07 Desember 2011

Sekarang Perpanjang SIM & STNK Ada di Mall

Rabu, 7 Desember 2011 08:59 WIB
PUSKOMINFO - Masyarakat kini tidak perlu lagi mengantre di tempat terbuka di bawah teriknya panas matahari untuk memperpanjang surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK). Pasalnya, pelayanan itu kini sudah bisa ditemukan di mal-mal yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Salah satu gerai perpanjangan SIM dan STNK yang baru saja diresmikan Polda Metro Jaya adalah gerai di Blok M Square, Jakarta Selatan. Dalam acara peresmian itu, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal (Pol) Untung Suharsono Rajab mengatakan, gerai SIM dan STNK di mal ini dibuat untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat.

"Masyarakat kapan saja bisa memperpanjang SIM dan STNK, tidak harus ke kantor polisi, kecuali ada proses-proses yang harus didahului yang bisa dilakukan di kantor polisi," ujar Untung, Selasa (6/12/2011) di Blok M Square, Jakarta.

Selain untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat, pembuatan gerai SIM dan STNK di mal ini juga untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pajak. "Dengan semakin dekat, masyarakat diharapkan bisa lebih taat membayar pajak," papar Kapolda.

Sementara itu, Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas menerangkan bahwa cara memperpanjang SIM atau STNK di mal sama seperti di kantor Samsat atau di layanan perpanjang SIM/STNK keliling, yakni cukup dengan menunjukkan SIM yang lama, KTP, dan cek kesehatan.

"Sama persis dengan yang di mobil-mobil juga. Gerai ini diadakan juga untuk mempersempit ruang gerak percaloan," tandasnya.

Adapun Polda Metro Jaya sudah membuka gerai SIM dan STNK di beberapa mal. Berikut lokasi gerai SIM dan STNK yang ada di mal-mal Jakarta dan sekitarnya:

Gerai SIM dan STNK
  1. Mal Artha Gading lantai 1, Jalan Artha Gading Selatan, Jakarta Utara.
  2. Mal Taman Palm, Jalan Kamal Raya Outer Ring Road Cengkareng, Jakarta Barat.
  3. PGC (Pusat Grosir Cililitan), Jalan Mayjen Soetoyo No 76 lantai 7, Kramat Jati, Cililitan, Jakarta Timur.
  4. Blok M Square, Jalan Melawai Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
  5. Gandaria City.
Khusus STNK
  1. Depok Town Square, Jalan Margonda, Depok.
  2. Plaza Pondok Gede, Jalan Pondok Gede Plaza, Bekasi.
  3. Metropolitan Mall Tambun.

3 komentar:

  1. Untuk gerai sim, kapan kira-kira bisa di buka atau diadakan di kota bekasi pak ? trims

    BalasHapus
  2. tanya donk Pak,
    dari s/d jam berapa ya waktu pelayannya?
    hari sabtu minggu buka ga ya?

    semoga polisi semakin dekat di hati Rakyat Indonesia

    BalasHapus
  3. Pak tolong dipantau banyak gerai yang jam 11 sdh tidak terima pelanggan, masa mau bayar pajak sim aja susah terima kasih

    BalasHapus