04 Mei 2018

Polres Metro Bekasi Kota Ringkus Tiga Pencuri Spesialis Rumah Kosong (Rumsong) di Bantar Gebang

kg95fx1clmpc9eks6lh9
Jumat, 4 Mei 2018 19:19 WIB
PUSKOMINFO, BID HUMAS PMJ - Polres Metro Bekasi Kota meringkus tiga tersangka pencuri spesialis di rumah kosong yang beraksi di dua tempat yaitu Mustika Jaya dan Bantar Gebang, Kota Bekasi. Pencurian itu terjadi (1/5/2018) pukul 03.00 WIB di Mustika Jaya, dan (2/5/2018) di Bantar Gebang pukul 14.30 WIB.

Tersangka MI alias Kojek, 31 tahun, AM alias Belo, 27 tahun dan SU alias Bari, 34 tahun, diamankan di rumah kontrakannya di daerah Cipendawa, Bekasi Timur.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Jarius Saragih mengungkapkan ketika diamankan pelaku tidak melawan. “Dalam aksinya mereka menggunakan obeng untuk mencongkel rumah kosong setelah masuk mengambil barang apa saja di dalamnya seperti handphone atau sepeda motor,” kata AKBP Jarius Saragih di Mapolres Metro Bekasi Kota, Jumat (4/5/2018).

Barang bukti yang diamankan enam sepeda motor dengan rincian; Yamaha Xeon hitam R 3906 MP, Yamaha Mio putih B 3629 KNY, Honda Beat hitam tanpa nopol, Honda Beat putih tanpa nopol, Yamaha Mio biru T 4325 HC, dan Honda Verza B 3690 EBW. Selain itu ada dua unit obeng besi, dan juga enam handphone berbagai merk.

AKBP Jarius melanjutkan bahwa ketiga pelaku telah beroperasi selama setahun terakhir. “Yang penting rumah itu ditinggal (sepi), mau besar ataupun kecil yang ada di dalam mereka ambil. Seperti ini ada hp, sepeda motor, mungkin kalau ada mobil mereka bawa juga,” ucap AKBP Jarius.

Menurut AKBP Jarius, mereka ini tidak merupakan suatu kelompok. Pada saat beroperasi mereka terkadang membagi ke beberapa kelompok. “Kadang mereka hanya berdua, yang satu mengintai yang satu masuk. Kadang-kadang mereka bertiga a, dua yang mengintai atau satu yang masuk, kadang juga mereka bertiga masuk,” terangnya.

Pada saat melakukan kejahatan tersebut, umumnya pelaku melakukan aksinya pada malam hari. Barang bukti pun belum dijual oleh pelaku.

“Belum dijual (barang bukti). Selain itu alat-alat lain yang digunakan pelaku (saat beraksi) masih kami terus cari,” tuturnya.

Akibat perbuatannya tersebut, ketiga pelaku akan dikenakan Pasal 363 KUHPidana Tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar