27 Maret 2012

Satuan Sumdaling Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya Sita 5,1 Ton Solar yang Ditimbun di TPA Bantar Gebang

Selasa, 27 Maret 2012 14:14 WIB
PUSKOMINFO - Aparat Kepolisian dari Satuan Sumber Daya Lingkungan (Sat Sumdaling) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menyita 5,1 ton solar yang ditimbun di daerah Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Penimbunan tersebut dilakukan oleh seorang yang bekerja di perusahaan operator sampah TPA Bantar Gebang dan ditangkap pada tanggal 22 Maret 2012.

"Kita sita 5.120 liter solar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Selasa (27/3/2012).

Kata Kabid Humas, tersangka dengan inisial LFL, diduga penimbunan ini dilakukan oleh tersangka sejak beberapa bulan terakhir. "Kasusnya masih didalami, belum ada keterlibatan perusahaan di sini. Pelanggaran dilakukan tersangka, karena dia yang punya wewenang mengatur operasional BBM untuk operasional alat-alat beratnya," tambahnya.

Kabid Humas menambahkan, modus yang digunakan oleh tersangka yaitu dengan cara mengisi truknya dengan solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). "Setelah truknya terisi penuh, truk tersebut mengeluarkan solarnya kembali dan dipindahkan ke jerigen untuk dipakai di alat operasional perusahaan seperti, mesin pengeruk (Beko)," lanjutnya.

Seharusnya, lanjut Rikwanto, perusahaan tersebut menggunakan bahan bakar solar industri. "Harusnya dia menggunakan bahan bakar solar industri, bukan bahan bakar subsidi. Ini penyalahgunaan namanya," tutupnya.

Akibat perbuatannya, Tersangka dijerat pasal 53 UU No 22 tentang penyalah gunaan BBM bersubsidi, dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar