16 Juni 2016

Polda Metro Jaya Musnahkan Barang Bukti Narkotika

Kamis, 16 Juni 2016 14:49 WIB
PUSKOMINFO - Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya memusnahkan barang bukti narkotika berupa sabu cair, sabu kristal, dan ekstasi hasil pengungkapan Maret hingga Mei 2016. Narkoba itu diestimasi nilainya mencapai Rp125 miliar.
"Tersangkanya ada lima orang. Tiga WNA, dua WNI," kata Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Nandang Jumantara dalam sambutannya di sela giat pemusnahan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (16/6/2016).
Menurutnya, barang bukti tersebut berasal dari tiga kasus berbeda. Pertama ialah dari tersangka BLS yang merupakan warga Iran dan TSG, Warga Indonesia. Keduanya kedapatan membawa sabu cair 42 kilogram dalam kantong plastik dan ditangkap di Expedisi Aramex Jalan Bekasi Timur, Pulogadung, Jakarta Timur.
Kemudian ada RR yang dicokok di Jalan Maleo, Bintaro Jaya, Sektor 9, Pondok Aren, Tangerang Selatan lantaran memiliki sabu kristal 4,8 Kg.
"Dan ekstasi sebanyak 109.700 butir yang disita dari tangan MUC alias M dan CKP asal Malaysia. Mereka ditangkap di depan Apotek Roxy Jalan Mangga Besar IX Taman Sari, Jakarta Barat," ujar Nandang.
Pemusnahan zat berbahaya itu dilakukan dengan cara di-mixer serta di-blender. Hal itu dirasa lebih efektif lantaran bisa mengurai zat-zat metafetamin.
"Jika barang-barang ini dikonversi dengan uang maka didapatkan hasil sebesar Rp125 miliar dengan estimasi harga 1 gram sabu Rp1,5 juta dan satu butir ekstasi Rp500 ribu atau menyelamatkan 156 ribu jiwa," tandas dia.

1 komentar: