22 Juni 2016

Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya Tangkap Komplotan Penipu Mengaku Pejabat Polri

Rabu, 22 Juni 2016 09:38 WIB
PUSKOMINFO - Anggota Unit IV Subdit 6 Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku dengan dugaan tindak pidana penipuan dan pencucian uang. Kawanan penipu ini terbagi dalam dua tim, yakni Tim Kisaran dan Tim Medan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono menjelaskan bahwa para pelaku melancarkan aksinya dengan menggunakan ponsel. Dalam aksinya, salah satu pelaku mengaku sebagai salah satu pejabat Polri. Sedangkan tempat kejadian perkara (TKP) di bilangan ATM Carefour Sektor 7 Bintaro, Tangerang Selatan.

"Penipuan ini menggunakan HP. Dengan nomor HP berbeda menghubungi para korbannya secara acak. Pelaku mengaku sebagai pejabat polri yang dapat lelang dalam penjualan kendaraan roda empat," kata Kombes Pol Awi Setiyono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Selanjutnya pelaku menggunakan modus dengan cara mengiming-imingi para korban dengan harga murah untuk satu unit kendaraan mewah. Saat berhasil menipu korbannya, pelaku meminta uang muka sebesar 30 persen dengan harga mobil yang ditawarkan."Korban berjumlah tiga orang. Mereka tertarik membeli dua unit Camry dan satu Fortuner. Dan pelaku meminta 30 persen untuk uang muka, dan ditransfer ke tiga rekening berbeda," kata Kombes Pol Awi.

Adapun para tersangka yakni AW, AP, MRZ, IJSG, WK, dan, MA, ES, lalu SW. Para pelaku dijerat dengan Pasal 378 dengan hukuman 4 tahun. Serta Pasal 3 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dengan penjara paling lama 20 tahun.

1 komentar: