22 Agustus 2016

Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Tangkap Komplotan Pembobol Kartu Kredit

Senin, 22 Agustus 2016 10:51 WIB
PUSKOMINFO - Subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil membongkar komplotan penjahat yang membobol ratusan Kartu Kredit dengan nilai kerugian lebih Rp 1,5 miliar. Demikian dikatakan Kepala Bidang ( Kabid ) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol.Awi Setiyono kepada Wartawan di Jakarta, Sabtu (20/8/2016).

Kombes Pol Awi yang didampingi Kanit Subdit IV Cyber Crime, Kompol Khairudin lebih lanjut mengatakan, pembobolan Kartu Kredit milik ratusan orang itu dilakukan dengan menyalahgunakan mesin Elektronic Data Capture (EDC) Bank Rakyat Indonesia ( BRI ) yang disewa dari sejumlah pemilik toko.

Dalam kasus ini pelaku yang berhasil ditangkap 4 orang, sedang tiga orang lagi masuk Daftar Pencarian Orang ( DPO) . Keempat pelaku yang berhasil ditangkap pada bulan Agustus 2016 itu, yakni GMA (pria 28 tahun), ADRF ( pria 33 tahun), DM ( perempuan 42 tahun) dan Y ( perempuan 39 tahun).

Sedang tersangka LE (DPO), RB (DPO) dan AS (DPO). 

Kejahatan tersebut dilakukan komplotan ini antara bulan Mei hingga September 2015. Komplotan ini berbagi tugas, diantaranya menghubungi para pemegang Kartu Kredit dan melakukan bujuk rayu dengan cara menawarkan bonus. 

Aksi kejahatan ini dilakukan komplotan ini di Jakarta Selatan. Sedang para pelaku ditangkap di daerah Bandung, Jawa Barat, sekitar bulan Agustus 2016, kata Kompol Khairuddin.

Para pelaku menawarkan tour dan penginapan hotel dengan harga lebih murah sehingga ratusan pemegang Kartu Kredit terperdaya. Kompol Khairuddin menambahkan, bahwa pengusaha toko yang menyewakan mesin EDC dan Kartu ATM rekening EDC tokonya kepada komplotan ini belum ditetapkan sebagai tersangka.
Penyidik Subdit IV Cyber Crime masih mendalam dan mengembangkan pemeriksaan terhadap para tersangka. Dalam kasus ini, para tersangka dikenakan ancaman hukuman sebagaimana diatur dalam pasal 378 KUHP dan Pasal 3,4,5 Undang-Undang RIvNo.8 Tentang Pemberantasan dan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

2 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus