04 April 2016

Besok, Jalur 3 in 1 Ditiadakan

Besok Uji Coba Penghapusan 3 In 1 Dimulai
Senin, 4 April 2016 09:19 WIB
PUSKOMINFO - Besok, Selasa (5/4/2016), jalur-jalur 3 in 1 ditiadakan. Setiap kendaraan bebas melintas di jalur-jalur yang memberlakukan aturan penumpang kendaraan lebih dari tiga orang tersebut.

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum (Kasubdit Bin Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto, uji coba penghapusan 3 in 1 bakal dilakukan selama sepekan. Uji coba, kata AKBP Budiyanto, dilakukan untuk menghitung kepadatan arus lalu lintas.

"Akan diperhitungkan kondisi saat 3 in 1 ditiadakan dan sebelumnya," kata AKBP Budiyanto ketika dihubungi wartawan, Senin (4/4/2016) pagi.

Nantinya hasil uji coba yang dimasukkan ke dalam bentuk angka-angka itu akan dipakai untuk memutuskan apakah 3 in 1 layak dihapus atau tidak.

Lebih lanjut, AKBP Budiyanto menyebut bahwa 3 in 1 merupakan kebijakan sementara yang dibuat untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintasdi beberapa ruas jalan protokol di Jakarta. Itu dilakukan sambil menunggu instrumen lain matang untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas matang, sepeti ERP (jalan berbayar), maksimalisassi Bus Transjakarta, dan MRT. Sampai saat ini instrumen-instrumen tersebut belum berjalan. Makanya peniadaan 3 in 1 mesti dikaji dan diujicoba dulu.

Uji coba penghapusan 3 in 1 akan dilakukan dua tahap. Pertama pada Selasa, 5 April 2016 hingga Jumat, 8 April 2016. Selanjutnya, uji coba digelar pada 11-13 April 2016.

Uji coba dilakukan di jalur-jalur yang selama ini digelar 3 in 1 yaitu, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Medan Merdeka Barat, dan sebagian Jalan Gatot Subroto.

1 komentar: