14 Mei 2017

Polres Metro Jakarta Selatan Ringkus Pembobol ATM modus Skimming

Minggu, 14 Mei 2017 07:59 WIB
PUSKOMINFO, BID HUMAS PMJ - Polres Metro Jakarta Selatan membekuk pembobol ATM berinisial EH, 30 tahun, dengan modus skimming. Setiap beraksi, pelaku bisa membobol uang nasabahnya hingga ratusan juta rupiah.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Iwan Kurniawan mengatakan, tersangka EH ditangkap polisi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Tersangka dicokok usai melakukan aksinya, sedang korban jumlahnya ada belasan orang.


"Tersangka ini mantan supervisor di sebuah bank swasta sebagai vendor teknisi mesin transaksi non-tunai, sehingga paham. Dia beraksi menggunakan alat skimming yang dibelinya di Mangga Besar, dia retas data pin nasabah," ujar Kapolres pada wartawan, Sabtu (14/5/2017) kemarin.

Menurut Kapolres, pelaku melakukan aksinya di sejumlah lokasi yang ada di Jakarta Selatan. Setelah meretas data nasabah, pelaku pun menyalinnya ke ATM yang kosong, dia lantas menarik isi ATM milik korbannya itu.

"Makanya, ada yang berhasil, ada juga yang gagal. Setiap membobol, pelaku biasanya menarik dengan jumlah Rp10 juta, sejauh ini pelaku sudah menarik Rp300 jutaan," jelas Kapolres.

Kini, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. Adapun barang bukti yang diamankan berupa laptop belasan kartu ATM bekas, card writer pengganda kartu, dan kabel data USB. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar