01 Juli 2016

HUT Bhayangkara ke-70, Samsat Jakarta Pusat Berikan Layanan Malam Hari

Samsat Jakarta Pusat Buka Malam Hari Pada Jumat (1/7)
Jumat, 1 Juli 2016 08:51 WIB
PUSKOMINFO - Menyambut sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-70  pada Jumat (1/72016), Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Pusat menggelar pelayanan malam hari. Pelayanan pun digelar secara mobile atau dikenal dengan istilah Samsat Keliling (Samling) sejak pagi hingga malam hari, yakni Pukul 09.00 WIB hingga Pukul 21.00 WIB.

Inovasi pelayanan yang diusung Ditlantas Polda Metro Jaya, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) DKI Jakarta, Jasaraharja dan Bank DKI tersebut diungkapkan Pamin Samling Jakarta Pusat, Iptu Inge Ajeng Larasati digelar dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara.

Selain itu, pelayanan malam hari juga bertujuan untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat. Sebab, lanjutnya, berdasarkan pengkajian yang dilakukan Ditlantas Polda Metro Jaya pada beberapa waktu lalu, diketahui jika alasan mengapa tingkat kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan masih rendah dikarenakan tidak ada waktu untuk datang ke kantor atau gerai Samsat.

“Samling ini merupakan Inovasi Ditlantas Polda Metro Jaya dalam mendekatkan diri kepada masyarakat di tengah sibuknya rutinitas. Bisa dikatakan ini sistem jemput bola, dengan demikian tidak ada lagi wajib pajak yang terkena denda, kan sayang sekali jika harus kena denda pajak,” jelasnya.

Kepala Unit Samsat Jakarta Pusat, AKP Edy Santoso menambahkan Samsat keliling tersebut digelar di dua lokasi terpisah setiap hari, yakni Jalan Lapangan Banteng, Sawah Besar dan Masjid Akbar Kemayoran Jakarta Pusat.

Namun ditekankannya bila pelayanan hanya diperuntukan bagi pemilik kendaraan perseorangan atas nama pribadi serta perpanjangan pajak kendaraan tahunan.

“Pelayanan Samling ini hanya melayani pajak kendaraan yang status kepemilikan perseorangan saja, sedangkan untuk pajak kendaraan atas nama perusahaan, yayasan dan sebagainya dianjurkan untuk mengurus ke kantor atau gerai Samsat terdekat, karena untuk harus melengkapi persyaratan khusus seperti SIUP dan NPWP,” jelasnya.

“Saya berharap agar layanan ini bisa dimanfaatkan masyarakat, karena persyaratannya mudah, cukup mempersiapkan KTP asli, STNK asli, BPKB asli dan foto copy masing-masing berkas. Prosesnya juga cepat, tidak lebih dari 15 menit perpanjangan pajak kendaraan sudah selesai," ujarnya.

1 komentar: