06 Juni 2016

Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya Tangkap 3 Pembobol ATM BRI

Senin, 6 Juni 2016 09:15 WIB
PUSKOMINFO - Petugas Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Metro Jaya menangkap tiga pelaku pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Rakyat Indonesia. Ketiganya adalah AH, 44 tahun, AS, 38 tahun, dan ARS, 35 tahun.

Kepala Bidang Humas (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono, mengatakan ketiga tersangka membobol mesin ATM di banyak tempat di wilayah Jakarta dan sekitarnya. "Mereka beraksi di mesin ATM Tebet, Bekasi, Ciledug, Karawang, dan masih banyak lagi," katanya kepada wartawan, Minggu (5/6/2016).

kabid Humas mengatakan ketiga tersangka membobol uang di ATM dengan cara melakukan transaksi penarikan tunai secara normal. Namun, saat mesin ATM memproses dan uang akan keluar dari kotak exit money, tersangka memakai alat tertentu untuk mengganjal dan menghindari proses debit. "Setelah uangnya keluar, tersangka mengecek saldo rekening mereka tidak berkurang," tuturnya.

Dengan cara tersebut, mereka berhasil mengambil uang total Rp 537 juta dari beberapa mesin ATM. Dari ketiganya, polisi menyita barang bukti berupa 2 lembar KTP, 6 telepon seluler, 1 laptop, 14 kartu ATM, 13 buku tabungan, 1 gagang sendok yang telah dimodifikasi, 1 gagang alat pemotong kuku, 1 obeng, 1 pinset, dan uang tunai sebesar Rp 65 juta.

Akibat perbuatannya, ketiga tersangka dikenai pasal 362 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara.

1 komentar: