30 April 2018

Polres Metro Jakarta Timur Masih Selidiki Penyebab Ledakan Tabung Gas di Jatinegara

Ini Kronologis Ledakan Gas 3 Kilogram di Kampung Melayu
Ilustrasi

Senin, 30 April 2018 08:43 WIB
PUSKOMINFO, BID HUMAS PMJ - Pihak Polres Metro Jakarta Timur terus mengusut kasus ledakan tabung gas di WC umum di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu 28 April 2018. Petugas kepolsian telah memasang garis polisi di lokasi kejadian dan memeriksa sejumlah saksi. Dalam peristiwa itu, delapan orang mengalami luka bakar dan dilarikan ke rumah sakit.

Pihak kepolisian kesulitan mendapatkan barang bukti tabung gas yang meledak karena sudah dibuang warga ke Kali Ciliwung. Sedangkan lima orang warga yang menjadi korban ledakan gas kini masih menjalani perawatan di rumah sakit karena mengalami luka bakar 40 hingga 80 persen.

Sehari pasca ledakan, garis polisi sudah dicabut dan WC umum juga sudah digunakan warga.

Tabung gas elpiji ukuran 3,5 kilogram meledak di sebuah WC umum di permukiman padat di RT 12/RW 02, Kampung Pulo, Jatinegara, Sabtu (28/4/2018).

Tabung gas yang meledak bocor saat akan dipasang selang. Lalu oleh pemiliknya dibawa ke wc umum untuk direndam di bak mandi agar tidak meledak. Saat perendaman itulah tabung gas meledak dan melukai tujuh orang warga sekitar.

Kapolsek Metro Jatinegara, Kompol Supadi menjelaskan, meledaknya tabung gas 3 Kilogram di mandi cuci kakus (MCK) umum, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu 28 April 2018.

Kata Kapolsek, kebocoran terjadi pada saat pemasangan tabung gas milik saksi atas nama Astrida Ermia. "Awal mula kejadian saksi atas nama Astrida Ermia membeli tabung gas melon 3 Kg dipasang ke kompor. Namun tidak mengeluarkan api, selanjutnya dibuka kembali selang gasnya, kemudian keluar suara mendesis dari tabung gas tersebut," kata Kapolsek.

Kapolsek melanjutkan, saksi dan juga korban yang kebingunan kemudian membawanya ke MCK Umum untuk direndam di dalam bak mandi. Karena meledaknya di MCK Umum, kata Kapolsek, maka korban yang berjatuhan pun cukup banyak.

"Namun tiba-tiba tabung gas meledak. Mengingat pada saat itu di WC umum banyak orang maka banyak pula korban ledakan," ujarnya.

Kapolsek mengatakan, ledakan tabung gas itu dilaporkan oleh Cipto Ketua RT012 sekira pukul 11.00 WIB.

Jumlah korban yang terkena ledakan tabung gas sebanyak delapan orang namun satu orang tidak mau dibawa ke rumah sakit karena hanya luka ringan.

Berikut data korban ledakan tabung gas di jatinegara:
 1. Abdulah Amin luka bakar pada tangan kiri tangan kanan kaki kiri kaki kanan dan muka luka bakar.
 2. Cici luka bakar pada tangan kanan tangan kiri kaki kanan-kiri serta muka.
 3. Dedi luka bakar pada sekujur tubuh.
 4. Hera luka bakar pada kaki kanan kiri tangan kanan kiri serta muka dan pinggang.
 5. Ratu (5 th) luka pada kaki tangan dan punggug.
 6. Pujiyati kaki kanan dan kiri dan tangan kanan /sudah boleh pulang.
 7. Endang sekujur tubuh 80 persen luka bakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar