13 April 2016

Gasak 50 Sepeda Motor, 2 Dari 5 Kawanan Curanmor Ditembak Polsek Metro Kalideres

Gasak 50 Motor Calon Pengantin Ditembak Polisi
Salah satu tersangka curanmor yang ditembak Polsek Metro Kalideres

Rabu, 13 April 2016 07:36 WIB
PUSKOMINFO - Dua dari lima pelaku komplotan pencuri motor dan mobil (curanmor) ditembak petugas Polsek Metro Kalideres karena melawan saat akan ditangkap. Pelaku yang terpaka ditembak kakinya yakni, Agung, 19 tahun dan Alex, 40 tahun. Tiga pelaku lainnya yang diringkus tanpa perlawanan yakni, Wulan, 25 tahun, Suhadi, 30 tahun dan Sukimin, 40 tahun.

Komplotan mereka dalam dua minggu terakhir telah menggasak 50 sepeda motor dari sejumlah tempat di wilayah Jakarta dan Tangerang.

Kapolsek Metro Kalideres Kompol Ewo Samono menjelaskan, terbongkarnya komplotan pencuri motor dan mobil ini bermula dari laporan korban AB yang mengaku mobil Daihatsu Xenia miliknya di bawa kabur Wulan.

Petugas pun menangkap Wulan yang belakangan menggadaikan mobil tersebut kepada Suhadi dan Alex. Catatan kepolisian Alex ternyata ada pelaku pencurian motor yang telah lama dicari petugas. Dari pengakuan Alex inilah petugas menangkap Sukimin dan Agung.

"Saat kami mengembangkan kasus ini Alex dan Agung berupaya melarikan diri dan melawan tegas. Terpaksa kami melepaskan tembakan di kaki kedua pelaku," jelas Kapolsek, Selasa 12 April 2016 kemarin. 

Kapolsek menuturkan, Alex dan Agung sangat lihai dalam menjalankan aksinya. Dalam sehari, keduanya berhasil menyikat 10 sepeda motor di sejumlah tempat di Jakarta dan Tangerang. Sepeda motor hasil curian, dijual ke penadah bernama Andre yang kini tengah diburu petugas. 

"Komplotan ini sudah menggasak 50 sepeda motor dalam kurun dua minggu terakhir. Uang hasil kejahatan dipergunakan untuk foya-foya dan biaya nikah pelaku Agung," ujarnya.

Tersangka Agung dihadapan penyidik mengakui segala perbuatannya. Menurut Agung, nekat mencuri karena butuh biaya besar untuk menggelar pesta pernikahan pada 6 Juni 2016 mendatang 

"Biaya pesta nikah itu besar, makanya saya ikut maling motor," ujarnya tertunduk malu. Atas perbuatanya, para pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

1 komentar: