31 Maret 2017

Ini Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat Aksi 313


Jumat, 31 Maret 2017 08:48 WIB
PUSKOMINFO - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M. Iriawan mengatakan, pihaknya akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Merdeka dan Masjid Istiqlal saat berlangsungnya aksi unjuk rasa pada Jumat (31/3/2017) ini yang disebut dengan nama aksi 313. Unjuk rasa sejumlah organisasi masyarakat keagamaan itu, akan menjadikan Masjid Istiqlal titik kumpul lalu longmarch hingga ke Istana Negara.

"Tentu rekayasa lalu lintas ada kita lakukan nanti, di beberapa tempat seperti Patung Kuda, kita akan mulai tutup nanti. Kemudian di sekitar Gambir, kemudian di belakang jalan Veteran. Tergantung, saya akan monitor nanti hari ini perkembangan massa yang akan bergerak dalam unjuk rasa besok," kata Kapolda di Kompleks DPR/MPR Senayan, Jakarta, Kamis, 30 Maret 2017.

Kepada massa aksi demo 313, Kapolda mengingatkan, agar mengikuti aturan yang ada. Hal tersebut penting dilakukan, agar massa yang melakukan aksi unjuk rasa tidak mengganggu masyarakat yang tengah beraktifitas.

"Kami akan layani dengan baik, kalau unjuk rasa tertib. Kalau coba melakukan tindakan anarkis, tentu kami harus antisipasi juga terhadap hal ini, karena publik tidak menginginkan ini. Unjuk rasa diatur UU tapi harus dilakukan dengan tertib dan baik," imbau Kapolda.

Berikut rencana pengalihan arus di sekitar Istana Negara terkait demo 313:

1.  Arus dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahor dialihkan ke kiri ke Jalan Juanda.
2.  Arus dari Lapangan Banteng menuju Jalan Veteran dialihkan ke kanan Jalan Pos.
3.  Arus dari Jalan Gunung Sahari menuju ke Jalan Dr Sutoyo diluruskan ke Jalan Senen Raya.
4.  Arus dari Jalan Senen Raya menuju Jalan Budi Utomo diluruskan ke Jalan Gunung Sahari.
5.  Arus dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira.
6.  Arus dari arah Simpang Lima Senen menuju RSPAD diluruskan ke Jalan Senen Raya-Jalan Wahidin.
7.  Arus dari Cikini Raya menuju M Ridwan Rais dialihkan ke kanan Jalan Kwitang Raya atau arus dari Jalan Kwitang Raya diputarbalikan ke Jalan Kwitang Raya, dan arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih diluruskan ke Jalan Kwitang Raya.
8.  Arus lalu lintas dari arah Jalan Jenderal Sudirman menuju ke Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kebon Sirih atau Tanah Abang.
9.  Arus lalu lintas dari arah Abdul Muis diluruskan ke Jalan Harmoni maupun Jalan Fachrudin.
10. Arus lalu lintas dari arah Abdul Muis menuju Jalan Museum diluruskan ke Jalan Fachrudin, begitu arus sebaliknya.

Sejumlah kantong parkir untuk kendaraan massa aksi 313 juga disiapkan di Gelora Bung Karno yang mampu menampung 500 bus, 1.000 mini bus, dan 2.000 sepeda motor. Parkir juga disediakan di Lapangan Banteng yang diperkirakan mampu menampung 100 unit bus, 150 mini bus dan 1.000 sepeda motor.

Lalu di Masjid Istiqlal berkapasitas 30 unit bus, 100 unit mini bus, dan 500 unit sepeda motor. Parkir IRTI Monas dapat menampung 30 unit bus, 100 unit mini bus, dan 500 sepeda motor. Selanjutnya, alternatif parkiran kalau diperlukan di sepanjang Jalan Juanda sekitar 500 unit bus, 1.500 unit mini bus, dan 5.000 unit sepeda motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar