27 Juli 2016

Polresta Bekasi Kota Bekuk Pemalsu Dokumen TKI di Jatiasih

Rabu, 27 Juli 2016 07:40 WIB
PUSKOMINFO - Petugas Satuan Reskrim Polresta Bekasi Kota berhasil membekuk pelaku pembuat dokumen palsu Tenaga Kerja Indonesia (TKI), atas nama Agus Purnomo, 40 tahun, di Jalan Kramat, Jatiasih, Kota Bekasi, pada Jumat 22 Juli.

Sebelum berhasil ditangkap, sebanyak 30 orang korbannya yang merupakan tenaga kerja wanita (TKW), diduga menggunakan jasanya itu sudah berhasil berangkat dengan membayar dokumen buatan pelakunya, sebesar Rp10 juta untuk satu orangnya.

Menurut Kasat Reskrim Polresta Bekasi Kota, Kompol Rajiman mengatakan, pihaknya berhasil menangkap pelaku di rumahnya setelah mendapatkan laporan dari warga yang kerap melihat rumah korban sering didatangi oleh perempuan pada malam hari.

"Jadi dalam laporan itu pelaku disebut-sebut sering didatangi perempuan pada malam hari. Dan tidak hanya satu perempuan, tapi banyak,” kata Kompol Rajiman usai gelar perkara, di halaman Polresta Bekasi Kota, Selasa (26/7/2016).

Namun, pada saat menerima laporan itu, kata Kompol Rajiman, pihaknya tidak langsung melakukan penangkapan kepada pelaku. Melainkan pada saat itu, penyidik melakukan pemantauan dan mengawasi rumah pelaku terlebih dahulu.

"Setelah kami pastikan, baru kami pun mengadakan penggerebekan dirumah pelaku dan menangkap pelaku yang mengaku sudah menjalankan aksinya selama enam bulan lamanya," jelas Kompol Rajiman.

Dari hasil penangkapan pelaku, kata Kompol Rajiman, pihaknya menyita sejumlah barang bukti seperti 20 stempel pejabat Kabupaten Brebes, Subang, Indramayu dan lain-lain, 40 lembar akta kelahiran, 25 KTP palsu, 27 blanko KTP, 24 paspor, 146 lembar blanko Kartu Keluarga (KK).

Akibat perbuatanya, tersangka bakal dijerat Pasal 2 ayat (1) UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang tindak Pidana Perdagangan Orang dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Serta, Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Dokumen dengan ancaman hukuman penjara enam tahun penjara.

1 komentar: