06 Juni 2016

Mencegah Keterlibatan Anak dalam Kejahatan di Internet, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kampanyekan Save Child on the Internet

Peduli Perkembangan Anak, Krimsus Polda Metro Jaya Kampanyekan Save Child on the Internet
Senin, 6 Juni 2016 09:36 WIB
PUSKOMINFO - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Metro Jaya mengampanyekan Save Child on the Internet.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Reskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Fadil Imron mengatakan, kampanye dilakukan lantaran polisi memprediksi kejahatan di dunia maya bakal berkembang pada 10 tahun mendatang."Saya sebulan di sini, tentu saya scanning terus kasus-kasus," kata Kombes Pol Fadil di Main Hall Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (3/6/2016).


Kombes Pol Fadil menyakini, kejahatan terhadap anak bukan lagi terjadi di dunia nyata, namun lebih banyak terjadi di dunia maya. Ia menjelaskan, anggotanya harus segera mengambil langkah signifikan untuk mencegah semakin banyak timbul korban dan keterlibatan anak dalam kejahatan di dunia maya.

Kombes Pol Fadil menegaskan, bila tidak segera bertidak maka akan terlambat penanganannya."Kalau kita tidak bersikap, kita akan ketinggalan. Di negara tetangga sudah sangat maju, maka ada badan khusus," jelasnya.

Indonesia masuk 10 besar dalam negara pengguna internet. Atas hal tersebut, Kombes Fadil berharap, kampanye Save Child on the Internet bisa berimplikasi untuk pencegahan kejahatan seksual terhadap anak.

"Kita banyak pengguna sosmed. Implikasinya lebih banyak hal negatif antara lain kejahatan. Kalau tidak segera ada pencegahan ini akan bahaya," tegasnya.

Dia mengatakan, dengan kampanye tersebut bisa menjadi titik awal pencegahan kejahatan dunia maya dan kejahatan seksual terhadap anak. Pasalnya banyak konten berbahaya di internet, yang kini bisa diakses bebas oleh semua kalangan.

1 komentar: