03 Desember 2012

Empat Pengedar Narkoba Ditangkap, Barang Bukti 3,9 Kg Sabu dan 4.920 butir psikotropika jenis H5

Senin, 3 Desember 2012 20:10 WIB
PUSKOMINFO - Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menangkap empat pengedar narkoba di jalan Kumpi Blok K3 No 3 Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Petugas menyita barang bukti narkotika jenis sabu seberat 3,9 kilogram dan 4.920 butir psikotropika jenis H5.

Tersangka berinisial AVC alias Abeng, 53 tahun, WVT, 29 tahun, JH, 40 tahun, dan JHS, 34 tahun.

"Setelah menjadi DPO hampir satu tahun, akhirnya kita bisa menangkap Abeng di sebuah rumah di Kalideres," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombespol Suntana, Senin (3/12/2012).

Suntana menuturkan, penangkapan ini merupakan hasil pengembangan dari perkara terdahulu yang dilakukan Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat. Setelah melakukan observasi selama seminggu, polisi akhirnya menangkap keempat tersangka pada Kamis (29/11/2012).

Keempat tersangka yang ditangkap tersebut memiliki peran masing-masing. Abeng berperan sebagai bandar, WVT berperan sebagai kurir, serta JH dan JHS sebagai pembeli barang-barang tersebut.

Dua orang pembeli tersebut rencananya akan membawa barang-barang narkotika ke daerah Medan. Kemungkinan mereka akan menggunakan jalan darat untuk bisa sampai ke Medan tanpa pengawasan yang ketat.

Dalam penangkapan ini diketahui juga kalau warga Malaysia yang berinisial A menjadi penyetir dalam penjual-belian narkoba di Indonesia.

"Mereka disetir oleh orang Malaysia, sampai sekarang dia masih jadi DPO," ungkap Kombespol Suntana.

Dari hasil barang-bukti tersebut, kata Kapolres, perkiraan omset yang akan mereka dapatkan sekitar Rp 5.693.000.000. Dengan melakukan penyitaan barang bukti ini, polisi bisa menyelamatkan 28.920 calon penyalahguna narkoba, karena setiap gram sabu dapat dikonsumsi oleh 6 orang.

Selain itu, polisi juga bisa menyelamatkan 4.920 calon pengguna psikotropika jenis H5, jika satu orang pengguna mengonsumsi 1 butir psikotropika.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar