30 April 2011

Besok Akan Digelar Pasukan Pengamanan KTT ASEAN Ke-18 di Monas

Sabtu, 30 April 2011 14:07 WIB
PUSKOMINFO - Besok, Minggu 1 Mei 2011, sedikitnya 8.000 personel gabungan TNI dan Polri serta Pemda akan melaksanakan Apel Kesiapan Pengamanan KTT ASEAN ke-18 Tahun 2011 di Lapangan Monas Jakarta. Direncanakan bertindak selaku Inspektur Upacara Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Komandan Upacara Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Sutarman.

Meski KTT ASEAN akan berlangsung tanggal 7 dan 8 Mei 2011 di JCC Senayan Jakarta, namun pengamanan telah dilakukan sejak tanggal 3 hingga 9 Mei 2011. Pengamanan dilakukan sejak kedatangan para peserta KTT, akomodasi, tempat pelaksanaan KTT hingga kepulangan peserta.

Beberapa Pejabat di lingkungan Dit lantas Polda Metro Jaya Dimutasi

Sabtu, 30 April 2011 13:58 WIB
PUSKOMINFO - Beberapa jabatan strategis di lingkungan Ditlantas Polda Metro Jaya terjadi pergantian. Jabatan tersebut diantaranya Kasi STNK, Kasi BPKB dan Kasi SIM.

Mutasi jabatan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) Kapolda Metro Jaya bernomor STR/794/IV/2011, tanggal 14 April 2011.

Jabatan Kasi SIM yang semula dijabat oleh Kompol Gatot Subroto, SH digantikan oleh Kompol Muhammad Arsal Sahban, SH, SIK, MM, MH, selanjutnya Kompol Gatot Subroto menjadi Kasi STNK yang sebelumnya dijabat oleh Kompol Iwan Saktiadi, SIK ,

Selanjutnya Kompol Iwan Saktiadi, SIK akan mengisi jabatan yang ditinggalkan oleh Kompol Indra Jafar sebagai Kasi BPKB .

Sementara itu Kompol Indra Jafar, SIK selanjutnya akan mendapat promosi kepangkatan menjadi Ajun komisaris Besar Polisi dijabatan barunya yaitu Koordinator Sekretaris Pimpinan (Koorsprim).

Tips Agar Bunga Potong Tetap Segar

Sabtu, 30 April 2011 13:50 WIB
PUSKOMINFO - Bagi anda penggemar bunga potong untuk hiasan, tips ini kiranya bermanfaat bagi anda. Sebab bunga potong tidak tahan lama, biasanya hanya mampu bertahan 1 - 2 hari saja. Berikut beberapa trik agar bunga potong lebih segar dan tahan lama:

1. Ketika Anda tertarik dengan bunga tertentu, perhatikan dulu pada bagian bawah batangnya lalu tekan dengan jari. Jika yang anda rasakan keras dan basah juga berarti bunga masih segar. Kalau berasa lembek, berair, dan berbau artinya bunga sudah berada di luar ruangan pendingin selama 24 jam. Usia bunga terlihat dari kekuatan batang. Kalau keras berarti masih baru. Pilihlah yang memiliki ujung batang bersih.

2. Pilih bunga yang masih dalam kondisi kuncup. Bunga mekar memiliki usia kesegaran yang tinggal sedikit, sementara yang kuncup akan lebih lama. Sesampainya di rumah, letakkan dalam vas, dan bunga kuncup perlahan akan mekar.

3. Sebaiknya ketika membeli, anda memilih bunga dalam keadaan mahota bunga masih tertutup cone kertas atau plastik, sehingga makhota terlindungi atau tidak mudah gugur.

4. Estimasikan waktu pembelian bunga, jika anda masih ingin membeli keperluan yang lain, sebaiknya membeli bunga segar pada pilihan terakhir. Semakin lama bunga berada di luar wadahnya, usia kesegaran semakin pendek. Kalau anda tak merasa repot, siapkah tempat berisi air sebagai antisipasi menjaga usia kesegaran bunga.

5. Siapkan vas atau wadah khusus untuk bunga segar. Hindari membersihkan wadah dengan sabun, karena sabun dapat mengubah sifat kimiawi air yang mempengaruhi kesegaran bunga. Lalu isilah air secukupnya

6. Sebelum memasukkan bunga, bersihkan batang lebih dulu. Buang lendir-lendir pada batang yang menempel, buang pula daun yang tampak layu. Yang terendam dalam air cukup batang saja, daun jangan sampai terendam. Karena proses pemasakan makanan melalui dedaunan menyisakan residu berupa karbondioksida. Residu dapat mencemari air sebagai bahan makanan tumbuhan.

7. Agar tahan lama, gantilah air dalam wadah setiap hari. Saat mengganti, periksa bagian batang bawah bunga, kalau menunjukkan tanda-tanda pembusukan potong batang sekitar 1 sentimeter.

8. Jauhkan dari paparan matahari langsung dan tiupan angin yang kencang. Kalau bunga segar ditempatkan di ruang ber - AC, sebaiknya setiap hari dikeluarkan ke tempat terbuka selama beberapa saat. Sirkulasi AC biasanya mengakibatkan kelembaban yang rendah, sehingga bunga tidak mendapat udara segar untuk bertahan lebih lama.

Jakarta Diguyur Hujan Deras, Waspadai Genangan & Pohon Tumbang

Sabtu, 30 April 2011 13:30 WIB
PUSKOMINFO - Sabtu (30/4/2011) siang, sebagian wilayah di Jakarta diguyur hujan cukup deras. Para pengguna jalan dihimbau berhati-hati, dikarenakan jalan licin dan berpotensi kecelakaan.

Informasi petugas di lapangan melalui operator radio TMC Polda Metro Jaya, Brigadir Yoka Mulyadi, hujan deras sudah mengguyur wilayah Jakarta Barat, Selatan, Pusat, Utara dan Timur mengakibatkan terjadinya genangan air dan pohon tumbang.

Di wilayah Jakarta Barat hujan telah menggenangi beberapa lokasi seperti di depan Hotel Peninsula, Jl S Parman, Jakarta Barat. Air sudah setinggi 15-20 cm.

Pemandangan yang sama juga terjadi di Menteng, Jakarta Pusat. Di lokasi tersebut setinggi 15-20 cm genangan air muncul di depan kantor pusat polisi militer hingga Tugu Tani.

Selain itu, genangan air juga dilaporkan di Jl Arjuna Selatan, Jakarta Barat, di Depan Universitas Atma Jaya, Senayan dan di Jl Teuku Cik Di Tiro, Jakarta Pusat, tepatnya di depan RSIA Bunda.

Sementara, pohon tumbang diinformasikan berada di Jalan Cemara Raya, Cengkareng, Jakarta Barat. Petugas sudah berada di lokasi untuk mengatur arus lalu lintas dan mengevakuasi pohon.

Amankan Mayday, Polda Metro Jaya Turunkan 14.000 Personel

Sabtu, 30 April 2011 12:50 WIB
PUSKOMINFO - Polda Metro Jaya telah menyiapkan 14.000 Personel untuk mengamankan peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2011. Pasukan yang diterjunkan 7.600 personel untuk pengamanan secara langsung, 1.300 pasukan cadangan dan 1 kompi personel pada masing-masing Polres.

Pengamanan dipusatkan pada 8 titik sasaran aksi demo antara lain Istana Negara, Istana Wakil Presiden, Bundaran HI, Gedung DPR/MPR, Depnakertrans, jamsostek, KPK dan Kejaksaan Agung. Perkiraan massa yang akan melaksanakan demo sekira 12.000 orang.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi pemusatan aksi massa, Kapolda Metro Jaya telah memerintahkan kepada para Kapolres daerah perbatasan untuk mengurai massa yang akan masuk ke Jakarta.

Sementara itu, Polisi lalu lintas telah menyiapkan rencana pengalihan arus di sekitar Istana jika situasi arus lalu lintas dinilai sangat padat.

Lokasi Layanan SIM & STNK Keliling Polda Metro Jaya

Sabtu, 30 April 2011 09:50 WIB
PUSKOMINFO - Bagi Masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa mendatangi layanan bus keliling yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Sabtu (30/4/2011) mulai pukul 08:00 - 11:00 WIB, di lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat
SIM : Thamrin City
STNK : Kantor Pos Pasar Baru

2. Jakarta Utara
SIM : Pos Pol Jembatan 3
STNK: Pos Pol Jembatan 3

3. Jakarta Selatan
SIM : Dpn TMP Kalibata
STNK : Sta Tanjung Barat

4. Jakarta Barat
SIM : LTC Glodok Jl. Hayam Wuruk
STNK : LTC Glodok Jl Hayam Wuruk

5. Jakarta Timur
SIM : Honda Jl. Dewi Sartika
STNK : Masjid At-Tin TMII

SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa di layanan SIM Keliling. Pengendara harus ke Satpas SIM di Jl. Daan Mogot KM 11 Cengkareng.

STNK Keliling juga hanya untuk memperpanjang STNK setiap tahun. Bukan pengesahan atau habis masa pengesahan STNK 5 tahun atau perubahan kendaraan yang lainnya.

Kotak Terbungkus Rapih Diduga Bom, Ternyata Hanya Sampah

Sabtu, 30 April 2011 09:38 WIB
PUSKOMINFO - Warga Komplek Adhikarya Sukmajaya Depok digegerkan dengan sebuah kotak yang terbungkus rapih ditemukan tergeletak di pinggir jalan, Jumat (29/4/2011) pagi. Benda yang diduga bahan peledak tersebut ternyata hanya berisi sampah rumah tangga.

Peristiwa terjadi sekira pukul 05:30 WIB di Jalan Raya Komplek Adhikarya No. 47 Rt. 08/24 Kelurahan Baktijaya, Sukmajaya, Depok. Saat itu, saksi U'ut Syaalih dan M. Yunus yang melintas di lokasi melihat sebuah kotak dalam keadaan terbungkus rapih. Bungkusan kotak itu dilakban dan terbungkus plastik warna merah. Benda tersebut tergeletak di pinggir jalan.

Karena curiga, kedua saksi selanjutnya melaporkan penemuan benda tersebut ke Polsek Metro Sukmajaya yang kemudian didatangkan tim gegana dari Polda Metro Jaya. Tim Gegana yang memeriksa benda tersebut ternyata hanya beisi sampah rumah tangga.

Perampok Mengaku Polisi Merampas Sepeda Motor

Sabtu, 30 April 2011 09:24 WIB
PUSKOMINFO - Aksi perampokan, pelaku mengaku anggota polisi kembali terjadi. Kali ini terjadi di Jalan Raya Tekno Rt. 05/06 Setu, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (30/4/2011) sekira pukul 02:00 WIB dinihari tadi.

Korban, Triyanti, 34 tahun, warga Jelupang, Serpong Utara yang sedang melintas dengan mengendarai sepada motor Honda Revo B-6707-NVL, tiba-tiba dipepet oleh pelaku yang mengendarai mobil L300. Pelaku mengaku dari kepolisian kemudian merebut paksa sepeda motor korban.

Korban tak kuasa karena diancam dan akhirnya menyerahkan sepeda motornya. Korban selanjutnya melapor ke Polsek Metro Cisauk.

Perampokan Saat Sholat Jumat di Kampung Saga Tangerang

Sabtu, 30 April 2011 09:02 WIB
PUSKOMINFO - Aksi perampokan di siang hari bertepatan dengan sholat Jumat, terjadi di Kampung Saga Rt. 004/03 Desa Caringin, Cisoka, Kabupaten Tangerang, Jumat (29/4/2011). Anehnya, dalam aksi perampokan itu, perampok hanya mengikat pembantu, sedangkan anak pemilik rumah tanpa diikat ataupun diancam pelaku.

Petugas Polsekta Cisoka kini tengah menyelidiki kasus tersebut. Peristiwa terjadi sekira pukul 13:30 WIB, saat situasi sepi karena sebagian masyarakat sedang melaksanakan sholat Jumat. Pada saat itu, pemilik rumah Ro, 53 tahun, mendapat telepon dari sopirnya, Ahmad Sujaeni, 40 tahun, yang memberitahukan bahwa rumah korban telah dirampok oleh enam orang yang menggunakan senjata api dan golok.

Setelah Rudi Haryanto pulang, ia mendapati Ahmad Sujeni dalam keadaan terikat lakban dengan wajah ditutup handuk. Sedangkan kedua anaknya, Greselia, 17 tahun dan Kelvin, 13 tahun, menangis. Sementara kondisi rumah sudah dalam keadaan berantakan.

Korban memeriksa kamar, ternyata uang sebesar Rp. 75 Juta berikut Laptop dan HP Blackberry telah hilang.

Kasus ini kemudian dilaporkan ke Polsekta Cisoka untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Mandi di Kali Mookervart, Remaja Hilang Tenggelam

Sabtu, 30 April 2011 07:48 WIB
PUSKOMINFO - Seorang remaja hilang terseret arus sungai Mookervart, Porisgaga Baru Rt. 01/01 Batuceper, Tangerang, Jumat (29/4/2011) sore. Korban hingga kini belum ditemukan.

Korban bernama Andrian, 16 tahun. Korban bersama tiga orang temannya, Fido, 16 tahun, Toro, 17 tahun dan Fauzi, 14 tahun, mandi di lokasi. Tiba-tiba hujan lebat membuat arus sungai semakin deras. Korban terseret arus sungai dan tenggelam.

Hingga saat ini jasad korban belum ditemukan. Petugas dari kepolisian dan SAR hingga hari ini masih melakukan penyisiran.

29 April 2011

Granat Aktif Ditemukan di Lapak Pemulung

Jumat, 29 April 2011 15:36 WIB
PUSKOMINFO - Sebuah granat jenis manggis yang masih aktif ditemukan pemulung di lapak pemulung di jalan Madrasah Rt. 01/03, Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (29/4/2011) siang. Adalah Holili, 41 tahun, pemulung yang sedang mensortir barang-barang bekas di lapaknya, mendapati sebuah kotak.

"Setelah saya buka, saya kaget, kotak yang saya ambil ternyata di dalamnya ada sebuah granat," kata Holili.

Awalnya, Holili mengira granat tersebut hanya mainan. Dia bahkan sempat membuka pelatuknya setengah. Setelah menyadari barang temuannya adalah granat aktif, Holili pun membuang granat itu ke sebuah kebun pisang di depan lapaknya. Kemudian dia melaporkan temuan itu kepada Polsek Metro Pamulang.

Kepala Polsek Metro Pamulang, Komisaris Zulkifli, mengatakan meski sudah karatan, granat dengan kode camp P Lot EC - 82 H 601-001 itu masih aktif dan mempunyai daya ledak tinggi. Granat tersebut kemudian diamankan Satuan Gegana Polda Metro Jaya.

Polda Tangkap 9 Pelaku Curanmor, 13 Mobil Disita

Jumat, 29 April 2011 15:17 WIB
PUSKOMINFO – Aparat Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya membekuk 9 anggota sindikat pencurian mobil di beberapa wilayah di Jakarta, Jumat (29/4/2011). Dari komplotan tersebut disita barang bukti 13 mobil curian berikut surat-surat palsu.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Drs Herry Nahak, menjelaskan kesembilan pelaku yang ditangkap itu adalah BS, TS, HM, SN CU, TN UPN SLN SY, dan EY kini masih menjalani proses penyidikan. Mereka ditangkap setelah pihak PT Puritek Tunggal Prima, salah satu pemilik mobil melapor ke Polda Metro Jaya.

Menurut Herry, modus kejahatan yag dilakukan komplotan ini adalah mencuri mobil yg parkir di jalan. Mereka mencurinya pakai kunci letter T, Setelah mobil didapat lalu dibuat dokumen palsunya.

Pabrik Plastik di Kalideres Terbakar

Jumat, 29 April 2011 10:21 WIB
PUSKOMINFO - Kebakaran terjadi di pabrik plastik di kawasan pergudangan Rawalele, Kelurahan Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (29/4/2011). Sekitar 18 unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Barat kini dikerahkan untuk memadamkan api.

Api diketahui muncul sekira pukul 07:30 WIB. Api kemudian membesar melalap pabrik itu, asapnya terlihat membumbung tinggi hingga radius 3 kilometer.

Ratusan warga yang rumahnya berdekatan dengan pabrik itu panik. Mereka menyelamatkan barang-barangnya dari rumah. Sebagian warga lagi berusaha ikut memadamkan api agar tidak merembet ke rumah mereka.

Hingga kini pemadam masih berusaha memadamkan api. Api sulit dipadamkan mengingat bahan yang terbakar berupa plastik.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Petugas Polsek Metro Kalideres tengah mengusut penyebab kebakaran. Dugaan sementara akibat korsleting listrik.

Bayi Ditemukan di Bak Kamar Mandi

Jumat, 29 April 2011 08:42 WIB
PUSKOMINFO - Sesosok mayat bayi ditemukan di bak kamar mandi rumah warga di Jalan Apotik Nabilah Jalan Raya Pekapuran No. 4A Rt. 05/22 Sukatani, Depok, Kamis (28/4/2011) pagi. Polsek Metro Cimanggis masih melakukan penyelidikan penyebab kematian bayi perempuan tersebut.

Mayat bayi pertama kali ditemukan oleh saksi, Putri Tanjung, 20 tahun, warga Tapos Depok. Saksi menemukan korban sudah meninggal dunia dalam keadaan mengambang di dalam bak mandi.

Petugas Polsek Metro Cimanggis masih menyelidiki penyebab kejadian apakah bayi tersebut sengaja dibunuh atau bukan. Mayat bayi selanjutnya dikirim ke RSCM untuk divisum.

Layanan SIM & STNK Keliling Polda Metro Jaya

Jumat, 29 April 2011 08:32 WIB
PUSKOMINFO - Bagi Masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa mendatangi layanan bus keliling yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jumat (29/4/2011) pukul 08:00 - 13:00 WIB, di lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat
SIM : Thamrin City
STNK : Kantor Pos Pasar Baru

2. Jakarta Utara
SIM : Pos Pol Jembatan 3
STNK: Pos Pol Jembatan 3

3. Jakarta Selatan
SIM : Dpn TMP Kalibata
STNK : Sta Tanjung Barat

4. Jakarta Barat
SIM : LTC Glodok Jl. Hayam Wuruk
STNK : LTC Glodok Jl Hayam Wuruk

5. Jakarta Timur
SIM : Honda Jl. Dewi Sartika
STNK : Masjid At-Tin TMII

Sembilan Rumah di Setiabudi Terbakar

Jumat, 29 April 2011 08:22 WIB
PUSKOMINFO – Sebanyak sembilan rumah di RT 10/02, Kel. Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan, ludes dilalap api, Kamis (28/4/2011) sekira pukul 22:00 WIB. Tidak ada korban dalam musibah yang diduga akibat arus pendek listrik.

Dari sembilan rumah itu, enam di antaranya merupakan rumah petakan kontrakan milik Kosim, 55 tahun. Menurut keterangan sejumlah saksi, sumber api diduga berasal dari salah satu rumah kontrakan tersebut. ‘Informasinya akibat arus pendek listrik,’ ucap satu saksi, Rojali.

Api baru bisa dipadamkan pukul 00:40 WIB setelah mengerahkan 28 unit mobil pemadam kebakaran. Jumlah kerugian materi akibat kebakaran ini belum diketahui. Peristiwa dalam penyelidikan Polsek Metro Setiabudi.

Bawa Senjata Api, Ditangkap Petugas Bandara Soekarno-Hatta

Jumat, 29 April 2011 08:06 WIB
PUSKOMINFO - Andi, 40 tahun, warga Jalan Provinsi Rt. 18 Tanah Bambu, ditangkap dan dibawa ke Polres Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (28/4/2011) sore. Andi kedapatan membawa senjata api tanpa dilengkapi surat kepemilikan.

Menurut keterangan petugas Bandara Soekarno-Hatta, Suhendar dan Agus, saat ia memeriksa barang di area X-Ray Terminal 1A Keberangkatan, dirinya mencurigai kardus. Setelah diperiksa lebih telilti, kardus tersebut berisi senjata api jenis FN-45 warna hitam. Peristiwa ini kemudian dilaporkan ke Polres Bandara Soekarno-Hatta.

Petugas selanjutnya mengamankan tersangka dan barang bukti senjata api FN-45 Browning Hi-Fi Flower buatan Belgia tersebut ke Polres Bandara Soekarno-Hatta untuk penyidikan lebih lanjut.

Lagi, Lelaki Paruh Baya Lompat Dari Lantai 5 Gedung Gajah Mada Plaza

Jumat, 29 April 2011 07:50 WIB
PUSKOMINFO - Seorang pria paruh baya tewas, nekat loncat dari lantai lima gedung Gajah Mada Plaza, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/4/2011) sekira pukul 19:30 WIB. Korban terhempas ke lantai bawah parkiran Gajah Mada Plaza dengan kondisi mengenaskan, kepala pecah dan kedua kaki patah.

Phoeng Edi Irawan, 41 tahun, warga Tanjung Duren, Jakarta Barat ini ditemukan tidak bernyawa di samping parkiran mobil Gajah Mada Plaza, Gambir, Jakarta Pusat.

Menurut keterangan saksi, Misjaya, 55 tahun, di lokasi kejadian, sebelumnya korban sempat diingatkan oleh saksi agar tidak duduk di pagar pembatas parkir. "Setelah saya ingatkan, kemudian saya pergi sholat. Dan tak lama kemudian korban sudah jatuh ke bawah," kata Misjaya kepada petugas Polres Metro Jakarta Pusat.

Belum diketahui motif korban nekat loncat dari lantai lima ini. Petugas identifikasi Polres Metro Jakarta Pusat langsung melakukan olah TKP, dan membawa jasad korban ke RS Ciptomangun Kusumo Jakarta guna keperluan otopsi.

28 April 2011

Toyota Yaris Terbakar di Tol Cawang

Kamis, 28 April 2011 17:38 WIB
PUSKOMINFO - Sebuah mobil Toyota Yaris bernopol B-299-SN terbakar di Jalan Tol Cawang Tanjung Priok, tepatnya di depan gedung WIKA, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (28/4/2011) sekira pukul 13:40 WIB. Mobil yang sedang melintas itu tiba-tiba mengeluarkan api dan terbakar, diduga karena korsleting.

peristiwa itu bermula saat mobil yang dikendarai Welly, 40 tahun, tengah melaju kencang dari arah Cawang menuju Tanjung Priok. Saat itu, tiba-tiba saja dari bagian mesin mengepulkan asap tebal. Karena panik, Welly pun kemudian coba menghentikan laju kendaraannya. Namun, tak lama berselang timbul percikan api yang langsung membesar hingga akhirnya membakar mobil tersebut.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pemilik kendaraan ditaksir menderita kerugian hingga ratusan juta rupiah. Dalam waktu setengah jam, dua unit mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan kobaran api yang menghaguskan mobil milik Welly tersebut.

Akibat insiden ini, arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian juga sempat mengalami kemacetan panjang.

"Bom" di Bundaran HI Ternyata Hanya Serbuk Gergaji

Kamis, 28 April 2011 15:34 WIB
PUSKOMINFO - Benda mencurigakan yang diduga berisi bahan peladak di Pos Polisi Bundaran Hotel Indonesia sudah diamankan Gegana Polda Metro Jaya. Hasilnya, tidak ada unsur logam dalam bungkusan yang ditemukan petugas di dalam tong sampah.

Menurut Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Sujarno, seluruh prosedur pemeriksaan paket mencurigakan sudah dilakukan. Namun Gegana tidak menemukan unsur logam dalam paket mencurigakan itu. "Hanya semacam serbuk gergaji saja dan dipastikan bukan bom," ujar Karo Ops Polda Metro Jaya, Kamis (28/4/2011).

Penemuan benda mencurigakan itu pertama kali dilaporkan seorang petugas. Ada benda seperti paralon yang dibungkus plastik di tong sampah tempat di samping kantor polisi Bundaran HI.

Setelah kasus bom buku pada medio Maret lalu, penemuan benda diduga bom mulai marak lagi. Dalam satu hari ini saja sudah ada tiga benda mencurigakan yang dilaporkan warga kepada polisi.

Penemuan pertama di Jalan Jatinegara, Jakarta Timur. Setelah pemeriksaan benda mencurigakan di dalam tas jinjing itu hanya berisi makanan seperti roti.

Tim Gegana juga melakukan pemeriksaan benda mencurigakan di kawasan Pasar Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Temuan itu juga dipastikan bukan bom.

Laporan adanya benda mencurigakan juga terjadi di Pengadilan Agama Jakarta Utara, Jalan Raya Plumpang Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara. Paket yang sempat menggegerkan karyawan kantor Pengadilan Agama itu ternyata hanya berisi buku Akta Cerai.

Tukang Ojek Tewas Ditusuk Penumpang

Kamis, 28 April 2011 09:34 WIB
PUSKOMINFO - Lili, 39 tahun, tukang ojek yang biasa mangkal di Pasar Proyek Kota Bekasi, tewas setelah ditusuk oleh perampok dengan modus menjadi penumpang, Rabu (27/4/2011) sekira pukul 23:30 WIB. Lili ditemukan bersimbah darah di belakang rumah Wakil Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Kampung Pekayon RT 1/RW1 Kelurahan Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Peristiwa bermula saat Lili (39), tukang ojek dengan alamat Gabus Rawa Rt 01/04 desa Srijaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. Lili membawa penumpang yang menuju Pekayon, saat di lokasi kejadian pelaku menusuk korban sebanyak tiga kali.

Korban yang bersimbah darah sempat melakukan perlawanan, dan berteriak minta tolong.
Teriakan korban didengar warga sehingga sejumlah warga sekitar berdatangan. Kedatangan warga, pelaku yang ketakutan langsung kabur tanpa membawa sepeda motor korban.

Menurut keterangan warga, pelaku mengenakan pakaian kaos warna merah, rambut panjang keriting berlari menuju jalan raya.

Korban yang bersimbah darah, oleh warga selanjutnya dilarikan ke RSUD Bekasi. Namun nahas, nyawanya tidak tertolong meninggal dunia dalam perjalanan ke Rumah sakit.

Petugas Polresta Bekasi Kota yang mendapat laporan kemudian melakukan penyelidikan di lokasi. Menurut Kasat Reskrim Polresta Bekasi Kota, Kompol Dedi Murti, bahwa motif kejadian sementara diduga perampokan sepeda motor dengan modus berpura-pura sebagai penumpang. Dari lokasi kejadian, petugas mengamankan barang bukti sepeda motor milik korban Yamaha Jupiter nopol B 6416 FYP ditinggal dekat korban.

Kebakaran di Pasar Pisang Palmerah

Kamis, 28 April 2011 09:01 WIB
PUSKOMINFO - Kebakaran hebat terjadi di pasar Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (28/4/2011) dinihari tadi. yang terbakar adalah kios yang kebanyakan menjual pisang yang kemudian merembet ke pemukiman warga di sebelahnya.

Meski telah mengerahkan 23 unit mobil pemadam kebakaran, hingga kini api masih terlihat menyala belum dapat dipadamkan. Api yang diketahui sekira pukul 03:00 WIB telah melahap delapan kios (di antaranya kios cat dan bengkel Vespa), sejumlah rumah warga, dan sebuah gudang mebel. Adapun jumlah rumah warga yang ikut terbakar belum didata oleh petugas.

Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik di gudang mebel yang berada di belakang toko mebel. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Petugas masih berusaha memadamkan api.

Layanan SIM & STNK Keliling Polda Metro Jaya

Kamis, 28 April 2011 08:57 WIB
PUSKOMINFO - Bagi Masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa mendatangi layanan bus keliling yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kamis (28/4/2011) mulai pukul 08:00 - 12:00 WIB, di lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat
SIM : Thamrin City
STNK : Kantor Pos Pasar Baru

2. Jakarta Utara
SIM : Pos Pol Jembatan 3
STNK: Pos Pol Jembatan 3

3. Jakarta Selatan
SIM : Dpn TMP Kalibata
STNK : Sta Tanjung Barat

4. Jakarta Barat
SIM : LTC Glodok Jl. Hayam Wuruk
STNK : LTC Glodok Jl Hayam Wuruk

5. Jakarta Timur
SIM : Honda Jl. Dewi Sartika
STNK : Masjid At-Tin TMII

- SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa di layanan SIM Keliling. Pengendara harus ke Satpas SIM di Jl. Daan Mogot KM 11 Cengkareng.

- STNK Keliling juga hanya untuk memperpanjang STNK setiap tahun. Bukan pengesahan atau habis masa pengesahan STNK 5 tahun atau perubahan kendaraan yang lainnya.

Lagi, Nasabah BCA Dirampok di Kawasan Industri Pulogadung

Kamis, 28 april 2011 08:34 WIB
PUSKOMINFO - Aksi perampokan terhadap nasabah bank kembali terjadi. Kemarin, Rabu (27/4/2011) aksi perampokan terjadi di Jalan Pulo Kambing Dekat PT. Marga Nusantara Jaya, Kawasan Industri Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur. Korban mengalami kerugian Rp. 50 juta.

Korban bernama Lukmanul Hakim, 30 tahun, warga Jalan Kalibata Tengah No. 23 kalibata, Pasar M inggu, Jakarta Selatan, setelah mengambil uang dari BCA, sesampai di lokasi dipepet oleh 6 pelaku yang menggunakan 3 sepeda motor. Pelaku membacok tangan korban hingga korban terjatuh. Korban yang tidak berdaya ditodong dengan golok dan pistol. Selanjutnya pelaku merampas tas yang digendong korban.

Sebelum kabur, salah satu pelaku melepaskan tembakan ke udara satu kali dan kabur ke arah Jalan Pulo Lentut.

Korban mengalami kerugian uang tunai Rp. 50 juta, 2 unit HP, Buku tabungan BCA, Buku Tabungan Bank Mandiri. Korban yang luka bacok di tangan selanjutnya melapor ke Polsek Metro Cakung.

Curas Dan Pencabulan

Waktu Kejadian : Tanggal 27 April 2011 jam 19.00 WIB, dilaporkan ke Polda tanggal 28 April 2011 jam 01.35 WIB.
TKP : JL. satria I No. 47 RT 13/03 Kel. jati Kec. Pulogadung Jaktim.
Korban : MID, 39 TH, Alamat : TKP.
Pelaku : Lidik.
Saksi : Sumaryono, 66 TH (Ketua RT).
Kronologis Kejadian : Pelaku yang berjumlah 2 (dua) orang yang tidak dikenal masuk ke dalam TKP dengan cara melompat pagar, saat korban ingin mengunci pintu pelaku langsung mendorong korban dan mengancam serta membekap mulut korban dengan baju agar korban tidak teriak, lalu pelaku mengikat tangan dan kaki korban dengan menggunakan tali rapia dan kabel telepon. Setelah korban tidak berdaya pelaku mengambil uang dan barang-barang milik korban, selain itu salah satu pelaku juga meraba-raba serta menghisap payudara korban. Korban mengalami luka memar/lebam di kedua tangan dan kaki.
Kerugian : Uang tunai RP 3.000.000,-
Barang bukti : Tali rafia dan kabel telepon.
Kasus Ditangani : Sektro Pulogadung.

Ledakan Tabung Gas

Waktu Kejadian : Tanggal 27 April 2011 jam 09.30 WIB, dilaporkan ke Polda Metro Jaya jam 14.30 WIB.
TKP : Pembuatan kulit lumpia kapuk RT 07/16 Kel. kapuk Kec. Cengkareng.
Korban Luka : 1). Angga, 21 TH. 2). Miskam, 29 TH. 3). Nurochman, 27 TH. 4). Agus, 21 TH. 5). Slamet,22TH.
Kronologis Kejadian : ledakan di TKP terjadi akibat kebocoran tabung gas ukuran 3 KG, ledakan mengakibatkan 7 (tujuh) orang karyawan yang sedang bekerja sehingga korban mengalami luka bakar pada tangan dan kaki. Ledakan gas tidak menimbulkan kebakaran, selanjutnya korban luka dilarikan ke RSUD Cengkareng dan RS. Tarakan untuk visum.
Barang Bukti : Tabung gas ukuran 3 KG.
Kasus Ditangani : Sektro Cengkareng.

27 April 2011

Satuan Reserse Polres Metro Jakarta Barat Mendapat Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 Versi 2008


Rabu, 27 April 2010 14:00 WIB
PUSKOMINFO - Satuan Reserse Polres Metro Jakarta Barat mendapat pengakuan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 Versi 2008 atas kinerja yang ditunjukkan selama ini. Acara penyerahan sertifikasi tersebut dilaksanakan Selasa (27/4/2011) di Polres Metro Jakarta Barat. Berikut sambutan Kapolres Metro Jakarta Barat pada acara penyerahan sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 Versi 2008 tersebut:

SAMBUTAN KAPOLRES METRO JAKARTA BARAT
PADA ACARA PENYERAHAN SERTIFIKAT
SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 VERSI 2008
KEPADA
SATUAN RESERSE POLRES METRO JAKARTA BARAT
------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seperti kita ketahui dan pahami bersama bahwa dewasa ini pelayanan publik oleh aparatur negara telah menjadi issu strategis, dimana publik dapat menentukan baik atau buruknya pelayanan kepada masyarakat yang pada gilirannya akan menentukan citra aparatur negara itu sendiri.

Polri sebagai salah satu lembaga negara yang memiliki tugas pokok memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat serta penegakkan hukum telah memprogramkan 10 prioritas dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga Polri diantaranya adalah : pengungkapan dan penyelesaian kasus-kasus menonjol, meningkatkan pemberantasan preman, kejahatan jalanan, perjudian dan narkoba, serta pembenahan kinerja Reserse. Penekanan pada pembenahan kinerja Reserse dibanding dengan fungsi lain, didasarkan pada penilaian masyarakat terhadap kinerja fungsi reserse yang belum sesuai dengan harapan masyarakat. Hal ini bisa dipahami mengingat Satuan Reserse adalah salah satu core business Polri yang bertugas memberikan pelayanan dan kepastian hukum kepada masyarakat.

Hadirin yang saya hormati,
Berbicara tentang pembenahan kinerja maka ada beberapa hal yang perlu di cermati dengan serius yaitu : personel atau pelaksana dalam organisasi, sistem administrasi dan values atau nilai nilai yang ada dalam organisasi. Bagaimana organisasi dapat dikatakan sehat dan berhasil maka sedikitnya berkaitan dengan lima kategori penilaian, antara lain:

- Mampu melaksanakan visi, misi, tugas pokok, fungsi dan kewenangannya dengan sebaik-baiknya;
- Senantiasa mampu meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan
publik;
- Mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan dana,
SDM, peralatan dan kelengkapan kerja serta berbagai sumber daya
lainnya;
- Berhasil membangun budaya malu dan bersih, sehingga tercegah
tindak KKN di lingkungan kerjanya; serta
- Mampu mengembangkan budaya kompetitif pada era global yang keras dan penuh persaingan, seperti kreativitas, produktivitas tinggi dan profesionalisme yang matang, disertai peningkatan daya saing individual.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, Satuan Reserse Polres Metro Jakarta Barat mengambil langkah konkrit dengan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 – 2008 sebagai upaya untuk melakukan pembenahan kinerja reserse, pencitraan publik serta peningkatan mutu bidang pelayanan.
ISO 9001 – 2008 adalah ISO yang mempersyaratkan instansi/organisasi yang memiliki sistem manajemen yang terdokumentasi. Terdokumentasi maksudnya tertulis dalam media kertas atau komputer yang memenuhi persyaratan ISO 9001. Sistem manajemen mutu berfokus pada konsistensi dari proses kerja. Hal ini sering mencakup beberapa tingkat
dokumentasi terhadap standar-standar kerja. Sistem manajemen mutu berlandaskan pada pencegahan kesalahan sehingga bersifat proaktif, bukan pada deteksi kesalahan yang bersifat reaktif.

Dengan standar ISO ini, menjadikan satuan Reskrim Polres Metro Jakarta barat lebih fokus kepada customer, yaitu masyarakat luas. Kepuasan masyarakat tersebut menjadi prioritas utama, selain strategi plan menjadi lebih jelas dengan dimilikinya sasaran mutu. Dengan begitu kita tidak bisa bergerak seenaknya, karena kita selalu dikontrol oleh sistem yang terstandar. Adanya kebijakan mutu membuat semuanya harus sesuai sasaran dalam mencapai visi.

Akhirnya, kepada Reserse Polres Metro Jakarta Barat dan seluruh jajarannya, saya mengucapkan Selamat atas diperolehnya Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 versi 2008, dengan harapan semoga Sat reserse Polres senantiasa dapat meningkatkan kinerjanya sehingga dapat memberikan kontribusi optimal dalam Organisasi yang kita cintai ini.

Semoga Allah SWT selalu meridhoi langkah dan niat baik kita, disertai harapan agar upaya kita mewujudkan program Revitalisasi menuju layanan prima dapat terlaksana melalui kerjasama dan kemitraan yang baik, demi terciptanya kepercayaan masyarakat kepada Polri.
.
Wassalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jakarta, 27 April 2011
KAPOLRES METRO JAKARTA BARAT


Drs. YAZID FANANI, Msi
KOMISARIS BESAR POLISI NRP. 65040682

Mayat Berseragam SMK Ditemukan di Bawah Jembatan Kali BSD

Rabu, 27 April 2011 09:49 WIB
PUSKOMINFO — Taher Ahmad, 15 tahun, siswa SMK Bina Insan Cendikia Kota Tangerang, Banten, ditemukan tewas dalam keadaan luka di bagian leher. Jenazah Taher ditemukan warga di bawah jembatan di Jalan Pare Raya Sektor I.6 Perumahan Bumi Serpong Damai (BSD) Rabu pagi sekira pukul 07:30 WIB.

Saat ditemukan, siswa kelas 10-4 SMK Bina Insan Cendikia ini masih mengenakan pakaian seragam sekolah. Taher, siswa kelas 10-4 SMK Bina Insan Cendikia, saat ditemukan asih mengenakan pakaian seragam sekolah. Petugas Polsek Metro Serpong yang mendapat informasi ini segera mengevakuasi korban dan membawa jenazah ke RSUD Tangerang untuk divisum. Pada leher korban terdapat luka gores diduga akibat senjata tajam

Polisi hingga kini masih menyelidiki penyebab kematian korban.

Mobil Boks Bermuatan Es Krim Terguling di Tol

Rabu, 27 April 2011 09:44 WIB
PUSKOMINFO - Mobil boks bermuatan Es Krim dengan No.Pol B 9217 JI terguling di KM 11 A Tol Ir. Wiyoto Wiyono arah ke Tanjung Priok.

Kecelakaan tersebut terjadi sekira pukul 07:35 WIB, informasi tersebut diperoleh TMC Polda Metro Jaya dari pengguna jalan tol melalui jejaring Sosial Twitter.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut, menurut petugas PJR 926 yang di TKP kecelakaan tersebut hanya mengakibatkan kerugian materi.

Kecelakaan ini sempat mengakibatkan kemacetan, namun saat ini berangsu-angsur normal setelah petugas derek mengevakuasi mobil bok tersebut.

Lokasi Layanan SIM & STNK Keliling Polda Metro Jaya

Rabu, 27 April 2011 09:13 WIB
PUSKOMINFO - Bagi Masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa mendatangi layanan bus keliling yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Rabu (27/4/2011) mulai pukul 08:00 - 12:00 WIB, di lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat
SIM : Thamrin City
STNK : Kantor Pos Pasar Baru

2. Jakarta Utara
SIM : Pos Pol Jembatan 3
STNK: Pos Pol Jembatan 3

3. Jakarta Selatan
SIM : Dpn TMP Kalibata
STNK : Sta Tanjung Barat

4. Jakarta Barat
SIM : LTC Glodok Jl. Hayam Wuruk
STNK : LTC Glodok Jl Hayam Wuruk

5. Jakarta Timur
SIM : Honda Jl. Dewi Sartika
STNK : Masjid At-Tin TMII

Keributan Sopir Bus "Jaya Perkasa", Dua Luka-luka

Rabu, 27 April 2011 08:50 WIB
PUSKOMINFO - Keributan terjadi antar sopir bus "Jaya Perkasa" di gerbang tol Kebon Jeruk, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (26/4/2011) malam sekira pukul 21:00 WIB. Dalam peristiwa ini, dua orang dari dua kelompok mengalami luka bacok.

Keributan berawal ketika pada pagi hari, salah satu sopir bus "Jaya Perkasa", Toton Uwes, 40 tahun, dipalak (dimintai uang) oleh sekelompok orang yang terkenal dengan "kelompok Kupang". Toton menolak memberikan uang sehingga terjadi keributan.

Pada malam harinya, para awak bus "Jaya Perkasa" melakukan penyerangan terhadap kelompok kupang di lokasi. Akibat keributan tersebut terdapat luka dari kedua belah pihak. Toton Uwes dari kelompok awak bus, mengalami luka bacok pada bahu kanan dan lengan kiri. Sedangkan dari kelompok kupang, Jhon Pranata, mengalami luka di kepala.

Petugas Polsek Metro Kebon Jeruk yang mendapat laporan segera mendatangi lokasi kejadian mencegah keributan lebih jauh. Dari lokasi kejadian, petugas mengamankan barang bukti senjata tajam clurit, besi pipa dan balok kayu. Petugas hingga kini masih melakukan penyelidikan kasus tersebut.

Pengedar dan Pemakai Sabu Dibekuk di Taman Sari

Rabu, 27 April 2011 08:24 WIB
PUSKOMINFO - Seorang pengedar dan dua pemakai narkotika jenis Sabu ditangkap petugas Dit Res Narkoba Polda Metro Jaya di Jalan Cengkeh, Pinangsia, Taman sari, Jakarta Barat, Senin (25/4/2011) sore. Tiga tersangka yang terdiri dari satu pria dan dua wanita itu kini tengah dalam proses penyidikan di Dit Res Narkoba Polda Metro Jaya.

Tersangka PI, FR dan ST ditangkap dengan barang bukti satu bungkus plastik klip berisi dua bungkus klip kecil berisi sabu seberat 1,4 gram serta 3 unit HP berikut SIM Card.

Petugas masih melakukan pengembangan untuk mengungkap jaringannya.

Memproduksi Lem Illegal Ditangkap Polisi

Rabu, 27 April 2011 08:11 WIB
PUSKOMINFO - Satuan Industri dan Perdagangan (Sat Indag) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap pelaku yang memproduksi Lem (perekat) illegal di Jalan Kapuk Sawah, Pos Polisi Blok DD 188/189 Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (26/4/2011). Pelaku berinisial JS ditangkap dengan barang bukti 3 drum bahan baku dan 2 jerigen lem latek siap jual.

Penangkapan tersangka berkat informasi dari masyarakat yang menyebutkan adanya pembuatan lem perekat yang diduga illegal. Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti, tiga Petugas Sat Indag Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya melakukan observasi dan penyelidikan dan ternyata benar. Petugas, Aiptu Anang, Aiptu M. Siregar dan Aiptu Nana Badriana, kemudian melakukan penggerebekan dan menangkap pelaku.

Dari lokasi, petugas mengamankan barang bukti 1 drum bahan baku lem latex, 1 drum bahan kimia Amonia, 1 jerigen lem latex KM SD isi 20 kg siap jual dan 1 jerigen lem latex KM SD isi 5 kg siap jual.

Tersangka dan barang bukti kini diperiksa di Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya. Tersangka dijerat dengan UU Perindustrian dan UU Perlindungan Konsumen.

26 April 2011

3 Kg Sabu Disita dari Apartemen Grand Trofic Tanjung Duren

Selasa, 26 April 2011 14:59 WIB
PUSKOMINFO - Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat berhasil mengungkap jaringan pembuatan narkoba jenis sabu di Apartemen Grand Tropic, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Selasa (26/4/2011).

Pengungkapan kasus ini juga berkat informasi dari masyarakat yang kemudian ditindaklanjuti dengan penyelidikan selanjutnya dilanjutkan penggerebekan. Dari lokasi, petugas menangkap dua orang pelaku, YT dan DL, dan disita barang bukti narkotika jenis sabu seberat 3 kg serta peralatan pembuat sabu.

Kini petugas tengah mengembangkan kasus tersebut untuk mengungkap jaringannya.

Polres Metro Jakarta Barat Sita 13 karung Ganja Kering dari Aceh

selasa, 26 April 2011 14:52 WIB
PUSKOMINFO - Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menyita 13 karung ganja kering seberat 150 kilogram di Cengkareng. Namun, tiga tersangka pembawa ganja dari Aceh berhasil melarikan diri.

Kapolres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Yazid Fanani, Selasa (26/4/2011), mengatakan, informasi berawal dari laporan warga masyarakat yang menyebutkan akan terjadi transaksi narkoba di Jalan Peternakan II RT 01 RW 07 Cengkareng.

"Informasi ditindaklanjuti dan saat petugas hendak menyergap, pelaku berhasil kabur," kata yazid.

Dari TKP didapati 13 karung ganja berisi 162 paket besar yang ditaruh di dalam truk bernomor polisi BK 8380 LO. Truk itu digunakan untuk mengangkut ganja dari Aceh ke Jakarta.

Kini petugas tengah mengejar tiga tersangka yang sudah diketahui identitasnya.

Penculik WN. Korea Selatan Berhasil Dibekuk

Selasa, 26 April 2011 13:57 WIB
PUSKOMINFO - Satuan Kejahatan dengan Kekerasan (Sat Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, menangkap enam tersangka penculik dua warga negara Korea Selatan (Korsel). Seorang diantaranya yang menjadi dalang penculikan, ditembak kakinya.

Ke enam penculik tersebut adalah Kim Jin Hun alias Franky Hardy alias Kang Chul Soo, Lee Chong San, Yoo Jae Choon, Alex Kambay, Martyn, dan Desy.

"Dalangnya warganegara Korsel. Dia kami tembak karena berusaha melarikan diri. Dia pernah terlibat pembunuhan warganegara Korsel di Jakarta Barat tahun 2002," ungkap Kasat Jatanras, AKBP Helmy Santika, Selasa (26/4/2011).

Sebelumnya, dua pelaut asal Korsel diculik di Bandara Soekarno Hatta, tanggal 23 Februari 2011, dan tanggal 22 Maret 2011. Korban adalah Lim Kunchyun, 51 tahun dan Bak Minje, 40 tahun. Saat tiba di Bandara, kedua korban dibawa pelaku ke Bogor, dan Sukabumi Jawa Barat. Di sana mereka disiksa. Akibatnya, korban harus dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Kemayoran, Jakarta Pusat untuk mendapat perawatan intensif. Korban ditemukan di Hotel PI, tanggal 2 April 2011, dengan wajah dan kaki terluka, sedang korban lainnya pingsan.

Aparat Polda Metro Jaya Tangkap Penipu Lewat Facebook

Selasa, 26 April 2011 13:30 WIB
PUSKOMINFO - Satuan Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya berhasil membekuk pelaku penipuan yang menjalankan aksi jual beli barang melalui jejaring soaial Facebook. Tersangka berinisial AY telah mencatut nama sejumlah pejabat antara lain Ketua Umum KADIN, Erwin Mahmud.

Tersangka AY diringkus di daerah Sidrap, Sulawesi Selatan, 28 Maret 2011. Dari tangan tersangka, Polisi menyita barang bukti satu unit komputer, modem internet dan telepon selular

Dalam aksinya AY menawarkan barang elektronik dengan akun Face Book bernama “Batam Cell” dan "Sri Devishop”. "Untuk menarik konsumen, ia menawarkan penjualan produk barang elektronik dengan memberikan bonus berupa memory card, flashdisk, earphone dan headphone," ujar Kepala Satuan Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Hermawan.

"Untuk meyakinkan konsumen, pelaku juga mengaku sebagai Erwin Mahmud yang juga menantu mantan Wakil Kapolri, Komisaris Jenderal Polisi Yusuf Manggabarani. Padahal pelaku hanyalah sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Kesehatan Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan,” terang Hermawan.

Lantaran tertarik, banyak konsumen memesan barang tersebut dan dibayar lewat bank. Namun setelah mendapatkan uang kiriman dari calon pembeli, tersangka tidak pernah mengirimkan produk barangnya.

Diperkirakan korbannya puluhan, namun yang melapor belum banyak. Untuk itu Hermawan menghimbau kepada masyarakat yang telah menjadi korban untuk melaporkan kepada polisi,” tutup Hermawan.

Paket Diduga Bom Diledakkan di Pintu Air Cililitan

Selasa, 26 April 2011 13:22 WIB
PUSKOMINFO – Sebuah paket mencurigakan yang diduga bom ditemukan warga di Pintu Air Kali Baru, Jalan Raya Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, tepatnya di seberang Pusat Grosir Cililitan (PGC) Selasa (26/4/2011) pagi tadi sekitar pukul 07.15 WIB.

adalah Syamsu, 43 tahun, warga yang pertama kali menemukan Paket yang dibungkus dalam kantong kresek berwarna hitam yang terbungkus kantong plastik kresek warna hitam terdapat empat baterai yang tersambung dengan kabel dan ada penunujuk waktu yang berbentuk jam saling terikat menggunakan solasi.

Syamsu yang merasa curiga kemudian menceritakan kejadian tersebut kepada temannya. Hingga akhirnya teman Syamsu menyarankan untuk melaporkan kejadian tersebut ke kantor polisi.

Tim gegana yang datang sekitar pukul 09:30 WIB langsung mengamankan lokasi dengan memasang garis polisi sejauh 100 meter. Hingga akhirnya pada pukul 11.20 tim gegana meledakan paket yang diduga bom tersebut.

Dari serpihan paket yang mencurigakan tersebut tim gegana menemukan 4 buah batu baterai, satu jam tangan, paralon diameter 1 inci, kabel, dan bahan peledak. Hingga akhirnya barang-barang tersebut dibawa tim gegana untuk proses pemeriksaan

Mayat Laki-laki Tanpa Identitas Mengambang di Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu

Selasa, 26 April 2011 10:52 WIB
PUSKOMINFO - Sesosok mayat laki-laki tanpa identitas ditemukan nelayan mengambang di perairan sebelah selatan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Minggu (24/4/2011) sekira pukul 20:30 WIB.

Jenazah korban baru dilaporkan ke Polres Kepulauan Seribu pada Senin (25/4/2011) pagi sekira pukul 09:00 WIB.

Saksi, Saum, 45 tahun, nelayan yang pertama kali menemukan korban mengatakan dirinya ketika hendak melaut menemukan sesosok tubuh manusia yang mengambang di lokasi. Saat ditemukan kondisi tubuh korban masih utuh sedangkan wajah sudah tidak dapat dikenali lagi. Jenazah tanpa identitas itu selanjutnya dilaporkan ke Polres Kepulauan Seribu.

Petugas yang mendapat laporan kemudian melakukan identifikasi terhadap jenazah laki-laki tersebut yang berusia diperkirakan 25 - 40 tahun. Tinggi badan 160 cm, memakai kaos singlet putih dan celana pendek adidas warna hitam.

Kini jenazah korban dikirim ke RSCM untuk dilakukan visum.

Lokasi Layanan SIM & STNK Keliling Polda Metro Jaya

Selasa, 26 April 2011 08:52 WIB
PUSKOMINFO - Bagi Masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa mendatangi layanan bus keliling yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Selasa (26/4/2011) mulai pukul 08:00 - 13:00 WIB, di lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat
SIM : Thamrin City
STNK : Kantor Pos Pasar Baru

2. Jakarta Utara
SIM : Pos Pol Jembatan 3
STNK: Pos Pol Jembatan 3

3. Jakarta Selatan
SIM : Dpn TMP Kalibata
STNK : Sta Tanjung Barat

4. Jakarta Barat
SIM : LTC Glodok Jl. Hayam Wuruk
STNK : LTC Glodok Jl Hayam Wuruk

5. Jakarta Timur
SIM : Honda Jl. Dewi Sartika
STNK : Masjid At-Tin TMII

Nasabah Bank BCA Dirampok, Korban Ditembak Pelaku

Selasa, 26 April 2011 08:21 WIB
PUSKOMINFO - Aksi perampokan terhadap nasabah bank BCA kembali terjadi. Kali ini terjadi terhadap Emanuel, 36 tahun, warga Taman Kebayoran Rt. 02/13 Tambun Kabupaten Bekasi. Korban luka tembak di kedua pahanya akibat dibedil pelaku.

Peristiwa terjadi pada Senin (25/4/2011) sekira pukul 14:00 WIB di Jalan Raya Setia Mekar, Kampung Kedung Gede Rt. 02/16 Tambun, Kabupaten Bekasi. Korban yang sehabis melakukan penarikan uang di BCA Cabang Tambun, di lokasi dipepet oleh empat orang yang mengendarai dua sepeda motor. Para pelaku mengancam korban dengan golok dan merampas tas korban yang berisi uang Rp. 15 Juta.

Korban berusaha melawan sehingga terjadi tarik-tarikan tas. Pelaku berhasil mengambil tas setelah memotong tali tas korban. Sebelum kabur, pelaku juga melepaskan tembakan ke arah korban mengenai kedua paha hingga korban ambruk bersimbah darah.

Oleh warga sekitar, Emanuel selanjutnya dilarikan ke RS Mitra Keluarga untuk mendapatkan pertolongan. Kasus ini ditangani oleh Polsek Metro Tambun.

Tiga Orang Terluka Akibat Bentrokan di Cafe La Piazza Kelapa Gading

Selasa, 26 April 2011 08:09 WIB
PUSKOMINFO - Tiga orang mengalami luka-luka dalam bentrokan antara dua kelompok yang terjadi di Cafe La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (25/4/2011) malam.

"Yang luka-luka tiga orang," kata Kapolsek Metro Kelapa Gading, Kompol Donny Adityawarman, Selasa (26/4/2011) pagi.

Menurut Kompol Donny, ketiga orang yang terluka tersebut kini telah dirawat di Rumah Sakit Mediros dan Rumah Sakit Gading Pluit.

Bentrokan tersebut, masih menurut dia, hanyalah bentrokan kecil yang terjadi antardua kelompok yang berjumlah belasan orang.

Ia juga memaparkan, bentrokan itu terjadi pada sekitar pukul 18.30 WIB dan petugas yang datang langsung melerai dan mengamankan sejumlah orang yang terlibat.

"Penyebabnya diduga karena masalah utang-piutang," katanya.

Saat ini, situasi di lokasi kejadian telah berangsur-angsur pulih meski jumlah kerugian materi akibat kejadian bentrokan tersebut masih belum dapat diketahui secara pasti.

Dari lokasi kejadian, Polisi mengamankan satu mobil yang diduga merupakan pemilik dari salah satu pelaku bentrokan. Kendaraan tersebut pada saat ini telah dibawa petugas ke Markas Polres Metro Jakarta Utara. Petugas juga telah berhasil mengidentifikasi para pelaku yang terlibat dalam bentrokan itu.

Ahmad Jainudin, Tewas Dianiaya di Pasar Jembatan 2 Angke

Selasa, 26 April 2011 07:49 WIB
PUSKOMINFO - Ahmad Jainudin, 29 tahun, tewas mengenaskan dalam perjalanan ke rumah sakit. Jainudin menjadi korban pengeroyokan dan penganiayaan di Pasar Jaya Jembatan 2 Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat, Selasa (26/4/2011) dinihari tadi.

Korban ditemukan oleh Nursam di lokasi dalam keadaan koma. Korban mengalami luka tusuk di punggung belakang sebelah kiri, diduga sebagai korban penganiayaan. Oleh Nursam, korban selanjutnya dibawa ke rumah sakit terdekat. Namun nyawa korban tak dapat diselamatkan. Korban meninggal dunia dalam perjalanan ke RSCM.

Kini jenazah korban berada di RSCM untuk dilakukan visum. Sedangkan kasus ini ditangani Polsek Metro Tambora.

25 April 2011

Pencuri Spion Alphard Ditangkap di Bintaro

Senin, 25 April 2011 14:15 WIB
PUSKOMINFO – Seorang penjahat jalanan pencongkel spion mobil mewah ditangkap saat beraksi di Jalan RC Veteran, Bintaro, Jakarta Selatan, Minggu (24/4/2011) malam. Dari tangan tersangka disita spion mobil Toyota Alphard.

Tersangka Rosidi, 28 tahun, mengaku baru sekali beraksi bersama rekannya yang berhasil buron, Imron.

Kejadiannya sekira pukul 20:00 WIB, Rosidi dan Imron naik motor Honda Beat nopol B 3040 TBR. Mereka mencari mobil mewah yang terkena macet. Sampai akhirnya ada mobil Toyota Alphard yang dikendarai Ny. Desi, 50 tahun, melintas di TKP.

Kedua pelaku langsung mendekati mobil mewah tersebut. Rosidi segera mematahkan spion kiri. Mengetahui spionnya digasak penjahat, korban teriak hingga didengar petugas kepolisian yang sedang melakukan patroli. Satu pelaku Rosidi berhasil ditangkap, dan satu pelaku lainnya Imron berhasil meloloskan diri.

Metromini Terbalik Setelah Ditabrak Bus Transjakarta di Manggarai

Senin, 25 April 2011 12:03 WIB
PUSKOMINFO - Metromini terbalik setelah ditabrak Bus Transjakarta di Jalan Sultan Agung, Manggarai, Jakarta Selatan, tidak jauh dari Lampu Merah (Traffic Light) Guntur, Senin (25/4/2011).

Informasi yang didapat dari Brigadir Widia Petugas TMC, kecelakaan terjadi pukul 09.45 WIB. Metro Mini dengan nomor polisi B. 7327 TA dari arah Guntur menuju Manggarai melaju kencang, tiba-tiba saja sang sopir lepas kendali dan oleng masuk ke jalur Busway.

Disaat bersamaan, datang dari arah belakang Bus Transjakarta, dan menabrak Metro Mini Tersebut. Metromini langsung terguling. Setelah menarbak, bus Transjakarta yang belum diketahui nopolnya itu langsung meninggalkan metromini yang terbalik.

Korban 1 orang pengemudi Metromini mengalami luka-luka. Kecelakaan itu sempat menimbulkan kemacetan arus lalu lintas karena banyak pengguna jalan yang melihat peristiwa tersebut.

Aparat Polda Bekuk Sindikat Pembobol Rekening PT. Elnusa

Senin, 25 April 2011 09:38 WIB
PUSKOMINFO - Aparat Polda Metro Jaya meringkus sindikat pembobolan rekening PT Elnusa senilai Rp 111 miliar dengan modus memalsukan pemindahbukuan (transfer) ke rekening salah satu bank swasta nasional.

"Sindikat ini melibatkan pejabat bank swasta dan perusahaan Elnusa," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yan Fitri, Senin (25/4/2011).

Dirreskrimsus yang didampingi Kabid Humas Polda Metro Jaya menuturkan, penyidik menangkap Direktur Keuangan PT Elnusa berinisial SAN, Kepala Cabang Bank Mega Jababeka MAN, Direksi PT Discovery berinisial IVA, Dirut PT Discovery berinisial GUN, dan dua tersangka lainnya RIC dan ZUL.

Sementara, menurut Kepala Satuan Fiskal Moneter Devisa Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Aris Munandar mengatakan pelaku melakukan modus mencairkan dana deposito milik PT Elnusa pada Bank Mandiri dengan memalsukan tanda tangan Direktur Utama PT Elnusa berinisial E.

Selanjutnya, kata Aris, tersangka mengirimkan dana senilai Rp 111 miliar untuk kepentingan investasi pada perusahaan fiktif bernama PT Discovery ke rekening penampung pada Bank Mega Cabang Jababeka.

Para tersangka tidak menggunakan dana milik PT Elnusa untuk kepentingan investasi, namun dibagikan kepada pelaku.

Selain menangkap para pelaku, polisi juga menyita uang tunai senilai Rp 2 miliar, 34.400 dolar Amerika Serikat dan empat unit kendaraan mewah dari hasil pembobolan dana deposito PT Elnusa.

Para tersangka dikenakan pasal penyalahgunaan jabatan, pencucian uang dan tindak kejahatan perbankan.

Tabung Gas 3 kg Meledak Melukai Ibu Rumah Tangga

Senin, 25 April 2011 09:27 WIB
PUSKOMINFO – Tabung gas ukuran 3 kg meledak melukai seorang ibu rumah tangga di Kapuk Kebon Jahe RT 07 Rw 03 No.29 C, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (25/4/2011) pagi sekitar pukul 04.45 WIB.

Peristiwa berawal ketika korban, Ny.Hani, 43 tahun, ibu rumahtangga, akan memasak santan dengan menggunakan kompor gas. Lalu kompor dinyalakan, namun tidak lama kemudian sewaktu korban akan keluar pintu, tiba-tiba ada suara ledakan dari ruang dapur yang berasal dari kompor.

Ketika korban melihat ke dapur, korban malah terkena jilatan api sehingga mengenai kedua lengan luka bakar dan luka bagian dada, selanjutnya korban dilarikan ke Rumah Sakit Bhuda Suchi, Cengkareng, Jakarta Barat.

Petugas Polsek Metro Cengkareng yang datang ke lokasi kejadian mengamankan barang bukti berupa satu unit tabung gas ukuran 3 kg dan kompor gas yang meledak.

Pelaku Pembunuhan di Jalan Tugu Proklamasi Berhasil Ditangkap

Senin, 25 April 2011 09:16 WIB
PUSKOMINFO - Polisi akhirnya berhasil membekuk dua pelaku pembunuhan terhadap RF, yang jasadnya ditemukan tanpa identitas di saluran got jalan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (22/4) lalu. Menurut pengakuan tersangka dibunuh karena piutang Rp600 ribu.

Korban RF, warga Depok, Jawa Barat, dibunuh B dan F, kedua pelaku yang juga teman korban. Alasan keduanya tega membunuh temannya, karena kesal sering menagih uang pinjamannya sebesar Rp600 ribu dengan cara kasar.

B mengaku kesal dan sakit hati, lantaran korban kerap menagih hutang kepada dirinya dengan cara yang tidak sopan. Bahkan niat untuk menghabisi nyawa korban semakin kuat ketika RF datang ke rumah B dalam keadaan mabuk dan mencaci maki orang tuanya.

B pun mengatur rencana untuk menghabisi nyawa korban bersama rekannya F, dengan cara menculik korban di rumahnya di Depok, Jawa Barat dan dibawa ke kawasan Menteng. Nyawa korban pun dihabisi dengan menggunakan senjata tajam dan jasadnya dibuang di selokan di jalan Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Sedang sepeda motor korban dibawa kabur keduanya.

Menurut Kapolsek Metro Menteng, Kompol Didi Hayamansyah, kedua pelaku berhasil diciduk berkat laporan masyarakat yang curiga dengan sepeda motor curian milik korban saat akan dijual F. Sehingga F berhasil di tangkap di rumahnya di Menteng, Jakarta Pusat, sementara B ditangkap di kawasan Jakarta Timur

Akibat perbuatannya, kini kedua pelaku tengah menjalani proses penyidikan di
Mapolsek Metro Menteng. Kedua pelaku dijerat dengan pasal berlapis tentang penganiayaan secara bersama-sama hingga menyebabkan kematian dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara

Lokasi Layanan SIM & STNK Keliling Polda Metro Jaya

Senin, 25 April 2011 08:33 WIB
PUSKOMINFO - Bagi Masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa mendatangi layanan bus keliling yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Senin (25/4/2011), mulai pukul 08:00 - 14:00 WIB, di lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat
SIM : Thamrin City
STNK : Kantor Pos Pasar Baru

2. Jakarta Utara
SIM : Pos Pol Jembatan 3
STNK: Pos Pol Jembatan 3

3. Jakarta Selatan
SIM : Dpn TMP Kalibata
STNK : Sta Tanjung Barat

4. Jakarta Barat
SIM : LTC Glodok Jl. Hayam Wuruk
STNK : Carefour Mall Puri Indah Kembangan

5. Jakarta Timur
SIM : Honda Jl. Dewi Sartika
STNK : Pasar Induk Kramat jati

SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa di layanan SIM Keliling. Pengendara harus ke Satpas SIM di Jl. Daan Mogot KM 11 Cengkareng.

STNK Keliling juga hanya untuk memperpanjang STNK setiap tahun. Bukan pengesahan atau habis masa pengesahan STNK 5 tahun atau perubahan kendaraan yang lainnya.

Tewas Over Dosis di Diskotik Pujasera, Taman Sari

Senin, 25 April 2011 08:22 WIB
PUSKOMINFO - Steven Suwarno Bernades, 30 tahun, ditemukan kejang-kejang selanjutnya tewas di Diskotik Pujasera Jalan mangga Besar Raya, Kelurahan Tangki, Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu(24/4/2011) dinihari. Warga Ciganjur, Jakarta Selatan ini tewas diduga akibat over dosis.

Menurut keterangan saksi di lokasi kejadian, Atika, 35 tahun, mengatakan korban dalam posisi duduk kemudian kejang-kejang. Oleh saksi, korban kemudian dilarikan ke RS. Husada namun dalam perjalanan korban meninggal dunia.

Petugas Polsek Metro Taman sari yang mendapat laporan kemudian memeriksa jasad korban. Petugas tidak menemukan tanda-tanda bekas penganiayaan. Korban meninggal dunia diduga akibat over dosis. Untuk penyelidikan lebih lanjut, jenazah korban selanjutnya dikirim ke RSCM untuk dilakukan Visum.

Warsito Tewas Dianiaya di Penggilingan

Senin, 25 April 2011 08:11 WIB
PUSKOMINFO - Warsito, 38 tahun, tewas di Rumah Sakit Islam Pondok Kopi, Minggu (24/4/2011) sore. Warsito tewas setelah dianiaya seseorang di Penggilingan Rt. 009/06 Penggilingan Cakung, Jakarta Timur.

Menurut keterangan saksi-saksi di lokasi, Elly Ermawati, 23 tahun, dan Suharno, 47 tahun, kepada petugas Polsek Metro Cakung mengatakan korban dipukul oleh pelaku dengan menggunakan tangan kosong. Korban mengalami luka memar di pelipis kanan, leher dan bibir. Oleh saksi korban selanjutnya dibawa ke RS. Islam Pondok Kopi. Namun dalam perjalanan korban meninggal dunia.

Kini petugas Polsek Metro Cakung telah menangkap pelaku penganiayaan yang mengakibatkoan korban meninggal dunia tersebut. Pelaku bernama Ariyono, 33 tahun, kini dalam proses penyidikan lebih lanjut di Polsek Metro Cakung.

Emas 200 gram dan Uang Rp. 15 Juta Digasak maling di Gunung Sahari

Senin, 25 April 2011 07:56 WIB
PUSKOMINFO - Maling berhasil menggasak Emas seberat 200 gram, uang tunai Rp. 15 Juta dan sebuah Laptop dari sebuah rumah di Komplek Angkasa Pura Jalan Tabing Blok L No. 22 Rt. 04/07 Kelurahan Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Peristiwa terjadi Minggu (24/4/2011) sekira pukul 12:30 WIB, di rumah Yatty Setiatni, 56 tahun. Rumah dalam keadaan kosong ditinggal penghuninya. Pelaku diduga masuk ke rumah dengan cara merusak gembok pintu pagar dan membongkar pintu rumah bagian belakang. Pelaku mengambil barang-barang milik korban yang berada di almari.

Kerugian emas seberat 200 gram, Laptop merk Acer dan uang tunai Rp. 15 Juta. Kasus ini dilaporkan ke Polsek Metro sawah Besar. Petugasi kini masih menyelidiki kasus tersebut. Dari lokasi petugas mengamankan barang bukti sebuah besi plat pintu rumah yang dirusak pelaku.

24 April 2011

Apel persiapan PAMWAL






Apel persiapan PAMWAL Lantas dalam rangka KTT ASEAN oleh Karo Ops dan Wadir Lantas.

22 April 2011

Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Tugu Proklamasi

Jumat, 22 April 2011 11:33 WIB
PUSKOMINFO - Sesosok mayat laki-laki tanpa identitas ditemukan warga di saluran pembuangan area Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (22/4/2011) sekira pukul 07:00 WIB. Pada mayat korban terdapat luka tusukan di sekitar tubuh dan luka benda tumpul di sekitar kepala.

Mayat korban pertama kali ditemukan oleh warga pada sekitar pukul 07.00 WIB di dalam got dekat Tugu Proklamasi, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. Oleh warga kemudian dilaporkan ke petugas Polsek Metro Menteng.

Petugas yang datang ke lokasi mendapati korban mengalami luka tusukan pada tubuh dan di bagian kepala terdapat bekas luka akibat pukulan benda tumpul.

Polisi tidak menemukan selembar kartu identitas pun dari mayat yang diperkirakan berumur 25 hingga 28 tahun tersebut. Namun Polisi menemukan beberapa batu dengan bekas darah di sekitar TKP. Petugas selanjutnya membawa mayat ke RSCM guna dilakukan otopsi.

Kini kasus tersebut ditangani Polsek Metro Menteng.

Gangguan Teknis, SIM Keliling di Kampus STEKPI Berhenti Beroperasi

Jumat, 22 April 2011 11:26 WIB
PUSKOMINFO - layanan SIM Keliling yang beroperasi di Kampus STEKPI Kalibata, Jumat (22/4/2011) mulai jam 10.00 WIB, terpaksa harus menghentikan operasionalnya , hal ini disebabkan adanya gangguan teknis.

Berdasarkan informasi dari Petugas SIM, Aipda Tarmin, kerusakan itu diakibatkan adanya gangguan teknis didalam pengoperasionalan komputer akibatnya entry data pun tidak bisa dilaksanakan.

“Kami mohon maaf, seharusnya pelayanan memang hingga jam 11.30 WIB, namun karena ada gangguan akhirnya operasionalnya langsung dihentikan dan mobil pun dibawa ke kantor untuk perbaikan,”ujar Tarmin.

Kebakaran di Palmerah, Dua Orang Tewas Terpanggang

Jumat, 22 April 2011 09:08 WIB
PUSKOMINFO - Jasad Budi, 22 tahun, dan Sandi, 18 tahun, ditemukan di dalam kamar kost dalam kondisi mengenaskan. Tubuh kedua korban hangus terbakar dalam peristiwa kebakaran di sebuah rumah kos di kawasan Jalan Gelora IX B, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (22/4/2011) dinihari tadi.

Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik itu terjadi sekitar pukul 03:00 WIB. Kencangnya tiupan angin, membuat api dengan cepat membesar dan menghanguskan sebuah restoran dan dua rumah yang berdempetan, salah satunya rumah kos.

Setelah satu jam kemudian, api berhasil dipadamkan. Namun nahas dua penghuni kos bernama Sandi dan Budi ditemukan telah tewas dengan kondisi mengenaskan, tubuhnya hangus terbakar.

Korban diduga tidak dapat menyelamatkan diri karena terjadi dini hari, sedang tertidur pulas. Sehingga selain memakan korban jiwa, banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga miliknya.

Libur Paskah, Layanan SIM Keliling di Kampus STEKPI Kalibata

Jumat, 22 April 2011 08:58 WIB
PUSKOMINFO - Pada hari libur nasional merayakan Paskah, Jumat 22 April 2011, Polda Metro Jaya tidak memberikan layanan SIM dan Satpas keliling di lima wilayah DKI Jakarta. Namun Satpas SIM Ditlantas Polda Metro Jaya memberikan layananan perpanjangan SIM Keliling di Wilayah Jakarta Selatan yaitu di Kampus STEKPI Kalibata .

Untuk diketahui, layanan SIM Keliling biasanya tetap buka saat tanggal merah atau hari Minggu hingga pukul 12:00 WIB. Di tempat ini, warga bisa mengakses layanan perpanjangan SIM A dan SIM C, serta memperpanjang STNK setiap tahun.

Mobil Dibobol Maling Saat Diparkir di Duta Merlin

Jumat, 22 April 2011 08:46 WIB
PUSKOMINFO - Budi Darmadi, 42 tahun, kehilangan Laptop dan Ipad, saat mobil miliknya yang diparkir di Parkiran Komplek Duta Merlin, Jakarta Pusat, dibobol maling, Kamis (21/4/2011) sore.

Warga Kelapa Gading Timur itu memarkir mobil Honda Jazz B-1380-BFI miliknya di parkiran Duta Merlin, Jakarta Pusat sejak pagi. Namun setelah korban kembali pada sore hari sekira pukul 17:00 WIB, ternyata bagasi mobil dalam kedaan terbuka dan sebuah Laptop dan Ipad miliknya telah hilang.

Diduga pelaku mengambil Laptop dan Ipad dengan cara mencongkel pintu mobil. Kasus ini selanjutnya dilaporkan ke Polsek Metro Gambir.

21 April 2011

Imbas Kebakaran Wisma Tamara Sudirman, Bundaran Senayan-Bundaran HI Macet Total

Kamis, 21 April 2011 16:19 WIB
PUSKOMINFO - Imbas dari adanya kebakaran Gedung Wisma Tamara di Jalan Jenderal Sudirman, Setia Budi, Jakarta Selatan, arus lalu lintas dari Bundaran Senayan ke arah Bundaran HI dan sebaliknya dalam keadaan macet parah, Kamis (21/4/2011) sore.

Berdasarkan informasi dari TMC Polda Metro Jaya, kepadatan bahkan sudah berimbas ke Jl. MH Thamrin.

Kebakaran di Gedung Wisma Tamara Center terjadi sekira pukul 13.20 WIB. Menurut keterangan sejumlah saksi dan petugas polisi di lokasi kejadian, api beradal dari lantai 20. Namun, belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran.

Wisma Tamara Jalan Sudirman Terbakar

Kamis, 21 April 2011 14:08 WIB
PUSKOMINFO - Gedung Wisma Tamara di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, terbakar, Kamis (21/4/2011). Kebakaran dan adanya asap tebal dari lantai 20 gedung itu diketahui sekira pukul 13:20 WIB.

Sebanyak 10 unit mobil pemadam kebakaran sudah berada di lokasi memadamkan api.

Ada sejumlah karyawan yang dikabarkan masih terjebak di lantai lima gedung. Asap tebal masih terlihat mengepul. Seluruh karyawan di gedung itu sudah diminta keluar meninggalkan gedung. Hingga kini belum diketahui apa penyebab kebakaran dan apakah ada korban dalam kejadian itu.

Mayat Lelaki Bertato Matahari Mengambang di Perairan Pulau Rambut Kepulauan Seribu

Kamis, 21 April 2011 08:41 WIB
PUSKOMINFO - Mayat seorang lelaki ditemukan nelayan di Perairan Pulau Rambut Kepulauan Seribu, Rabu (20/4/2011). Lelaki tanpa identitas itu terdapat tato bermotif matahari pada bagian pusarnya.

Adalah Hendra Saputra, 30 tahun, nelayan, yang pertama kali menemukan jasad lelaki tersebut. Hendra yang sedang melintas di lokasi melihat sesosok tubuh manusia yang mengambang dalam posisi tertelungkup. Penemuan tersebut selanjutnya Hendra melapor ke Polres Kepulauan Seribu.

Petugas dari Polres Kepulauan Seribu selanjutnya melakukan identifikasi dan evakuasi mayat korban yang diperkirakan berusia 27 tahun, memakai celana hijau dan jaket jeans warna biru. Pada pusar korban terdapat tato bermotif matahari. Kini mayat dibawa ke RSCM guna dilakukan Visum.

Lokasi Layanan SIM dan STNK Keliling Polda Metro Jaya

Kamis, 21 April 2011 08:37 WIB
PUSKOMINFO - Bagi Masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa mendatangi layanan bus keliling yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Berikut ini adalah pelayanan SIM dan STNK keliling hari ini, Kamis (21/4/2011) mulai pukul 08:00 - 13:00 WIB, di beberapa lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat
SIM: Gd Thamrin City
STNK : Lapangan Banteng

2. Jakarta Utara
SIM : Pos Pol Jembatan 3
STNK: Boulevard Barat Kelapa Gading

3. Jakarta Selatan
SIM : Depan TMP Kalibata
STNK : Stasiun Tanjung Barat

4. Jakarta Barat
SIM : LTC Glodok Jl. Hayam Wuruk
STNK : Mall Puri Indah Kembangan

5. Jakarta Timur
SIM : Honda Jl. Dewi Sartika
STNK : Pasar Induk Kramat jati

SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa di layanan SIM Keliling. Pengendara harus ke Satpas SIM di Jl. Daan Mogot KM 11 Cengkareng.

STNK Keliling juga hanya untuk memperpanjang STNK setiap tahun. Bukan pengesahan atau habis masa pengesahan STNK 5 tahun atau perubahan kendaraan yang lainnya.

Pencuri Aki Mobil Tewas Dikeroyok Massa di Legok Tangerang

Kamis, 21 April 2011 08:22 WIB
PUSKOMINFO - Seorang laki-laki tanpa identitas tewas dikeroyok massa di Kampung Legok Bakul Rt. 11/05 Desa Legok, Tangerang, Rabu (20/4/2011). Laki-laki itu kepergok massa saat mencuri Aki mobil di lokasi.

Korban adalah pelaku pencurian Aki mobil milik Munan, 43 tahun. Saat itu, pelaku kepergok warga dan diteriaki maling hingga warga sekitar berdatangan dan menangkapnya. Pelaku dikeroyok warga hingga babak belur.

Petugas Polsek Metro Legok yang datang ke lokasi mengamankan pelaku yang sudah dalam keadaan kritis kemudian membawanya ke RS. Polri Kramat Jati. Namun dalam perjalanan ke rumah sakit, pelaku meninggal dunia.

Kini petugas Polsek Metro Legok tengah menangani kasus ini. Dari lokasi kejadian, petugas mengamankan sebuah Aki mobil, dua buah kunci ukuran 10 dan 12 sebagai barang bukti.

Siswa SMK 7 Rawamangun Kritis di Dikeroyok Sekelompok Pelajar Lain

Kamis, 21 April 2011 08:08 WIB
PUSKOMINFO - Rian Irfansyah, pelajar SMK 7 Rawamangun, kini dalam kondisi kritis dirawat di RS. Darma Nugraha akibat dikeroyok dan dianiaya sekelompok pelajar di Jalan Pemuda, depan SPBU Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (20/4/2011) siang. Rian mengalami luka tusuk di dada, punggung dan pinggang.

Peristiwa terjadi sekira pukul 13:00 WIB, saat korban pulang sekolah, korban hendak naik Bus Patas 57 yang selintas di TKP. Korban yang sudah naik di dalam bus, tiba-tiba kernet bus menyruh para pelajar yang ada untuk turun. Dan ketika korban turun, sekelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam mengeroyok korban. Korban mengalami luka tusuk di bagian dada, punggung dan pinggang.

Oleh warga sekitar korban selanjutnya dilarikan ke RS. Darma Ugara Rawamangun untuk mendapat pertolongan.

Kini Polsek Metro Pulogadung tengah melakukan penyelidikan kasus tersebut. Dari keterangan beberapa saksi di lokasi kejadian, para pelaku pengeroyokan diduga berasal dari pelajar SMK Malaka.

Nasabah BCA Dirampok, Gaji Karyawan 90 Juta Digondol Pelaku

Kamis, 21 April 2011 07:51 WIB
PUSKOMINFO - Seorang nasabah bank BCA yang baru mengambil uang untuk gaji karyawan dirampok empat pelaku di jalan raya Melati, dekat Stadion Melati, Perumnas I Depok, Jawa Barat. Uang Rp 90 juta digondol perampok, Rabu (20/4/2011) siang.

Korban Irvan, 32 tahun, bersama Dede Setiadi, 28 tahun, pegawai PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) cabang Margonda yang baru mengambil uang sebanyak Rp90 juta di bank BCA cabang Margonda dengan menggunakan mobil APV B.1602 KFJ, Rabu (20/4) siang sekitar pukuil 11.15 WIB.

Selesai mengambil uang di bank BCA Cabang Margonda, tanpa curiga kedua pegawai BPR tersebut. Sebelum kembali ke kantornya, keduanya mampir terlebih dahulu untuk makan siang. Saat melintas di Jalan Raya Melati, dekat Stadion Melati, Perumnas I Depok, Jawa Barat, tiba-tiba ban kiri belakang mobil yang dikendarai kempes.

Irvan dan Dede turun untuk mengganti ban kempes. Tiba-tiba saat mengganti ban, seorang pengendara motor jenis bebek menghampiri. Lantas masuk ke dalam mobil sambil mengambil uang dari BCA yang ditaruh di jok tengah.

Aksi perampok tersbut sempat diketahui Irvan dan Dede. Kedua karyawan itu pun sempat tarik menarik tas isi uang. Namun, nahas ternyata pelaku perampokan tidak hanya sendiri. Saat tarik-tarikan tas, muncul tiga orang kawanan lainnya mengancam akan membunuh jika tas tidak diserahkan.

Para perampok berhasil mengambil tas yang berisi uang Rp 90 Juta dan langsung kabur. Sedangkan kedua korban selanjutnya melapor ke Polresta Depok. Saat ini kasusnya pun ditangani Polresta Depok.

20 April 2011

Polda Metro Jaya Sediakan Loket Pajak Kendaraan Secara Online

Rabu, 20 April 2011 16:34 WIB
PUSKOMINFO - Pengendara motor dan mobil yang berada di luar wilayah DKI Jakarta tidak perlu repot untuk mengurusi pembayaran pajak kendaraan maupun perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan. Pasalnya, kini Polda Metro Jaya menyediakan sistem Samsat online atau inovasi pelayanan "loket online 3 provinsi" yang meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Sistem Samsat Online ini akan memudahkan pengendara untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDLLJ), perpanjangan STNK tahunan, yang tergabung dalam 3 wilayah untuk Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi.

Sistem online ini bekerjasama dengan Dispenda DKI Jakarta, Dispenda Jawa Barat dan Dinas Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPKAD) Banten serta Jasa Raharja untuk membuat terobosan dengan cara menyelenggarakan sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor online 3 provinsi khususnya wilayah Jadetabek.

Tujuan loket online 3 provinsi adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik yang di emban Polri. percepatan pelayanan kepada masyarakat selaku pemilik kendaraan bermotor agar benar-benar merasa mendapat pelayanan samsat dengan mudah, cepat, dan baik.

Selain itu, layanan ini bertujuan dalam rangka turut mendukung program otonomi daerah provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat dan provinsi Banten khususnya kebijakan peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) melalui peningkatan pelayanan dan pungutan pajak kendaraan bermotor di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Bagi masyarakat yang kendaraannya terdaftar di Samsat wilayah DKI Jakarta seperti Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara dapat diproses di samsat BSD, samsat Cinere dan Cikokol.

Sementara samsat wilayah Banten seperti BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, Balaraja dapat diproses samsat Jaksel dan samsat Cinere.

Samsat wilayah Jawa Barat, seperti Depok Cinere Bekasi dapat diproses di samsat Jaksel, samsat BSD dan Samsat Cikokol.

Pencuri Motor Babak Belur Dikeroyok Massa

Rabu, 20 April 2011 09:26 WIB
PUSKOMINFO - Dua pencuri sepeda motor babak belur dihajar massa di Kampung Rengas Bandung, Desa Karangsambung, Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Selasa (19/4/2011) malam. Kedua tersangka nyaris dibakar massa setelah kepergok warga sedang mengotak-atik Kawasaki Ninja.

Kedua tersangka yaitu Mulyana, 24 tahun dan Endi, 25 tahun, yang dikenal sebagai pelaku "kelompok Karawang", kini telah diamankan petugas Polsek Metro Kedungwaringin.

Aksi kedua pelaku diketahui bermula ketika Muslim, 30 tahun, sedang santai di rumahnya di Kampung Rengasbandung RT 02/05 Karangsambung, Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi. Sepeda motor Kawasaki Ninja B 6048 FYU, yang diparkir di depan rumahnya tiba-tiba sedang diutak-atik salah satu pelaku, Endi.

Korban pun berteriak maling hingga mengundang para warga sekitar dan mengejar pelaku. Selain Endi, seorang temannya bernama Mulyana, yang menunggu di kejauhan tak luput dari kejaran massa. Keduanya berhasil ditangkap dan dihajar hingga babak belur. Bahkan kedua tersangka nyaris dibakar massa. Beruntung petugas dari Polsek Metro Kedungwaringin yang mendapat laporan segera datang ke lokasi hingga aksi massa tak berlanjut lebih jauh.

Kini kedua pelaku berikut barang bukti kunci T dan sepeda motor korban diamankan di Mapolsek Metro Kedungwaringin untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Metromini Terguling di Pondok Indah

Rabu, 20 April 2011 09:04 WIB
PUSKOMINFO - Kecelakaan tunggal menimpa Metromini B 7147 EP yang terguling di Jalan Sekolah Duta, Pondok Indah arah Terogong, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pagi ini, Rabu (20/04/2011) sekira pukul 06:59 WIB.

Berdasarkan laporan yang diterima petugas TMC Polda Metro Jaya, dua orang mengalami luka ringan dan membuat arus lalu lintas di ruas jalan tersebut sempat tersendat.

Petugas sudah mengevakuasi Metromini tersebut untuk memperlancar arus lalu lintas. Belum diketahui secara pasti mengenai penyebab terjadinya kecelakaan, pengemudi Metromini masih dimintai keterangan oleh polisi.

Lokasi Layanan SIM & STNK Keliling Polda Metro Jaya

Rabu, 20 April 2011 08:36 WIB
PUSKOMINFO - Bagi Masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa mendatangi layanan bus keliling yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Berikut ini adalah pelayanan SIM dan STNK keliling hari ini, Rabu (20/4/2011) mulai pukul 08:00 - 13:00 WIB, di beberapa lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat
SIM : Mengalami Gangguan
STNK : Lapangan Banteng

2. Jakarta Utara
SIM : Pos Pol Jembatan 3
STNK: Boulevard Barat Kelapa Gading

3. Jakarta Selatan
SIM : Depan TMP Kalibata
STNK : Stasiun Tanjung Barat

4. Jakarta Barat
SIM : LTC Glodok Jl. Hayam Wuruk
STNK : Mall Puri Indah Kembangan

5. Jakarta Timur
SIM : Honda Jl. Dewi Sartika
STNK : Pasar Induk Kramat jati

SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa di layanan SIM Keliling. Pengendara harus ke Satpas SIM di Jl. Daan Mogot KM 11 Cengkareng.

STNK Keliling juga hanya untuk memperpanjang STNK setiap tahun. Bukan pengesahan atau habis masa pengesahan STNK 5 tahun atau perubahan kendaraan yang lainnya.

Pabrik Miras Oplosan di Serpong Digerebek Polisi

Rabu, 20 April 2011 08:16 WIB
PUSKOMINFO - Aparat Polsek Metro Serpong menggerebek pabrik pengoplosan minuman keras di Kampung Ciater, Kelurahan Mekar Jaya, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (19/4/2011) kemarin. Dari lokasi, Polisi menyita barang bukti lebih dari 6.500 botol miras siap edar.

Kapolsek Metro Serpong, Komisaris Polisi Heribertus Ompusunggu, mengatakan, penggerebekan dilakukan berkat adanya informasi dari masyarakat mengenai produksi miras oplosan di lokasi.

Petugas selanjutnya melakukan penyelidikan dan ternyata benar yang selanjutnya dilakukan penggerebekan pada Selasa (19/4/2011) malam.

"Lokasi pabrik yang bersebelahan dengan Perumahan Ciater Permai ini berupa kebun, kurang lebih seluas 2.000 meter persegi dan terdapat warung-warung dari papan," kata Heribertus.

Dari lokasi kejadian, polisi berhasil menyita ribuan botol minuman yang dikemas dengan label palsu. Barang bukti yang disita tersebut, antara lain sekitar 6.500 botol whiskey merek Mansion yang dikemas dalam 107 kardus cokelat dan 350 botol ukuran besar dalam 15 kardus.

Polisi juga menemukan jeriken berkapasitas 30 liter sebanyak 9 buah dan 4 drum berkapasitas 200 liter per buah berisi minuman beralkohol. Sejumlah minuman anggur Vigour dan ribuan botol whiskey kosong beserta tutupnya ikut diamankan sebagai barang bukti. Barang bukti lainnya berupa dua buah pompa penyulingan serta dua kardus label bea cukai.

Selain itu, petugas juga mengamankan tiga orang, yang mengaku sebagai kuli angkut di pabrik miras tersebut. Mereka yang ditangkap OA, 27 tahun, asal Bandung, DH, 24 tahun, asal Ciamis, dan Og, 40 tahun, asal Tangerang. Kini, Polisi sedang mengejar pemilik pabrik tersebut.

Kepada polisi, mereka mengaku mengedarkan minuman hasil produksinya ke wilayah Bali, Palembang, dan Sumatera. Mereka dijerat dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan, yakni memproduksi dan mengedarkan makanan dan minuman yang mengganggu kesehatan.

Pemuda Ditemukan Tewas di Halte Bus Tosari

Rabu, 20 April 2011 08:05 WIB
PUSKOMINFO - Seorang pemuda ditemukan tewas di Halte Bus Tosari Jalan MH. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2011) sekira pukul 04:00 WIB dinihari. Korban bernama Indra Lesmana, 20 tahun, warga Tanah Abang, Jakarta Pusat, ditemukan tewas diduga akibat ditusuk perampok.

Menurut keterangan saksi di lokasi kejadian, Helmi Irawan, 25 tahun, warga Depok, mengatakan korban saat itu sedang berada di TKP didatangi oleh dua orang pelaku yang meminta barang-barang korban. Kemudian korban berteriak minta tolong sehingga pelaku menusuk korban pada bagian dada kiri dan pinggang kiri.

Oleh saksi, korban ditolong dilarikan ke RS. Jakarta. Namun sekira 30 menit dalam perawatan korban meninggal dunia.

Peristiwa ini dilaporkan ke Polsek Metro Menteng. Kini kasusnya tengah diselidiki untuk mengungkap pelakunya.

Sepasang Muda Mudi Kedapatan Bawa Ganja

Rabu, 20 April 2011 07:58 WIB
PUSKOMINFO - Sepasang muda-mudi tertangkap karena kedapatan membawa ganja seberat 3,5 gram. Rosida dan Erdi, tertangkap di wilayah Kelurahan Kemanggisan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Selasa, 18 April 2011 sekira pukul 19:30 WIB.

Petugas Polsek Metro Kebon Jeruk, Aipda Toto dan Brigadir Wawan, yang sedang melaksanakan operasi kepolisian di lokasi melihat sepasang muda-mudi yang mencurigakan. Petugas kemudian melakukan penggeledahan dan dari tangan kedua tersangka didapati satu plastik berisi ganja seberat 3,5 gram.

Tersangka dan barang bukti digelandang ke Mapolsek Metro Kebon Jeruk untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

19 April 2011

Polsek Metro Kemayoran Tembak Dua Perampas Motor

Selasa, 19 April 2011 12:03 WIB
PUSKOMINFO – Petugas Polsek Metro Kemayoran terpaksa menembak dua perampok motor yang berusaha menabrak petugas saat hendak ditangkap. Kedua perampok motor diketahui sedang melakukan aksinya di Jalan HBR Motik, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (18/4/2011) malam sekira pukul 19:20 WIB.

Petugas yang sedang patroli, Brigadir Siregar dan Briptu Riki, melihat kedua pelaku yang hendak merampas sepeda motor Yamaha Mio berwarna merah yang dikendarai oleh Maria Anastasya Opusungguh yang sedang melintas di Jalan HBR Motik. Kedua petugas kemudian mengejarnya.

Pelaku yang menggunakan motor Kawasaki Ninja B-6368-PPT kabur begitu mengetahui ada polisi yang mengejarnya. Pelaku berusaha menabrakkan sepeda motor yang dikendarai Briptu Riki dan Brigadir Siregar hingga terjatuh.

Briptu Riki yang tak mau buruannya kabur selanjutnya mengambil pistol dan melepaskan tembakan ke kedua tersangka. Tersangka yang terakhir diketahui bernama Bagas,25 tahun, mengalami luka tembak dibagian dadanya, sedangkan tersangka lainnya Rizal,30 tahun, mengalami luka tembak dibagian lehernya. Kedua pelaku pun tersungkur. Meski pelaku luka tembak di dada dan leher, anehnya kedua tersangka itu tak meninggal dunia. Diduga kedua pelaku memiliki ilmu kebal.

Oleh petugas, kedua pelaku dilarikan ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur untuk mendapatkan pertolongan. Sementara itu, petugas juga telah mengamankan barang bukti sepeda motor milik pelaku dan meminta keterangan saksi korban.

Inilah Hasil Operasi Simpatik Jaya - 2011 Polda Metro Jaya

Selasa, 19 April 2011 10:14 WIB
PUSKOMINFO - Operasi Kepolisian Simpatik Jaya-2011 yang digelar Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sejak 28 Maret hingga 17 April 2011, telah menilang 84.546 Pelanggar Lalu Lintas. Sedangkan yang diberi tindakan teguran sebanyak 19.188 pelanggar.

Dari data yang ada, jenis pelanggaran yang paling banyak ditindak adalah pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar sebanyak 13.362 pelanggar. Selanjutnya yang melawan arus sebanyak 6.273 pelanggar, melanggar traffic Light 3.029pelanggar, masuk jalur busway 3.875 pelanggar, melanggar larangan marka dan garis stop 2.783 pelanggar, plat nomor tidak sesuai sebanyak 1.900 pelanggar, larangan parkir 32 pelanggar dan pelanggaran lainnya sebanyak 25.310 pelanggar.

Sedangkan terhadap angkutan umum, sebanyak 6.029 ditindak karena menurunkan dan menaikan penumpang tidak pada tempatnya. 3.120 pelanggaran rambu larangan parkir, 4.503 pelanggaran rambu larangan berhenti, 1.265 pelanggaran tidak dilengkapi surat-surat, 815 pelanggaran marka dan garis stop, 605 pelanggaran traffic laight, 499 memasuki jalur busway, 265 pelanggaran plat kendaraan dan lain-lain pelanggaran sebanyak 1.959 pelanggar.

Selama Operasi Kepolisian ini berlangsung, jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas terjadi 329 kali, dengan jumlah korban meninggal dunia 43 orang, luka berat 103 orang dan luka ringan 275 orang.

Sebanyak 20 Ribu Polisi Amankan Paskah

Selasa, 19 April 2011 09:52 WIB
PUSKOMINFO - Sebanyak 20 Ribu Personel Jajaran Polda Metro Jaya dikerahkan untuk mengamankan hari raya Paskah, pada Jumat (22/4/2011) mendatang.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sujarno, mengatakan, sekitar 2/3 kekuatan personel akan ditempatkan pada wilayah yang dianggap cukup rawan dan patut dilakukan penjagaan. "Mulai dari gereja hingga objek vital akan kita tempatkan pasukan," katanya.

Penempatan personel di wilayah rawan itu akan diserahkan kepolisian setempat karena mereka yang lebih mengetahui situasinya. "Setiap Kepolisian Resor megamankan di masing-masing wilayahnya. Sedangkan Polda Metro Jaya menyiapkan personel Bawah Kendali Operasi (BKO) sebanyak dua per tiga dari 30 ribu personel yang ada," ujar Karo Ops.

Pengamanan akan diintensifkan sejak Jumat (22/4/2011) hingga Ahad (24/4/2011).

Hingga kini, Sujarno menyebutkan, Polda Metro Jaya belum menemukan indikasi teror pada perayaan Paskah. Namun demikian, masyarakat diminta untuk tetap melakukan kewaspadaan di lingkungan masing-masing.

Lokasi Layanan SIM dan STNK Keliling Polda Metro Jaya

Selasa, 19 April 2011 09:17 WIB
PUSKOMINFO - Bagi Masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa mendatangi layanan bus keliling yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Selasa (19/4/2011) mulai pukul 08:00 - 13:00 WIB, di lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat
SIM: Gd Thamrin City
STNK : Lapangan Banteng

2. Jakarta Utara
SIM : Pos Pol Jembatan 3
STNK: Boulevard Barat Kelapa Gading

3. Jakarta Selatan
SIM : Dpn TMP Kalibata
STNK : Sta Tanjung Barat

4. Jakarta Barat
SIM : LTC Glodok Jl. Hayam Wuruk
STNK : Mall Puri Indah Kembangan

5. Jakarta Timur
SIM : Honda Jl. Dewi Sartika
STNK : Pasar Induk Kramat jati

Pembunuh Pelajar SMP Al Manar Bekasi, Ternyata Teman Sekolah

Selasa, 19 April 2011 08:56 WIB
PUSKOMINFO - Petugas Satuan Reserse Kriminal Polresta Bekasi Kota akhirnya berhasil membekuk pelaku pembunuhan David Riadi, pelajar SMP Al Manar yang tewas mengenaskan di pinggir kali Bekasi, Sabtu (16/4/2011) sore lalu. Tersangka MRF alias Deden, 13 tahun, tak lain adalah teman korban di sekolahnya.

Penangkapan terhadap tersangka berkat keterangan kedua saksi teman korban, Faturohman dan Prio. Menurut keterangan kedua saksi, pembununan dilakukan tersangka disaksikan kedua temannya itu.

Petugas akhirnya menangkap tersangka saat sedang berjalan sendiri di daerah Wisma Asri, Bekasi Utara, Senin (18/4/2011) kemarin sekitar pukul 10.00 WIB.

"Kedua saksi Faturohman dan Prio, bersama korban David disuruh jongkok oleh tersangka. Lantas tersangka ditikam celurit dari belakang, sedangkan kedua saksi hanya diam saja," ujar Kasat Reskrim Polresta Bekasi Kota, Kompol Ade Ary Syam Indradi.

Di depan petugas, tersangka MRF alias Deden mengaku kesal dan dendam, karena sering adu mulut dengan korban di sekolah. Pembunuhan yang dilakukan tersangka terhitung direncanakan, karena pelaku sudah mempersiapkan celurit untuk menghabisi korban.

"Korban dijemput oleh tiga orang, yakni kedua saksi dan tersangka. Dalihnya mau ajak merasakan rokok Arab di daerah Kranji, tapi belakangan diketahui korban diajak ke lokasi pembunuhan," jelas Kasat Reskrim.

Seusai menghabisi korban, kata Ade, tersangka meninggalkan jasad korban di jalan Perjuangan RT 1/03 Kelurahan Harapan Baru, Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Ade menambahkan, seusai menghabisi korban, motor mio korban yang baru dimiliki tiga bulan dibawa tersangka, lantas dititipkan di tempat penitipan motor daerah perumahan Duta Harapan, Kota Bekasi. "Saat ditawarkan, kondisi motor korban yang masih berada di tempat penitipan, beberapa sparepart-nya sudah tidak utuh.

Jasad David Riyadi, 14 tahun, pelajar kelas 2 SMP Al Manar pertama kali ditemukan oleh Sandi dan Egon, dalam keadaan mengambang dengan luka sayat dan luka tusuk di sekujur tubuh, ditemukan di Kali Bekasi, jalan Perjuangan RT 1/3, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Sabtu (16/4/2011) sore. Saat ditemukan, di samping jasad korban masih ada handphone.

Kini, petugas masih mendalami keterkaitan kedua saksi pembunuhan, yang tak lain teman sekolah korban. Tersangka dijerat pasal 340 tentang pembunuhan berencana subsider 338 KUHP.

Kebakaran di Harapan Jaya Bekasi Utara, Satu Tewas

Selasa, 19 April 2011 08:10 WIB
PUSKOMINFO - Karyubi, 45 tahun, ditemukan tewas setelah rumahnya terbakar di Kampung Rawa Bambu Rt. 05/16 No. 99 Kelurahan Harapan Jaya, Bekasi Utara, Senin (18/4/2011) pagi. Jenazah Karyubi ditemukan luka bakar di kamar mandi, diduga korban hendak menyelamatkan diri ketika api menghanguskan rumahnya.

Api diduga berasal dari kompor minyak tanah yang menyambar ke kompor gas. Korban yang sedang memasak dengan menggunakan kompor minyak tanah. Namun kompor kehabisan minyak sehingga korban mengisi minyak tanah, kompor dalam keadaan hidup. Rupanya api menyambar minyak tanah yang sedang dituang korban hingga menimbulkan kebakaran.

Nahas, api menyambar tabung gas yang ada di lokasi sehingga dalam waktu singkat api membesar dan menghanguskan rumah korban. Api baru bisa dipadamkan setelah menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran.

Setelah api padam, petugas Polsek Metro Bekasi Utara mendapati jasad korban di kamar mandi dengan luka bakar. Petugas menduga korban tewas akibat kehabisan oksigen ketika berusaha menyelamatkan diri berlari ke kamar mandi. Dari lokasi petugas mengamankan kompor gas dan jerigen minyak tanah.

Jenazah korban selanjutnya dibawa ke RSUD Kota Bekasi untuk dilakukan Visum.

Penembakan di Jalan Raya Sanggrahan Meruya Utara

Selasa, 19 April 2011 07:52 WIB
PUSKOMINFO - Seorang pengendara sepeda motor tiba-tiba menembakan senjata api ke arah pengemudi mobil di Jalan raya Sanggrahan kelurahan meruya Utara, Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (18/4/2011) sekira pukul 18:20 WIB. Korban pengendara mobil, KT, 41 tahun, luka gores di tengkuk belakang akibat terserempet peluru.

Peristiwa terjadi sekira pukul 18:20 WIB, saat korban yang mengemudi mobil di lokasi tiba-tiba pelaku yang mengendarai sepeda motor RX King menggedor kaca pintu sebelah kanan. Karena korban merasa tak punya masalah, korban tidak menghiraukannya. Kemudian korban mendengar suara letusan senjata api dan korban langsung mengecek mobilnya yang ternyata pintu belakang kanan mobil telah berlubang.

Beberapa saat kemudian, korban merasakan nyeri di tengkuk belakangnya. Ketika diraba terdapat darah. Ternyata korban juga mengalami luka gores terserempet peluru. Korban melihat terdapat proyektil bersarang di jok mobilnya.

Kejadian tersebut selanjutnya dilaporkan ke Polsek Metro Kembangan yang kemudian melakukan Olah TKP. Petugas mengamankan sebuah proyektil untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

18 April 2011

Tas Koper Misterius di Islamic Center Jakarta Utara Ternyata Berisi Handphone

Senin, 18 April 2011 08:50 WIB
PUSKOMINFO - Sebuah tas koper warna hitam ditemukan di Islamic Center Jalan Kramat Jaya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, yang dicurigai berisi bom, Minggu (17/4/2011) malam, ternyata berisi sebuah handphone dan foto-foto.

Setelah mendapat laporan warga tentang ditemukannya tas koper yang mencurigakan, Tim gegana dan identifikasi Polres Metro Jakarta Utara langsung datang ke lokasi kejadian melakukan penyelidikan. Tak mau ambil risiko setelah melakukan pemindaian sebanyak tiga kali dengan menggunakan sinar x, petugas memutuskan untuk meledakkan koper ini.

Menurut Kapolres Metro Jakarta Utra Kombes Pol Andap Budi Revianto, isi di dalam koper mencurigakan tersebut bukan sejenis peledak melainkan hanya berisi foto-foto dan sebuah telepon genggam.

"Hanya berisi fofo-fofo dan telepon genggam," ujar Kombes Pol Andap Budi Revianto.

Menurut keterangan saksi, Hendri Dwi Saputra, 32 tahun dan Darmawati, 31 tahun, tas koper warna hitam itu milik seorang wanita yang gerak-geriknya mencurigakan. "Gerak-geriknya seperti orang stress," kata Hendri. Karena curiga Hendri kemudian melaporkannya ke petugas Polres Metro Jakarta Utara.

Lokasi Layanan SIM & STNK Keliling Polda Metro Jaya

Senin, 18 April 2011 08:07 WIB
PUSKOMINFO - Bagi Masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa mendatangi layanan bus keliling yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Senin (18/4/2011) mulai pukul 08:00 - 13:00 WIB, di lokasi sebagai berikut:

1. Jakarta Pusat
SIM: Gd Thamrin City
STNK : Lapangan Banteng

2. Jakarta Utara
SIM : Pos Pol Jembatan 3
STNK: Boulevard Barat Kelapa Gading

3. Jakarta Selatan
SIM : Dpn TMP Kalibata
STNK : Sta Tanjung Barat

4. Jakarta Barat
SIM : LTC Glodok Jl. Hayam Wuruk
STNK : Mall Puri Indah Kembangan

5. Jakarta Timur
SIM : Honda Jl. Dewi Sartika
STNK : Pasar Induk Kramat jati

SIM Keliling hanya untuk memperpanjang SIM A dan SIM C. Pembuatan SIM Baru dan jika masa masa berlakunya habis lebih dari setahun tidak bisa di layanan SIM Keliling. Pengendara harus ke Satpas SIM di Jl. Daan Mogot KM 11 Cengkareng.

STNK Keliling juga hanya untuk memperpanjang STNK setiap tahun. Bukan pengesahan atau habis masa pengesahan STNK 5 tahun atau perubahan kendaraan yang lainnya.

Pelajar SMP Ditemukan Tewas Mengenaskan di Pinggir Kali

Senin, 18 April 2011 07:46 WIB
PUSKOMINFO - David Riadi, 14 tahun, pelajar kelas dua SMP Al Manar, Bekasi Utara, Kota Bekasi ditemukan tewas mengenaskan di pinggir kali Kampung Penggilingan Rt. 01/03, Kelurahan Harapan Baru, Bekasi Utara, Sabtu (16/4/2011). Saat ditemukan warga, tubuh korban dalam kondisi luka tusuk dan luka sayat di sekujur tubuhnya.

Jasad David ditemukan pertama kali oleh Sandi, 16 tahun, dan Egon, 19 tahun yang hendak mandi di kali. Kedua saksi menemukan sesosok jasad dalam keadaan mengambang dengan luka sayat dan luka tusuk di sekujur tubuh. Penemuan tersebut dilaporkan ke Ketua RT setempat yang dilanjutkan ke pihak kepolisian.

"Benar pada hari Sabtu, 16 April 2011 sekira pukul 18:15 WIB ditemukan pelajar tewas dengan luka empat tusukan di punggung. Satu tusukan di perut, empat bacokan luka di leher dan kepala, jari kelingking kiri nyaris putus, dan jari tengah luka. Kini Jasad korban selanjutnya dibawa ke RSUD Bekasi guna visum, selanjutnya dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati guna dilakukan otopsi," ujar Kasat Reskrim Polresta Bekasi Kota, Kompol Ade Ary Syam Indradi.

"Belum diketahui pasti penyebabnya, kasusnya kini dalam penyelidikan Polresta Bekasi Kota," ujar Kasat Reskrim.

Kecelakaan Kerja

Waktu Kejadian : Tanggal 17 April 2011 jam 10.30 WIB.
TKP : PT. UCC United Cand JL. Daan Mogot KM. 16 Kalideres jakbar.
Korban : Irwansyah, 43 TH.
Saksi : Agung Nugrogo, 30 TH.
Kronologis Kejadian : Ketika korban sedang melakukan tugas kontrol mesin pada PT. ACC United Cand, tiba-tiba besi penahan / pengaman lepasdan terpental mengenai dada korban sehingga mengakibatkan luka lebam pada dada korban. Korban dibawa ke RSUD Tangerang, namun korban dinyatakan meninggal dunia di RSUD Tangerang.
Kasus Ditangani : Sektro Kalideres

Penganiayaan Berat Mengakibatkan Meninggal Dunia

Waktu Kejadian : Tanggal 17 April 2011 jam 14.00 WIB.
TKP : Rutan Salemba Blok A No. 1 Kel. Rawasari Cempaka Putih Jakarta Pusat.
Korban : Erwin Siahaan, 29 TH, Alamat : Jl. Pemuda No. 302 RT 01/05 Kel. Eawamangun Jaktim.
Pelaku : Riduan Siregar, 28 TH, Alamat : JL. Lingkungan II RT 10/05 Tegal Alur Jakbar.
Saksi : Ginting.
Kronologis Kejadian : Menurut keterangan saksi, sekitar jam 14.00 WIB korban meminta uang sebesar RP 10.000,- terhadap pelaku namun pelaku tidak terima dan langsung menyabet korban dengan menggunakan pisau cutter ukuran besar hingga mengenai bagian lengan korban lalu korban langsung dibawa ke RS. Polri Kramat Jati namun korban meninggal dunia saat perjalanan.
Kasus Ditangani : Sektro Cempaka Putih.

17 April 2011

Penganiayaan Berat

Waktu Kejadian : Tanggal 16 April 2011 jam 00.30 WIB.
TKP : JL. Makam Joglo RT 08/03 Kel. Joglo Kec. Kembangan jakbar.
Korban : Asmunih als Zhendy, 40 TH, Alamat : TKP.
Pelaku : Lidik.
Kronologis Kejadian : Pada saat koban duduk di TKP didatangi oleh pelaku yang tidak dikenal yang tiba-tiba langsung membacok korban dengan menggunakan sajam, sehingga mengakibatkan korban mengalami luka dibagian kepala depan/jidat, luka sobek bagian dagu, luka sayat di leher dan jari serta ketiak sebelah kanan. Selanjutnya korban dibawa ke RS. Aminah Ciledug, namun sesampainya di RS Aminah korban meninggal dunia dan mayat korban dibawa ke RSCM untuk visum.
Kasus Ditangani : Sektro Kembangan

Mesin Induk kapal MT. REOLA RIBKA Hangus Terbakar

Waktu Kejadian : Tanggal 16 April 2011 jam 09.00 WIB.
TKP : 4 Mil luar dam pintu barat Pelabuhan Tg. Priok Jakarta Utara.
Saksi : Tasim dan Noto (Anggota Dit Pol Air Polda Metro Jaya).
Kronologis Kejadian : Pada hari Sabtu tanggal 16 April 2011 pukul 10.00 WIB anggota operator Dit Pol Air mendengarkan radio channel 12 dari Kepanduan Tg. Priok Jakarta Utara yang mengatakan bahwa ada kapal MT. Reola Ribka mengalami kebakaran pada kamar mesin selanjutnya patroli kapal Polisi meluncur ke TKP. Selanjutnya api pada kamar mesin dapat dipadamkan pada pukul 11.00 WIB dan salah satu ABK a.n. Jonathan Samapta Purba mengalami luka ringan pada kaki kiri dan korban dibawa ke RS. Pelabuhan Jakarta.
Tindakan Kepolisian : Mendatangi TKP dan mengambil data serta melakukan koordinasi dengan Syahbandar Utama Pel. TG. Priok

Tips Merawat Tinta

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam tips perawatan printer atau cara merawat printer. Namun kalau hal itu kita lakukan dengan benar akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan usia pakai printer kita.

Berikut ini saya sharing tips perawatan printer atau cara merawat printer khususnya Inkjet printer yaitu yang menggunakan Tinta Cair :

1. Gunakan printer secara berkala dan teratur. Jangan membiarkan printer “nganggur” dalam waktu yang cukup lama. Setiap hari atau dua hari sekali printer harus dipakai untuk mencetak paling tidak 2 – 3 lembar dan pastikan hasil cetakannya sempurna. Usahakan cetakan berimbang dalam hal warna… artinya jangan warna hitam saja tetapi cetaklah tulisan/gambar yang mengandung unsur warna hitam, merah, kuning dan biru (warna-warni) sehingga diharapkan seluruh Head bekerja semua. Hal ini bertujuan menjaga agar tinta pada seluruh Print Head tidak mengering/menggumpal.

2. Jangan biarkan Cartridge/Ink Tank kosong dalam waktu cukup lama. Segera isi Cartridge apabila tinta mulai kosong/habis.

3. Dalam melakukan isi ulang/refile khususnya saat melepas cartridge, jangan sampai menyentuh pin CMOS (ditandai dengan gambar telapak tangan yang di silang). Pin tersebut sangat sensitif (bisa rusak) akibat listrik statis yang berasal dari tubuh kita.

4. Gunakan merk tinta yang sama saat isi ulang/refile. Kalaupun berbeda pastikan tinta pada cardtridge telah benar-benar kosong/habis. Hal ini untuk menghindari adanya reaksi penggumpalan tinta akibat merk tinta berbeda yang dapat menyumbat lubang tinta pada Head. Ini yang biasanya sering dilupakan dalam tips perawatan printer.

5. Saat mencetak gunakan kertas yang bersih dan masih “layak” artinya tidak lusuh atau “lungset” karena kertas yang lusuh dapat menyebabkan macet/berhenti mencetak atau “mbulet” akibat kertas yang slip pada rol printer. Selain itu kertas yang berdebu dapat menyebabkan debu nempel ke Head.

6. Bersihkan printer yang kotor menggunakan kuas atau lap dengan kain. Khusus bagian dalam gunakan kuas kecil untuk dapat mencapai sela-sela yang sulit. Saat melakukan pembersihan pastikan printer dalam keadaan OFF atau Mati total (kabel listrik tercabut).

7. Matikan printer sesuai prosedur, yaitu dengan menekan dulu tombol “Off” kemudian mencabut kabel yang terhubung ke listrik. Jangan langsung mencabut kabel listrik-nya… karena pada saat itu System Bios printer masih bekerja/aktif. Ini juga sering dilupakan dalam cara merawat printer. Kalau hal itu sering dilakukan akan menyebabkan System Bios error (printer error/rusak pada system) dan harus dilakukan Erase dan Flash ulang BIOS EEPROM. Dalam kondisi extrime hal tersebut dapat merusak BIOS secara Hardware (IC BIOS/EEPROM rusak) dan itu termasuk sangat parah…. Selain itu mematikan printer dengan mencabut langsung kabel listriknya menyebabkan Capping Head printer saat itu mungkin belum pada posisi park yang benar sehingga dapat menyebabkan tinta mengendap dan mengering pada Head.

8. Gunakan penutup printer supaya terlindung dari debu. Anda dapat menutupnya rapat dengan kain sehingga masih ada pertukaran udara. Jangan menggunakan penutup (menutup rapat) dengan plastik karena udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer.

9. Kalau printer Anda sering digunakan (biasanya untuk kantor) jangan sering-sering mematikan printer pada setiap habis ngeprint… biarkan printer tetap menyala. Hal ini untuk meminimalisir Over Hit Counter pada Limit Counter BIOS. Semua printer memiliki batasan jumlah mencetak (rata-rata 2000 kali). Setiap kita menyalakan printer maka Counter akan bertambah (dianggap 1 kali mencetak). Bayangkan kalau selama jam kerja (misal 8 jam) kita mematikan dan menyalakan printer sampai 10 kali atau 20 kali….?!! maka hal tersebut akan mempercepat kita melakukan RESET Counter pada BIOS printer kita.

10. Jangan terlalu sering mencetak gambar / tulisan yang dipertebal atau Fill dengan kepadatan yang tinggi karena akan memperberat kerja Head yang otomatis akan memperpendek usia Head.

11. Khusus printer yang pakai Infus,… Letakkan Tangki Tinta Infus sejajar (agak rendah sedikit) dengan Catridge. Hal ini untuk menjaga agar tinta tidak mengalir secara langsung ke Catridge pada saat printer tidak digunakan.

12. Bersihkan/cuci Busa/Spon Penghisap tinta yang ada dibagian Dalam printer paling tidak 1 tahun sekali atau kalau dirasa daya hisapnya mulai melemah. Biasanya ditandai dengan tidak berjalannya Proses Cleaning Head atau ada luberan tinta dibagian dalam printer. Kalau hal tersebut dibiarkan bisa berbahaya bagi rangkaian elektronik/mekanik printer. Pada beberapa kasus dipakai trik yaitu dengan mengeluarkan slang yang masuk penghisap dan ditampung pada wadah tersendiri. Khusus yang no.12 ini kalau Anda belum berpengalaman bisa minta bantuan Teknisi.

Tips Perawatan Printer atau Cara Merawat Printer diatas kalau kita laksanakan dengan benar dapat mengoptimalkan kinerja printer dan memperpanjang usia pakai printer kita.