01 Mei 2016

Sindikat Penipu Dana BOS Ditangkap Polres Metro Jakarta Selatan

Minggu, 1 Mei 2016 08:28 WIB
PUSKOMINFO - Aparat Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Selatan berhasil menangkap kawanan penipuan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Empat pelaku berhasil diamankan polisi.

Kasatreskim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Audie S Latuheru mengatakan, keempat pelaku ini diamankan karena adanya laporan dari salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Empat pelaku berhasil kami amankan setelah mendapatkan laporan dari satu SD di Kebayoran Baru," ujar AKBP Audie, Sabtu (30/4/2016) kemarin.

AKBP Audie menjelaskan, keempat pelaku itu melakukan penipuan dengan berperan menjadi petugas dinas pendidikan, bahkan ada juga yang mengaku-ngaku sebagai Direktur Utama Bank Indonesia (BI).

"Berawal dari kasus penipuan, yaitu dengan modus memberikan dana BOS, keempat tersangka berperan seolah-olah menjadi petugas dinas pendidikan, ada juga yang berperan menjadi Dirut BI, kemudian ada juga yang berperan sebagai bendahara BI," jelas AKBP Audie.

Menurut AKBP Audie, dengan cara itulah pelaku berhasil mengelabui korbannya untuk percaya, sehingga dana BOS yang jumlahnya mencapai Rp200 juta dapat segera cair. Korban pun percaya dan langsung mengirimkan uang dengan jumlah uang yang cukup besar kepada pelaku.

"Dari situ korban tertipu kemudian mentrasfer uang dengan jumlah yang cukup  besar, dengan harapan akan mendaptkan dana BOS itu sebesar Rp 200 juta," tukas AKBP Audie.

Keempat pelaku, lanjut AKBP Audie, saat ini masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Metro Jakarta Selatan. "Masih kami lakukan pemeriksaan sampai saat ini," pungkas AKBP Audie.

1 komentar: