10 Agustus 2017

Kapolri Resmikan Pojok Baca Polda Metro Jaya di Satpas SIM Daan Mogot Jakarta Barat


Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian Resmikan Pojok Baca Polda Metro Jaya di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

Kamis, 10 Agustus 2017 12:38 WIB
PUSKOMINFO, BID HUMAS PMJ - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan jurnalis senior Najwa Shihab meresmikan Pojok Baca Polda Metro Jaya, di area Satpas SIM Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (10/8/2017) pagi. Dalam kesempatan itu, Kapolri mengatakan keberadaan ruang-ruang baca ini diharapkan mampu menjadi sarana mendekatkan polisi dengan masyarakat.

Kapolri kemudian memerintahkan kepada seluruh jajarannya agar bisa mendirikan pojok baca di Polda dan Polres setiap daerah.

Menurut Kapolri, banyak manfaat dari mendirikan pojok baca di setiap instansi. "Banyak sekali manfaatnya. Yang terpenting kalau ada di daerah terpencil relatif banyak. Kalau di sini saat menunggu membuat SIM bisa sambil baca buku," kata Kapolri.

"Ini adalah cara-cara non-kekerasan. Cara mendekati masyarakat dengan buku dan mengajar," ujar Tito.

Ide kreatif terciptanya Pojok Baca ini, kata Kapolri, berasal dari Najwa Shihab  yang telah dinobatkan Perpustakaan Nasional sebagai Duta Baca. Diharapkan, tiap-tiap Polda di seluruh Indonesia segera memiliki Pojok Baca.

"Saya merasa cocok dengan ide ini. Ini jelas dalam rangka menyelamatkan minat baca yang masih rendah di masyarakat dan juga di kepolisian," kata Kapolri.

Sementara, Najwa mengatakan penunjukan dirinya sebagai duta baca memiliki tantangan tersendiri, di tengah rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Dia kemudian mengirimkan surat kerja sama ke sejumlah pihak, untuk membangun ruang-ruang baca yang ditujukan untuk masyarakat umum.

"Dari kebayakan institusi, yang paling cepat merespons melakukan tugas besar adalah Pak Tito," ucap Najwa.

Melihat fasilitas Pojok Baca yang dibuat kepolisian di salah satu ruangan Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Najwa terkagum-kagum. Ia optimistis, ruang baca itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, terutama mereka yang tengah sibuk mengantre pembuatan SIM.

"Kalau biasanya orang menunggu sambil bermain gadget mereka, sekarang mereka bisa ke sini untuk membaca," kata Najwa.

Najwa menjelaskan ada 2.500 buku yang ada di Pojok Baca Polda Metro Jaya yang berasal dari beberapa instansi seperti Perpustakaan Nasional, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Ombudsman.
Najwa Shihab Terkagum-kagum dengan Pojok Baca di Satpas SIM Daan Mogot
"Ini sih namanya bukan Pojok Baca, tapi perpustakaan. Ada tempat duduknya, ada wifi gratis. Saya kira tidak ada lagi alasan tidak jatuh cinta membaca," tuturnya

1 komentar:

  1. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada MBAH SERO,yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terpikirkan dari benak saya,kalau nomor yang saya pasang bisa tembus,dan alhamdulillah kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 saya,sebenarnya saya bukan penggemar togel,tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan,dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH SERO.dan dengan senang hati MBAH SERO mau membantu saya,nomor yang dikasi MBAH SERO.2D sama 4D putaran SGP dan HK semuanya bener2 terbukti tembus,sudah 3X putaran saya menang,dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menghubunginya,jika teman2 ingin mendapatkan angka jitu 2D 3D 4D yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH SERO di no 082_370_357_999 untuk info lebih lengkapnya buka blog MBAH karna di dalam blognya semuanya sudah lengkap

    KLIK DISINI PESUGIHAN TANPA TUMBAL
    _
    ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya

    BalasHapus