01 Juni 2016

Polsek Metro Kramatjati Gerebek Toko Pembuat Miras Oplosan

Kanit Reskrim Polsek Kramatjati, AKP Erwin Pakpahan, saat menunjukan miras oplosan. (Ifand)

Rabu, 1 Juni 2016 08:39 WIB
PUSKOMINFO - Petugas Polsek Metro Kramatjati, menggerebek toko pembuat minuman keras (miras) oplosan, di Jalan Raya Inpres Kelurahan Tengah, Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (31/5/2016) malam. Puluhan bungkus miras oplosan siap edar dan satu ember lainnya disita petugas.

Kanit Reskrim Polsek Metro Kramatjati, AKP Erwin Pakpahan mengatakan, penggerebekan tempat pembuat miras oplosan itu berawal dari informasi masyarakat. “Dari laporan yang kami dapat itu, tim langsung bergerak dan menggerebek toko yang berada di pinggir kali tersebut,” katanya.

Dari toko tersebut, kata AKP Erwin, petugas mengamankan SJ, 42 tahun, dan JN, 46 tahun, yang merupakan pemilik toko dan peracik miras. Dari tangan pelaku, petugas mengamankan satu ember miras oplosan, puluhan kantong miras yang sudah dibungkus dan bahan baku pembuat minuman tersebut.

“Semuanya kami amankan untuk diproses lebih lanjut,” ujar AKP Erwin.

Menurut AKP Erwin, miras oplosan itu sendiri terbuat dari alkohol 90 persen, minuman soda, air dan ditambahkan sirup sebagai penyedap rasa. Semua bahan baku itu sendiri dicampur menjadi satu untuk dijadikan miras. “Nantinya, miras itu dijual bungkusan yang perbungkusnya seharga Rp15 ribu,” tambahnya.

Dalam satu hari sedikitnya 50 bungkus habis dijual pelaku.

Sejauh ini, kata AKP Erwin, pihaknya belum menemukan korban dari miras oplosan yang dibuat pelaku, namun keduanya akan dijerat dengan pasal 204 KUHP tentang pembuatan dan pengedaran minuman berbahaya. “Ancaman hukumannya sendiri minimal 15 tahun penjara,” ungkapnya.

1 komentar: