27 Juli 2016

Uji Coba Pengaturan Lalu Lintas Ganjil-Genap, Petugas Jaga 9 Persimpangan


Rabu, 27 Juli 2016 07:57 WIB
PUSKOMINFO - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar apel gabungan bersama Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), di Lapangan Monas, Rabu (27/7/2016) pagi. Pelaksanaan apel ini terkait penerapan sistem nomor kendaraan ganjil genap yang mulai diberlakukan hari ini. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Syamsul Bahri mengatakan, uji coba sistem ganjil genap nomor kendaraan dilakukan dalam waktu satu bulan yakni sampai 26 Agustus 2016. Pihak kepolisian menyiapkan petugas di sembilan titik persimpangan, di antaranya di ruas Jalan MH Thamrin, Jalan Sudirman, dan Jalan Gatot Subroto.
"Hari ini tidak ada penindakan. Hari ini hanya memberi informasi lanjutan sosialisasi," kata Kombes Syamsul usai apel di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2016).

Menurut Kombes Syamsul, penerapan sistem ganjil genap dilakukan untuk mengurangi kemacetan di Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Selain itu, aturan tersebut juga diberlakukan sambil menunggu kesiapan penerapanelectronic road pricing (ERP). "Selama ini setelah dievaluasi penyebab kemacetan adalah three in one dicabut," ujarnya.

Polda Metro Jaya memprediksi sistem ganjil genap akan mengurangi kemacetan hingga 20 persen. "Kawasannya masyarakat harus mengerti untuk melancarkan lalu lintas. Kami sama-sama dengan Dishub (dinas perhubungan), kami coba sama-sama di lapangan," katanya.

1 komentar: