04 Juli 2018

Tips Untuk Hindari Aksi Penjambretan dan Begal Jalanan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono
Rabu, 4 Juli 2018 12:50 WIB
PUSKOMINFO, BID HUMAS PMJ - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono meminta masyarakat mewaspadai aksi penjambretan dan begal jalanan, terutama kepada kaum hawa yang menjadi sasaran utama para bandit itu.

"Mereka menjadi sasaran kejahatan," kata Kabid Humas terkait maraknya aksi penjambretan dan begal di Ibu Kota.

Selain itu, Kabid Humas meminta pengendara dan pengguna jalan bisa disiplin saat berada di jalan. Contohnya, kata Kabid Humas, tidak mengeluarkan ponsel atau mendengar musik saat mengendarai kendaraan bermotor.

"Penempatan tas pun harus dipastikan keamanannya. Jangan sampai justru memancing kejahatan," ujarnya.

Selain itu, perempuan maupun masyarakat lainnya diharapkan tidak berjalan sendiri di lokasi yang sepi untuk menghindari kejahatan. "Jangan pakai perhiasan dan mengeluarkan barang berharga yang mengundang kejahatan," ujarnya lagi.

Himbauan tersebut diberikan setelah sejumlah kasus jambret dan begal terjadi di ibu kota. Bahkan, pada Ahad lalu, kasus penjambretan di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, berujung maut.

Korbannya adalah Warsilah, 37 tahun. Tas korban dijambret saat dia menumpang ojek online. Rampasan tas dari penjambret membuatnya terpental ke jalan. Korban pun tewas saat mau dilarikan ke rumah sakit karena luka yang cukup parah di bagian kepalanya.

Untuk mencegah bandit jalanan berulah di Jakarta, Selasa malam, polisi mulai melakukan operasi serentak untuk memburu jambret dan begal sebagai target utamanya.

"Operasi ini dilakukan sebulan penuh. Dan diinstruksikan tembak di tempat jika melawan," kata Kabid Humas.

Selanjutnya Kabid Humas memberikan tips untuk menghindari aksi penjambretan dan begal di jalanan, yakni:
-Disiplin berlalu-lintas
-Jangan menggunakan ponsel saat berkendara
-Penempatan tas harus terjaga.
-Jangan memakai perhiasan berlebihan
-Perempuan hindari sendirian di lokasi sepi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar