04 Mei 2016

Polda Metro Jaya Siap Mengamankan Libur Panjang (Long Weekend) Isra Mi'raj dan Kenaikan Isa Almasih


Rabu, 4 Mei 2016 10:56 WIB
PUSKOMINFO - Kepolisian Daerah Metro Jaya telah siap mengamankan libur panjang (long weekend) perayaan Isra Mi'raj dan Kenaikan Isa Almasih (5-8 Mei). Pada Rabu (4/5/2016) pagi ini, apel pengamanan digelar di lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya.

Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigjen Pol Nandang Jumantara mengatakan polisi telah menyiapkan personel dan peralatan untuk menghadapi libur panjang mulai 4-8 Mei 2016.

Nandang mengatakan akan ada 6.295 personel gabungan dari jajaran Polda Metro Jaya, Markas Besar Polri, Jasa Marga, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Perhubungan, yang diturunkan untuk mengamankan sejumlah lokasi. "Itu sudah rapat koordinasi di mana saja penempatan kami atur. Sehingga tidak terjadi penumpukan personil juga dan di titik-titik rawan," kata Wakapolda di Markas Polda Metro Jaya, Rabu (4/5/2016).


Wakapolda menyebutkan, ada beberapa sasaran yang menjadi objek pengamanan. Pertama, jalur-jalur yang akan dipakai mudik maupun wisata oleh masyarakat, seperti tol Karang Tengah, tol dalam kota, tol Jagorawi, tol JORR, dan tol Jakarta-Cikampek.

Untuk mengatasi kemacetan di jalan tol, petugas akan membantu transaksi jemput kendaraan pada tiap gerbang tol. Petugas juga akan memberlakukan contra flow dan buka-tutup exit tol, serta pengalihan arus kendaraan dari jalan tol ke ruas jalan arteri. Selain itu, petugas juga akan melakukan buka tutup rest area. "Supaya tidak terjadi penumpukan yang memacetkan bahu jalan atau jalan tol tersebut," ujar Wakapolda.

Kedua, pengamanan di tempat ibadah seperti masjid dan gereja, karena bertepatan dengan perayaan kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj. Petugas yang diturunkan untuk mengamankan Gereja Katedral ada 276 personil, sementara Gereja Imanuel Jakarta Pusat sebanyak 276 personil. Untuk di Masjid Istiqlal, ada sebanyak 450 personil yang diturunkan. 

Selain tiga tempat tersebut, Wakapolda mengungkapkan, jajaran kepolisian resort wilayah sudah memetakan gereja dan masjid yang merayakan."Kami mempersiapkan jajaran kepolisian terutama polres ke wilayah sudah memetakan gereja mana saja yang akan dipakai ibadah dan masjid yang akan merayakan Isra Miraj," tutur Wakapolda.

Berikutnya, pengamanan di tiga tempat rekreasi utama. Taman Impian Jaya Ancol akan dijaga oleh 239 personel kepolisian. Sementara 258 personel akan mengamankan Kebun Raya Ragunan, dan 249 personel di Taman Mini Indonesia Indah.

Wakapolda mengimbau bagi masyarakat yang hendak pergi agar memastikan pintu dan jendela rumah terkunci dengan benar. Begitu juga dengan listrik dan alat-alat masak. "Sehingga meninggalkan rumah dalam keadaan aman, terkunci," tuturnya. "Dari polres, polsek juga melaksanakan patroli, sehingga masyarakat yang pergi wisata bisa dengan tenang meninggalkan rumah." pungkas Wakapolda.

1 komentar: