03 Juni 2016

Polda Metro Jaya Gagalkan Peredaran Uang Dolar Palsu

Polisi Gagalkan Peredaran Uang Dolar Palsu
Jumat, 3 Juni 2016 08:35 WIB
PUSKOMINFO - Aparat Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya menggagalkan peredaran uang palsu pecahan 100 dolar Amerika Serikat senilai Rp4,2 miliar di tiga lokasi berbeda di Jakarta. Dari barang bukti tersebut, polisi juga mengamankan delapan tersangka yang berperan sebagai kurir.

"Delapan tersangka diamankan masing-masing di Ragunan, Blok M, dan Sarinah. Total barang bukti uang dolar Amerika pecahan 100 dolar sebanyak 3.277 dolar US," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono di Mapolda Metro Jaya, Kamis (2/6/2016).

Saat ini polisi memburu otak pemalsuan uang tersebut yang masih buron. "Dua orang (berinisial) WLM dan MUH masih kita buru. Mereka masuk Daftar Pencarian Orang (DPO)," ungkapnya.

Dalam menjalankan aksinya, para pelaku dinilai cerdik. Mereka hanya mencetak dolar palsu sesuai pesanan. Artinya pembelinya masih bagian dari sindikat dan kini tengah diburu.

Sedang bentuk fisik dolar palsu ini, Kabid Humas menyebut tingkat kemiripannya mencapai 80 persen. Sehingga, cukup sulit membedakan dengan aksinya. "Secara kasat mata memang warnanya pucet, kertasnya tebal," tandasnya.

1 komentar: