25 Mei 2016

Polres Metro Jakarta Selatan Sita Ribuan Pasang Sepatu Nike Palsu

BREAKING NEWS: Polisi Sita Ribuan Pasang Sepatu Nike Palsu

Rabu, 25 Mei 2016 08:37 WIB
PUSKOMINFO - Kepolisian Resort Metro Jakarta Selatan berhasil membekuk dua orang berinisial J, 30 tahun dan S, 38 tahun, pedagang sepatu palsu di empat toko di kawasan Jakarta Selatan, Senin (24/5/2016). Keduanya diduga menjual sepatu palsu dengan menggunakan merek menyerupai sepatu ternama Nike.
Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol  Tubagus Ade Hidayat, mengatakan pengungkapan kasus ini berawal dari laporan dari pihak pemilik merek yang mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan. Mereka melapor merek sepatu tersebut diproduksi secara ilegal dan dijual di beberapa toko di kawasan Jakarta Selatan.
"Kemarin kami melakukan penyitaan terhadap  2.128 pasang sepatu di empat toko yang ada di Jakarta Selatan. Barang yang kami amankan ini menyerupai merek asli," kata Kapolres, Selasa (24/5/2016).
Kapolresta menambahkan, Menurut pengakuan dari tersangka, sepatu tersebut diperoleh dengan cara dibeli dari Guangzhou, China. Kemudian ribuan sepatu tersebut di bawa ke Indonesia dengan cara dikirimkan melalui jasa pengiriman ekspedisi.
"Barang ini tidak diproduksi Indonesia, tapi dari Guangzhou, China. Barang dikirim lewat jasa pengiriman lalu sampai di Indonesia baru dijual," ungkap Kapolres.
Selain itu, kedua tersangka sudah menjual sepatu ilegal itu hampir selama dua bulan di empat toko di kawasan Jakarta Selatan maupun melalui online. Mereka nekat menjual barang ilegal tersebut lantaran tergiur dengan omset yang cukup besar, mencapai ratusan juta rupiah setiap bulan.
"Penjual paham ini barang tiruan. Harganya relatif cukup jauh berbeda. Kalau yang asli bisa mencapai Rp1-3 juta, tapi ini dijual Rp300-800 ribu," ungkap Kapolres.
Atas perbuatannya tersebut, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 94 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2001 tentang merek dengan ancaman pidana penjara 1 tahun dan denda Rp.200 Juta.

1 komentar: