20 April 2011

Polda Metro Jaya Sediakan Loket Pajak Kendaraan Secara Online

Rabu, 20 April 2011 16:34 WIB
PUSKOMINFO - Pengendara motor dan mobil yang berada di luar wilayah DKI Jakarta tidak perlu repot untuk mengurusi pembayaran pajak kendaraan maupun perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan. Pasalnya, kini Polda Metro Jaya menyediakan sistem Samsat online atau inovasi pelayanan "loket online 3 provinsi" yang meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Sistem Samsat Online ini akan memudahkan pengendara untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDLLJ), perpanjangan STNK tahunan, yang tergabung dalam 3 wilayah untuk Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi.

Sistem online ini bekerjasama dengan Dispenda DKI Jakarta, Dispenda Jawa Barat dan Dinas Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPKAD) Banten serta Jasa Raharja untuk membuat terobosan dengan cara menyelenggarakan sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor online 3 provinsi khususnya wilayah Jadetabek.

Tujuan loket online 3 provinsi adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik yang di emban Polri. percepatan pelayanan kepada masyarakat selaku pemilik kendaraan bermotor agar benar-benar merasa mendapat pelayanan samsat dengan mudah, cepat, dan baik.

Selain itu, layanan ini bertujuan dalam rangka turut mendukung program otonomi daerah provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat dan provinsi Banten khususnya kebijakan peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) melalui peningkatan pelayanan dan pungutan pajak kendaraan bermotor di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Bagi masyarakat yang kendaraannya terdaftar di Samsat wilayah DKI Jakarta seperti Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara dapat diproses di samsat BSD, samsat Cinere dan Cikokol.

Sementara samsat wilayah Banten seperti BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, Balaraja dapat diproses samsat Jaksel dan samsat Cinere.

Samsat wilayah Jawa Barat, seperti Depok Cinere Bekasi dapat diproses di samsat Jaksel, samsat BSD dan Samsat Cikokol.

4 komentar:

  1. pajak????
    lahan korupsi.
    syarat wajib pajak,selalu di persulit.
    "bisa di bantu!!!" kata oknum pajak!!
    mau bayar aja susah,apalagi ndak mau bayar??
    "APA KATA DUNIA"??????

    BalasHapus
  2. kalau bayar pajak mobil tanpa bawa bpkb dan ktp asli bisa apa tidak ?
    tks

    BalasHapus
  3. kalah sama jawa timur, sdh ada e-samsat. bayar pkb tinggal nongkrong di dpn laptop, ga perlu datang ke samsat. aman dr korupsi.

    BalasHapus