaran Modern dan Praktik Polisi Masa Kini)
Dalam banyak aspek badan kepolisian dituntut untuk menggunakan format penganggaran apa pun yang telah diadopsi oleh pemerintah kota, county, atau negara bagian di mana badan kepolisian menjadi bagiannya. Sesuai dengan inisiatif pemerintah federal pada awal tahun ‘60-an, beberapa negara bagian, county, dan kota yang lebih progresif, besar dan kecil, mengadopsi berbagai bentuk PPBS yang kerap menggunakan nama lokal untuk pendekatan baru itu.

Karena hal ini semakin sering terjadi, administrator kepolisian dalam yurisdiksi itu diharuskan untuk mengambil keputusan strategis bagi tujuan departemen mereka, untuk mengukur tujuan tersebut dalam format multitahun, dan untuk mengaitkan pembelanjaan yang diusulkan pada tingkat harapan untuk pencapaian tujuan (misalnya, rencana patroli akan menentukan reduksi persentil dalam perampokan dalam bisnis untuk siklus anggaran berikutnya, jika didanai pada tingkat yang diminta; unit penyelidikan baru, clearance rate khusus untuk pelanggaran yang ada; satuan penegakan di jalan raya, reduksi jumlah kecelakaan fatal). Praktik baru ini ternyata sulit, makan waktu, dan mahal dalam hal analisis dan persyaratan datanya.

Ketika kepolisian daerah itu memperoleh pengalaman dengan penganggaran programatik, mereka membangun database yang dibutuhkan dan beradaptasi dengan persyaratan data dan kerja administratif yang lebih besar dari sistem. Namun, segera ZBB mengambil alih PPBS dan dipandang banyak pihak lebih berguna daripada PPBS, dan juga tidak makan biaya lagi untuk melaksanakannya.

Banyak pemerintah negara bagian dan daerah mengadopsi hanya beberapa unsur PPBS atau ZBB, untuk menghindari persyaratan analitis yang membosankan, dan dengan demikian menghasilkan hibrid antara line-item dan teknik penganggaran programatik dalam berbagai nama lokalnya. Beberapa kepala kepolisian dan sheriff yang modern mengadopsi teknik analitis yang dikaitkan dengan PPBS dan ZZB walaupun pemerintah lokal tidak mampu mengadopsi sistem penganggaran yang maju dalam yurisdiksi mereka. Dalam hal ini harus dikemukakan bahwa keuntungan untuk lembaga terdiri atas perbaikan internal dalam kualitas administratif, bukannya perbaikan praktik penganggaran yurisdiksi.

Meskipun adaptasi sistem PBBS dan ZBB oleh banyak pemerintah lokal modern, baik besar maupun kecil, sudah berlangsung hampir tiga dekade, namun ada indikasi bahwa sebagian besar dari 17.000 polisi daerah dan departemen sheriff tetap menggunakan sistem penganggaran line-item yang sesuai dengan yang dilakukan pemerintah lokal.

Singkatnya, penganggaran kepolisian di AS merupakan bauran semua pendekatan, metode, dan teknik konseptual yang dirancang sejak pendirian negara, dengan sejumlah besar pemerintah daerah tetap menekankan pengawasan terhadap dana publik di atas perhatian terbaru pada manajemen dan perencanaan. Diharapkan bahwa konsep penganggaran terkini akan melanjutkan penyebarannya kedalam beratus badan penegak hukum daerah di AS.
Victor G. Stretcher

* KEJADIAN 20 DESEMBER 2009

1. MENINGGAL DUNIA KARENA GANTUNG DIRI
Tanggal : 19 Desember 2009 jam 08.15 WIB
TKP : JL. KH Zainal Arifin No 7 RT03/14 Kel. Tanah Sereal Kec. Tambora Jakbar.
Korban : Tumin, 23 tahun, Buruh, AL: TKP.
Kronologis : Korban gantung diri di TKP dengan menggunakan tambang plastik, tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan ditubuh korban, selanjutnya korban dibawa ke RSCM untuk verifikasi.
BB : Tambang plastik.
Ditangani : Sektro Tambora.

2. PENCURIAN DENGAN KEKERASAN
Tanggal : 19 Desember 2009 jam 06.15 WIB.
TKP : JL. TWI BKP RT02/04 Cipinang Muara Jaktim.
Korban : Nur H. Lenawati, 50 tahun, PNS, AL: JL. Kincir IV No. 10 Kel. Jati Rawamangun Jaktim.
Pelaku : Lidik.
Kronologis : Saat korban sedang berjalan di TKP setelah mengambil uang yang disimpan dalam tas tangan. Tiba-tiba pelaku merampas tas tersebut, sehingga korban mengalami kerugian sebesar Rp 35.000.000.
Ditangani : Sektro Jatinegara.

* Lokasi SIM Dan STNK

PUSKOMINFO - Ingin mengurus SIM dan STNK dengan mudah? Lihat jadwal SIM dan STNK Keliling, Sabtu, 20 Desember 2009 berdasarkan informasi Traffic Managemen Centrel (TMC) Ditlantas Polda Metro Jaya berikut ini :

WILAYAH LOKASI
JAKARTA UTARA SIM : Depan Mega Mall Pluit
JAKARTA BARAT SIM : LTC Glodok
JAKARTA TIMUR SIM : Taman Mini Indonesia Indah (Depan Padepokan Pencak Silat)

Pelayanan SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan Sim C. Jika masa masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa diperpanjang di layanan SIM Keliling. Pengendara harus ke Satpas SIM di Jalan Daan Mogot KM 11 Cengkareng.

Pelayanan STNK Keliling juga hanya untuk memperpanjang STNK setiap tahun. Bukan pengesahan atau habis masa pengesahan STNK 5 tahun atau perubahan kendaraan yang lainnya.

* Agar Liburan Keluarga Aman dan Menyenangkan

Liburan hari besar keagamaan atau libur pada hari kejepit nasional ini bukan cuma milik mereka yang merayakannya. Banyak yang memanfaatkan hari istimewa ini dengan pergi rekreasi bersama keluarga.

Berikut ini sejumlah saran dari berbagai sumber yang bisa Anda jadikan pedoman agar liburan keluarga berlangsung nyaman dan aman.

Pertama, sebelum membawa keluarga ke tempat berlibur yang dituju, sebaiknya mempertimbangkan jarak tempuh. Kalau membawa keluarga untuk pulang hari, suatu perjalanan sebaiknya ditempuh tidak lebih dari lima jam. Seandainya lebih dari lima jam, usahakan menginap dalam perjalanan.

Kedua, pilihlah obyek wisata berdasarkan keputusan bersama. Jangan hanya dilakukan secara sepihak. Biasakan bersikap demokratis dalam menetapkan pilihan tempat berlibur dengan anak-anak.

Ketiga, buatlah daftar tempat wisata yang sudah dan belum dikunjungi. Selanjutnya didiskusikan bersama seluruh anggota keluarga. Membiarkan anak turut menentukan obyek mana yang ingin dikunjungi akan sangat baik, karena itu berarti menanamkan rasa tanggung jawab kepada anak, terutama agar mampu menjaga diri sendiri selama berlibur.

Keempat, menyiapkan segala kebutuhan, misalnya pakaian yang sesuai kondisi cuaca daerah yang dituju, juga obat-obatan, antara lain obat penurun panas, sakit perut, vitamin, dan perlengkapan P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan). Misalnya anak memiliki gangguan kesehatan tertentu, jangan lupa membawa obat menurut resep dokter.

Kelima, jangan lupa membawa tanda pengenal dan mainan kesayangan atau buku cerita. Selain itu, bawalah makanan dan minuman ringan sebagai persediaan selama dalam perjalanan. Selamat berlibur.

Antisipasi
Selain tips di atas, bila ternyata liburan memakan waktu lebih lama, maka memerlukan persiapan yang lebih matang. Biasanya, tak ada yang lebih menegangkan sekaligus menantang dibandingkan 24 jam pertama saat memulai liburan panjang bersama keluarga. Semua terasa membingungkan, menyenangkan, menakutkan, dan kadang membahayakan. Liburan di sebuah tempat, apalagi yang belum pernah dikunjungi, sama dengan petualangan yang menantang. Nah, agar semuanya berjalan dengan mulus, bisa dilakukan sejumlah persiapan berikut.

Mengantisipasi kesehatan dari perubahan cuaca sangat penting. Walaupun tujuannya ke daerah tropis, di mana suhu udara serta cuaca dapat diramalkan dengan langit yang cerah, sebaiknya tetap bawa jaket yang siap pakai. Siapkan payung, jaket, jas hujan, terutama untuk si kecil.

Langkah berikut mengantisipasi hal yang tak terduga. Biasanya untuk hari pertama, apalagi bila bepergian tanpa tur dan belum kenal betul daerah tujuan, karena itu pilihlah hotel yang baik dan nyaman. Lupakan hotel murah. Tidak seperti semasa masih lajang, liburan bersama keluarga bukanlah waktu yang tepat untuk tiba di suatu tempat tanpa memesan kamar hotel terlebih dahulu. Kecuali Anda telah mengenal lokasi tujuan liburan.

Untuk daerah yang baru pertama kali dikunjungi, sulit untuk mengetahui seperti apa atau berapa besar pengeluaran yang akan Anda habiskan. Tapi jangan khawatir, selalu ada tempat untuk menginap ke mana pun Anda pergi. Jangan ragu-ragu membayar mahal di malam pertama, karena setelah itu Anda bisa pindah ke hotel lain yang lebih murah untuk malam berikutnya.

Jangan lupa pula membawa makanan kegemaran anak. Di malam pertama kedatangan, pergilah ke restoran yang nyaman. Bila anak tidak cocok dengan makanan di restoran setempat, tidak perlu khawatir, karena telah membawa makanan kegemaran anak yang sudah disiapkan dari rumah. Anda dapat membawa biskuit, sereal, roti, dan buah-buahan.

Untuk berjaga-jaga siapa tahu tidak dapat menemukan satu toko pun di 24 jam pertama kedatangan di kota tersebut, bawa perlengkapan yang memang pasti diperlukan. Misalnya, obat-obatan anak, karena Anda belum tahu persis di mana apotik berada.

Sesudah melewati perjalanan yang melelahkan dan menegangkan, yang diperlukan anak-anak adalah bersenang-senang. Sambil membiarkan mereka bermain, Anda dapat duduk di kafe dekat mereka bermain sambil membaca buku. Anak pun akan melupakan rasa lelah perjalanan dan dengan bermain, mereka akan merasakan perasaan yang positif.

19 Desember 2009

*Pengalihan Arus Lalu Lintas dalam rangka Festival Kemang

Pengalihan Arus Lalu Lintas dalam rangka Festival Kemang pada hari Sabtu & Minggu 19-20 Desember 2009

Dalam rangka kegiatan tahunan Festival Kemang di Jl. Kemang Raya. Akan diadakan penutupan jalan sepanjang +/- 1 Kilo meter yang dilaksanakan mulai dari Hari Sabtu 19 Desember 2009 jam 00.00 Wib sampai dengan Minggu 20 Desember jam 24.00 Wib.

Adapun ruas jalan yang ditutup mulai dari perempatan depan Restoran siap saji Mc Donald sampai dengan Pertigaan Jl. Kemang Selatan 8 (depan Papillon / Pom Bensin).

Pengaturan arus Lalu Lintas di sekitar Kawasan Kemang diberlakukan sebagai berikut:
A. Arus lalu lintas dari arah Jl. Bangka Raya menuju Jl. Ampera Raya di belokkan ke kanan melalui Jl. Kemang 1 - Jl. Prapanca Raya - Jl. Pangeran Antasari - Jl. Pelita - Jl. Kemang Raya.

B. Arus lalu lintas dari arah Jl. Bangka Raya menuju Jl. Ampera Raya di belokkan ke kiri melalui Jl. Kemang Utara - Jl. Kemang Timur - Plasa City View - Jl. Kemang Selatan.

C. Arus lalu lintas dari arah Jl. Ampera menuju Blok M, Jl.Jeruk Purut - Jl. raya pangeran Antasari - Jl.Prapanca Raya.

D. Arus lalu lintas dari arah Blok M nmenuju Cilandak Melalui Jl. Kemang Utara - Jl. Kemang Timur - Jl. Ampera Raya.

E. Arus lalu lintas dari arah Blok M menuju Cilandak Melalui Jl. Prapanca Raya - Jl. P Antasari - Puri Mutiara - Jl.Benda - Jl. Madrasah - Jl. Ampera Raya

*Toyota Vios Terbakar di Tol Wiyoto Wiyono

Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di tol Wiyoto Wiyono Km 15.200, kali ini kendaraan toyota vios terbakar. Sabtu (19/12) pukul 04.40 Wib.

Berdasarkan informasi yang diberikan Aiptu Sriyoko, petugas operator TMC. Dit Lantas Polda Metro Jaya. Kendaraan toyota vios yang terbakar bernopol B 474 LH, kronologis kejadian. kendaraan toyota vios, mengalami ganguan mesin kemudian pengemudi meminggirkan kendaraannya ke bahu jalan, namun ketika hendak membuka kap mesin kendaraan. Dari dalam kap mesin mengeluarkan api yang menyebabkan kendaraan tersebut terbakar.

“Beruntung dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa”, ujar Yoko.

Hingga berita ini diturunkan, kendaraan toyota vios yang terbakar telah berhasil dipadamkan. Pemadaman menggunakan kendaraan penyiram tanaman milik Jasa Marga, saat ini Petugas PJR dengan nomor punggung kendaraan 924 dan 926 telah berada di lokasi kejadian, untuk mengamankan kendaraan serta melakukan pengaturan arus lalu lintas. Saat ini toyota vios yang terbakar telah dievakuasi ke Unit Laka Jakut.(tmc)

17 Desember 2009

* Selama Sepekan, Polres Metro Jakarta Selatan Amankan 11 Kendaraan Hasil Curanmor

17-12-2009 15:10 WIB
PUSKOMINFO - Sebanyak 11 unit kendaraan bermotor diamankan Polres Metro Jakarta Selatan. Semuanya adalah barang bukti hasil tangkapan selama sepekan terakhir.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Drs. Gatot Eddy Pramono, Kamis 17 Desember 2009, kepada wartawan mengatakan selama sepekan terakhir jumlah secara keseluruhan hasil pengungkapan kasus pencurian sepeda motor di wilayah Cilandak, Tebet, dan Kebayoran Baru mencapai 11 unit kendaraan bermotor yang terdiri dari lima mobil dan tujuh sepeda motor.

“Kebayoran Baru menjadi wilayah paling rawan pencurian kendaraan bermotor di Jakarta Selatan. Setiap pekan terjadi lima kasus pencurian di daerah ini”, ungkap Gatot.

Dari hasil pengungkapan kasus selama sepekan, Polisi menangkap 13 orang yang diduga kuat menjadi pelaku pencurian. Dan satu orang lagi masih diburu.

Modus operandi yang dilakukan pelaku yakni dengan cara mengambil kunci terlebih dulu di dalam rumah setelah itu menggasak kendaraan. Sedangkan untuk mencuri sepeda motor mereka melakukan dengan cara menggunakan kunci T.

Kapolres menghimbau kepada warga masyarakat untuk waspada terhadap pencurian kendaraan di wilayah masing-masing. “Untuk lebih aman gunakan kunci ganda," katanya.

* Tips Merawat Komputer

beberapa tips untuk melakukan perawatan komputer….so lets cek it now

1. Bersihkan motherboard & periferal lain(hardware) dari debu secara berkala. Untuk membersihkannya dapat kiga gunakan kuas halus ukuran kecil dan sedang. Setidaknya dua bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.

2. Uninstall program yang tidak berguna. Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak. Biasanya akan muncul warning juga space hardisk kita sudah penuh. System operasi windows sudah mendukung akan hal yang seperti ini

3. Bersihkan Recycle Bin secara rutin. Sebenarnya file/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin, namun ada beberapa jenis setingan yang bisa kita gunakan antara lain memberikan peringatan saat menghapus, hapus lalu simpan di tempat sementara atau hapus permanen. Untuk setingan yang hapus lalu disimpan ditempat penampungan ini dengan maksud agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lelet. Caranya jalankan Windows Explorer >> klik Recycle Bin >> klik File >> klik Empty Recyle Bin. Atau Anda dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start >> Program >> Accessories >> System Tool >> Disk Cleanup >> kemudian pilih drive yg mau dibersihkan >> setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yg lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah klik OK.

4. Install program antivirus dan update secara berkala. Untuk dapat mengenali virus/trojan2 baru sebaiknya update program antivirus secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar di komputer dapat membuat Anda menginstall ulang komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk Anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang. Ada baiknya kita menonaktifakan sistem restore yaitu dengan cara klik kanan My Computer >> pilih System Restore >> lalu beri tanda centang pada cek box dengan keretangan Turn off System Restore on all drive

5. Tutup / close program yg tidak berguna Setiap program yg diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) juga beban kerja menjadi lebih berat yg akhirnya dapat memperpendek umur komponen/komputer

6. Defrag harddisk secara berkala. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk DefragmenterSaat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini. Untuk cara ini dianjurkan tidak terlalu sering,mengapa….? Defrag adalah proses pengaturan file pada hardisk. Untuk mengaturnya agar berada pada posisi track yang berdekatan maka dilakukan gesekan untuk memindahkan. Defrag yang terlalu sering akan menyebabkan kondisi piringan hardisk cepat rusak karena seringanya proses pengikisan hardisk.

7. Ventilasi yang cukup Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen komputer / rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tsb. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan. Akan lebih baik lagi jika menggunakan AC, hmm tambah dingin

8. Jangan meletakkan Speacker Active terlalu dekat dengan monitorKarena medan magnet yang ada pada speacker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang.

9. Pasang kabel ground. Apabila casing komputer nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yg “nyasar” sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.(diambil dari berbagai sumber)

* LOKASI SIM DAN STNK KELILING

PUSKOMINFO - Ingin mengurus SIM dan STNK dengan mudah? Lihat jadwal SIM dan STNK Keliling, Kamis, 17 Desember 2009 berdasarkan informasi Traffic Managemen Centrel (TMC) Ditlantas Polda Metro Jaya berikut ini :

WILAYAH LOKASI
JAKARTA SELATAN SIM dan SAMSAT Keliling di Pasar Raya Manggarai
JAKARTA PUSAT SIM Tidak beroperasi STNK : Pelni Gajah Mada,STNK
JAKARTA TIMUR SIM : Show Room Honda Dewi Sartika STNK : Makro Pasar Rebo
JAKARTA UTARA SIM : MM Pluit STNK : Pospol BPL Pluit Jembatan Tiga
JAKARTA BARAT SIM Keliling di Ruko Cofilas Jl. Raya Joglo dan SAMSAT Keliling di Carefour Puri Indah Kembangan

Pelayanan SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan Sim C. Jika masa masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa diperpanjang di layanan SIM Keliling. Pengendara harus ke Satpas SIM di Jalan Daan Mogot KM 11 Cengkareng.

Pelayanan STNK Keliling juga hanya untuk memperpanjang STNK setiap tahun. Bukan pengesahan atau habis masa pengesahan STNK 5 tahun atau perubahan kendaraan yang lainnya.