30 Juni 2016

Polsek Metro Koja Bekuk Pencuri Modus Pecah Kaca Mobil

Disuruh Istri Beli Susu, Pria Ini Nekat Jadi Maling
Kamis, 30 Juni 2016 09:06 WIB
PUSKOMINFO - Fery Ardiansyah, 25 tahun, dibekuk Unit Reskrim Polsek Metro Koja lantaran melakukan tindak pidana percobaan pencurian dengan kekerasan, di Jalan Dukuh Barat RT 12/02, Lagoa, Koja, Jakarta Utara, Rabu (29/6/2016). Namun, satu rekannya yang diketahui bernama David berhasil kabur dari kejaran polisi.

Peristiwa berawal saat tersangka bersama rekannya yang sekarang masuk list DPO tersebut, berupaya mencari sasaran mobil terparkir. Bermodal sepeda motor dan obeng, kedua pelaku ini pun melihat sebuah mobil Toyota Yaris di depan rumah warga.

Selanjutnya, kedua tersangka pun turun dan mendekati kendaraan roda empat tersebut. Alat sederhana seperti senter, dan obeng berbalut karet hitam pada gagangnya untuk mencongkel kaca mobil, tak membuat kedua tersangka kesulitan dalam melakukan aksinya.

"Mobil dalam kondisi berhenti di depan rumah. Pemilik mobil, yakni Musa Ogi Dharma (35), warga asal Perum Taman Blok C-5 nomor 11, RT 007/16, Bekasi Jaya, Bekasi, Jawa Barat, tengah tertidur lelap Rabu dini hari," ujar Kapolsek Metro Koja, Kompol Supriyanto kepada wartawan saat menggelar rilis di halaman Kantor Polsek Metro Koja, Rabu (29/6/2016).

Obeng yang digunakan salah satu tersangka untuk memaksa mencongkel kaca mobil ternyata membuat kaca pecah. Kaca yang sudah dalam kondisi pecah itu pun didorong ke dalam, dan kedua tersangka mulai mengacak-acak isi mobil.

"Alarm ini ternyata tak berfungsi, hanya lampunya saja yang terus menerus berkedip. Kedua tersangka pun terburu-buru mengaduk-ngaduk isi dalam mobil. Mereka hanya menemukan sebuah tas, dan langsung mengambilnya dengan cepat lalu berniat langsung melarikan diri," jelas Kapolsek.

Tak lama kemudian, pemilik mobil pun sadar karena terangnya kedipan lampu berkali-kali dari mobil menembus kaca kamar tidur, mencoba membuka pintu utama rumah tersebut dan meneriaki kedua tersangka.

"Aksi tersangka pun terhenti akibat ditangkap oleh korban. Rekan korban, mencoba mengejar pelaku lainnya (David) yang kini masih DPO. Saat diperiksa, isi tas milik Musa ini hanya satu lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) Yamaha Mio M3 merah muda B4122FDX," ujar Kapolsek.

Kejadian ini pun mengundang warga sekitar, dan Fery pun yang merupakan warga di Kawasan Koja ini hampir menjadi bulan-bulanan warga serta korban.

"Pengakuan pelaku, baru sekali melakukan aksi tersebut bersama rekannya. Alasan sementara melakukan ini hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Kapolsek.

1 komentar: