11 Oktober 2012

Lagi Ada Pemutihan, Ayo Bayar Pajak Kendaraan


Kamis, 11 Oktober 2012 09:29 WIB
PUSKOMINFO - Ada kabar gembira bagi yang belum membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) dan terkena denda. Mulai hari kemarin , Rabu (10/10/2012), Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan penghapusan denda PKB untuk beberapa pekan ke depan.

"Aturan tersebut berlaku sampai dengan tanggal 28 Oktober 2012," kata Kepala Unit Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Samsat Jakarta Selatan, Dody, Kamis (11/10/2012).

Tidak hanya mendapat penghapusan denda, wajib pajak juga diberikan potongan pokok PKB sebesar 25 persen setiap tahunnya. Misalnya, pokok PKB Rp 100 ribu, hanya dibayar Rp 75 ribu saja.

"Disertai dengan penghapusan sanksi administrasi atau denda PKB tersebut," kata Dody.

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No 77 Tahun 2012 tanggal 5 Juli 2012 tentang pemberian pengurangan PKB dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) serta penghapusan sanksi administrasi, dan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No 134 Tahun 2012 tanggal 19 September 2012 tentang perubahan atas Pergub No 77 Tahun 2012.

Selain mendapat keringanan dalam membayar pokok PKB dan juga penghapusan denda PKB, wajib pajak juga mendapatkan kabar gembira lainnya. Wajib pajak yang hendak mengganti nama kepemilikan kendaraannya tidak dikenakan Bea Balik Nama (BBN).

"Untuk BBN dikurangi sebesar 100 persen dari pokok BBN-KB atau dihapus. Ini juga berlakunya hanya sampai dengan tanggal 28 Oktober 2012," jelas Dody.

20 komentar:

  1. berarti kalau saya balik nama skrg juga dapat potongan pokok PKB sebesar 25 persen ?
    kalau sepeda motor saya dari jakarta pusat mau balik nama ke jakarta selatan bisa langsung balik nama di samsat jakarta selatan ?

    BalasHapus
  2. satu poin lagi dong pak polisi...SUMBANGAN WAJIB dana kecelakaan lalu lintas jalan....

    BalasHapus
  3. apakah bisa dilakukan di gerai STNK keliling atau mesti di samsat?

    BalasHapus
  4. apakah berlaku di seluruh bagian jakarta ? baik timur, selatan, barat dan utara ?

    BalasHapus
  5. hanya untuk wilayah DKI atau plus Prov BANTEN?

    BalasHapus
  6. apakah jg berlaku di samsat tangerang?

    BalasHapus
  7. PAK PERPANJANG DONG SAMPAI AKHIR BULAN. MASA SAMPAI HARI MINGGU. EMANG BUKA.?

    BalasHapus
  8. PAK POLISI DAN DISPENDA DKI UNT MOHON DIPERPANJANG MASA PEMUTIHAN PAJAK NYA.....KARENA MSH BANYAK DARI KAMI YG MSH BLM MEMBAYAR PAJAK.. PAJAK.....

    BalasHapus
  9. Saya tidak tahu kalo ada pemutihan BBN. Apakah sudah dilakukan sosialisasi yang luas untuk ini?
    Jika bisa, dapatkah pemutihan BBN ini diperpanjang?
    Trimakasih.

    BalasHapus
  10. Informasi ini sepertinya tidak transparan dan akhirnya menyesatkan. Saya masukan berkas tanggal 24 Oktober 2012 dan dengan alasan menumpuknya data akhirnya STNK baru tercetak dibulan November 2012 yang dikenakan BBN dan denda. Kalo udah begini sepertinya hanya akalan2 untuk mendapatkan pemasukan dan kita jadi merasa dizholimi/ditipu. Padahal yang diurus melalui Inkopol Polda Metro (ibu Susi).
    Kok menurut saya sepertinya jadi akal2an pemerintah daerah untuk mendapatkan pemasukan. Kalo memang benar akal2an jadi tidak heran kalo bangsa ini sering dilanda musibah dan bencana. Dana2 untuk bayar gaji karyawan dan pembangunan didapat dengan cara2 yang tidak benar dan mendzolimin rakyat.

    BalasHapus
  11. TAHUN 2013 INI ADA LAGI GAK UNTUK PEMUTIHAN PAJAK DI DKI

    BalasHapus
  12. nah saya mau tanya nih stnk mobil sy kan plat B(jakarta)tapi bukan atas nama sendiri,kebetulan pajaknya bulan depan habis kan mo perpanjang pajak caranya gmn?apa kudu BBN sedangkan BPKBnya di leasing di purwakarta atas nama orang lain juga hehehe maklum belum lunas jadi mohon solusinya gmn???

    BalasHapus
  13. Kapan ? jadwal pemutihan pajak tahun 2013, tolong informasinya seluas luasnya kalau perlu di informasikan ke tv dan radio agar masyarakat kelas bawah yang membutuhkan dan mungkin nggak punya internet bisa tau , jadi programnya tepat sasaran.

    Terima kasih.

    Budi - Salemba Tengah

    BalasHapus
  14. Kapan ada jadwal pemutihan stnk lagi dibulan sept 2013 dst..?

    Salam sehat

    BalasHapus
  15. mohon infonya kapan ada pemutihan stnk untuk tahun 2013 ini... terima kasih...

    BalasHapus
  16. maaf bp/ibu petugas yg membidangi bpkb,sy kebeneran beli kendaraan roda 4 plat B, kebeneran surat bpkb sementara dan STNK yang baru, kendaraan trsb mau di mutasikan ke jogja, posisi kendaraan ada di jogja dan mau di cek fisik bantuan di samsat gunungkidul,pertanyaan sy bisa kah cek fisik pake bpkb sementaara terima kasih bp, ibu

    BalasHapus
  17. Saya Pendatang Baru Di Room iNi.Ingin Mengucapkan Banyak Terimah Kasih.Untuk AKI,BARAKA.yAng Telah Membantu Saya Melunasi Semua Hutang2.Saya.Karna Berkat Bantuang Angka Ghoib Dari AKI,BARAKA.Yang Di Berikan Kepada Saya yAitu_(3231)_Akhir Nya Berhasil Saya Menangkan Di Putaran SGP.Alhamdulillah Saya Memenangkan Rp'72jta.Dan Saya Tidak Menyangka AKI,BARAKA.telah Merubah Nasib Saya Hanya Sekejap.Ini Adalah Benar Benar Kisah Nyata Dari Saya.Untuk Anda Yang Penuh Kepercayaan Dan Keyakinan.Dan Yang Ingin Merasakan Kemenangan 4D-Dalam 7X Putaran.Silahkan Anda Hubungi Langsung AKI,BARAKA.Di Nomor_0_8_2_3_1_0_2_9_6_7_7_7_Saya Sangat Yakin Bahwa Angka Ghoib Hasil Ritual AKI,BARAKA.dapat Merubah Nasib Anda Seperti Saya.Terimah Kasih.Thank'z Roomx Shobath ★

    BalasHapus
  18. kapan ada lagi pemutihan seperti ini...?????.
    tolong info nya untuk wilayah dki jakarta krna saya ingin mutasi pindah alamat ke tangerang....
    mohon info nya kirim ke email saya bila berkenan....
    terima kasih.

    BalasHapus
  19. Untuk thn 2014 pemutihan nya kapan ya? Tlg info nya ya...tks

    BalasHapus