11 Juli 2016

Telan 80 Kapsul Narkoba, Pengedar Jaringan Afrika Selatan Ditangkap Polda Metro Jaya

(Foto: Putera Negara/Okezone)
Senin, 11 Juli 2016 13:27 WIB
PUSKOMINFO - Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya berhasil menangkap sindikat narkoba internasional Jaringan Afrika Selatan. Seorang tersangka berinisial DH, 40 tahun, ditangkap di sebuah hotel di bilangan Petamburan, Jakarta Pusat, Senin (11/7/2016) pagi. Tersangka DH ditangkap lantaran kedapatan menyimpan kapsul berisi sabu di dalam perutnya.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol John Turman Panjaitan mengatakan, pelaku merupakan sindikat dari Afrika Selatan. DH masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), merupakan pengembangan dari dua orang yang merupakan kurir, AS dan AD, yang ditangkap pada 17 Juni lalu.

"Tersangka DH ini sindikat internasional Afsel dan masih merupakan jaringan dua orang yang kita tangkap 17 Juni kemarin," kata Kombes Pol John Turman Panjaitan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (11/7/2016).

Warga Afrika Bawa Kapsul Berisi Sabu 1,8 Kg Dibekuk

Kombes John menjelaskan, modus pelaku adalah dengan cara swallow yaitu dengan memakan barang haram tersebut berbentuk kapsul. Sebanyak 80 kapsul dimasukkan dalam perutnya. Bahkan, lanjut Kombes John, saat melakukan penangkapan, sang pelaku dipaksa melakukan buang air besar agar barang bukti dapat dikeluarkan dari dalam perutnya.

"Pelaku menelan 80 kapsul, saat ini yang sudah dikeluarkan dari perutnya sebanyak 79 kapsul kecil dan satu yang besar dengan berat brutto 1,8 kg. Diperkirakan di dalam perutnya masih ada 10 lagi yang tersisa sehingga totalnya sekira 2 kilogram," ujar Kombes John.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 111, 113, dan 114 UU Narkotika dengan ancaman hukuman seumur hidup penjara.

1 komentar: