03 September 2011

Polisi Gerebek Rumah Penampungan TKI Ilegal di Duren Sawit

Sabtu, 3 September 2011 13:11 WIB
PUSKOMINFO - Sebuah tempat penampungan calon tenaga kerja wanita (TKW) illegal di Komplek Bina Marga I, Duren Sawit, Jakarta Timur, di dobrak polisi, Sabtu (3/9/2011) dinihari. Di rumah tersebut terdapat 38 TKW yang disekap dalam sebuah kamar yang tidak layak.

Penggerebekan ini dilakukan petugas menyusul adanya laporan dari masyarakat bahwa banyak calon TKW yang disekap di dalam rumah mewah berpagar hitam tersebut.

Petugas terpaksa mendobrak penampungan TKW itu lantaran pemilik dan penghuni tidak membuka pagar dan pintu, meskipun sudah dipanggil melalui pengeras suara.

"Kita bergerak karena laporan masyarakat. Bahkan saat dipanggil nggak dibuka," ungkap Kapolsek Metro Duren Sawit, Kompol Titik Setiowati.

Dari tempat tersebut, polisi menemukan 38 TKW ilegal yang disekap dan terkunci dalam sebuah kamar yang tidak layak huni.

Para calon TKW ini mengaku dijanjikan akan dikirim ke Abu Dhabi sebagai pembantu rumah tangga. Namun sudah tiga bulan berada di lokasi tersebut belum juga diberangkatkan.

Pengakuan para calon TKW, dirinya kini bagai buah simalakama, karena untuk mengurungkan niatnya menjadi TKW dan pulang ke kampung halaman, mereka diwajibkan membayar uang ganti sebesar Rp 3 juta.

Ironisnya kebanyakan calon TKW ini usianya sudah tidak lagi produktif. Tujuh di antaranya dibawa polisi untuk dimintai keterangan. Sementara sisanya masih berada di tempat penampungan ini.

Hingga kini, polisi masih menyelidiki kasus ini. Karena terindikasi adanya unsur perdagangan manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar