02 Agustus 2016

Polda Metro Jaya Ungkap Penyelundupan Pakaian Bekas Beromzet Miliaran Rupiah

Pasar Senen Menyuplai Pakaian Impor Bekas ke Pelosok Jawa
Selasa, 2 Agustus 2016 07:30 WIB
PUSKOMINFO - Aparat Subdit Sumdaling Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya mengungkap sindikat penyelundupan tekstil dan pakaian bekas asal Jepang dan Korea Selatan di gudang penyimpanan barang-barang impor.

Di tempat tersebut, aparat kepolisian menyita barang bukti, berupa 2216 bal koli pakaian bekas, seperti kemeja, kaos oblong cowok, kaos oblong cewek, baju lengan panjang, dan celana jeans.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono, mengatakan pengungkapan sindikat tersebut berawal dari penggrebekan di sebuah gudang di Jalan Inspeksi Banjir Kanal TImur, RT/RW 007/01 Kelurahan Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Jumat (29/7/2016) dini hari.

"Ini pengungkapan pertama dalam jumlah besar. Ini tak menutup kemungkinan masih ada yang lain," ujar Kabid Humas, ditemui di lokasi, Senin (1/8/2016).

Diketahui 12 orang diringkus yakni HS selaku pemilik barang, PR selaku rekan HS, SKM selaku mandor gudang, NHD selaku asisten mandor, WL selaku buruh angkut, dan BS  selaku pembeli atau pedagang di Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Kemudian enam sopir truk yakni RD, DSL alias D, AAZS, JRM alias JN, SHM dan SSD alias SND. Sedangkan 1 tersangka yang juga merupakan rekan HS yakni UD melarikan diri (DPO).

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Fadil Imran, mengatakan para pelaku sudah beraksi selama tiga tahun. Mereka berpindah-pindah tempat sehingga menyulitkan aparat mengungkap penyelundupan tekstil dan pakaian bekas.

Pakaian bekas dijual pelaku per koli 2-3 juta dengan rata-rata 300 bal dalam sebulan dan mampu meraup untung Rp 1 miliar dan usaha illegal itu sudah berjalan selama 3 tahun.

"Modal cukup besar sekali proses butuh uang Rp 6 Miliar. Harga jual-beli di Riau sebesar Rp 1 sampai Rp 1,5 juta. Dijual di DKI Jakarta Rp 2 sampai Rp 3 juta," kata Kombes Fadil ditemui di tempat yang sama.

Potensi kerugian negara dari pajak yang harusnya dibayarkan dalam setahun mencapai miliaran. Juga, dari segi kesehatan ada potensi penyakit, kuman dan bakteri yang terkandung di pakian bekas yang masuk tanpa pemeriksaan kesehatan dari instansi terkait.

Atas perbuatan itu, para pelaku diduga melanggar Pasal 111, 112 ayat 2, dan 113 UU RI nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan Jo Peraturan Menteri Perdagangan nomor 51/M tentang Larangan Impor Pakaian Bekas.Undang-Undang RI No 10 tahun 1995 tentang Kapabeanan, diancam hukuman 5 tahun penjara dan denda maksimal Rp 5 miliar.

Aparat kepolisian turut menyita barang bukti, berupa 2216 bal koli pakaian bekas dari Jepang dan Korea, berupa kemeja, kaos oblong cowok, kaos oblong cewek, baju lengan panjang dan celana jeans, enam alat angkut, 11 nota surat jalan, serta satu buah buku catatan distribusi barang.

4 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN PUTIH UANG GHAIB

    BalasHapus
  2. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk AKI.NAWE kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual KI NAWE meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya KI NAWE lah yang bisa merubah nasib kami..KI NAWE orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 085=218=379=259=AKI NAWE,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.






    BalasHapus