21 November 2016

Terekam CCTV, Spesialis Maling Sepeda di Depok Diringkus Polsek Sukmajaya

Senin, 21 November 2016 08:07 WIB
PUSKOMINFO - Yuriadi Akbar, 33 tahun, pencuri spesialis sepeda yang sudah puluhan kali beraksi di wilayah Depok dan Bogor, akhirnya berhasil dibekuk aparat Polsek Sukmajaya, di rumah kontrakannya di wilayah Sukmajaya, Depok, Minggu (20/11/2016) pagi. Dari tangannya disita satu gunting baja besar yang selalu digunakannya untuk menggunting rantai gembok sepeda.

Kapolsek Sukmajaya Kompol Supriyadi menuturkan terungkapnya kasus ini setelah pihaknya mendalami rekaman CCTV di rumah salah satu korban dari pelaku yakni Christian Ricky, 32 tahun, warga Kampung Sidamukti, Sukamaju, Cilodong. 

Dari rekaman CCTV di rumah Christian itu diketahui pelaku pencurian sepeda dilakukan Akbar di sana pelan lalu. "Dalam rekaman CCTV, diketahui pelaku mencuri sepeda di rumah korban pada saat subuh, sekira pukul 05.00 WIB. Pelaku memanjat pagar rumah dan membopong sepeda di teras melalui atas pagar," kata Kapolsek. 

Berdasar rekaman CCTV itu katanya pihaknya membekuk Akbar di rumah kontrakannya di Sukmajaya, Depok. 

Dari hasil pemeriksaan diketahui pelaku sudah sedikitnya 10 kali mencuri sepeda di Sukmajaya, Depok, dan juga sudah 10 kali beraksi di wilayah, Cikaret Cibinong Kabupaten Bogor.

 "Pelaku menjual sepeda hasil curian ke pedagang sepeda bekas di Manggarai seharga Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu," kata Kapolsek. 

Sebelumnya, kata Kapolsek, diketahui Akbar bekerja sebagai sopir angkot. Karena merasa penghasilan sebagai sopir tidak bisa menutupi untuk menjajani pacar dan bergaya, pria bujangan itu memutuskan menjadi pencuri spesialis sepeda, sejak setahun belakangan ini.

"Alasannya mencuri sepeda jauh lebih mudah dibanding motor. Jika sepeda dikunci dengan gembok, maka pelaku sudah membawa gunting baja besar untuk menggunting gemboknya," kata Kapolsek. 

Menurutnya pelaku menyasar sepeda yang diparkir dan ditaruh di depan teras atau halaman rumah warga. 

Atas perbuatannya Akbar akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan yang ancaman hukumannya hingga diatass 5 tahun penjara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar