21 September 2016

Permudah Masyarakat Lapor Polisi, Polda Metro Jaya Luncurkan Aplikasi ‘SIAP-PMJ’

 Launching Siap PMC/ Amel detikcom
Rabu, 21 September 2016 13:11 WIB
PUSKOMINFO - Polda Metro Jaya menggelar soft launching aplikasi ‘Sistem Informasi Aplikasi Pelaporan Polda Metro Jaya (SIAP-PMJ)’ pada, Rabu (21/9/2016) pada pukul 09.00 WIB di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat dipermudah dalam melaporkan suatu peristiwa ke aparat polisi.

Acara soft launching hari ini dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto dan jajaran Polres dan Polsek wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Ini adalah inovasi demi menekan tindak pidana di tengah masyarakat. Ini salah satu upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dan berharap masyarakat lebih percaya kepada kami,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto.

Dalam sambutannya, Kapolda menuturkan aplikasi SIAP-PMJ dapat diunduh bagi pengguna ponsel android secara gratis.

“Saat ini baru bisa diunduh untuk pengguna android melalui playstore. Nanti ke depannya akan bisa diunduh oleh pengguna Iphone melalui appstore,” tambah Kapolda.

Lebih lanjut, Kapolda menambahkan, aplikasi ini diharapkan bisa merespon aduan masyarakat secara cepat sehingga tingkat kepercayaan masyarakat kepada kepolisian meningkat.

“Kami harap dengan aplikasi ini tidak ada batas lagi antara polisi dan masyarakat. Kami juga lebih cepat dalam mengatasi masalah-masalah di masyarakat wilayah hukum Polda Metro Jaya,” ungkap Kapolda.

Ke depan, Kapolda berharap aplikasi ini terus dikembangkan tidak hanya sebatas menerima pelaporan dari masyarakat saja. Ia berharap agar nantinya dengan aplikasi ini, masyarakat juga bisa mendapatkan perkembangan pelaporan secara online.

"Kalau masyarakat tanyakan laporan, sejauh mana penanganannya enggak perlu keluarkan SP2HP, cukup dengan chating atau nanti dengan website sehingga masyarakat tidak berbelit-belit dalam mengurus perkara," jelasnya.

"Kalau ini dikembangkan saya yakin masyarakat akan lebih dekat dengan polisi. Berdasarkan hasil survei masalah polisi ini kinerjanya semakin baik," imbuhnya.

Kapolda menginstruksikan kepada jajaran untuk memberikan dukungan agar program tersebut dapat berjalan dengan baik. Ia juga berharap agar program tersebut tidak berhenti sampai situ saja, tetapi terus dikembangkan, sehingga kepercayaan publik akan polisi semakin meningkat.

"Segera sosialisasikan aplikasi ini agar masyarakat mengetahui dan lakukan evaluasi agar kekurangan dan kendala di lapangan dapat segera ditindaklanjuti dengan optimal," pungkasnya.

Sementara, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan aplikasi ini diciptakan untuk kemudahan masyarakat dalam melaporkan suatu kejahatan dan dapat langsung mendapatkan respons dari anggota Polri saat dibutuhkan.

Aplikasi ini mempermudah masyarakat dalam pelaporan peristiwa yang terjadi secara real time. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kepolisian secar cepat.

"Sehingga terbangunnya pelayanan publik yang unggul berbasis pelayanan prima, dengan demikian pembentukan citra kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum yang professional, modern dan terpercaya dapat terwujud," jelasnya.

Aplikasi ini memiliki konsep panic button atau SOS yang dapat diunduh pada telepon pintar berbasis android. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat tidak perlu datang ke kantor polisi untuk melapor.

Ada beberapa fitur yang dimiliki aplikasi imi, seperti fitur 'Lapor' yang memiliki 2 tombol, di mana pengguna atau pelapor dapat mengirim laporannya dalam bentuk laporan text dan foto (share location) atau laporan video (maksimal 10 detik).

"Fungsi ini akan mengirimkan video ke Command Center yang akan dikirim ke lokasi terdekat dengan si pelapor selanjutnya laporan yang dikirim tersebut dapat di respon oleh anggota yang ada di lapangan atau hanya ditanggapi cukup dengan aplikasi," tuturnya.

Fitur Lokasi Pos Polisi. Fitur ini menggunakan google maps yang bisa memberikan informasi kepada aplikan di mana lokasi polisi atau pos polisi yang terdekat dengan posisi pengguna.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur alarm. Fitur ini berfungsi untuk mengaktifkan secara otomatis suara high frequency pada handphone pengguna, sehingga dapat menarik perhatian orang yang berada di sekitar.

"Fitur ini membantu pelapor atau pengguna sebagai contoh pada saat pelapor berada di Busway atau KRL yang berdesak-desakan dan mengalami pelecehan seksual yang enggan berteriak sehingga bisa tekan tombol alarm dan handphone akan berbunyi seperti sirene/alarm yang dapat menarik perhatian orang yang berada di sekitar," paparnya.

Kemudian ada juga tombol S.O.S yang berfungsi untuk mengaktifkan kondisi atau keadaan darurat di mana pengguna memerlukan pertolongan dengan segera dari pihak kepolisian. Laporan yang dikirim akan dikonfirmasi melalui telepon dari Command Center ke pengguna.

Kabid Humasi mengatakan, laporan masyarakat yang masuk melalui aplikasi SIAP-PMJ inj akan diteruskan ke operator di Polres dan Polsek, dan akan segera ditindaklanjuti ke lapangan.

"Apabila laporan tersebut perlu penanganan (darurat) maka yang melapor akan menerima feedback bahwa laporan yang dikirim sudah ditanggapi dan laporan akan diberikan feedback apabila sudah selesai," paparnya.

1 komentar:

  1. saya ibu irma seorang TKI DI SINGAPURA
    pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
    gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak
    kebetulan saya buka-buka internet mendapatkan
    nomor MBAH SERO katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran SINGAPURA
    angka yang kemarin di berikan 4D yaitu 6377 TGL 01-09-2016
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat Rp.250.juta
    bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri
    apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
    jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
    ini nomor hp -> (-082-370-357-999-) MBAH SERO
    demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
    atau silahkan buktikan sendiri..

    BalasHapus