04 Juli 2017

Terlilit Hutang, Montir Bengkel Pukul Rekannya Hingga Tewas Pakai Kunci Roda














Selasa, 4 Juli 2017 08:12 WIB
PUSKOMINFO, BID HUMAS PMJ - Penyidik Polres Metro Jakarta Barat akhirnya membekuk pelaku pembunuhan terhadap montir bengkel, HR, di kawasan Kalideres Jakarta Barat, yang terjadi pada 21 Juni 2017 lalu.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Andi Adnan menuturkan, pelaku diketahui berinisial AG alias AJ. Dia ditangkap pada Minggu (2/7/2017) di Indramayu, Jawa Barat. Saat ditangkap, pelaku berusaha melawan petugas. Polisi akhirnya melumpuhkan pelaku dengan tembakan yang diarahkan ke betis.

“Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku mengaku membunuh karena terlilit utang sebesar Rp 4,1 juta,” ujar AKBP Adnan yang didampingi Kapolsek Metro Kalideres, Kompol Effendi kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Barat, Jalan Letjen S Parman, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (3/7/2017) kemarin.

AKBP Andi menambahkan, pembunuhan ini berawal ketika pelaku bingung lantaran tak punya uang untuk membayar utang kawannya bernama Daningsih di Brebes, Jawa Tengah. Lantaran terdesak, pelaku merencanakan merampok korban yang merupakan teman kerjanya sesama montir.

“Sebelum kejadian, korban dan pelaku sempat berbincang-bincang di mess. Pelaku mengetahui, kalau korban telah menerima uang THR Rp 2 juta dari bosnya,” imbuhnya.

Setelah berbincang, lanjut AKBP Adnan, korban sempat menonton televisi sebelum tidur. Korban kemudian terbangun untuk makan sahur dan kembali tidur sekira pukul 04.00 WIB.

“Melihat korban tidur, pelaku tiba-tiba saja memukul kepala korban dengan besi kunci roda sebanyak enam kali. Namun, korban masih hidup dan pelaku kembali memukul dada korban satu kali dan membekapnya hingga korban tewas,” tuturnya.

Setelah mengetahui korban tewas pelaku langsung mengambil uang Rp 2 juta dari kantong korban, dan mengambil uang Rp 20 ribu yang tersimpan di dalam lemari bajunya. Dia kemudian menemui temannya Daningsih untuk membayar utang.

“Tersangka sempat kabur ke  Brebes untuk membayar utang dan pulang ke rumahnya di Indramayu. Mungkin tersangka pikir tidak akan tertangkap,” kata AKBP Adnan.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP Junto Pasal 338 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dan pembunuhan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Sekadar informasi, korban HR ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan di tempat kerjanya, Taman Surya Jalan Peta Utara Nomor 9 RT005/02, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (21/6/2017). Saat ditemukan, terdapat luka hantaman benda tumpul di badan korban. Tak hanya itu saja, saat ditemukan tubuh korban berlumuran darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar